cover
Contact Name
Siska Amelia
Contact Email
siska.kresno@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
mahardika.kresno@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal Mitra Pendidikan
ISSN : 26147254     EISSN : 25500481     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Mitra Pendidikan adalah Jurnal hasil penelitian dalam bidang pendidikan. Isi jurnal ini diharapkan menjadi inspirasi para Tenaga Pendidik dalam pengembangan profesinya
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni" : 8 Documents clear
PENERAPAN SUPERVISI AKADEMIK UNTUK MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK STELLA MARIS NANGAHURE KECAMATAN ALOK BARAT Kolomera, Dolorosa
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (355.893 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah dengan menerapkan supervisi sekolah untuk meningkatkan kinerja guru di TK Stella Maris Nangahure Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru di TK Stella Maris Nangahure Kecamatan Alok Barat Kabupaten Sikka. Hasil penelitian menunjukan bahwa ketuntasan nilai yang di peroleh pada siklus I adalah 100% pada kategori B atau baik dari jumlah 2 orang guru termasuk kepala sekolah dan ketuntasan nilai yang diperoleh pada siklus II mencapai 100% dari jumlah guru 2 orang termasuk kepala sekolah dan mendapat kategori A atau sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka di simpulkan bahwa dengan menerapkan supervisi akademik untuk meningkatkan kinerja guru maka hasil yang dicapai meningkat mencapai 100%.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PERSUASIF SISWA KELAS II SD INPRES BERE-BERE KECIL Salim, M. Rais; Dama, Fian
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (496.279 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan Dengan Menggunakan Pendekatan Persuasif Siswa Kelas II SD Inpres Bere-Bere Kecil. Penelitian ini dilaksanakan di kelas II SD Inpres Bere-Bere Kecil, dengan waktu kurang lebih 3 bulan, tanggal 20 September sampai 20 Desember 2019. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Inpres Bere-Bere Kecil, semester ganjil 2019/2020, dengan jumlah siswa 20 orang, terdiri dari 13 orang perempuan dan 7 orang laki-laki Pada siklus I siswa yang berhasil 11 siswa (55%) dari jumlah keseluruhan 20 siswa (100%), sedangkan 9 siswa (45%) belum berhasil. Peneliti melakukan penelitian ke siklus II. Penelitian pada siklus II, terjadi peningkatan dari 11 siswa (55%) yang berhasil, menjadi 17 siswa (85%) yang berhasil, sehingga peningkatan hasil belajar dari siklus I kesiklus II sebesar 30%. Hasil penelitian ini, karena penggunaan pendekatan pesruasif terhadap keterampilan membaca permulaan siswa sudah efektif dari guru. Berdasarkah hasil penelitian yang di lakukan dalam dua siklus, maka peneliti berkesimpulan bahwa penelitian dengam menggunakan pendekatan persuasif dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan keterampilan membaca permulaan dengan materi tentang teks bacaan ?Minggu Bersih? pada siswa Kelas II SD Inpres Bere-bere Kecil berhasil.  
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA OPERASI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SSISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR INPRES SOPI KECAMATAN MOROTAI JAYA Mahmud, Nurhani
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (270.066 KB)

