cover
Contact Name
AL Qariah
Contact Email
lensafkip@wiraraja.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
lensafkip@wiraraja.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. sumenep,
Jawa timur
INDONESIA
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA
ISSN : 23015071     EISSN : 24067393     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Arjuna Subject : -
Articles 30 Documents
DESKRIPSI PENGUNJUNG RUMAH BACA TPA NURUL HIDAYATULLAH Ningsih, Kurnia; Wahyuni, Eko Sri; Panjaitan, Ruqiah Ganda Putri
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (343.499 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i1.17

Abstract

This study aims to determine the number of visitors to the small library of TPA Nurul Hidayatullah. The method in this study was a descriptive survey techniques. Based on visitor data is known that the number of visitors was increased and decrease at different condition. Number of visitor was increase when the new books or magazine come and it was decrease when the condition is not supporting. It can be concluded that to build interest in reading needs to be supported by the availability of reading material, as well as reading facilities and infrastructure.
PENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V-B SDN 045 TARAKAN Alamsyah, Samsuri; Annisa, Muhsinah; Kusnadi, Dedi
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 8, No 1 (2018): May 2018
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (369.738 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v8i1.29

Abstract

The purpose of this research is to improve science learning outcomes by applying science process skill approach to students of grade V-B SDN 045 Tarakan. The type of research used is Classroom Action Research (PTK). The subjects were 31 students, male students were 16 students and 15 students. This study was conducted in two cycles each cycle consisting of planning, action, observation, and reflection. Data obtained in this study include observation sheet of teacher activity, student activity, cognitive and psychomotor research. The results of research by applying science process skill approach can improve science learning outcomes in students of grade V-B SDN 045 Tarakan. In cycle I completeness of learning result of cognitive aspect 54,839% to 90,322% in cycle II, psychomotor aspect of cycle I is 64,516% to 100% in cycle. So it can be concluded that the research has been successful and in accordance with success indicators.
ANALISIS MISKONSEPSI “GERAK DAN GAYA” MENGGUNAKAN INSTRUMEN FORCE CONCEPT INVENTORY (FCI) PADA MAHASISWA CALON GURU FISIKA Munfaridah, Nuril; Sutopo, Sutopo; Sulur, Sulur; Asim, Asim
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2017): November 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (538.202 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i2.23

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memetakan penguasaan konsep dan mengetahui miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika terkait materi gerak dan gaya menggunakan instrumen Force Concept Inventory (FCI). Pengambilan data dilakukan dengan memberikan tes kepada mahasiswa calon guru fisika tahun pertama di Jurusan Fisika UM sebanyak 95 mahasiswa. Hasil analisis jawaban dari instrumen yang diberikan menunjukkan kecenderungan bahwa sebagian besar mahasiswa masih mempercayai pemikiran logis yang berdasar pada kuantitas fisik dan belum menggunakan konsep fisika untuk menjawab. Beberapa konsep fisika terkait dengan gerak dan gaya yang cukup dikuasai oleh mahasiswa antara lain gerak melingkar, gerak parabola, hukum II Newton, dan hukum III Newton, sedangkan konsep yang masih perlu diberikan penguatan lebih diantaranya gerak vertikal baik ke atas maupun ke bawah  dan kebeadaan gaya kontak dan interaksi gaya benda satu dengan benda yang lain. Setelah diperoleh pemetaan penguasaan konsep dan miskonsepsi mahasiswa calon guru fisika, perlu dikembangkan strategi pembelajaran yang dapat menyelesaikan permasalahan miskonsepsi mahasiswa berdasarkan karakteristik masing-masing materi fisika.
KAJIAN STANDARISASI SARANA PRASARANA LABORATORIUM IPA BERDASARKAN PERMENDIKNAS NO. 24 TAHUN 2007 DI SMPN 4 SUMENEP Rahman, M. Syaiful
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.228 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i1.18

