cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret" : 5 Documents clear
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENJASORKES MATERI TENDANGAN PENCAK SILAT MELALUI ALAT BANTU TALI BENTANG Yuda, Gusti Ngurah Arya
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.756 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa Kelas XI pada mata pelajaran Penjasorkes materi tendangan Pencak Silat. Kendala yang dialami siswa adalah keseimbangan dan sasaran tendang yang belum tepat. Proses pembelajaran belum memperhatikan karakter siswa. Pembelajaran materi tendangan pencak silat dengan alat standar nasional sangat berbahaya. Alternaif pemecahan masalah melalui alat bantu tali bentang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Penjasorkes materi tendangan pencak silat dengan alat bantu tali bentang pada siswa Kelas XI. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian berjumlah 32 siswa. Teknik pegumpulan data menggunakan teknik tes dan observasi. Teknik analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa prasiklus sebesar 34,37%, siklus I sebesar 81,25%, dan siklus II sebesar 93,75%. Dapat disimpulkan bahwa alat bantu tali bentang dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes materi tendangan pencak silat pada siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pekutatan.
PENGARUH MOTIVASI, KOMPETENSI DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP PRESTASI KERJA GURU SMP NEGERI 6 AMBON Hidayat, Hanan Titis
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.645 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh motivasi, kompetensi dan lingkungan kerja terhadap prestasi kerja guru SMP. Unit analisis dalam penelitian ini adalah sampel guru yang ada di SMP Negeri 6 Ambon yang berjumlah 30 orang. Junis penelitian ini adalah explanatory research, Sampel diambil secara sensus sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada para responden dan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa secara simultan motivasi, kompetensi dan lingkungan kerja bepengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMP. Hal ini dibuktikan dengan nilai F hitung yang mempunyai tingkat signifikansi ? < 0,05. Disamping itu berdasarkan hasil analisis data dnegan uji t diperoleh nilai t hitung untuk masing-masing variable bebas yaitu motivasi, kompetensi, dan lingkungan kerja mempunyai tingkat signifikansi ? < 0,05. Yang berarti bahwa motivasi, kompetensi dan lingkungan kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMP Negeri 6 Ambon.
PENGARUH KOMPETENSI, MOTIVASI DAN FUNGSI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP PRESTASI KERJA GURU DI SMPN 2 TIMIKA Rifai, Mochamad Anas
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.79 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kompetensi, motivasi dan Fungsi Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Prestasi Kerja Guru baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini mengambil obyek di SMPN 2 Timika. Unit analisis dalam penelitian ini adalah guru, sampel diambil berdasarkan teknik metode sensus sampling dari jumlah populasi sebanyak 52 orang. Teknik ini diambil mengingat jumlah populasi yang relative sedikit. Data di kumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan analisis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi, motivasi dan fungsi kepemimpinan kepala sekolah secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja guru SMPN 2 Timika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai uji yang mempunyai tingkat signifikansi kurang dari 0,05. Besarnya pengaruh variable bebas terhadap variable terikat adalah 24,0 %  yang berarti mempunyai pengaruh kontribusi yang moderat. Hasil analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung untuk kompetensi dan fungsi kepemimpinan mempunyai signifikansi lebih dari 0,05, yang berarti bahwa kompetensi dan fungsi kepemimpinan mempunyai pengaruh tidak signifikan terhadap prestasi kerja. Motivasi merupakan faktor penting dalam upaya untuk meningkatkan prestasi kerja, hasil analisis data menunjukkan bahwa motivasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. Hal ini ditunjukkan oleh nilai uji t yang mempunyai signifikansi kurang dari 0,05. Artinya bahwa kompetensi dan kepemimpinan yang ada di SMPN 2 Timika, sudah standar sehingga peningkatan fungsi kepemimpinan dan kompetensi tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi kerja. Hanya saja untuk motivasi masih perlu ditingkatkan karena motivasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap prestasi kerja.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPS TAHUN AJARAN 2018/2019 Asmara, Yusti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (206.367 KB)

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV dalam pembelajaran IPS Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 018 Sekip Hulu pada bulan Februari dan maret 2019. Dari 28 siswa hanya 12 orang yang mencapai KKM IPS yaitu 75.Tujuan penulisan perbaikan pembelajaran adalah untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 018 Sekip Hulu. Pelaksanaan penulisan perbaikan pembelajaran dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penulisan menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa SD Negeri 018 Sekip Hulu pada siklus I sebesar 61%. Pada siklus II sebesar 86%. Hasil belajar-mengajar juga meningkat. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran group investigation untuk memperbaiki proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Negeri 018 Sekip Hulu.
STRATEGI BURSA KERJA KHUSUS (BKK) SMK DALAM MENGANTAR ALUMNI MENDAPAT PEKERJAAN (STUDI KASUS DI SMK NEGERI 3 PROBOLINGGO) Prasetyawan, Haris
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.407 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan program kerja karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo dalam mengantarkan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan, untuk menganalisis kemitraan karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo di Jakarta mengantarkan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan; dan untuk menggambarkan akuntabilitas SMK Karyawan baru Negeri 3 Probolinggo dalam memberikan lulusan untuk mendapatkan pekerjaan. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Untuk menganalisis data, penelitian ini digunakan reduksi data, tampilan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karyawan baru SMK Negeri 3 Probolinggo diatur secara sistematis mulai dari persiapan target kualitas tahunan. Karyawan baru memiliki program wajib berikut: mengunjungi dunia bisnis, perekrutan dan distribusi lulusan. Kemitraan SMK Negeri 3 Probolinggo karyawan baru memiliki prinsip "Tidak ada gagal dalam membangun hubungan kerjasama." Karyawan baru aktif di forum komunikasi pertukaran tenaga kerja Jawa Timur untuk mendapatkan informasi mengenai dunia bisnis. Akuntabilitas SMK Negeri 3 Probolinggo karyawan baru dibuat dalam bentuk laporan pertanggungjawaban. Laporan tersebut mencatat proses dan hasil seleksi. Itu dilengkapi dengan dokumen pendukung seperti jumlah mitra dunia bisnis, profil sekolah, dan foto proses seleksi.  

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue