cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari" : 4 Documents clear
PENGGUNAAN BALOK CUISENAIRE DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK IBUNDA KUBANG KABUPATEN KERINCI Vitaloka, Wulansari
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.781 KB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada penggunaan balok cuisenaire dalam Mengembangkan Kemampuan Berhitung anak yang bertujuan untuk melihat penggunaan balok cuisenaire dalam mengembangkan kemampuan berhitung anak. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diadakan di Taman Kanak-kanak Ibunda Kubang Kabupaten Kerinci pada kelompok B2 di desa Kubang Gedang Kecamatan Depati Tujuh Kabupaten Kerinci. Penelitian ini menggunakan 20 orang anak yang berusia 5-6 tahun sebagai partisipan.                 Model penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan model rancangan Kemmis dan Taggart dengan menggunakan 3 siklus dan masing-masing siklus menggunakan empat langkah yaitu: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta untuk mendapatkan persentase menggunakan skala likert. Penggunaan balok cuisenaire dapat mengembangkan kemampuan berhitung anak pada kelompok B2 di Taman Kanak-kanak Ibunda Kubang Kabupaten Kerinci. Terlihat dari kemampuan berhitung anak dari prasiklus ke siklus 3 mengalami peningkatan.
PENERAPAN MANAJEMEN SEKOLAH BERBASIS KARAKTER UNTUK MEWUJUDKAN VISI MISI Delisha, Narraya Putri
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.392 KB)

Abstract

Penelitian ini menerapkan manajemen sekolah berbasis karakter untuk mewujudkan visi misi pendidikan Kabupaten Sikka. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan manajemen sekolah berbasis karakter untuk mewujudkan visi misi Pendidikan Kabupaten Sikka. Berdasarkan hasil penelitian dan data pengamatan secara langsung maka dalam menerapkan manajemen sekolah berbasis karakter di lingkungan sekolah tersebut baik antar guru,siswa dan pegawai pada siklus II meningkat sebesar 4,70 % dari siklus I sebelumnya sebesar 15,29%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menerapkan manajemen sekolah berbasis karakter maka penelitian siklus II mengalami peningkatan sehingga tercipta pendidikan karakter yang lebih baik lagi.
PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, IKLIM KERJA DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP DISIPLIN KERJA GURU DI SMAN KALITIDU BOJONEGORO Jaswadi, Jaswadi
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.656 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk Untuk mendeskrisikan kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja , motivasi berprestasi dan disiplin kerja guru di SMAN Kalitidu Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, motivasi kerja secara parsial terhadap disiplin kerja guru di SMAN Kalitidu Bojonegoro. Untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, iklim kerja, dan motivasi perprestasi secara simultan terhadap disiplin kerja guru di SMAN Kalitidu Bojonegoro. Jenis penelitian ini explanatory survey dan Pendekatan dalam penelitian ini mengunakan pendekatan kuantitatif. populasi dari penelitian ini adalah seluruh guru di SMAN Kalitidu Bojonegoro yang berjumlah 50 orang. Berdasarkan pengertian tersebut maka sampel dalam penelitian ini adalah 50 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dengan cara total sampling. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik uji statistic melalui alat bantu program SPSS (Statistical Package for Sosial Science) versi 25. Hasil Penelitian ini Menunjukan bahwa Variabel kepemimpinan dalam kondisi baik, variabel Iklim Organisasi dalam kondisi baik, variabel motivasi dalam kondisi baik, dan variabel disiplin kerja dalam kondisi baik Kepemimpinan Kepala Sekolah, Iklim Organisasi, dan Motivasi Berprestasi secara simultan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kompetensi di SMAN Kalitidu Bojonegoro. Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi secara parsial memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kompetensi di SMAN Kalitidu Bojonegoro, sedangkan Iklim Organisasi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Kompetensi di SMAN Kalitidu Bojonegoro.  
PENERAPAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA SMPN 1 PAGADEN Harisuddin, Muhammad Iqbal
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.551 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMPN 1 Pagaden Tahun Ajaran 2018-2019 lebih tinggi menggunakan model Discovery Learning jika dibandingkan yang memperoleh pembelajaran biasa. Metode penelitian menggunakan kuasi eksperimen dengan desain penelitian Randomized Control Group Pretest-Postest. Populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden Tahun Ajaran 2018-2019 dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang dipilih secara purposif. Kelompok eksperimen yaitu kelas VII E, model pembelajarannya Discovery Learning sedangkan kelompok kontrol yaitu kelas VII F, menggunakan model pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu berupa tes dan non tes. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa diukur dengan instrumen tes berupa soal-soal yang berbentuk uraian. Respon siswa diketahui dengan Instrumen non tes berupa angket. Hasil Penelitian terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis lebih tinggi siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden Tahun Ajaran 2018-2019 dengan model pembelajaran Discovery Learning daripada memperoleh pembelajaran biasa. Model pembelajaran Discovery Learning memberikan respon positif bagi siswa kelas VII SMPN 1 Pagaden Tahun Ajaran 2018-2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 4


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue