cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
Jurnal Elementary
ISSN : -     EISSN : 26145596     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar yang berupa hasil penelitian maupun hasil kajian teori. Dengan adanya Jurnal Elementary diharapkan memudahkan untuk membagi informasi dan pengembangan ilmu pengetahuan yang dapat diakses secara luas. Jurnal Elementary ini terbit secara berkala sebanyak 2 kali dalam setahun yaitu Januari dan Juni.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATEMATIKA BERWAWASAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI KPK DAN FPB Ulfa, Nanik
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1555

Abstract

Kegiatan pembelajaran merupakan upaya untuk mengembangkan potensi siswa melalui serangkaian kegiatan secara berkesinambungan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu yang dapat dilakukan adalah dengan engembangkan bahan ajar. Pengembangan bahan ajar bertema wawasan lingkungan untuk mengenalkan kecintaan lingkungan kepada siswa. Pendidikan merupakan cara yang efektif untuk mentransfer nilai-nilai dalam kehidupan bermasyarakat. Selain itu mempelajari matematika akan lebih mudah dengan memasukkan permasalahan yang nyata dalam kehidupan siswa. Model pengembangan penelitian ini menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg an Gall. Validasi dilakukan oleh tiga ahli yang masing-masing mendapat skor dengan tingkat valid, dan hasil pada ujicoba lapangan 100% siswa tuntas belajar.
MANAJEMEN PENDIDIK DI SDIT ANAK SOLEH 2 MATARAM Hardi, Rahmat Sulhan; Basiki, Basiki; Wibawa, Sutrisna
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1687

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pendidik yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi tenaga pendidik di SDIT Anak Soleh 2 Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan guru SDIT Anak Soleh 2 Mataram. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data meliputi editing, kategori, mendisplay dan menafsirkan data. Hasil penelitian ini, yakni (1) Tahap perencanaan; perekrutan tenaga pendidik di SDIT Anak Soleh 2 Mataram telah cukup baik yakni sejak pengajuan kebutuhan pendidik baru kepada yayasan, seleksi administrasi, tes tulis 1 berupa uji komitmen, tes tulis 2 berupa tes akademis,  tes bacaan dan hafalan Quran, wawancara, hingga tes micro teaching. (2) Tahap pengorganisasian; pengorganisasian tenaga pendidik dilakukan oleh kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan pembentukan panitia serta koordinator level. (3) Tahap pelaksanaan; Kepala Sekolah SDIT Anak Soleh 2 Mataram melakukan pembinaan para tenaga pendidik dengan kegiatan  Bina Pribadi Islami untuk guru, pertemuan dan rapat guru setiap hari Sabtu, pelatihan guru minimal sekali setiap semester, dan saling mengingatkan antarguru. (4) Tahap Pengawasan; Kepala sekolah mengontrol secara langsung dengan berkeliling dan secara tidak langsung dengan bantuan wakil kepala sekolah dan koordinator level yang telah dibentuk dengan tugas mengawasi guru di setiap tingkatan kelas. Selain itu, kepala sekolah membuat petugas piket untuk mendisiplinkan guru. Abstract:  This study aims to determine the management of teaching staff that includes planning, organizing, implementing, monitoring, and evaluating educators at SDIT Anak Soleh 2 Mataram. This study uses a qualitative approach with qualitative descriptive methods. The research subjects consisted of school principals, vice-principals, and SDIT Anak Soleh 2 Mataram teachers. Data collection uses documentation and interview techniques. Data analysis techniques include editing, category, display and interpret data. The results of this study, namely (1) Planning stage; recruitment of teaching staff at SDIT Anak Soleh 2 Mataram has been quite good, namely since the submission of new educator needs to the foundation, administrative selection, written test 1 in the form of commitment test, written test 2 in the form of academic test, reading test and memorization of the Quran, interview, to microteaching . (2) The organizing stage; the organization of the teaching staff is carried out by the school principal, deputy headmaster, and the formation of a committee and level coordinator. (3) Implementation phase; The principal of SDIT Anak Soleh 2 Mataram conducts training of educators with Islamic Personal Development activities for teachers, teacher meetings and meetings every Saturday, teacher training at least once every semester, and reminds one another among teachers. (4) Supervision Stage; The headmaster controls directly by going around and indirectly with the help of the vice-principal and coordinator level that has been formed with the task of supervising teachers at each grade level. In addition, the principal makes a picket officer to discipline the teacher,
ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN TK ABA DI PULAU LOMBOK SEBAGAI UPAYA MENUJU MUHAMMADIYAH YANG BERKEMAJUAN Milandari, Baiq Desi; H.Mus, Ahmad; Fujiaturrahman, Sukron
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1685

Abstract

Abstrak: Di Pulau Lombok, keberadaan TK ABA cukup berpengaruh secara signifikan. Semua itu tentu tidak terlepas dari strategi-strategi yang dilakukan oleh para kader Muhamadiyah, khususnya para kader Aisyiyah. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengembangan TK ABA di Pulau Lombok sebagai upaya menuju Muhammadiyah berkemajuan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti mendeskripsikan tentang strategi pengembangan TK Aisyiyah Bustanul Atfhal di Pulau Lombok. Sumber data pada penelitian ini berasal dari hasil wawancara dengan kepala sekolah TK ABA yang memiliki masa berdiri paling lama pada tiap-tiap kabupaten yang ada di Pulau Lombok. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data kemudian dilakukan penyajian data, hingga terakhir menarik simpulan/verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan beberapa strategi yang dilakukan oleh TK ABA yang ada di pulau Lombok. Strategi pengembangan TK ABA di antaranya: 1) mengutamakan pembelajaran di bidang akhlak, 2) membentuk lulusan yang unggul dan berkarakter islami, 3) melakukan koordinasi dan kerjasama di semua pihak, baik kerjasama dengan pihak Muhammadiyah, dinas, maupun masyarakat, 4) merekrut tenaga pengajar yang berkualitas, enerjik, kreatif, dan loyal terhadap Muhammadiyah, 5) melakukan sosialisasi melalui kegiatan-kegiatan siswa di luar sekolah, misalnya dengan melakukan kegiatan Jumat Berbagi di beberapa tempat, 6) melaksanakan pertemuan rutin dengan IGABA, baik tingkat daerah maupun wilayah, 7) mengikutsertakan siswa dalam lomba-lomba, baik tingkat kecamatan hingga tingkat nasional, serta 8) mengutus guru mengikuti pertemuan-pertemuan ilmiah guna meningkatkan profesionalitas guru.Abstract: On the island of Lombok, the presence of TK ABA is quite significant. All of that is certainly inseparable from the strategies carried out by Muhamadiyah cadres, especially Aisyiyah cadres. For this reason, this study aims to describe the strategy of developing ABA TK in Lombok Island as an effort towards progressing Muhammadiyah. This research is a field research with a qualitative approach in which the researcher describes the strategy of developing Aisyiyah Bustanul Atfhal Kindergarten on Lombok Island. The data source in this study came from interviews with the ABA Kindergarten Principal who had the longest standing period in each regency on the island of Lombok. The method of data collection is done by the method of observation, interviews, and documentation methods. Data analysis is performed by reducing the data then the data is presented, until finally drawing conclusions / verification of the data. The results of this study indicate a number of strategies carried out by TK ABA on the island of Lombok. ABA Kindergarten development strategies include: 1) prioritizing learning in the field of morals, 2) forming superior graduates and Islamic character, 3) coordinating and collaborating on all parties, both collaboration with Muhammadiyah, dinas, and society, 4) recruiting workers qualified, energetic, creative, and loyal instructors towards Muhammadiyah, 5) socializing through student activities outside of school, for example by conducting Friday Sharing activities in several places, 6) holding regular meetings with IGABA, both regional and regional levels, 7) involving students in competitions, both at the sub-district to national level, and 8) sending teachers to attend scientific meetings to increase teacher professionalism
PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MEDIA GAMBAR SERI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN PADA SISWA KELAS IV SD Ratnah, Ratnah
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1697

