cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 3 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari" : 3 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VI SD NEGERI 7 BAKTIYA BARAT DENGAN MENGGUNAKAN METODE “TAS CERUTU KENYA” DAN MEDIA “KARSAM” Kasmiyanti, Kasmiyanti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.572 KB)

Abstract

Hasil belajar siswa tahun ajaran 2018/2019 semester ganjil menunjukkan sebagian besar siswa belum tuntas (tidak mencapai kriteria ketuntasan minimal/KKM yang ditentukan pada KD itu yaitu 70). Berdasarkan penilaian hasil akhir  paragraf  yang ditulis siswa, hasil belajar dari 22 siswa hanya 8 orang (25%) yang tuntas, dan sisanya 14 siswa (75%) belum tuntas, dan nilai rata-rata kelas hanya 67.3. Maka perlu adanya sebuah metode dan media pembelajaran yang inovatif sehingga siswa lebih mampu dalam memahami materi tersebut, sehingga menjadikan kartu sadar moral (karsam) sebagai media pembelajaran dengan metode Tas Cerutu Kenya (Tangkas, Cerdas, Tuntas, Kreatif, dan Menyenakan). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran?Tas Cerutu Kenya? dengan media ?Karsam? dapat meningkatkan hasil belajar pada materi pengambilan keputusan secara musyawarah siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode pembelajaran ?Tas Cerutu Kenya? dengan media ?Karsam? dalam meningkatkan hasil belajar pada materi pengambilan keputusan secara musyawarah siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019. Untuk mendeskripsikan peningkatan minat belajar pada materi pengambilan keputusan secara musyawarah siswa kelas VI Tahun Pelajaran 2018/2019 dengan menggunakan media metode pembelajaran ?Tas Cerutu Kenya? dengan media ?Karsam?. Melalui metode penelitian tindakan kelas yang digunakan, dengan subjek penelitian yaitu kelas V di SDN 7 Baktiya Barat.  Hasil penelitian pada siklus kedua dengan menggunakan metode Tas Cerutu Kenya, menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan siklus pertama.
MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN METODE PEMBERIAN BALIKAN PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI JUKING PAJANG-1 KECAMATAN MURUNG KABUPATEN MURUNG RAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018 Rusdiansyah, Rusdiansyah
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (294.168 KB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengungkap pengaruh pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap hasil belajar Matematika dan untuk mengungkap pembelajaran dengan pemberian balikan terhadap motivasi belajar Matematika. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 4 Tampa Kecamatan Paku. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (69,44%), siklus II (80,56%), siklus III (88,89%). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan pemberian balikan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas VI SD Negeri Juking Pajang-1 Kecamatan Murung Kabupaten Murung Raya Tahun Pelajaran 2017/2018.
PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR PENJAS SISWA KELAS VII A SMPN 4 KRAGILAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Sarifudin, Sarifudin; Evendi, Hanif
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (250.84 KB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan siswa kelas VII A SMPN 4 Kragilan berjumlah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan dan hasil belajar penjas siswa kelas VII A melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning. Hal ini dapat dilihat dari indikator-indikator keaktifan yaitu :        (1) Siswa bertanya sebelum dilakukan tindakan sebesar 38% dan setelah tindakan mencapai 86%;    (2) Siswa menjawab pertanyaan sebelum dilakukan tindakan sebesar 41% dan setelah tindakan mencapai 83%; (3) Siswa berani mempresentasikan jawaban di depan kelas sebelum dilakukan tindakan sebesar 34% dan setelah tindakan mencapai 76%; (4) Siswa berani menanggapi pendapat siswa lain sebelum dilakukan tindakan sebesar 31% dan setelah tindakan mencapai 79%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar penjas materi atletik siswa kelas VII A SMPN 4 Kragilan.

Page 1 of 1 | Total Record : 3


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue