cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Jurnal As-Salam
Published by As-Salam Press
ISSN : 25281402     EISSN : 25495593     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Junal As-Salam merupakan jurnal publikasi ilmiah dari Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam di Provinsi Aceh, diterbitkan secara paper-based pada tahun 2016 dan diterbitkan secara online sejak tahun 2017. Jurnal As-Salam dan diterbitkan 3 (tiga) bulanan (Januari-April, Mei-Agustus, Sptember-Desember). Jurnal As-Salam Bersifat Peer-Reviewed dalam bidang intergarasi sains–Islam (interdisciplinary)
Arjuna Subject : -
Articles 129 Documents
PENERAPAN MODEL PENDIDIKAN AKHLAK SYAIKH UTSAIMIN DI SDIT AL-HIDAYAH BOGOR Idhaudin, Abdul Jabar; Alim, Akhmad; Al Kattani, Abdul Hayyie
Jurnal As-Salam Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (673.81 KB) | DOI: 10.37249/as-salam.v3i3.137

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terjadinya kemerosotan akhlak pada jenjang pendidikan sekolah dasar yang disebabkan adanya pembaratan terhadap dunia pendidikan yang mendeislamisasi sendi kehidupan umat Islam. Penelitian ini dirumuskan untuk mendeskripsikan Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin di SDIT Al-Hidayah Bogor. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi tokoh dan studi kasus. Penelitian ini menghasilkan pembahasan mengenai Penerapan Model Pendidikan Akhlak Syaikh Utsaimin di SDIT Al-Hidayah Bogor sebagai berikut: landasannya al-Qur??n, al-Hadits, dan  ijtihad yang dinternalisasikan melalui visi dan misi sekolah, tujuannya mewujudkan peserta didik berakhlak mulia dan membangun budaya Islami dalam  setiap unsur pendidikan, kurikulumnya berdimensikan mata pelajaran dan program sekolah yang bertumpu pada penanaman nilai-nilai akhlak, metodenya penanaman nilai akhlak dalam al-Qur??n dan al-Hadits, pembiasaan meneladani akhlak Rasulullah, metode kisah, keteladanan, targhib dan tarhib, serta kemitraan sekolah dalam mengawal akhlak peserta didik, evaluasinya pengawasan sikap peserta didik melalui observasi selanjutnya dicatat dalam buku jurnal sikap, dan direkap pada buku laporan hasil belajar yang diiringi dengan pembinaan akhlak dalam memperhatikan faktor keberhasilan dan penghambat pendidikan akhlak.
ANALISIS KENDALA KERJA SAMA SISWA DALAM MODEL PEMBELAJARAN JUCAMA (PENGAJUAN DAN PEMECAHAN MASALAH) Umar, Ali
Jurnal As-Salam Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (462.337 KB) | DOI: 10.37249/as-salam.v3i3.138

Abstract

Bekerja sama menjadi salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh generasi di abad 21. Oleh karena itu pembelajaran harus mengakomodasi dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam bekerja sama. Sayangnya kegiatan dalam proses pembelajaran yang berlangsung masih menitik beratkan pada kemampuan siswa untuk bersaing mendapatkan nilai yang tinggi. Sudah saatnya model pembelajaran yang diterapkan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan semua, seperti kemampuan bekerja sama tanpa harus meninggalkan aspek kognitif. Model yang cocok diantaranya penerapan model JUCAMA, namun demikian kendala akan muncul untuk siswa yang diajar dengan model tersebut untuk pertama kalinya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kendala tersebut, subjek penelitian adalah siswa kelas X1 MTsN 2 Aceh Tengah. Hasil penelitian disimpulkan bahwa kendala pada pertemuan pertama siswa dalam bekerja sama pada model pembelajaran JUCAMA adalah 1) siswa tidak percaya diri dalam menuangkan ide-ide mereka dalam menyelesaikan tugas kelompok; 2) tidak semua siswa yang fokus dalam pengerjaan tugas kelompok; 3) siswa berkemampuan tinggi masih mendominasi dalam diskusi; 4) waktu yang dibutuhkan lebih banyak dari yang tersedia.
PENGARUH PEMBERIAN SOAL BERDASARKAN KOMPONEN PISA TERHADAP KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS VIII MTSS DARUL MUKHLISIN Hakim, Hilda; Ahmad, Nurul Qomariyah; Simahara, Ewis Niati
Jurnal As-Salam Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (823.949 KB) | DOI: 10.37249/as-salam.v3i3.139

