cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 24772143     EISSN : 25486950     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal Pendidikan Dasar was initiated and established for the first time on May 27, 2012. However there was a change in the nomenclature and the different personnel composition to be proposed and reactivated under the new name, Basic Education, previously named Pedagogy journals. The purpose of the establishment of the journal is to provide a publication container for the author to pour ideas and studies equipped with the results of research in primary schools. The basic education journals changed management personnel several times. This is due to various obstacles that can not be solved, one of which is the busyness of the team managing the journal.
Arjuna Subject : -
Articles 80 Documents
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA (PENELITIAN TINDAKAN KELAS PADA SISWA KELAS IV SEMESTER 2 SDN BUNISARI KECAMATAN JATINUNGGAL KABUPATEN SUMEDANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019) Dahlani, Awaliyah
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 No 2 (2019): Volume IV Nomor 2 Desember 2019
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.568 KB) | DOI: 10.23969/jp.v4i2.2043

Abstract

Abstract. This sudy was motivated by the low ability of students to understand a text, so it needs an alternative in designing an effective model. One model that was considered effective in increasing students? ability to understand  a text was  the Mind Mapping model. This model was able to help students to remember important information in reading quickly and creatively. This study was focused on efforts to improve students? reading comprehension skills through the application of Mind Mapping model. The purpose of this study was to describe the improvement in students? reading comprehension ability as a result of applying Mind Mapping model. The research method used was classroom action research using Kemmis and Mc.Taggart model. The instrument used were observation paper and test paper. As the subject of this study were students of grade 4 SDN Bunisari consisted of 25 students. Based on the results of data analysis it was known that the application of mind mapping model can improve students? ability to undertstand a text. From the the first (pre test) data, student learning outcomes reached 48% included in the less category. After the fisrt cycle, student learning outcomes increased to 76% included in the good category. After making improvements in the second cycle, student learning outcomes increased to 88%. This shows that the reading comprehension ability of students increases after the implementation of the Mind Mapping model. Therefore the Mind Mapping model can be used as an alternative in learning reading comprehension. Keywords: Mind Mapping Model,  Reading Comprehension Skill, Elementary School Students.   Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam memahami sebuah bacaan, sehingga perlu adanya alternatif dalam merancang model yang efektif. Salah satu model yang dianggap efektif meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan yaitu model Mind Mapping. Model ini mampu membantu siswa untuk mengingat informasi penting dalam bacaan dengan cepat dan kreatif. Penelitian ini difokuskan kepada upaya meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa melalui penerapan model Mind Mapping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran mengenai peningkatan kemampuan membaca pemahahaman siswa sebagai hasil penerapan model Mind Mapping. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Bunisari yang berjumlah 25 orang. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa penerapan model Mind Mapping dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami bacaan. Dari data awal ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 48% dalam kategori kurang. Setelah dilakukan siklus I, meningkat menjadi 76% dalam kategori baik. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II ketuntasan hasil belajar siswa meningkat menjadi 88%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat setelah diterapkannya model Mind Mapping. Oleh karena itu, model Mind Mapping dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran membaca pemahaman. Kata kunci: Model Pembelajaran Mind Mapping, Kemampuan Membaca Pemahaman, Siswa Sekolah Dasar.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL Metalin Ika Puspita, Ari; Budi Santosa, Agus; Basuki, Yudi; Dwi Purnomo, Yoppy; Nuriadin, Ishaq
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 No 2 (2019): Volume IV Nomor 2 Desember 2019
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.474 KB) | DOI: 10.23969/jp.v4i2.2037

Abstract

Tujuan dari penelitian yaitu meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa sekolah dasar melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal. Kemampuan menulis kreatif siswa sekolah dasar akan meningkat jika materi dan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis kearifan lokal. Pembelajaran berbasis kearifan lokal akan memudahkan siswa untuk menrima pengetahuan yang diperoleh melalui proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu metode Penelitian Tindakan Kelas. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari empat kegiatan pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.  Teknik Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Data-data verbal yang terkumpul ketika penelitian akan dianalisis oleh peneliti. Data yang dikumpulkan meliputi data hasil observasi, wawancara, dan hasil belajar siswa. Observasi dilakukan untuk mendapatkan data aktivitas siswa selama proses pembelajaran, sedangkan wawancara untuk mendapatkan informasi tentang kemampuan siswa ketika proses menghasilkan menulis kreatif. Hasil penelitian berdasarkan 2 siklus yang telah didapatkan bahwa pembelajaran berbasis kearifan lokal yang diterapkan di dalam proses pembelajaran secara signifikan mampu meningkatkan kemampuan menulis kreatif siswa, pada siklus pertama 83 % siswa memperoleh nilai ? 70, sedangkan pada siklus kedua ketika proses pembelajaran menggunakan pendekatan kearifan lokal sebanyak 76 % siswa memperoleh nilai ? 70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis kreatif siswa meningkatkan melalui pembelajaran berbasis kearifan lokal
STUDI ANALSIS KEBUTUHAN LIFT THE FLAP BOOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENGURANGI PERILAKU GADGET ADDICTION PADA SISWA TINGKAT DASAR Puspitasari, Dewi Endah
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 No 2 (2019): Volume IV Nomor 2 Desember 2019
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (133.235 KB) | DOI: 10.23969/jp.v4i2.1048

Abstract

Gadgets have now become the daily necessities of modern society, ranging from laptops, tablets to smartphones. The survey (theAsian Parent Insight with Samsung Kidstime: 2014) states that 98% of children in Southeast Asia have used a smartphone / tablet. The high intensity of the use of gadgets by children to play games and access video content is certainly a problem in itself. If in the past children often spend their free time playing with friends, studying and reading books, now children prefer to spend their time playing gadgets. Though the end of childhood (elementary school children) is an important time to interact with friends. Activities to interact with friends include playing in groups. Play is important for the physical, psychological, and social development of children. By playing in groups, children interact with friends so they can provide valuable lessons for children to tolerate with fellow friends. (Rita Eka Izzaty, et al., 2008: 112). This research is to find out: 1) the length of time using a gadget by elementary school students, 2) the content that is accessed when using a gadget. This research uses qualitative research. The conclusion is that the flap book lift can be used as a learning medium to reduce the behavior of gadget addiction in elementary level students.
PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Abdullah, Darda; Maryati, Thia
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 No 2 (2019): Volume IV Nomor 2 Desember 2019
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (469.021 KB) | DOI: 10.23969/jp.v4i2.2166

Abstract

ANALISIS MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GLOBALISASI MATA PELAJARAN PKN KELAS IV SDN 4 TAPAN TAHUN AJARAN 2017/2018 Handayani, Hindri
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 4 No 2 (2019): Volume IV Nomor 2 Desember 2019
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (350.853 KB) | DOI: 10.23969/jp.v4i2.1094

Abstract

Salah satu faktor yang mempengaruhi individu siswa dalam hasil belajar adalah motivasi belajar. Motivasi diperlukan dalam pelaksanaan aktivitas manusia karena motivasi merupakan hal yang dapat menyebabkan, menyalurkan dan mendukung supaya giat dan antusias untuk mencapai hasil yang maksimal. Hasil belajar dalam penelitian ini adalah tingkat keberhasilan siswa setelah menempuh proses pembelajaran tentang materi tertentu, yakni tingkat penguasaan yang dapat diukur dengan tes yang disusun berdasarkan C1-C2. Berdasarkan penelitian tersebut, tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis dan mendeskripsikan motivasi belajar siswa pada materi globalisasi pada mata pelajaran PKn di SDN 4 Tapan; (2) menganalisis dan mendeskripsikan peran motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa materi globalisasi pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV di SDN 4 Tapan. Jenis penelitian ini studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara, catatan lapangan, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan skor angket motivasi yang diperoleh 1490 dengan nilai rata ? rata 74,5 dan hasil belajar 1625 dengan nilai rata ? rata 81,25. Kesimpulan penelitian ini adalah (1) Siswa kelas IV SDN 4 Tapan memiliki motivasi belajar yang tinggi pada materi globalisasi mata pelajaran PKn; (2) Motivasi belajar senantiasa berperan dalam penentuan hasil belajar materi globalisasi mata pelajaran PKn siswa kelas IV SDN 4 Tapan.
KESIAPAN SEKOLAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KEBIJAKAN KURIKULUM 2013 DI SDN NGRECO KEDIRI Anam, Muh Saiful
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Volume III Nomor 2 Desember 2018
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (159.347 KB)

Abstract

Data penelitian ini diambil dari hasil metode observasi, wawancara kepada Kepala sekolah SDN Ngreco Kediri, Wali Kelas 5. Kesiapan Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri, dalam pengamatan pra penelitian yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan adanya indikasi yaitu Kurikulum 2013 sudah mulai diterapkan di SDN Ngreco Kediri. Penerapan Kurikulum 2013 tersebut menurut peneliti layak untuk dikaji lebih lanjut. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1)Untuk mengetahui penguasaan Kepala Sekolah, dan guru tentang kurikulum 2013. (2) Untuk mengetahui kesiapan sekolah dalam implementasikan kurikukulum 2013. (3) Untuk mengetahui penerapan kurikulum 2013 yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran. (4) Untuk mengetahui Kendala yang dihadapi oleh sekolah dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dan solusi-solusi apa yang diambil untuk mengatasinya. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah hasil wawancara dengan Kepala Sekolah, guru kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis Moleong. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) Kesiapan sekolah dalam Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri, dengan menyesuaikan muatan yang terdapat dalam kurikulum 2013 yaitu : tujuan satuan pendidikan, struktur kurikulum, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, kompetensi mata pelajaran, beban belajar, penguatan tata kelola, penguatan materi, dan karakteristik kurikulum 2013, (2) kesiapan guru terhadap penerapan Kurikulum 2013 di SDN Ngreco Kediri,. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi Kepala Sekolah,para tenaga pengajar di SDN Ngreco Kediri terutama dalam memberikan dorongan kepada siswa agar senantiasa meningkatkan motivasi berprestasi secara lebih memadai. Kata Kunci : Penguasaan, penerarapan,kesiapan
PENERAPAN MODEL QUANTUM WRITER UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS NARASI DI SEKOLAH DASAR (PTK DI KELAS V SEKOLAH DASAR CANGKUANG 01 KECAMATAN RANCAEKEK KABUPATEN BANDUNG) Arifin, Muh Husen
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Volume III Nomor 2 Desember 2018
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (184.705 KB)

Abstract

Aims research for increasing the activity and learning ability of students in narrative writing skills. This research method is classroom action research. Students ability to learn to write the narrative in class V in SD Negeri Cangkuang 01 with quantum writer model. Based on data obtained from result, the average value obtained that is in cycle I value obtained by learners equal to 67,52, cycle II equal to 74,87 and in cycle III is equal to 77,70. It was concluded that learning narrative writing with quantum writer model can improve the ability of students to narrative writing skills.   Penelitian dengan model quantum writer bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan kemampuan  belajar peserta didik di dalam pembelajaran  keterampilan menulis narasi  pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kemampuan  belajar menulis narasi pada kelas V di  SD Negeri Cangkuang 01 dengan model quantum writer berdasarkan data yang diperoleh dari hasil belajar, nilai rata-rata yang diperoleh yaitu pada siklus I nilai yang diperoleh peserta didik sebesar 67,52, siklus II sebesar 74,87 dan pada siklus III adalah sebesar 77,70. Disimpulkan bahwa pembelajaran menulis narasi dengan model quantum writer dapat meningkatkan kemampuan peserta didik terhadap keterampilan menulis narasi.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR TEMATIK TERINTEGRASI NILAI-NILAI ISLAM DAN SAINS UNTUK MENINGKTAKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA Nurjanah, Fenti; Triwoelandari, Retno; Nawawi, M. Kholil
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Volume III Nomor 2 Desember 2018
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (316.63 KB)