Abstract

Proses belajar mengajar materi perkalian,  bahwa materi tersebut sulit dipahami para siswa, seperti menjumlahkan penjumlahan secara berulang sehingga mengakibatkan pada materi perkalian siswa mampu untuk mengalikan satu bilangan dengan bilangan yang lainnya tetapi jika mengalikan bilangan melebihi satu bilangan, siswa sudah merasa kesulitan untuk mengoperasikannya  sehingga dari hasil belajar materi tersebut dari 20 siswa yang mencapai nilai di atas KKM 70 hanya 5 siswa (25%). Tujuan penelitian tindakan kelas (PTK) ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika operasi perkalian melalui pendekatan matematika realistik pada siswa kelas IV SD Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdapat 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan Refleksi. Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa digunakan pendekatan matematika realistik sehingga hasil penelitian setiap siklus menunjukkan peningkatan setiap siklus. Pada tindakan siklus 1  tingkat hasil belajar siswa mencapai ketuntasan belajar  35% dan  pada tindakan siklus II, proses kegiatan belajar mengajar telah mengalami peningkatan dengan tuntasan belajar  secara klasikal  mencapai ketuntasan belajar 90% dan telah mencapai KKM (70). Penerapam pendekatan matematika realistik  dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang operasi perkalian pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Inpres Sopi Kecamatan Morotai Jaya.
PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI PEMBELAJARAN SAKRAMEN EKARISTI KELAS IV SDK LAMALERA KECAMATAN WULANDONI KABUPATEN LEMBATA Dasion, Yuliana
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (383.815 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar afektif, psikomotorik dan kognitif materi Sakramen Perjamuan Ekaristi bagi siswa kelas IV SDK Lamalera Kecamatan Wulandone Kabupaten Lembata melalui metode Demonstrasi. Metode penelitian tindakan kelas IV menggunakan subyek adalah siswa kelas IV yang berjumlah 16 orang. Dari penelitian didapatkan peningkatan hasil belajar efektif dari 75% menjadi 100%. Pada hasil belajar psikomotorik siklus kedua mencapai 100%, yang berarti ada peningkatan sebesar 25% di atas indikator pencapaian KKM 70.  Peningkatan hasil belajar kognitif pada siklus kedua mendapatkan hasil sebanyak 16 siswa (100 %) tuntas. Ketuntasan ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran padas iklus kedua dengan menggunakan metode demonstrasi dinyatakan berhasil. Dari Hasil penelitian tindakan kelas ini maka peneliti merekomendasikan penggunaan metode demonstrasi untuk mengajarkan materi Sakramen Perjamuan Ekaristi.
MENINGKATKAN KETERAMPILAN GERAK MELALUI KEGIATAN MENARI PADA ANAK KELOMPOK B TK DIDI DODO MAUMERE Agustalis, Anastasia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (358.151 KB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan gerak anak anak kelompok B melalui kegiatan menari di TK Didi Dodo Maumere. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas secara deskriptif dengan subjek guru dan 16 anak-anak kelompok B TK Didi Dodo Maumere. Hasil analisis data keterampilan gerak anak melalui kegiatan menari menunjukkan bahwa: aktivitas anak pada siklus I dan sebesar 37,5 % dan siklus II sebesar 87,5 %. Pelaksanaan pembelajaran meningkat dengan nilai rata-rata siklus I sebesar 31,25% dan pada siklus II sebesar 100%. Peningkatan pembelajaran keterampilan gerak pada indikator anak dapat melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki meningkat menjadi 100%, anak dapat melakukan gerak dengan lincah meningkat menjadi 100 % dan anak bergerak sesuai dengan irama musik meningkat menjadi 100 %.  
MENINGKATKAN PENDALAMAN IMAN KATOLIK DI LINGKUNGAN SEKOLAH DI SDK LABALA KECAMATAN WULANDONI Stevanus, Kia
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (359.236 KB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar siswa, guru dan karyawan dalam pendidikan agama Katolik dan budi pekerti baik di sekolah, gereja, keluarga maupun masyarakat. Hasil penelitian menunjukan bahwa jumlah pengamatan aktifitas siswa yang aktif dalam mengikuti pendalaman iman Katolik adalah 32,46 %, guru dan pegawai 66,66% dan jumlah indikator keberhasilan subyek yang aktif dalam kegiatan pendalaman iman Katolik di lingkungan SDK Labala sebanyak 99,12 %. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa hasil penelitian cukup baik namun perlu ditingkatkan dengan menambah beberapa kegiatan lain yang berhubungan dengan pendalaman iman Katolik di lingkungan sekolah sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar baik bagi siswa, guru dan karyawan utnuk di terapkan di keluarga, gereja dan masyarakat sehingga dapat menambah kualitas sekolah kedepannya.
PENINGKATAN KEMAMPUAN BERHITUNG ANAK KELOMPOK B DALAM MENGELOMPOKAN BENDA-BENDA BERWARNA MELALUI METODE BERMAIN PERAN DI TK STELLA MARIS NANGAHURE KECAMATAN ALOK BARAT KABUPATEN SIKKA Erosvita, Bernadetha
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.171 KB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode bermain peran pada materi kemampuan berhitung anak kelas B dalam mengelompokan benda-benda berwarna. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar anak dalam materi kemampuan berhitung anak kelas B dalam mngelompokan benda-benda berwarna dengan menggunakan metode bermain peran. Hasil penelitian menunjukan bahwa aktivitas anak pada siklus 1 adalah 42,5% dan siklus II adalah 62%, aktivitas guru pada siklus I adalah 78% dan siklus II adalah 80% sedangkan ketuntasan belajar anak pada siklus 53,33% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,66%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran pada materi kemampuan berhitung anak kelas B dalam mengelompokan benda-benda berwarna, hasil yang dicapai meningkat dengan mencapai 86,66%.
UPAYA MENINGKATKAN PENGETAHUAN SAINS IPA SISWA KELAS VI SEKOLAH DASAR NEGERI BERIWIT-5 KABUPATEN MURUNG RAYA MELALUI PENDEKATAN EKSPLORASI LINGKUNGAN Suharti, Sitti
e- Jurnal Mitra Pendidikan Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni
Publisher : Kresna Bina Insan Prima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (356.387 KB)

