cover
Contact Name
Riyandhi Praza
Contact Email
Riyandhi Praza
Phone
-
Journal Mail Official
agrifo@unimal.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lhokseumawe,
Aceh
INDONESIA
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh
ISSN : 25483439     EISSN : 26144026     DOI : -
Core Subject : Agriculture,
Jurnal Agrifo ini adalah jurnal ilmiah berkala bidang agribisnis dan sosial ekonomi pertanian di Indonesia. Jurnal ini merupakan media penyebarluasan informasi hasil pemikiran dan penelitian dari dosen, peneliti, dan praktisi yang berminat untuk kemajuan agribisnis dan sosial ekonomi pertanian. Lingkup artikel dalam jurnal ini memfokuskan pada kajian agribisnis dari pendekatan makro meliputi aspek sosial ekonomi pertanian sebagai suatu sistem yang komprehensif dan terintegrasi mulai dari kajian subsistem up- stream, subsistem on-farm, subsistem down- stream, dan subsistem penunjang serta dampak interelasinya dengan kebijakan pemerintah, perekonomian internasional dan kapitalisasi sumberdaya lahan, petani, dan masyarakat. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam satu tahun yakni pada bulan April dan November.
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2017): November 2017" : 10 Documents clear
ANALISIS PENGARUH LUAS LAHAN DAN TENAGA KERJA TERHADAP PRODUKSI KAKAO PERKEBUNAN RAKYAT DI PROVINSI ACEH Alkamalia, Intan; Mawardati, Mawardati; Budi, Setia
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.369

Abstract

Perkebunan merupakan salah satu sub sektor pertanian. Indonesia merupakan salah satu produsen kakao tersebar di dunia. Perkebunan kakao di Indonesia sebagian besar dikelola oleh perkebunan rakyat. Perkebunan rakyat tersebut tersebar di berbagai Provinsi salah satunya Provinsi Aceh. Pengembangan perkebunan kakao rakyat di Aceh pada tahun 2006 – 2010 mengalami peningkatan terhadap luas lahan dan jumlah petani kakao tetapi produksi dan produktivitas kakao perkebunan rakyat mengalami fluktuasi. Metode yang digunakan adalah analisis regresi dengan model fungsi produksi Cobb – Douglas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara serempak luas lahan (X1) dan tenaga kerja (X2) berpengaruh signifikan terhadap produksi kakao (Y) pada nilai probabilitas 0,000 < α = 0,01. Sedangkan secara parsial luas lahan (X1) berpengaruh signifikan terhadap produksi kakao (Y) pada nilai probabilitas 0,000 < α = 0,01 tetapi tenaga kerja (X2) tidak berpengaruh signifikan terhadap produksi kakao (Y) pada nilai probabilitas 0,661 < α = 0,05. Elastisitas produksi kakao di Provinsi Aceh berada pada kondisi increasing return to scale.
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KEPUTUSAN PETANI TERHADAP PENGGUNAAN BENIH PADI DI KECAMATAN NISAM KABUPATEN ACEH UTARA Rahmi, Hayatul; Fadli, Fadli
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.365

Abstract

Pengambilan keputusan petani terhadap penggunaan benih padi merupakan salah satu faktor penentu pencapaian hasil optimal dalam suatu usahatani, karena jika salah memilih jenis benih padi maka hasil yang dicapai tidak optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor apa saja yang mempengaruhi keputusan petani terhadap penggunaan benih padi di Kecamatan Nisam Kabupaten Aceh Utara. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Multi Stage Random Sampling dan untuk menentukan besaran sampel digunakan rumus Slovin. Analisis data penelitian menggunakan metode Analisis Regresi Logistik dengan bantuan software SPSS 16. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa ada tiga variabel yang mempengaruhi keputusan petani terhadap penggunaan benih padi yaitu luas lahan, produksi, dan harga benih padi.Sedangkan faktor pendapatan tidak mempengaruhi petani dalam menggunakan benih padi.
ANALISIS BAURAN PEMASARAN TEH HERBAL ASAM GELUGUR (GARCIE TEA) PADA KOMUNITAS LOKAL BIOVERSITY DI KABUPATEN SIJUNJUNG Yanti, Rani Rahmi; Novarista, Noni
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.370