Abstract

ABSTRACT   The decline in the character of the nation's children is a form of failure in the process of implementing education. This is proven, that the mandate of Law No. 20 of 2003 Article 3 and character values ​​as a national culture that must be developed in accordance with the Ministry of National Education (Ministry of National Education) are not implemented. Then it needs a real effort to integrate Islamic values ​​on subjects. Integration of Islamic values ​​can be carried out on various subjects, one of which is science. Given the purpose of science, among others, is to increase human piety towards the greatness of God, as well as increase human awareness to respect nature as one of God's creations. The manifestation of integration is by compiling teaching materials in the form of modules to support the learning process in schools in order to improve the religious character of students. The purpose of this study was to determine the procedure for preparing modules as a tool in improving the religious character of students, knowing the feasibility level of teaching materials in the form of modules, and knowing the increase in religious character that occurred in students after learning to use the module. This study uses the Research and Development (R & D) method which was modified by Nana Syaodih Sukmadinata into three stages, namely the introduction, development, and testing stages. at the development stage, the results of the study showed a number of material experts 96.25%, design experts 80.88% and linguists 67.85%. At the testing stage, the results are 95.39% for the limited test, namely in the 5-C class and the broad test 1 in the 5-A class is 95.85% and 88.80% in the broad test II, namely class 5-B. The final test results show sig. 0.00 <0.05 with differences in the results in the experimental class 56,337 and the control class 52,959 which is 3,378 larger experimental classes. Thus, the development of modules as effective teaching materials is used to improve the religious character of students based on the preparation process and the level of feasibility. ABSTRAK Merosotnya karakter anak bangsa merupakan bentuk kegagalan dalam proses pelaksanaan pendidikan. Hal ini dibuktikan, bahwa amanah UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 3 dan nilai karakter sebagai budaya bangsa  yang harus dikembangkan sesuai Kemendiknas (Kementerian Pendidikan Nasional) tidak terlaksana. Maka perlu usaha nyata untuk melakukan integrasi nilai-nilai Islam pada mata pelajaran. Integrasi nilai-nilai Islam dapat dilakukan pada berbagai mata pelajaran, salah satunya adalah sains. Mengingat tujuan sains antara lain adalah untuk meningkatkan ketakwaan manusia terhadap kebesaran Tuhan, serta meningkatkan kesadaran manusia untuk menghargai alam sebagai salah satu ciptaan Tuhan. Wujud dari pengintegrasian tersebut yaitu dengan menyusun bahan ajar berupa modul untuk menunjang proses pembelajaran di sekolah dalam rangka meningkatkan karakter religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur penyusunan modul sebagai alat dalam meningkatkan karakter religius siswa, mengetahui tingkat kelayakan bahan ajar berupa modul, dan mengetahui peningkatan karakter religius yang terjadi pada siswa setelah belajar menggunakan modul. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R & D) yang dimodifikasi oleh Nana Syaodih Sukmadinata menjadi tiga tahap yaitu tahap pendahuluan, pengembangan, dan pengujian. pada tahap pengembangan, hasil penelitian menunjukkan angka angka ahli materi 96.25%, ahli desain 80.88% dan ahli bahasa 67.85%. Pada tahap pengujian, hasilnya yaitu 95.39% untuk uji terbatas yaitu pada kelas 5-C dan uji luas 1 pada kelas 5-A hasilnya 95.85% serta 88.80% pada uji luas II yaitu kelas 5-B.  Hasil akhir pengujian menunjukkan sig. 0.00 < 0.05 dengan perbedaan hasil pada kelas eksperimen 56.337 dan kelas kontrol 52.959 yaitu 3.378 lebih besar kelas eksperimen. Dengan demikian, pengembangan modul sebagai bahan ajar efektif digunakan untuk meningkatkan karakter religius siswa berdasarkan proses penyusunan dan tingkat kelayakannya.
POLA ASUH ORANG TUA TENTANG PENDIDIKAN SEKS KEPADA SISWA KELAS RENDAH Destaliani, Christina; Rosnaningsih, Asih; Zuliani, Rizki
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Volume III Nomor 2 Desember 2018
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (214.542 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola asuh orang tua tentang pendidikan seks pada siswa kelas rendah di SD Negeri Batu Ceper 01 Kota Tangerang. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif tipe studi kasus pada tiga keluarga yang menerapkan pola asuh yang berbeda. Sampel pada penelitian ini adalah tiga siswa kelas 3 SD dan 3 orang tua siswa tersebut yang diambil dari teknik purposive sampling dan diperkuat oleh hasil screening awal. Instrumen yang digunakan pada pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam menerapkan pendidikan seks kepada anak: 1) Orang tua otoritarian selalu melakukan kontrol dan menuntut kepatuhan, 2) Orang tua otoritatif mau memandu anak tetapi memberikan kebebasan berekspresi, dan 3) Orang tua otoritatif cenderung permisif mau memandu anak tetapi kurang melakukan kontrol.   Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Pendidikan Seks, Siswa Kelas Rendah
PENGARUH PENGGUNAAN BUKU AJAR PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN BERPERSPEKTIF GENDER TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN KESETARAAN GENDER PADA SISWA KELAS LIMA SDN KEDOKAN BUNDER 1 KECAMATAN KEDOKAN BUNDER KABUPATEN INDRAMAYU Nurjanah, Nunung; Lestyorini, Ratna Dewi
Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Vol 3 No 2 (2018): Volume III Nomor 2 Desember 2018
Publisher : Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan, Bandung, Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (173.373 KB)