Abstract

Berdasarkan pada rumusan masalah penelitian diatas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan sains siswa kelas VI SDN Beriwit-5 Kecamatan Murung yang diterapkan guru melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar. Tempat Penelitian                 Penelitian kegiatan ini dilakukan pada siswa kelas VI SDN Beriwit-5 Kecamatan Murung dengan jumlah anak 19 yang terdiri dari 11 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, disimpulkan bahwa peningkatan pengetahuan sains siswa kelas VI SDN Beriwit-5 Kecamatan Murung melalui pembelajaran dengan metode eksplorasi lingkungan sekitar telah dibuktikan dengan hasil pengamatan pada keaktifan anak didik dalam mengemukakan pengetahuan sainsnya pada siklus I, siklus II dan siklus III. Kemampuan guru dalam mengajar dengan metode eksplorasi lingkungan sekitar pada siklus I, siklus II dan siklus III mendapatkan kategori baik penerapan pada anak didik, sehingga pada penelitian ini guru berhasil menerapkan metode ini. Para siswa kelas VI SDN Beriwit-5 Kecamatan Murung terlihat mudah menyebutkan pengetahuan sainsnya dengan pembelajaran melalui metode eksplorasi lingkungan sekitar. Berdasarkan pengamatan dari siklus I, siklus II dan siklus III dapat disimpulkan bahwa metode eksplorasi lingkungan sekitar dapat meningkatkan pengetahuan sains siswa kelas VI SDN Beriwit-5 Kecamatan Murung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2020 2020


Filter By Issues
All Issue Vol 4 No 6 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 4 No 5 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 4 No 4 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 4 No 3 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 4 No 2 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 4 No 1 (2020): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 3 No 9 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 12 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 3 No 11 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 3 No 10 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 3 No 8 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 3 No 7 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 3 No 6 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 3 No 5 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 3 No 4 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 3 No 3 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 3 No 2 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Februari Vol 3 No 1 (2019): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 2 No 9 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 2 No 8 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 2 No 7 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 2 No 6 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 2 No 5 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 2 No 4 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 2 No 3 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Mitra Manajemen Edisi Februari Vol 2 No 12 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 2 No 11 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 2 No 10 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Januari Vol 1 No 9 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi November Vol 1 No 8 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Oktober Vol 1 No 7 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi September Vol 1 No 6 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Agustus Vol 1 No 5 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juli Vol 1 No 4 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Juni Vol 1 No 3 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Mei Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi April Vol 1 No 10 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Desember Vol 1 No 1 (2017): Jurnal Mitra Pendidikan Edisi Maret More Issue