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) bauran pemasaran teh herbal asam gelugur pada Komunitas Lokal Bioversity (2) kendala apa saja yang dihadapi oleh Komunitas Lokal Bioversity dalam memasarkan teh herbal asam gelugur. Penelitian ini dilakukan di Nagari Latang Kecamatan Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung pada Komunitas Lokal Bioversity yang telah dilakukan pada bulan Mei–Desember 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi kasus. Data yang digunakan terdiri atas data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh secara langsung dari responden berupa hasil pengamatan langsung perolehan dokumen dan wawancara langsung. Data sekunder merupakan data tidak langsung yang diperoleh dari dokumen-dokumen. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini: 1) bauran produk yang ada di Komunitas Lokal Bioversity meliputi kualitas, desain, merek dan ukuran 2) bauran harga meliputi penetapan harga, potongan harga dan sistem pembayaran 3) bauran distribusi meliputi saluran pemasaran dan lokasi 4) bauran promosi meliputi pameran dagang, dan iklan. Kendala yang dihadapi dilihat pada segi internal dan eksternal, pada segi internal dilihat dari segi produk, harga, distribusi, dan promosi. Sedangkan untuk segi eksternal dilihat dari keberadaan pesaing.
PERSEPSI PETANI LADA ACEH TERHADAP PELAKSANAAN PENYULUHAN PERTANIAN KERJASAMA PERGURUAN TINGGI Budi, Setia
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.366

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data dasar (data base) tentang model kegiatan pemberdayaan melalui penyuluhan pertanian kerja sama perguruan tinggi dengan masyarakat tani Gampong Pulo Iboih sebagai desa binaan Universitas Malikussaleh. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi petani lada terhadap pelaksanaan penyuluhan kerjasama perguruan tinggi di Gampong Pulo Iboih. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif studi kasus pada kelompok petani lada dan pengolahan datanya statistik non parametric dengan pengukuran data mengunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan persepsi petani lada terhadap penyuluh pertanian yang sangat baik dirasakan oleh petani lada Gampong Pulo Iboih, secara berurutan meliputi; (1) peran penyuluh dalam melakukan pelatihan budidaya, (2), peran penyuluh sebagai pihak penghubung antara petani lada dengan pihak luar (3) peran penyuluh pertanian perecanaan dan pengawasan program budidaya lada serta (4) peran penyuluh dalam penguatan kelompok . Pesepsi petani Petani lada terhadap peran penyuluh dari perguruan tinggi dalam tahapan proses penyuluhan pertanian pada pelaksanaan penyuluhanan pertanian secara berurutan meliputi; (1) ketepatan pengunaan media, (2) kesesuaian metoda penyuluhan, (3) kesesuaian materi penyuluhan dan (4) intensitas pelaksanaan penyuluhan.
KEBIJAKAN PENGEMBANGAN PARIWISATA DI KABUPATEN TANAH DATAR Hendrita, Vivi
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.379

Abstract

Penelitian Kebijakan Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Tanah Datar ini bertujuan untuk mengetahui kondisi dan perkembangan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar serta menganalisis kebijakan dan upaya yang telah dilakukan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam pengembangan pariwisata. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dianalisa secara interpretative menggunakan teori-teori ataupun literatur-literatur yang sesuai kemudian secara induktif ditarik kesimpulan untuk menjawab permasalahan yang ada. Data dalam penelitian ini diperoleh dari wawancara, observasi lapangan dan studi literatur. Dari hasil penelitian didapat bahwa kondisi pengembangan pariwisata di Kabupaten Tanah Datar belum dilakukan secara optimal. Upaya yang dilakukan pemerintah Kabupaten Tanah Datar dalam mengembangan pariwisata terlihat dari berbagai kebijakan yang dibuat yang tercantum dalam renstra, dan RPJMD, serta didukung beberapa peraturan daerah dan peraturan Bupati Tanah Datar, namun dalam kebijakan ini masih terfokus pada pelaksanaan event dan promosi budaya dan belum menyentuh pengembangan terhadap objek wisata secara khusus sehingga dalam pelaksanaannya masih belum memperlihatkan perkembangan yang signifikan terhadap pengembangan sektor pariwisata di Kabupaten Tanah Datar.
ANALISIS IDENTIFIKASI PEMILIKAN ASET PETANI PASCA TSUNAMI DI ACEH Adhiana, Adhiana
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.367