Abstract

The background of this research is the lack of knowledge of gender equality in elementary school students which raises various attitudes and actions that tend to be discriminatory and unfair to one party, especially female students. The purpose of this study is to determine the effect of using a gender perspective textbook on Pancasila and Civic Education on increasing knowledge of gender equality in fifth grade students of Kedokan Bunder Public Elementary School 1 in Indramayu Regency. The research method used is descriptive qualitative research. With data collection methods used include observation, interviews and tests. The research subjects were the fifth grade students of Kedokan Bunder 1 Elementary School, Indramayu Regency with the number of students 40. The results showed that the textbook on gender education had a gender perspective influencing the gender knowledge of fifth grade students of Kedokan Bunder Public Elementary School 1 Indramayu Regency. This is shown by comparing the results of the pretest on the material about rights and obligations associated with gender equality, the result is that 56% of students answered incorrectly, and 44% answered correctly. after learning the citizenship education subjects by using Pancasila dan Civic Education textbooks with a gender perspective, students 'knowledge increased, this was evident in the posttest results regarding the material on citizens' rights and obligations related to gender equality, showing 87% of students answered correctly, and 13 % answered incorrectly.   Keywords: textbooks, Pancasila and Civic Education, gender equality, elementary school Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya pengetahuan akan kesetaraan gender pada siswa sekolah dasar yang menimbulkan berbagai sikap dan tindakan yang cenderung diskriminatif dan tidak adil bagi salah satu pihak terutama siswa perempuan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan Buku Ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Berperpektif  gender terhadap peningkatan pengetahuan akan kesetaraan gender pada siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Kedokan Bunder 1 Kabupaten Indramayu. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif  kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain observasi, wawancara dan tes. Subyek penelitian yakni siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Kedokan Bunder 1 Kabupaten Indramayu dengan jumlah siswa 40. Hasil penelitian diketahui bahwa buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperspektif gender berpengaruh terhadap pengetahuan gender siswa kelas lima Sekolah Dasar Negeri Kedokan Bunder 1 Kabupaten Indramayu. Hal ini ditunjukan dengan membandingkan hasil pre-test mengenai materi tentang hak dan kewajiban yang dikaitkan dengan kesetaraan gender, hasilnya sebanyak 56% siswa menjawab tidak tepat, dan 44% menjawab tepat. setelah dilakukan pembelajaran mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan menggunakan buku ajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan berperspektif gender pengetahuan siswa meningkat, hal ini tampak pada hasil post-test yang mengenai materi tentang hak dan kewajiban warga negara yang dikaitkan dengan kesetaraan gender, menunjukan hasil 87% siswa menjawab benar, dan 13% menjawab tidak tepat.   Kata Kunci: buku ajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, kesetaraan gender, sekolah dasar