Abstract

PISA menilai sejauh mana siswa yang duduk di akhir tahun pendidikan dasar (siswa berusia 15 tahun) telah menguasai pengetahuan dan keterampilan yang penting untuk dapat berpartisipasi sebagai warga negara. Namun, fakta di lapangan menunjukkan bahwa kondisi siswa yang tidak terbiasa menghadapi soal berdasarkan komponen PISA di sekolah dapat mengakibatkan dampak psikologis berupa rasa cemas karena anggapan siswa bahwa soal berdasarkan komponen PISA itu sulit untuk diselesaikan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian soal berdasarkan komponen PISA  terhadap kecemasan belajar matematika pada siswa kelas VIII MTsS Darul Mukhlisin. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian kausal, yang menjadi populasi adalah seluruh siswa kelas VIII MTsS Darul Mukhlisin yang berjumlah 100 siswa yang terdiri dari 4 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII karena untuk populasi sama dengan atau kurang dari 100 sebaiknya diambil semua sebagai sampel. Setelah dilakukan perhitungan koefisien determinasi diperoleh R atau 89, 39% kecemasan belajar matematika dipengaruhi oleh pemberian soal berdasarkan komponen PISA dan sisanya 10, 61% dipengaruhi oleh faktor lain. Dari hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa merasa cemas karena tidak mampu menyelesaikan suatu permasalahan atau soal berdasarkan komponen PISA sehingga siswa mengalami gejala fisik, kognitif, dan prilaku.
PERILAKU KUNCI PEMBELAJARAN EFEKTIF DALAM KONSEP WAHYU MEMANDU ILMU (WMI) Wicaksono, Mochammad Jiva Agung
Jurnal As-Salam Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (489.115 KB) | DOI: 10.37249/as-salam.v3i3.140

Abstract

Konsep-konsep pendidikan modern hari ini dipenuhi dengan pandangan para akademisi Barat yang notabenenya bukan beragama Islam. Sebagai umat Muslim kita pantas bertanya sekaligus menguji apakah pemahaman tersebut telah sesuai dengan yang dikehendaki oleh ajaran Islam. Tujuan dari penulisan ini ialah untuk menguji keselarasan pemahaman pembelajaran efektif sebagaimana yang dikaji oleh pakar Barat dengan ajaran-ajaran Islam melalui pendekatan konsep Wahyu Memandu Ilmu. Setelah dianalisis, dapat disimpulkan bahwa meskipun belum bisa menampung secara keseluruhan dari makna-makna edukatif yang terkandung dalam sumber sakral dan khazanah Islam, pemahaman pembelajaran efektif yang dipahami oleh akademisi Barat tidaklah bertentangan dengan nilai-nilai ajaran Islam.
INTEGRASI PENCEMARAN LOGAM BERAT DAN ISLAM MENGGUNAKAN METODE 4-STMD Ramli, Munasprianto; Muslim, Buchori; Fajriah, Silvi Nur
Jurnal As-Salam Vol. 3 No. 3 (2019): Jurnal As-Salam
Publisher : Asosiasi Dosen Perguruan Tinggi Islam

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (606.998 KB) | DOI: 10.37249/as-salam.v3i3.141