Abstract

Keterbatasan akses dan hilangnya berbagai asset kehidupan yang disebabkan oleh tsunami dan konflik di Aceh yang dihadapi oleh petani telah mempengaruhi kelangsungan hidup mereka. Penelitian ini dilakukan di lima daerah di Provinsi Aceh, Aceh Barat Kabupaten Aceh Besar, Aceh Pidie, Bireuen, dan Aceh Utara. Jumlah sampel untuk studi ini adalah 274 petani menggunakan metode sampling berlapis acak. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dengan survey menggunakan questioner dan data sekunder. Data dari studi ini dianalisis kualitatif deskriptif. Hasil studi ini menemukan bahwa sebagian besar petani masih produktif, memiliki pendidikan yang rendah, cukup pengalaman, menggunakan sumber daya keuangan dan akses ke kredit mereka sendiri masih sulit, beberapa yang terlibat dalam persatuan, dan pengaruh yang kuat dari lembaga adat.
ANALISIS POTENSI WILAYAH DALAM PENGEMBANGAN PETERNAKAN SAPI POTONG DI KECAMATAN SIJUNJUNG KABUPATEN SIJUNJUNG Anggraini, Nova; Putra, Riza Andesca
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.380

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui potensi sumber daya manusia peternakan sapi potong di Kecamatan Sijunjung. (2) Mengetahui ketersediaan fasilitas pendukung untuk pengembangan peternakansapi potong di Kecamatan Sijunjung. (3) Mengetahui potensi lahan dan pakan di Kecamatan Sijunjung terhadap pengembangan peternakan sapi potong. (4) Mengetahui kemampuan wilayah Kecamatan Sijunjung dalam pengembangan peternakan sapi potong. Penelitian dilaksanakan di Kecamatan Sijunjung yaitu berlangsung pada bulan Januari - Juli 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi pustaka dan survey.Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diambil kesimpulan bahwa Kecamatan Sijunjung memiliki karakter sumber daya manusia peternak yang tergolong cukup baik dalam upaya pengembangan sapi potong. Hal tersebut berdasarkan pada bahwa umumnya berusia produktif (82,05%), rata-rata berpendidikan SMP (51,28%), sapi yang dipelihara merupakan milik sendiri (69,23%), berjenis kelamin perempuan (53,85%), dengan rata-rata jumlah ternak yang dimiliki 1-5 ekor (79,49%), dan memiliki pengalaman beternak <5 tahun (66,67%). Walaupun fasilitas pendukung peternakan seperti Puskeswan dan RPH/TPH pada umumnya belum sesuai ketentuan kecuali PosULIB. Kecamatan Sijunjung tidak memiliki pasar ternak, pada umumnya kelompok tani ternak adalah kelompok lanjut (55,32%), tidak ada asosiasi peternak, dan terdapat 1 Bank Pemerintah, 1 Bank Pembangun daerah, 2 Bank Swasta, 2 Bank Perkeriditan Rakyat dan 50unit koperasi yang tersebar di seluruh Kecamatan Sijunjung. Namun Nilai Indeks Daya Dukung (IDD) pakan di Kecamatan Sijunjung adalah 8,23, artinya IDD > 2 berada di wilayah aman dalam pengembangan peternakan sapi potong. Wilayah mampu dalam menampung ternak ruminansia adalah 24.816,248 ST. Saat ini populasi ternak sebanyak 6.030,68 ST, sehingga bisa dilakukan penambahan ternak sebanyak 18.785,568 ST. Untuk populasi sapi potong dapat dilakukan penambahan sebanyak 3.615,54 ST.
PERSEPSI MASYARAKAT NELAYAN TERHADAP PERANAN PANGLIMA LAOT DI KABUPATEN PIDIE JAYA Wardah, Eva; Nasruddin, Nasruddin; Rosnina, Rosnina
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.363