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan sarana dan prasarana laboratorium IPA di SMPN 4 Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015 berdasarkan standar dalam Permendiknas 24/2007. Fokus penelitian ini adalah pada aspek daya dukung fasilitas laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep meliputi standar ruang dan sarana Laboraotorium IPA. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparatif. Data penelitian dikumpulkan melalui daftar checklist, wawancara, dokumentasi, dan observasi. Data yang didapatkan dianalisis menggunakan skoring dan metode interaktif Miles dan Huberman kemudian diperiksa kebenarannya menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa daya dukung sarana dan prasarana laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep hanya 67,75% memenuhi standar Permendiknas no. 24 tahun 2007. Hal ini disebabkan kurangnya kontroling dari pengelola sehingga banyak alat rusak dan tidak segera ditangani, beberapa alat lainnya tidak mencukupi untuk praktikum, kurangnya pemasangan soket listrik, dan lainnya.
PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KESIAPAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA Badria, Irani Lailatul; Fajarianingtyas, Dyah Ayu; Wati, Henny Diana
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 8, No 1 (2018): May 2018
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (508.084 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v8i1.33

Abstract

The aimed of this research is 1) to know the influence of parents role to the learning achievement of science class VII SMPN 2 Saronggi, 2) to know the influence of learning readiness to science achievement of grade VII students SMPN 2 Saronggi and 3) to know the influence of parent role to Readiness of students of grade VII SMPN 2 Saronggi. Data collection  parent role, readiness of study with questionnaire and learning achievement with documentation study. Data analysis technique used in this research is Structural Equation Model (SEM). The result of this research is 1) there is no influence of parents role to the achievement of science learning grade VII SMPN 2 Saronggi, because P-value> 0,05 is 0,807, 2) there is influence of readiness study to science achievement of student of class VII SMPN 2 Saronggi Because the value of P-value (0,032) <0,05 and 3) there is no influence of parent role to readiness of student of class VII SMPN 2 Saronggi because value of P-value (0,317)> 0,05. Readiness to learn affect the learning achievement of science class VII SMPN 2 Saronggiurus parent role does not affect the learning achievement and readiness to study class VII SMPN 2 Saronggi.
PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP SAINS “PEMANASAN GLOBAL” UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI MEMBACA SISWA KELAS VII SMPN 2 SUMENEP Maghfirah, Firda; Herowati, Herowati
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2017): November 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (472.185 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i2.24

Abstract

Media pembelajaran merupakan alat yang penyampai pesan atau informasi pembelajaran. Media visual mampu menumbuhkan minat siswa dan menghubungkan isi materi pelajaran dengan dunia nyata. Komik sebagai media visual berfungsi untuk menyampaikan pesan dan menghibur. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan media komik strip sainsdan peningkatan motivasi membaca siswa setelah membaca media komik strip sains. Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan (Reseaerch and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Sumenep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan mendapat persentase sebesar 97,44% oleh ahli materi dan 93,5% dari ahli desain dengan kategori layak. Produk yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi membaca siswa dilihat dari signifikansi sebesar 0,0 dan nilai positive ranks lebih banyak dibandingkan dengan negative ranks. Media komik yang dikembangkan juga mendapat persentase respon siswa sebesar 84,37% dengan kategori sangat baik. Hasil tersebut menunjukkan bahwa media komik strip sains yang dikembangkan dapat meningkatkan motivasi membaca siswa kelas VII SMPN 2 Sumenep.
STUDI KELAYAKAN PENGELOLA LABORATORIUM IPA SMPN 4 SUMENEP BERDASARKAN PERMENDAGRI 26/2008 Meita, Nisfil Maghfiroh
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.944 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i1.19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kinerja pengelola laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep Tahun Pelajaran 2014/2015. Fokus penelitian diarahkan pada pengelola laboratorium IPA berdasarkan kompetensi pengelola dalam Permendiknas 26/2008. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Seluruh data yang terkumpul dianalisis menggunakan metode interaktif Miles dan Huberman kemudian diperiksa kebenarannya menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompetensi pengelola laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep belum memenuhi standar. Kepala laboratorium IPA kurang paham terhadap tanggung jawab dan tugas yang diembannya, begitu pula guru-guru IPA yang terlibat dalam pengelolaan laboratorium IPA. Kompetensi pengelola laboratorium IPA SMPN 4 Sumenep cenderung lebih berkompeten di bidang pengadministrasian laboratorium dan mekanisme operasional laboratorium IPA.
PENGEMBANGAN MODUL IPA MATERI HUBUNGAN MAKHLUK HIDUP DAN LINGKUNGANNYA BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL Gita, Sari Damara; Annisa, Muhsinah; Nanna, Wilda Indra
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 8, No 1 (2018): May 2018
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (265.018 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v8i1.28

