cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. bojonegoro,
Jawa timur
INDONESIA
Al Ulya: Jurnal Pendidikan Islam
ISSN : 25408127     EISSN : 25976656     DOI : -
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam (IAI) Sunan Giri Bojonegoro, Indonesia. Terbit setiap Maret dan September setiap tahun. Al Ulya memuat kajian-kajian ilmiah tentang pendidikan Islam, inovasi-inovasi pendidikan, dan pemikiran pendidikan dalam bentuk: 1) Hasil penelitian, 2) Gagasan konseptual, 3) Kajian kepustakaan, dan pengalaman praktis. Jurnal yang terbit dua kali setahun, bulan Maret dan September.
Arjuna Subject : -
Articles 83 Documents
OPTIMALISASI PENDIDIKAN ASWAJA PADA GENERASI MILENIAL SEBAGAI UPAYA DERADIKALISASI Aziz, Suudin
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.204

Abstract

Radicalism is a increasingly prevalent phenomenon in Indonesia for recent years. Radicalism increasingly developed when ?orde baru? (soeharto's regime) ended. The reform era is expanding space for people to express their feeling, including expressions of diversity. Including indicators of the emergence of radicalism in Indonesia is the birth of religious organizations that often use violent methods in carrying out its mission. Various radical Islamic organizations have various characteristics, variants and also orientations. However, there are similarities between radical Islamic organizations, namely the use of violence that came to be known as terror. Unfortunately almost of groups are dominated by millennial generation. This problem is a concern for the wider community surely.Various efforts to respond radicalism also appears contra ideology between them too. Aswaja education proved be able to prohibit  radicalism viruses. This article will present data from interviews, observations, and literature reviews related to the topic. The arguments which built in this paper are reconstruction and actualisation  values which contained in Aswaja can be strongly internalized in person's life, especially millenial generation. The proper aswaja socialization and internalization is trough education. In schools, colleges, and study forums which apply aswaja content; students, college students, and the study  participants will have opportunity to have moderate religion understanding and will be far away from radicalism diseases.
STRATEGI PENGEMBANGAN KEDISIPLINAN SISWA manshur, Ahmad
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.207

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk medeskripsikan strategi pengembangan kedisiplinan siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa dan guru pada madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum  Bulu Balen Bojonegoro. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dalam penelitian ini adalah:1. Strategi pengembangan kedisiplinan MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro  yaitu:  a) Penyiapan  visi,  misi, motto, dan tujuan,      b) Penyiapan program kegiatan  khusus,  program  kegiatan  ini  sengaja  disiapkan  khusus  untuk mensosialisasikan dan             membimbing       dan mengawasi pelaksanaan pendidikan  kedisiplinan.  c)  Tata  tertib,  ini  digunakan  sebagai  aturan bertindak   bagi  siswa.  d) Sosialisasi,  yaitu  sosialisasi  tentang  kedisiplinan,   baik  dalam  tataran materi  maupun  aplikasinya. 2. pelaksanaan pendidikan  kedisiplinan  di  MTs Bahrul Ulum Bulu Balen Bojonegoro sudah  berjalan  dengan  sukses,  baik  dalam  aplikasinya maupun  hasilnya,  ini  terbukti  dengan  kedisiplinan  siswa  yang semakin meningkat,  baik  kedisiplinan  dalam  belajar  maupun  dalam  bersikap/ bergaul dengan teman-temannya.
DISFUNGSI KONJUNGSI DALAM MAKALAH MAHASISWA Anisah, Giati
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.208

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan disfungsi konjungi dalam makalah mahasiswa. Dari deskripsi tersebut disimpulkan pula pola kesalahan penggunaan konjungsi yang dilakukan mahasiswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah teks dalam makalah mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam semester tiga Institut Agama Islam Sunan Giri Bojonegoro. Dari serangkaian analisis disimpulkan disfungsi konjungsi pada makalah mahasiswa dialami oleh konjungsi untuk, dan, karena, sebab, dengan, namun, dan maka. Pola umum kesalahan penggunaan konjungsi pada makalah mahasiswa adalah penempatan konjungsi intrakalimat koordinatif pada awal kalimat dan pemborosan konjungsi.
MENUMBUHKAN SIKAP EMPATI MELALUI PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA SEKOLAH BERASRAMA Fithriyana, Eshthih
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.210