Abstract

Tujuan jangka panjang dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui  persepsi masyarakat nelayan terhadap peran panglima laot di Kabupaten Pidie Jaya. Secara khususpenelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi karakteristik masyarakat pesisir diKabupaten Pidie Jaya Provinsi Aceh, (2) Mengetahui dan menganalisis peran PanglimaLaot bagi masyarakat pesisir di kabupaten Pidie Jaya dalam pengelolaan sumber dayapesisir, (3) Mengetahui persepsi masyarakat pesisir terhadap peran Panglima Laot dalampemberdayaan dan pelestarian lingkungan pesisir di Kabupaten Pidie Jaya.Penelitian ini mengunakan metode survey dimana penentuan lokasi ditentukansecara purposive ( sengaja) di Kabupaten Pidie Jaya. Data pimer didapatkan dariresponden melalui wawancara terstruktur (quisioner).  Hasil penelitian menunjukkanbahwa masyarakat nelayan dilokasi penelitian mayoritas masih berumur produktif,tingkat pendidikan formal rata-rata SLTP serta pendapatan keluarga yang rendah.Masyarakat nelayan dilokasi penelitian masih berpersepsi bahwa Panglima laot masihberperan dalam kehidupan sosial masyarakat pesisir. Jenjang persepsi tersebut secaraberurut adalah: 1) Peran Panglima Laot dalam menyelesaikan perselisihan danpersengketaan antar nelayan, (2) Peran Panglima Laot dalam mengawasi ketentuanhukum adat laot,(3) Peran Panglima Laot sebagai penghubung antara nelayan denganpihak pemerintah  dan (4) Peran panglima laot dalam menjaga dan mengawasi kelestarianlingkungan wilayah  pesisir.
ANALISIS PENDAPATAN PETERNAK SAPI ACEH Jamilah, Jamilah
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.368

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pendapatan peternak sapi Aceh. Metode penelitian menggunakan metode survei dan analisis pendapatan peternak pada berbagai pola usaha di Kabupaten Aceh Besar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha ternak sapi Aceh cukup menguntungkan.Ada perbedaan pendapatan pada usaha ternak sapi Aceh, berdasarkan manajemen danskala usaha. Pada usaha peternakan sapi Aceh pola 2 ekor, peternak memperoleh pendapatan sebesar Rp. 2.617.000/tahun, pada pola usaha 3 ekor, diperoleh pendapatan sebesar Rp. 4.913.000/tahun, dan usaha ternak sapi Aceh pola 5 ekor, diperoleh pendapatan sebesar Rp. 11.580.000/tahun. Semakin besar skala usaha, maka semakin besar peroleh pendapatan di tingkat peternak.
ANALISIS KEUNGGULAN KOMPARATIF DAN KOMPETITIF BERAS SOLOK ORGANIK Mardianto, Mardianto; Firnando, Edi
Agrifo : Jurnal Agribisnis Universitas Malikussaleh Vol 2, No 2 (2017): November 2017
Publisher : LPPM Universitas Malikussaleh ? Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29103/ag.v2i2.364

Abstract

Penelitian tentang Analisis Keunggulan Komparatif dan Kompetitif Beras SolokOrganik dilakukan di Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok yang bertujuan untuk mengetahui keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif beras solok organik danuntuk melihat dampak kebijakan pemerintah terhadap beras solok organic. Penelitian inidilaksanakan dengan metoda case study. Pengambilan sampel dilakukan dengan sensus.Metoda Analisa yang digunakan adalah : policy análisis matrik (PAM). Hasil penelitianmenunjukan bahwa usahatani beras solok organik memiliki keunggulan komparatif dankompetitif dengan nilai PCR < 1 (0,103) dan DRCR < 1 (0,125),  sehingga secara finansialusahatani beras solok sudah efisien dan memiliki potensi dalam perdagangan di pasarbebas. Nilai EPC yang diperoleh besar dari 1 (1,219) berarti bahwa usahatani beras solokorganik efektif untuk dilaksanakan dengan adanya kebijakan output dan input.  Sedangkan kebijakan perlindungan yang diterapkan pemerintah masih memberikaninsentif kepada petani sebagi produsen beras solok organik karena nilai NT>0 dan PC>1.Tanpa adanya distorsi pasar yang dilakukan oleh pemerintah maka penerimaan petaniakan naik 15,7 % yang ditunjukan oleh Nilai SRP (0,157).

Page 1 of 1 | Total Record : 10