Abstract

Gagasan integrasi ilmu muncul karena adanya dikotomi atau pemisahan antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum lainnya. Seiring dengan perkembangan gerakan integrasi keilmuan khususnya ilmu agama dan sains maka Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta hadir untuk melakukan gerakan integrasi keilmuan ini. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis aspek integrasi Islam berupa Al-Qur?an, hadist, fiqih dan usul fiqih, ayat kauniyah dan sejarah Islam dengan ilmu kimia pada materi pencemaran logam berat menggunakan metode 4S-TMD (Four Step Teaching Material Development). Metode 4S-TMD ini dilakukan dengan menggunakan empat tahap yang harus ditempuh, yang terdiri dari seleksi, strukturisasi, karakterisasi, dan reduksi. Pada tahap seleksi didapatkan 15 konsep kimia terintegrasi keislaman. Pada tahap strukturisasi didapatkan 6 konsep utama kimia terintegrasi keislaman. Pada tahap karakterisasi didapatkan hasil menunjukkan sebagian besar konsep-konsep materi yang terdapat pada bahan ajar tergolong konsep mudah, dengan persentase penulisan ide pokok sebesar 94,72% dan kualifikasi pemahaman mahasiswa angkatan 2015 di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta terhadap konsep yang terintegrasi dikategorikan baik. Peneliti tidak menggunakan tahap reduksi dikarenakan tingkat keterpahaman mahasiswa sudah baik. Konsep-konsep kimia terintegrasi keislaman ini diharapkan dapat membantu proses pembelajaran terintegrasi keislaman pada program studi pendidikan kimia Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta.
FEMININITY ASPECT AS REFLECTED IN LISA SEE’S SNOW FLOWER AND THE SECRET FAN Rakhmyta, Yunie Amalia
Jurnal As-Salam Vol 2 No 3 (2018): Jurnal As-Salam
Publisher : Assalam press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.22 KB)

Abstract

The purpose of this study is to describe forms opression faced by Chinese women in the nineteenth century as reflected in te novel “Snow Flower and the Secret Fan” written by Lisa See, then to find out the way of the Chinese women to minimize their secluded life. This study is carried out with descriptive research which is collected with documentary technique and used a documentary sheet as the instrument. The finding indicates about the idea of femininity aspect that describes in the oppression faced by Chinese women. This oppression derives into three forms of oppression; emotional oppression, physical oppression, and sexual oppression. The Chinese women try to obey the particular custom judge by the culture to construct the femininity aspect, but secretly they tru to find a way to minimize their secluded life through Nu Shu (secret writing) and having a baby boy. It is hoped that the result of this study will be useful to anyone who wants to study women life situation in a certain communities.
PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL EFFECTIVE RESEARCH AS THE MEDIA FOR INCREASING STUDENTS’ WRITING AILITY IN DESCRIPTIVE TEXT Yulizar, Yulizar
Jurnal As-Salam Vol 2 No 3 (2018): Jurnal As-Salam
Publisher : Assalam press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (652.271 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa yang diajar dengan picture word inductive model memiliki keterampilan menulis teks deskriptif lebih baik dari pada siswa yang diajar dengan gambar biasa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eks5perimen semu; nonequivalent control group pre-posttest design. Sampel penelitian adalah kelas VIII.1 dan VIII.2. Kelas VIII.1 merupakan kelas control yang diajar dengan menggunakan picture biasa sedangkan kelas VIII.2 merupakan kelas experimen yang diajar dengan menggunakan picture word inductive model. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah tes menulis teks deskriptif. Data dianalisis dengan menggunakan independent t-test. Temuan menunjukkan bahwa siswa yang diajar dengan picture word inductive model mempunyai keterampilan menulis teks deskriptif lebih besar daripada siswa yang diajar dengan gambar biasa.
IMPLEMENTASI KWIKTRIG SOFTWARE DALAM KULIAH TRIGONOMETRI UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MAHASISWA Saputra, Edy
Jurnal As-Salam Vol 2 No 1 (2018): Jurnal As-Salam
Publisher : Assalam press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (501.366 KB)