Abstract

Pendidikan merupakan sarana dalam upaya memanusiakan manusia. Pendidikan sarana transmisi dan transformasi ilmu pengetahuan dan nilai-nilai. Dalam menanamkan dan mengembangkan karakter Bangsa lembaga pendidikan memiliki peranan yang penting dalam peletakan dasar moral dan kepribadian. Sikap empati perlu untuk ditumbuhkan sebagai upaya pencegahan terhadap disintegrasi yang terjadi di Indonesia. Salah satu caranya adalah dengan meletakkan dasar pendidikan moral dan karakter. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis secara komprehensif tentang penanaman sikap empati melalui pendidikan karakter berbasis kearifan lokal pada sekolah berasrama. Penelitian ini dilakukan pada dua pondok pesantren di kabupaten Bojonegoro, yaitu Pondok Pesantren Ar-Rosyid dan Pondok Pesantren At-Tanwir. Berdasarkan hasil analisis data wawancara, observasi dan dokumen ditemukan bahwa kedua pondok pesantren telah melalukan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal sebagai upaya penanaman sikap empati pada Santri dengan pendekatan-pendekatan sesuai dengan karakteristik pondok pesantren masing-masing.
PENGARUH MOVING CLASSSENTRA TERHADAP KEMANDIRIAN ANAK USIA 4-5 TAHUN Ni?mah, Roudlotun; Farid Utsman, Ahmad; Khoirun nisa, Eva
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.211

Abstract

Kemandirian anak merupakan kemampuan anak untuk melakukan kegiatan dan tugas sehari-hari sendiri atau dengan sedikit bimbingan, sesuai dengan tahap perkembangan dan kemampuan anak.Pembelajaran di sekolah juga dapat mempengaruhi kemandirian seorang anak, bagaimana anak belajar mandiri, percaya diri, didapat dari sekolah.Penelitian ini diangkat atas dasar pemikiran yang menyatakan bahwa adanya pengaruh Moving Class, maka dapat meningkatkan kemandirian anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.Pada sisi inilah penulis mengkaji keberadaan pengaruh moving class di RA Islamiyah Ngasem terhadap kemandirian anak.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat dari masing-masing variabel serta untuk mengetahui pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia dini di RA Islamiyah Ngasem Kecamatan Ngasem. Metodologi penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan pendekatan deskritif. Analisa terhadap pengaruh moving class terhadap kemandirian anak usia 4-5 tahun RA Islamiyah Ngasem, penulis mencoba memaparkan semua data yang diperoleh dari berbagai literatur, wawancara langsung, kemudian data-data yang terkumpul dianalisa berpedoman pada sumber-sumber yang tertulis. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh bahwa pengaruh moving class terhadap kemandirian anak mempunyai peranan yang sangat besar, karena moving class mampu membuat anak-anak lebih mandiri. Hasil yang dicapai dari pelaksanaan moving class ini bahwa dengan adanya moving class ini disambut positif oleh masyarakat, khususnya ibu-ibu guru dan anak didik, dan hasilnya bisa dilihat dari perilaku mereka sehari-hari yang mengalami evolusi.
WARISAN METODE PENDIDIKAN ISLAM UNTUK GENERASI MILLENNIAL Miftah, Zaini
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.212