Abstract

This study aimed to produce teaching materials in the form of IPA Modules of living creatures and the environment based on a quality contextual approach in terms of expert validation and testing to students. This development research uses the ADDIE model development procedure (analysis, design, development, implementation, evaluation). The subjects of this study are students of grade IV-B SD Negeri 033 Tarakan with a total of 24 people. Criteria for quality of IPA module material of living creature relationship and environment, viewed material validation result 98% (very valid), design validation 87.5% (very valid), validation of language 97% (very valid), 100% validation validation (very valid) and validation practitioner 88% (very valid), so the average validation result gets a percentage of 94% (very valid). Based on the questionnaire, the students responses were 93% (very good) Based on what has been explained that the IPA module based on the contextual approach that has been developed is qualified.
PENGGUNAAN ALAT PERAGA IPA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA POKOK BAHASAN GAYA DAN GERAK SISWA KELAS VIII SMPN 1 PASONGSONGAN KABUPATEN SUMENEP Ekawati, Linda; Santoso, Joni
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 2 (2017): November 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (291.896 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i2.25

Abstract

Lemahnya perhatian orang tua, lingkungan yang tidak kondusif, terbatasnya kemampuan guru, jam efektif dalam KBM sering terganggu, dan kurang optimalnya penggunaan alat peraga (APP-IPA) perlu untuk diperhatikan dan dievaluasi sebagai upaya untuk meningkatkan penguasaan siswa terhadap materi pelajaran sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan kemampuan siswa dalam Penggunaan Alat Peraga IPA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Populasi siswa kelas VIII SMPN 1 Pasongsongan tahun ajaran 2016-2017 berjumlah 70 orang, sedangkan sampel yang diteliti sebanyak 17 orang yang dipilih acak (random sampling) dengan cara diundi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat peraga IPA mampu meningkatkan pemahaman siswa kelas VIII SMPN 1 Pasongsongan terhadap materi gaya dan gerak dalam pembelajaran IPA. Hasil kuantitatif rata-rata pemahaman siswa sebesar 70% menjawab benar pada siklus I dan meningkat sebesar 83% pada siklus II.
PENGEMBANGAN MODUL MATA KULIAH FLUIDA MATERI FLUIDA DINAMIS BERBASIS KKNI UNTUK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN IPA FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS WIRARAJA SUMENEP Safriani, Desy Ariesta; Habibi, Habibi; Wati, Henny Diana
LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA Vol 7, No 1 (2017): May 2017
Publisher : Faculty of Teaching and Education, University of Wiraraja

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.321 KB) | DOI: 10.24929/lensa.v7i1.20

Abstract

Terbatasnya bahan belajar mahasiswa dan diberlakukannya kurikulum baru yaitu kurikulum berbasis KKNI membuat mahasiswa kesulitan mencari bahan ajar yang sesuai, maka dari itu diperlukan sebuah usaha untuk mengatasi permasalahan tersebut. Salah satunya melalui pengembangan bahan ajar, yaitu modul berbasis KKNI. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bentuk dan isi modul mata kuliah Fluida, untuk mengetahui hasil belajar dan respon mahasiswa semester 4 Program Studi Pendidikan IPA FKIP UNIJA setelah menggunakan modul yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research & Developmet dengan mengadopsi model dari Sugiyono. Teknik analisis data hasil belajar siswa menggunakan uji t sampel berpasangan dan menggunakan uji regresi dummy, sedangkan pada respon mahasiswa menggunakan analisis deskriptif berupa persentase. Hasil penelitian yang diperoleh yakni pada hasil belajar rata-rata pretest dan posttest mempunyai perbedaan secara nyata karena nilai signifikansinya lebih dari 0,5 dan besar pengaruhnya  sebesar  57,3%.  Respon pada proses pengamatan diperoleh hasil kegiatan yang paling dominan yaitu mengerjakan tugas sebesar 30% dan membaca referensi (modul) sebesar 24% serta respon mahasiswa yang diperoleh melalui pemberian angket dikategorikan baik karena nilai persentase pada pemberian angket sebesar 86%.

Page 1 of 3 | Total Record : 30