Abstract

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat siswa terhadap pembelajaran menulis karangan dalam muatan pelajaran Bahasa Indonesia yang menjadikan penghambat untuk mencapai keberhasilan siswa dalam pelajaran tersebut. Berdasarkan pengamatan pra penelitian, sebagian besar siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat yang menganggap bahwa pelajaran menulis karangan sangat membosankan karena penyajiannya kurang menarik dan tidak bervariasi. Hal ini erat kaitannya dengan cara yang diterapkan guru dalam menyampaikan materi, penggunaan model serta media pembelajaran yang cocok untuk siswa. Melalui penerapan penggunaan media gambar seri yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD akan memudahkan siswa dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan dengan menuangkan ide dan imajinasinya  dalam tulisan sesuai dengan gambar. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat melalui penggunaan media gambar seri yang dipadukan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subyek penelitiannya adalah siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari Tahun Pelajaran 2018/2019 sebanyak 29 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media gambar seri melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan pada siswa kelas IV SDN 2 Taman Sari, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat.Abstract:  This research is motivated by the low interest of students in learning to write essays in Indonesian language content which is an obstacle to achieving student success in these lessons. Based on pre-research observations, most of the fourth grade students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari Subdistrict, West Lombok Regency considered the writing essay to be very boring because the presentation was less interesting and not varied. This is closely related to the way the teacher applies the material, the use of models and learning media that are suitable for students. Through the application of the use of series drawing media combined with the STAD type cooperative learning model will make it easier for students to improve their writing skills by writing ideas and imagination in writing according to the drawings. The purpose of this research is to improve essay writing skills in grade IV students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari District, West Lombok Regency through the use of series image media combined with STAD type cooperative learning models. This type of research is Classroom Action Research (CAR). The research subjects were 29 grade students of SD Sari 2 Taman Sari in 2018/2019 Academic Year with 29 students. The results showed that the use of series image media through the STAD type cooperative learning model could improve essay writing skills in fourth grade students of SDN 2 Taman Sari, Gunungsari District, West Lombok Regency
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW II BERMUATAN CONTENT LOCAL GENIUS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SAINS SISWA Wardani, K. Sri Kusuma; Darmayanti, N.W.S
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1686

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius untuk meningkatkan pemahaman konsep sains siswa. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes pilihan ganda. Teknik pengumpulan data dengan tes awal dan tes akhir yang dianalisis menggunakan teknik gain skor. Nilai gain skor yang diperoleh adalah 0,75 dengan kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe jigsaw II bermuatan content local genius dapat meningkatkan pemahaman konsep sains siswa kelas IV SD Negeri 34 Cakranegara materi Bunyi Tahun Pelajaran 2019/2020.Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of Jigsaw II types of cooperative learning containing local genius content to improve students' understanding of science concepts. The design of this study was pre-experimental with one group pretest-posttest design. The sampling technique is purposive sampling. The instrument in this study was a multiple-choice test. Data collection techniques with the initial test and final test were analyzed using the gain score technique. The value of the obtained score is 0.75 with a high category. The results showed that cooperative learning type jigsaw II containing local genius content can improve the understanding of science concepts of fourth-grade students at SD Negeri 34 Cakranegara Sound material for Academic Year 2019/2020.
ANALISIS HAMBATAN PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD MUHAMMADIYAH 4 TANGERANG banowati, anggun mila
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1634

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan dalam penerapan Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitiam deskriptif eksploratif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami guru SD dalam penerapan Kurikulum 2013 yaitu para guru merasa kesulitan dalam melakukan penilaian siswa karena dalam Kurikulum 2013 penilaian dilakukan sesuai dengan Kompetensi Dasar masing-masing sehingga sangat memerlukan waktu yang cukup lama juga merasa kesulitan. Pada awalnya sistem penilaian di Kurikulum 2013 ini masih menggunakan tulis tangan yang membuat para guru merasa kelelahan dan hambatan lainnya juga dari segi persediaan buku ajar yang masih minim awalnya, namun sekarang sudah mulai tercukupi oleh bantuan dari pemerintah
PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK BULLETIN BOARD DISPLAY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DI SEKOLAH DASAR Muhardini, Sintayana
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1441

Abstract

Abstrak: Pengembangan media pembelajaran tematik berbasis bulletin board display diharapkan dapat mengatasi masalah yang ada di sekolah yang berkaitan dengan  minimnya media pembelajaran tematik yang menarik dan efektif di kelas. Bulletin board merupakan salah satu jenis media display yang berupa media pajangan atau papan buletin yang bisa ditempatkan dimana saja didalam kelas yang sifatnya terbuka sehingga bisa dibaca dan dilihat kapan saja oleh siswa meskipun materi dalam pembelajaran tertentu telah selesai dijelaskan. Penggunaan. Metode penelitian ini menggunakan desain Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan: (a) persiapan, (b) Pelaksanaan, (c) Observasi, dan (d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Penerapan media pembelajaran tematik bulletin board display terlaksana dengan baik; (1) Media pembelajaran tematik bulletin board display dapat meningkatan kemampuan berbicara siswa dari siklus 1 ke siklus 2 yang terukur sebesar  64%.Abstract:  The development of thematic learning media based on bulletin board displays is expected to be able to overcome problems in schools related to the lack of attractive and effective thematic learning media in the classroom. Bulletin board is one type of display media in the form of display media or bulletin boards that can be placed anywhere in the classroom which is open so that it can be read and seen at any time by students even though the material in certain learning has finished being explained. Use. This research method uses Kemmis and Mc Taggart's design which has 4 stages: (a) preparation, (b) implementation, (c) observation, and (d) reflection. Based on the results of research that has been done, it can be concluded as follows: (1) The implementation of thematic learning media bulletin board displays is well implemented; (1) Thematic learning media bulletin board displays can increase students' speaking ability from cycle 1 to cycle 2 which is measured by 64%.
PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SAINTIFIK BERBASIS KETERAMPILAN BELAJAR DAN BERINOVASI 4C TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DENGAN KOVARIABEL SIKAP ILMIAH PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD GUGUS 15 KECAMATAN BULELENG Meilani, Dian; Dantes, N.; Tika, I.N.
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1412