Abstract

One of the inheritances of Islamic teachings which is very fundamental in achieving educational outcomes is the learning method. Therefore, this learning method will be very effective and active in encouraging students to be able to develop their potential to be better, ranging from intelligence, personality, character and skills that are useful for themselves and society. Islamic religious education and humans have a very fast dynamism, where Islamic religious education will survive for all ages, so that whenever and anyone who learns it will be able to receive the same and complete understanding of the sources of Islamic religious education, while humans when attached as social beings then there will be a challenge for him to be able to accept the changing times. This writing method is a literature review with a descriptive and exploratory approach which can be concluded that the method of Islamic religious education is an educational method with regular and systematic work and thinking of all the factors that exist to achieve the objectives of Islamic religious education, to deliver material Islamic education effectively and efficiently requires dynamic methods and approaches, including the Hiwar Qur'ani and Nabawi Method, the Stories of the Qur'ani and Nabawi, Amtsal Qur'ani and Nabawi, Uswah Hasanah, Tadrib and Tajribah, Ibrah and Mau 'Idzah, and Targhib and Tarhib
BUKU PENDAMPING UNTUK PENDIDIK PAUD DALAM MENGENALKAN KEARIFAN LOKAL BOJONEGORO Labiba Kusna, Siti
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 1 (2019): April
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i1.215

Abstract

Anak usia dini berada pada masa golden age, pada masa ini potensi yang dimiliki anak hendaknya dioptimalkan, salah satu upaya untuk mengoptimalkan potensi anak melalui Pembelajaran di lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pembelajaran menggunakan pendekatan tematik dengan memperhatikan unsur kedekatan, kesederhanaan, kemenarikan, daya dukung, dan keinsidentalan. Tema yang paling dekat dimulai dari diri sendiri, setelah itu lingkungan. Lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, dan lingkungan masyarakat. Agar anak mengenali lingkungannya maka dapat ditambahkan subtema kearifan lokal disekitar anak. Anak memiliki beragam potensi dengan keunikannya masing-masing siap distimulasi oleh pendidik. Pendidik hendaknya juga siap menjadi fasilitator bagi anak, salah satunya dengan melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Guru dibekali buku pedoman yang telah diterbitkan oleh pemerintah, tetapi belum ada buku pendamping yang secara spesifik menjabarkan tentang kearifan lokal daerah masing-masing. Maka lembaga dapat menambahkan subtema kearifan lokal khususnya topik Salak Wedi sebagai salah satu kearifan lokal Bojonegoro, dan guru mendapatkan buku pendamping mengenai Salak Wedi sebagai potensi kearifan lokal Bojonegoro.    
POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP ANAK BERDASARKAN GOLONGAN DARAH : (TINJAUAN ANALISIS ISLAMIC STUDIES) Burhanuddin, Hamam
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2019): Oktober
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i2.229

Abstract

The study in this paper are explain about the studies of medical (medicine) blood type have the same relationship to human character because the blood producing antibodies and antigens. It could determine a person helpless hold strong or weak body, has an allergy to something or not, in the blood also contains various nutrients (like protein) and also the oxygen being supplied to the brain and nerves and body affect performance someone will then be emanated from the attitude of the person and social interaction. As has been explained, but keep in mind, there is blood in the genes, the nature of which is carried in the body/genotif rightly so it is, but we can not ignore the fenotif/nature arising or visible, this trait appear due to interaction between genes and the environment, so even if the person is smart in the intelligentsia and emotional, but grew up in a bad environment is going to be a bad trait. The theory of personality based on blood type can be used as a reference in parenting children through an understanding of the fundamental principles of the application of personality accompanied by parenting. Furthermore, the taking of steps in the care tailored to the stage of development of the child, in the Qur'an explicitly did not mentioned paragraph that discusses about blood type, but in the Qur'an there are blood (ad-Dam), Islamic studies in the study of Children is seen as a mandate from God, forming 3-dimensional relationships, with parents as the central figure. First, her parents relationship with God that is backed by the presence of children. Second, the relationship of the child (which still need a lot of guidance) with God through his parents. Third, the relationship of the child with both parents under the tutelage and guidance of God.
MODEL PENDEKATAN GURU DALAM OPTIMALISASI CLASS ROOM MANAGEMENT DI MADRASAH IBTIDAIYAH Sa?diyah, Zumrotus
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2019): Oktober
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i2.231