Abstract

Permasalahan dalam trigonometri adalah permasalahan yang berhubungan dengan menggambar sudut dan melakukan perhitungan aljabar untuk mendapatkan hasil pengukuran yang benar. Bahan ajar adalah segala bentuk yang digunakan untuk membantu guru/ instruktur dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas. Bahan ajar merupakan informasi, alat dan teks yang diperlukan dosen/instruktur untuk perencanaan dan penelaahan implementasi pembelajaran. Kwiktrig adalah software yang dapat digunakan untuk membantu melakukan manipulasi gambar dan perhitungan aljabar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan hasil belajar mahasiswa peserta kuliah Trigonometri yang mendapat perkuliahan melalui pembelajaran dengan media KwikTrig Software, menemukan media pengajaran yang tepat yaitu KwikTrig Software dalam mengajarkan materi Trigonometri agar pemahaman mahasiswa semester 3 Prodi Tadris Matematika meningkat dan hasil belajar yang diharapkan tercapai. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi experiment. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Tadris Matematika STAIN Gajah Putih Takengon. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang dilakukan adalah analisis kuantitatif deskriptif untuk mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan mahasiswa kelas Kwiktrig Software lebih tinggi daripada peningkatan kemampuan mahasiswa kelas konvensional setelah pembelajaran.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE LEARNING TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN PRESTASI BELAJAR SISWA (Studi pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII MTs Qaryatul Jihad Bengkulu Tengah) Hakim, Abd.
Jurnal As-Salam Vol 2 No 1 (2018): Jurnal As-Salam
Publisher : Assalam press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.983 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dalam meningkatkan kerjasama siswa, prestasi belajar IPS, dan efektivitasnya dalam meningkatkan prestasi belajar IPS. Penelitian ini adalah penelitian kombinasi, dimana setelah melakukan  penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 3 siklus, kemudian dilanjutkan dengan kuasi eksperimen. Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas VII MTs qaryatul Jihad yang terdiri atas 28  siswa, sedangkan, kuasi eksperimen dilaksanakan di kelas VIIA MTs Negeri 2 Bengkulu Tengah sebagai kelas eksperimen, dengan 30 siswa, dan VIIB sebagai kelas kontrol dengan 30 siswa. Data dikumpulkan melalui lembar observasi dan soal tes prestasi belajar. Selanjutnya data dianalisis dengan rumus nilai rata-rata dan uji hipotesis dianalisis dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe learning together dapat meningkatkan kerjasama, prestasi belajar IPS siswa, dan efektif meningkatkan prestasi belajar IPS dibandingkan dengan pembelajaran model konvensional.
PERSEPSI GURU TERHADAP KOMUNIKASI INTERPERSONAL KEPALA SEKOLAH DENGAN DISIPLIN KERJA GURU DI MTs PANCA MUKTI-PONDOK KELAPA Sihartini, Sihartini
Jurnal As-Salam Vol 2 No 1 (2018): Jurnal As-Salam
Publisher : Assalam press

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (292.812 KB)

Abstract

Komunikasi interpersonal yang baik akan menciptakan suasana kerja yang kondusif di sekolah dan juga akan terjadi hubungan yang harmonis antara kepala sekolah dengan seluruh komponen di sekolah khususnya guru. Komunikasi interpersonal yang baik pula seharusnya akan meningkatkan disiplin kerja guru akibat dari hubungan harmonis yang terjalin antara kepala sekolah dan guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Bagaimana disiplin  kerja  guru yang ada di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, Bagaimana persepsi guru tentang komunikasi interpersonal kepala sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?, dan Bagaimana  hubungan  komunikasi  interpersonal  kepala  sekolah  dengan disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa?. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Tingkat disiplin kerja guru di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa dapat  diketahui  dalam tingkatan sedang, Tingkat  komunikasi  interpersonal  kepala  sekolah di MTs Panca Mukti-Pondok Kelapa  dapat  diketahui  dalam tingkatan sedang, hubungan  persepsi  guru tentang komunikasi interpersonal  kepala sekolah  dengan  disiplin  kerja  guru  di  MTs  Panca Mukti-Pondok Kelapa menunjukan bahwa terdapat hubungan yang sangat rendah sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat  korelasi yang positif antara komunikasi interpersonal kepala sekolah dengan disiplin kerja guru.

Page 1 of 13 | Total Record : 129