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh implementasi pembelajaran saintifik berbasis keterampilan belajar dan berinovasi 4C (Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation, Communication, dan Collaboration) terhadap hasil belajar IPA dengan kovariabel sikap ilmiah pada peserta didik kelas V SD. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD di Gugus 15 kecamatan Buleleng yang berjumlah 198 orang dan sampel yang digunakan sebanyak 46 orang, dengan Teknik pengambilan sampel random sampling. Data dianalisis menggunakan uji ANAVA Satu Jalur, uji ANAKOVA, dan Uji Product Moment.
ANALISIS MATERI POKOK ILMU PENGETAHUAN ALAM MI/SD Habibah, Mu'minatul
Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar Vol 3, No 1: Januari 2020
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31764/elementary.v3i1.1465

Abstract

Abstract. The science is one of the subjects often considered difficult by among learners, starting the ranks of primary education to high school. In reality the process of learning often performed is that students are charged with memorizing information without understanding the information obtained to connect it to the situations that occur in everyday life. The science aims to arouse human interest in order to be willing to increase intelligence and understanding of the nature at its disposal and train a learner can think critically and objectively. True knowledge means knowledge which is justified by denying the truth of a science, which is rational and objective.This article contains about the analysis of the staple matter of natural sciences MI/SD based on substance, space of inflammation, characteristics of the relevance of KD/Indicator/Goal/Material relating to the scientific structure, learner characteristics, HOTS, 4C, Science Literacy, digital Literacy, as well as Character Education. The study used a qualitative type approach with the method of library studies, as the study was conducted using a series of gatherings, processing and analyzing data drawn from written literatures 
ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS VI SDN 2 TAMANSARI TAHUN PELAJARAN 2015/2016 DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA UASBN 2014/2015 Mariyati, Yuni; Riyadi, Riyadi; Wardi, Musfiatul
Jurnal Elementary Vol 1, No 1: Januari 2018
Publisher : Universitas Muhammadiyah Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (927.43 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi jenis kesalahan siswa kelas VI SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika  UASBN tahun pelajaran 2014/2015 (2) untuk mendeskripsikan sumber kesalahan siswa kelas VI SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika UASBN tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kleas VI SDN 2 Tamansari yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan wawancara terhadap subjek untuk memperjelas jenis dan sumber kesalahan siswa. Analisis data dilakukan dengan menghitung jumlah kesalahan siswa, menganalisis hasil tes dan wawancara, dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) jenis kesalahan siswa SDN 2 Tamansari dalam menyelesaikan soal-soal matematika UASBN tahun pelajaran 2014/2015 meliputi: kesalahan fakta, kesalahan pemahaman soal, kesalahan konsep, kesalahan transformasi, kesalahan prinsip, kesalahan melakukan operasi, kesalahan menentukan kedudukan benda. (2) sumber kesalahan siswa meliputi: kurang menguasai operasi hitung bilangan dan sifat-sifat operasi hitung, kurang memahami makna soal, kurang menguasai rumus yang tepat untuk menyelesaikan soal, kurang menguasai operasi pecahan, mengurutkan pecahan,  kurang menguasai skala dan perbandingan, kurang menguasai KPK dan FPB dan penggunaannya dalam menyelesaikan masalah, kurang menguasai pengukuran, kurang menguasai geometri, kurang menguasai sifat pencerminan bidang datar, kurang menguasai cara menafsirkan titik pada bidang cartesius, kurang menguasai cara membaca data dan kurang latihan soal

Page 1 of 4 | Total Record : 34