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan model pendekatan yang digunakan guru dalam optimalisasi implementasi class room management sebagai upaya membentuk pembelajaran yang evisien di Madrasah Ibtidaiyah (MI), untuk mendeskripsikan sejauh mana respon siswa terhadap model yang digunakan oleh guru dalam optimalisasi implementasi class room management. Desain yang digunakan dalam penelitian ini case study research untuk mendeskripsikan fonomena dan fakta yang terjadi dalam proses pembelajaran di kelas melalui kegiatan observasi non partisipan, wawancara dan angket  dengan responden siswa terhadap kegiatan belajar mengajar yang dilakukan guru dan siswa di MI Al Asyhar Jelu Ngasem Bojonegoro.  Adapun  validitas data yang diperoleh menggunakan metode triangulasi sumber, dan teknik kemudian dianalisis sehingga mendapatkan kesimpulan. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan  menunjukan bahwa class room managemen sangat  memiliki peran yang strategis dalam menciptakan pembelajaran yang evisien, melalui beberapa tahapan yaitu; perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi belajar. Sebagaimana hasil penelitian menunjukan bawah class room management yang telah diterapkan di MI Al Asyhar memiliki peran yang sangat setrategis, hal itu didukung dengan pengakuan siswa sebagai responden yang diambil melalui angket, dengan hasil 89% siswa lebih merasakan bahwa class room managemen guru menerapkan model humanistis, dan model otoritas demokratis sebesar 84%, dan model behavioristik 78%. Pembelajaran akan semakin menyenangkan dan berhasil bila penggunaan class room management memaksimalkan serta mengkombinasikan keunggulan ketiga model tersebut.
BERKISAH MELALUI BONEKA TANGAN UNTUK MENINGKATKAN PERKEMBANGAN BAHASA DI RA MUSLIMAT NURUL MUTTAQIN Tsaqibul Fikri, Mohammad; Suwiti
Al Ulya : Jurnal Pendidikan Islam Vol 4 No 2 (2019): Oktober
Publisher : IAI Sunan Giri Bojonegoro

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36840/ulya.v4i2.232

Abstract

Salah satu perkembangan anak usia dini yang harus dikembangkan adalah perkembangan bahasa anak. Bahasa merupakan salah satu media yang digunakan banyak orang untuk bisa berinteraksi dengan sesama dan juga bentuk komunikasi yang paling efektif. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk mengembangkan kemampuan bahasa yaitu metode bercerita. Metode bercerita merupakan salah satu pemberian pengalaman belajar bagi anak RA dengan membawakan cerita yang berisi nilai-nilai perjuangan, keagaaman, moral, sosial, dan lain-lain baik secara lisan maupun non lisan. Kegiatan berkisah dapat menarik fokus anak untuk mendengarkan, maka media boneka tangan dapat digunakan untuk menarik minat anak untuk bisa antusias, senang, dan perhatian dalam mendengarkan guru. Anak lebih mengenal sejarah-sejarah Islam yang ada dijawa agar cerita sejarah pada zaman dahulu tidak punah/hilang begitu saja, maka kami ingin meningkatkan Perkembangan bahasa melalui boneka tangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan bahasa anak sebelum dan sesudah diberikan perlakuan metode bercerita dengan boneka tangan dan menjelaskan pengaruh berkisah melalui boneka tangan dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak pada kelompok A. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan eksperimen rancangan pretest-posttest test design. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi pada kelompok A di RA Muslimat Nurul Muttaqin Desa Sokogrenjeng Kecamatan Kenduruan Kabupaten Tuban yang berjumlah 28 anak. Melalui uji statistik Nonparametik dengan menggunakan rumus wilcoxon sign test, maka dari hasil penelitian dapat diperoleh hasil Z yang dihasilkan adalah -4,683 dengam p-value (probabilitas) sebesar 0,00 karena nilai p-value (probabilitas) yang di hasilkan kurang dari 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa metode berkisah dengan menggunakan boneka tangan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap perkembangan bahasa anak di RA Muslimat Nurul Muttaqin.