cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR IPA FISIKA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES MATERI PELAJARAN LISTRIK DINAMIS KELAS IX SEMESTER 1 DI SMP NEGERI 5 MURUNG Heriadi, Wawan
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (268.157 KB)

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil keterampilan proses peserta didik pada mata pelajaran IPA Fisika kelas IX di SMP Negeri 5 Murung. Untuk meningkatkan kemampuan guru dalam melakukan kegiatan belajar mengajar pendekatan keterampilan proses peserta didik pada mata pelajaran IPA Fisika kelas IX di SMP Negeri 5 Murung. Serta untuk meningkatkan aktivitas peserta didik dalam belajar IPA Fisika kelas IX SMP Negeri 5 Murung. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan (action research) sebanyak dua putaran. Setiap putaran melalui tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik peserta didik kelas IXA SMP Negeri 5 Murung dengan jumlah peserta didik 32 dan guru yang mengampu mata pelajaran tersebut. Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Juli 2018 sampai dengan Agustus 2018. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 5 Murung tentang penerapan pendekatan keterampilan proses dalam pelajaran IPA-fisika materi listrik dinamis kelas IX semester 1 Tahun Pelajaran 2018/2019. Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi belajar yang juga merupakan perwujudan dari keterampilan proses peserta didik dalam belajar pada peserta didik kelas IX menunjukkan menunjukkan dari 32 peserta didik pada siklus I ketuntansan 62,5% meningkat 25 poin sehingga pada siklus II menjadi 87,5%. Kemampuan guru dalam proses belajar mengajar dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses dalam setiap siklus mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan rata-rata skor 3 (cukup), selanjutnya ada upaya guru untuk memperbaiki dan meningkatkan.
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL GALLERY LEARNING PADA MATERI PERTUMBUHAN EKONOM TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Marteja, Sigit
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (313.623 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  Peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Gallery earning pada materi pertumbuhan ekonomi di kelas XI.IPS.2 di SMAN 1 Rejang Lebong Tahun pelajaran 2019/2020.maka dilakukan penelitian  dengan subyek. 24 orang siswa SMA Negeri 1 Rejang Lebong kelas XI IPS.2. Pengambilan data menggunakan metode observasi, tes tulis. Penelitian dilakukan dengan 2 siklus. Setiap siklus dilakukan 2 pertemuan dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian  Peningkatan hasil belajar siswa tersebut ditunjukkan pada Pra siklus hasil siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa dengan persentase 45,83% ., dan siswa yang belum tuntas  sebanyak 13 siswa dengan persentase 54,16%, siklus I siswa yang tuntas  sebanyak 14 siswa dengan persentase  58,337%., dan siswa yang belum tuntas sebanyak 10 siswa dengan persentase 41,66%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 23 siswa dengan persentase 95,83%,  dan 1 (4,16%) siswa yang belum tuntas.Peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II ke arah yang lebih baik. Hal itu ditunjukkan kenaikan aktivitas belajar siswa secara signifikan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 78,02% pada siklus I, menjadi 95,35% pada siklus II. Selain itu juga terjadi peningkatan pada kesiapan siswa dalam menerima pelajaran, perhatian siswa terhadap materi yang diajarkan, berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan Pembelajaran model Gallery Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Pertumbuhan Ekonomi di kelas XI.IPS.2 SMAN 1 Rejang Lebong Tahun pelajaran 2019/2020.
PENGARUH TEKNIK DIRECT OBJECT TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI KELAS IV TEMA 4 SUBTEMA 1 PEMBELAJARAN 1 SDN MENANGGAL 601 SURABAYA Lailah, Rochmatul; Fanani, Achmad; Juniarso, Triman
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.307 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pengaruh teknik objek langsung, menerapkan teknik objek langsung untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen kuantitatif. Pengumpulan data dengan melakukan tes dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam menganalisis data adalah Uji-Normalitas, Uji-hipotesis hingga Uji-t. Hasil penelitian yang ditemukan dalam teknik Obyek Langsung adalah pengaruh teknik terhadap keterampilan menulis deskripsi siswa. Hal ini dapat dibuktikan dengan Berdasarkan hasil data uji normalitas menunjukkan bahwa Uji Keterampilan Menulis Siswa memiliki signifikansi 0,194 untuk kelas eksperimen dan 0,063 untuk signifikansi kelas kontrol. Ini menunjukkan data terdistribusi normal. Dan berdasarkan uji-t dapat diketahui bahwa ?> 0,05 maka H0 diterima. Terlihat bahwa nilai probabilitas signifikansi (2-tailed) di kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,018. Dengan demikian H1 diterima dan H0 ditolak untuk 0,018 <0,05.
PENGARUH LATIHAN BOX JUMP TERHADAP KEKUATAN OTOT TUNGKAI PADA PERMAINAN SEPAK BOLA KELAS VII SMP NEGERI 51 SURABAYA Ma?ruf, Muhammad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (485.137 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Latihan Box Jump Terhadap Kekuatan Otot Tungkai Pada Permainan Sepak Bola Kelas VII SMP Negeri 51 Surabaya. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas A dan siswa kelas B yang berjumlah 40 orang siswa. Jenis Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang berbentuk Eksperimen yaitu True Experimental. Dalam True Eksperimen mempunyai kelompok eksperimen dan kelompok control. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan nilai t hitung dan t tabel pada taraf signifikasin 5% maka terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kelompok eksperimen. Sedangkan hasil Uji Independent Sample T Test, nilai siqnifikansi pre test dan post test pada kelompok kontrol sebesar 0,005 lebih besar dari 0,05 dengan nilai t hitung 383< t tabel 383 serta nilai t hitung dan t tabel pada taraf signifikasin 5% maka tidak terdapat pengaruh yang signifikan pada kelompok konrol. Kesimpulan yang dapat diambil berdasarkan hasil uji Independent Sample T Test yaitu Ha diterima dan Ho ditolak. dengan perolehan uji T-test tersebut maka ? Terbukti adanya Pengaruh Latihan Box Jump Terhadap Kekuatan Otot Tungkai Pada Permainan Sepak Bola Kelas VII SMP Negeri 51 Surabaya?.
PENERAPAN PARENTING SCHOOL UNTUK MEMBANGUN KARAKTER RELIGIUS KELAS 1 DI SD MUHAMMADIYAH 1 SIDOARJO Larassaty, Annas; Atnuri, Atnuri; Fanani, Achmad
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (337.9 KB)

Abstract

Parenting school adalah pendekatan yang digunakan untuk berkomunikasi dan membekali orang tua dengan pengetahuan untuk mengenal pengasuhan anak dengan baik untuk membentuk karakter anak. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan proses penerapan parenting school, pelaksanaan parenting school terhadap sikap toleransi terhadap agama untuk membangun karakter, kendala dan solusi pelaksanaan parenting school. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif berdasarkan kualitatif. Pengumpulan data dengan metode anget, tujuan wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan dalam analisis data transaksi adalah tampilan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Teknik data tidak dirusak dengan penggunaan triangulasi sumber, triangulasi teori, dan triangulasi teknik. Penelitian menunjukkan bahwa proses penerapan 1) sosialisai parenting school dimulai, presepsi emulatio, identifikasi pembelajaran, parenting school, dan materi yang akan disampaikan pada saat penerapan parenting school. 2) karakter agama sekolah parenting untuk membangun 1 siswa kelas dilakukan di sekolah dengan guru dan tim pemantauan pembiasaaan kemudian pulang dengan pemantauan orang tua muhasabah dan buku-buku. 3) kendala di sekolah pengasuhan adalah kurangnya kesadaran orang tua di sekolah telah membuat kegiatan sekolah pengasuhan serupa. 4) solusi dari pelakaksanaan parenting school orang tua lebih memperhatikan program yang dibuat oleh sekolah dan mengetahui tentang apa perilaku baru sebuah sekolah.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue