cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota palembang,
Sumatera selatan
INDONESIA
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI
ISSN : 24074322     EISSN : 25032933     DOI : -
Core Subject : Science,
JATISI bekerja sama dengan IndoCEISS dalam pengelolaannya. IndoCEISS merupakan wadah bagi para ilmuwan, praktisi, pendidik, dan penggemar dalam bidang komputer, elektronika, dan instrumentasi yang menaruh minat untuk memajukan bidang tersebut di Indonesia. JATISI diterbitkan 2 kali dalam setahun (September dan Maret), makalah yang diterbitkan JATISI minimal terdiri dari 60% dari luar Sumatera Selatan, dan 40% dari Sumatera Selatan. Makalah yang diterbitkan melalui tahap review oleh reviewer yang berpengalaman dan sudah memiliki makalah yang diterbitkan di jurnal internasional yang terindeks SCOPUS.
Arjuna Subject : -
Articles 124 Documents
Sistem Informasi Manajemen Proyek Berbasis Website Pada PT XYZ Teguh, Rizani
JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) Vol 6 No 1 (2019): JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/jatisi.v6i1.160

Abstract

Manajemen proyek adalah suatu proses pengolahan proyek yang meliputi perencanaan, pengorganisasian dan pengaturan tugas-tugas sumber daya untuk mewujudkan tujuan yang ingin dicapai, dengan mempertimbangkan faktor-faktor waktu dan biaya. PT. Ahaz Karya Mandiri selaku perusahaan kontraktor proyek yang bergerak dibidang pembangunan melakukan rancang bangun. Untuk menunjang kinerja sumber daya manusia di perusahaan tersebut diperlukan sebuah sistem informasi yang dapat mengontrol progress proyek dan mengolah data dengan akurat, faktanya sistem yang ada belum memadai. Maka dari itu penelitian ini dimaksudkan untuk membuat sistem informasi manajemen proyek yang telah terkomputerisasi dan datanya telah terintegrasi. Pada penelitian sistem ini digunakan metodologi penelitian berupa metode iteratif. Pada tahap analisis digunakan analisis PIECES, Usecase Diagram, dan Rich Picture. Pada tahap perancangan digunakan Data Flow Diagram (DFD), dan Entity Relationship Diagram (ERD). Pengembangan aplikasi menggunakan MySQL untuk basis datanya dan Website untuk mendukung pengembangan sistem serta beberapa bahasa lain seperti PHP, dan lainnya. Hasil penelitian berupa sistem informasi manajemen proyek yang telah memenuhi kebutuhan PT. Ahaz Karya Mandiri, diantaranya terdapat fitur pengajuan kontrak, perkembangan proyek, pelaporan dan dokumentasi proyek.
IMPLEMENTASI LOGIKA FUZZY MAMDANI PADA SISTEM REKOMENDASI PERPANJANGAN KONTRAK KERJA KARYAWAN efendi, dwi marisa
JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi) Vol 6 No 1 (2019): JATISI (Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi)
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35957/jatisi.v6i1.169

Abstract

Perusahaan distributor dalam melakukan kegiatan aktivitas memerlukan karyawan yang lebih baik. Dalam penentuan karyawan yang baik, sering menemui kendala, biasanya penilaian masih bersifat objektif, terutama dalam hal perpanjangan kontrak.Sesuai dengan kebutuhan tersebut penulis akan membuat suatu system yang dapat menentukan perpanjangan kotrak agar lebih bersifat objektif dan akurat. Dalam perancanan system , metode pengembangan yang digunakan adalah metode waterfall dan alat pengembangan yang digunakan adalah flowchart, data flow diagram, dan metode yang digunakan untuk prediksi adalah dengan menggunakan metode fuzzy, penulis memilih fuzzy mamdani untuk membantu penyelesaian prediksi dalam system ini.Metode fuzzy mamdani menggunakan beberapa kriteria atau variable diantaranya adalah Absen, Prestasi, Lama Keja, Kerja Sama, Lulusan, Usia.Untuk penerapan system aplikasi pendudukung keputusan perpanjangan kontrak adalah microsoft visual basic 6.0. Hasil akhir dari penelitian ini adalah Karyawan yang diperanjang kontrak kerjnya adalah dengan nilai 1,7.  Imron Rusdi 1,5. Arif Hamdani 1,5. Suanda 4. Risman 2. Wardoyo 2..
Sistem Informasi Akademik Berbasis Web pada SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang Kornelia*, Kornelia*; Yuliati, Emi; Hermanto, Dedy
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang merupakan sekolah dengan konsentrasi pendidikan pelayaran. Adapun permasalahan pada SMK Pelayaran Sinar Bahari Palembang adalah informasi akademik maupun non akademik hanya bisa diperoleh di lingkungan sekolah saja. Pengembangan Sistem Informasi Akademik berbasis web ini diharapkan dapat menjadi media alternatif bagi siswa, guru, maupun pihak sekolah, untuk memperoleh informasi baik akademik maupun non akademik selain di lingkungan sekolah. Pengembangan sistem pada penelitian ini menggunakan metode iterasi dalam, untuk pengembangan sistem berbasis web. Dalam tahap perancangan menggunakan alat bantu antara lain diagram konteks, diagram dekomposisi, DAD, ERD, relasi antar tabel, STD Chart dan desain antar muka sesuai dengan yang diusulkan. Penerapan Sistem Informasi Akademik berbasis web ini dapat mempermudah untuk siswa dan orang tua dalam mengakses informasi yang diberikan pihak sekolah
Pemanfaatan Sistem Informasi Geografis Berbasis Web untuk Penyebaran Lokasi Puskesmas di Kota Tangerang Supriati, Ruli; Santoso, Sugeng; Juniarno, Anjar
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pusat Kesehatan Masyarakat atau di singkat Puskesmas sangatlah dibutuhkan bagimasyarakat Indonesia pada umumnya, apalagi saat sekarang ini biaya pengobatan sangatlahmahal bagi sebagian besar masyarakat Indonesia.Untuk itulah diperlukan pilihan saranakesehatan yang terjangkau seperti puskesmas. Untuk itu diperlukan adanya suatu sisteminformasi geografis berbasis web yang menyediakan informasi mengenai lokasi puskesmas diKota Tangerang. Sistem informasi geografis(GIS) dalam pencarian lokasi tentu membutuhkanletak atau suatu posisi yang dikenal sebagai informasi geografis. Informasi geografis yangpaling banyak digunakan masyarakat pada saat ini yaitu aplikasi Google Maps. Dalamperancangan dan pengembangan aplikasi, digunakan waterfall model dan sumber data yangdigunakan dalam penelitian ini yaitu Peta Kota Tangerang yang diperoleh dari Google MapsAPI dan data lokasi puskesmas yang di peroleh dari dinas kesehatan Kota Tangerang danPuskesmas Kota Tangerang. Hasilnya adalah adanya satu aplikasi system yang dapatdioperasikan oleh masyarakat luas dengan tujuan untuk mengetahui letak puskesmas yangberada di kota Tangerang. Sehingga masyarakat dapat mengetahui lokasi puskesmas hanyadengan menggunakan key word untuk pencarian lokasi puskesmas. Sistem Informasi geografisdapat mengetahui jalan yang harus dilewati menuju puskesmas.
Rancang Bangun Edugame Pembelajaran Kesehatan Gigi untuk Anak-AnakBerbasisUNITY 3D Hernowo, Theofilus Fiendi; Sulviana, Evi; Willy, Willy; Teddy, Hernando Ivan
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Game adalah sarana bermain yang dapat dijadikan hiburan untuk mengisi waktu luang bagi kebanyakan orang. Namun ada baiknya jika game yang dimainkan adalah game yang bersifat mendidik sehingga selain bermain para pengguna juga dapat sambil belajar untuk menambah pengetahuan mereka. Game edukasi berbasis Unity 3D ini dibuat mengenai kesehatan gigi untuk anak-anak yang mana game ini nantinya dapat dijadikan sarana pembelajaran bagi pengguna untuk mengetahui betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi sejak dini. Game engine yang digunakan dalam mengembangkan game adalah Unity 3D yang mana di dalam proses pembuatan game edukasinya berisikan karakter pemain, objek 3D, animasi dan texture. Karakter player yang dipakai adalah objek pasta gigi yang mana nantinya akan dipakai oleh pengguna untuk bermain dan menyemprotkan pasta gigi ke kuman-kuman dan bakteri. Metodologi yang digunakan dalam membangun game edukasi ini adalah metodologi prototyping dengan tujuan utama game edukasi ini adalah agar pengguna dapat menjadikan game ini sebagai media pembelajaran tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi. Aplikasi game ini diharapkan dapat dijadikan sarana belajar bagi pengguna agar selalu menjaga kebersihan gigi.
Sistem Pakar untuk Diagnosa Penyakit yang Disebabkan oleh Nyamuk Berbasis WEB Syamsuddin, Sadly; Ahyuna, Ahyuna
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan yang pesat pada ilmu kedokteran dan penemuan obat-obatan serta metode penyembuhan melahirkan suatu ketergantungan satu sama lain antara dokter dan pasiennya. Masalah akan timbul apabila dokter tidak dapat mengidentifikasi dengan tepat penyakit menurut gejala-gejala yang diderita oleh pasiennya, begitu pula dengan pasien yang mungkin sulit untuk memberi pemaparan yang jelas mengenai gejala-gejala yang mereka derita kepada dokternya.Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem pakar yang mampu mengadopsi pengetahuan manusia atau dokter ke komputer yang dirancang untuk memodelkan kemampuan manusia atau dokter tersebut menyelesaikan masalah seperti layaknya seorang pakar. Penelitian ini merancang suatu sistem pakar dimana sistem pakar ini bertujuan untuk mendiagnosa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Sistem pakar ini dirancangan dengan alat pemodelan sistem Unified Modeling Language(UML), MySQL sebagai sistem manajemen basis data SQL dan PHP sebagai bahasa pemrograman. Setelah sistem dapat diimplementasikan maka dilakukanlah pengujian sistem dengan metode Black Box. Hasil dari sistem yang dibangun adalah sebuah sistem pakar yang mampu melakukan diagnosa penyakit yang disebabkan oleh nyamuk dengan tingkat akurasi yang baik dan hampir tidak ditemukan kesalahan yang ada pada tiap form komponen yang diuji.
Analisis Usability pada Aplikasi Akreditasi Hascarya, Prayudha Wibi; Winarno, Wing Wahyu; Sudarmawan, Sudarmawan
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Badan Akreditasi Propinsi Sekolah Menengah Daerah Istimewa Yogyakarta yang selanjutnya disingkat dengan BAP SM DIY, saat ini web akreditasi online yang di gunakan oleh BAP-SM DIY tersebut berbentuk Aplikasi pendaftaran online yang di sertakan menu informasi nilai dan daftar sekolah yang telah dan akan di akreditasi . Menurut (Karnohartomo dkk, 2012) dalam pengembangan perangkat lunak yang interaktif, terdapat dua sasaran utama yang dijadikan parameter keberhasilan, yaitu usability dan user experience goals, maka aplikasi tersebut harus dapat memberikan kesempatan kepada pengguna untuk menyelesaikan aktivitasnya pada aplikasi tersebut sebaik mungkin. Analisa dalam penelitian ini menggunakan metode PLS (Partial Least Square). Menurut Tanenhaus dkk, (2010), PLS merupakan metode analisis yang powerfull karena tidak didasarkan pada banyak asumsi. Metode PLS mempunyai keunggulan di antaranya, data tidak harus terdistribusi normal multivariate (indikator dengan skala kategori, ordinal, interval sampai rasio dapat digunakan pada model yang sama) dan ukuran sampel tidak harus besar. Berdasarkan hasil pengujian reliabilitas menunjukan bahwa seluruh penilaian item dalam kuesioner ini reliabel, karena angka Cronbach Alpha > 0,70 dan Composite reliability > 0,7. Perbedaan terlihat bahwa nilai cronbachs alpha dan composite reliability paling besar adalah dari path analisis dengan intervensi. Hubungan Error dengan Usability yaitu nilai korelasi 0,9051 yang berarti bahwa semakin tinggi error maka semakin tinggi usability Hubungan antar variabel learnability dengan efficiency yaitu nilai korelasi sebesar 0,1343 yang berarti bahwa semakin tinggi learnability maka semakin tinggi efisiensi.
Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Akademik (Studi Kasus SMA Negeri 1 Talang Kelapa Palembang) Irfandi, Azhar; Liansyah, Okta; Cofriyanti, Ervi; Hermawan, Hermawan
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem informasi akademik merupakan suatu sistem yang memberikan layanan berupa data akademik. Dalam hal ini, penulis mengambil SMA Negeri 1 Talang Kelapa sebagai tempat penelitian, karena sistem informasi akademik yang ada di sekolah tersebut belum terkelola dengan baik, sehingga sulit dalam pelaksanaan aktifitas-aktifitas akademik yang ada, seperti sulitnya penentuan kriteria siswa kelas X yang layak masuk jurusan IPA atau IPS, proses pencarian data siswa data guru yang masih membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga informasi sulit diperoleh dengan cepat, bentuk penyimpanan arsip yang masih banyak membutuhkan lemari arsip, sulitnya wali murid mengetahui bahwa anaknya hadir atau tidak di sekolah, serta sulitnya mendapatkan informasi tentang alumni siswa dan memberikan informasi pengumuman kepada alumni berupa undangan, misalnya undangan acara reuni SMA. Berdasarkan alasan tersebut, penulis mengembangkan sebuah sistem informasi akademik yang terkomputerisasi untuk membantu menyelesaikan beberapa masalah akademik yang terjadi. Metodologi pengembangan menggunakan metodologi SDLC model RAD (Rapid Application Development) yang memiliki 4 fase yaitu fase kebutuhan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi literatur, fase perancangan dengan membuat pemodelan data dan proses, perancangan basis data dan perancangan antar muka, fase konstruksi dengan membuat kodekode program dan fase pelaksanaan yang memberikan hasil dari pengujian dan pengenalan sistem yang telah diselesaikan. Dengan adanya sistem informasi akademik yang penulis kembangkan dapat membantu proses akademik SMA Negeri 1 Talang Kelapa khususnya untuk mewujukan visi sekolah yang telah ditetapkan.
Sistem Pakar Mendeteksi Penyakit Tanaman Terong Belanda dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Sinaga, Mikha Dayan
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem pakar ini menggunakan mesin inferensi dengan metode Forward Chaining. Penalaran dilakukan berdasarkan dari gejala-gejala yang tampak secara fisik terhadap tanaman Terong Belanda. Berdasarkan gejala-gejala tersebut dibuatlah rule-rule yang kemudian menjadi knowledge base yang akan diterapkan ke dalam mesin inferensi untuk mengetahui penyakit apa yang dialami oleh tanaman Terong Belanda tersebut. Hasil program ini menunjukkan bahwa sistem pakar dapat digunakan sebagai suatu media yang dapat memberikan informasi tentang tanaman Terong Belanda. Sistem pakar ini dapat digunakan untuk mempercepat pencarian dan pengaksesan terhadap pengetahuan oleh orang-orang yang membutuhkan informasi.
Penerapan Hidden Markov Model (HMM) pada Pengenalan Penutur Mukhlisa, Mukhlisa; Gultom, Maryati; Alamsyah, Derry
JURNAL TEKNIK INFORMATIKA DAN SISTEM INFORMASI Vol 1 No 1 (2014): JATISI SEPTEMBER 2014
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) STMIK Global Informatika MDP

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Suara manusia bergantung pada posisi atau bentuk rongga yang dimiliki, sehingga karakter suara yang dimiliki setiap orang unik dan menjadi identitasnya. Pengenal penutur (speaker recognition) adalah proses mengenali siapa yang bicara berdasarkan informasi yang terdapat di dalam gelombang wicara. Pengenal penutur dapat digunakan sebagai sistem absensi, keamanan dan sebagainya. Sistem pengenal penutur pada penelitian ini dibentuk melalui dua proses utama yaitu pelatihan (training) dan pengenalan (recognition), dimana Mel Frequency Cepstrum Coefficients (MFCC) digunakan untuk ekstraksi fitur, kemudian model suara dibentuk berdasarkan Hidden Markov Model (HMM).Hasil penelitian menujukkan bahwa pengujian secara real time menggunakan mikrofon tingkat akurasinya 30%. Sedangkan pengujian dari file rekaman 100%. Tingkat akurasi sangat bergantung pada kemampuan clustering dan klasifikasi.

Page 1 of 13 | Total Record : 124