cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
G - SMART
ISSN : 26205297     EISSN : 26205297     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Jurnal G - SMART : Jurnal Teknik Sipil Unika Soegijapranata yang meliputi Geoteknik, Struktur, Manajemen Konstruksi, Sumber Daya Air dan Transportasi.
Arjuna Subject : -
Articles 6 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2017)" : 6 Documents clear
KAJIAN NILAI MODULUS REAKSI SUBGRADE DAN NILAI CBR BERDASARKAN PENGUJIAN DI LABORATORIUM Christandy, Yosua; Pranantya, Novan Dwi
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.924

Abstract

Tanah merupakan bagian yang sangat penting dan harus diperhatikan kondisi dan karakteristiknya sebelum melakukan proses perencanaan maupun pelaksanaan pekerjaan konstruksi. Tanah sebagai dasar dari pondasi diharapkan memiliki daya dukung yang tinggi dan mengalami penurunan yang relatif kecil. Dalam perencanaan kontruksi berskala besar, pengujian tanah dilakukan untuk mendapatkan nilai parameter tanah sehingga jenis dan sifat tanah dapat diketahui dan meminimalkan risiko keruntuhan dan terjadi kegagalan struktur tanah pondasi yang juga bisa berakibat kegagalan struktur di atasnya. Subgrade merupakan lapisan tanah yang paling bawah dan paling dominan menahan beban konstruksi. Pemadatan tanah dasar sangat diperlukan jika tanah dasar tersebut memiliki kualitas yang kurang memenuhi spesifikasi atau kurang mendukung untuk menerima beban konstruksi.Salah satu faktor parameter tanah yang mempengaruhi daya dukung kekuatan tanah adalah modulus reaksi subgrade (ks). Pada perencanaan perkerasan, nilai modulus reaksi subgrade(ks) diambil dari NAASRA (National Association of Australian State Road Authorities) yang membuat grafik hubungan nilai ks dan nilai California Bearing Ratio berdasarkan hasil pengujian di lapangan. Melalui penelitian ini akan dicoba menemukan hubungan antara nilai ks dan CBR berdasarkan pengujian di laboratorium dan akan dibandingkan dengan hasil grafik NAASRA.
ANALISIS TINGKAT KESELAMATAN LALU LINTAS KOTA SEMARANG Ruktiningsih, Rudatin
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.919

Abstract

Kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan lalu lintas baik di tingkat global, di Indonesia maupunKota Semarang. Hampir setiap hari berita kecelakaan lalu lintas jalan raya selalu menghiasi mediacetak maupun elektronik di Kota Semarang. Semakin meningkat jumlah penduduk di Kota Semarangmemberi potensi peningkatan kejadian kecelakaan lalu lintas, hal ini disebabkan semakin banyakpergerakan lalu lintas di ruas-ruas jalan Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untukmengetahui tingkat keselamatan lalu lintas jalan raya di Kota Semarang yang direpresentasikan dalamangka kecelakaan berbasis jumlah penduduk dan panjang jalan serta indeks severitas. Metodeperhitungan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Pignataro (1973) dengan mengambil datajumlah kecelakaan dan korban yang tercatat di Kota Semarang. Hasil perhitungan menunjukkan bahwaangka kecelakaan berbasis jumlah penduduk menunjukkan penurunan yaitu dari 67,31 pada tahun2012 menjadi 50,32 pada tahun 2015, ditinjau dari panjang jalan terjadi penurunan dari 0,39 padatahun 2012 menjadi 0,30 pada tahun 2015, namun indeks severitas terjadi peningkatan yaitu 0,13 padatahun 2011 menjadi 0,24 pada tahun 2015. Hal ini menunjukkan bahwa tingkat keselamatan lalu lintasdi Kota Semarang terjadi penurunan, untuk itu perlu upaya penanganan serius oleh Pemerintah KotaSemarang dengan melibatkan seluruh stakeholder yang ada
PENGARUH PENAMBAHAN PECAHAN KERAMIK PADA PEMBUATAN PAVING BLOCK DITINJAU DARI NILAI KUAT TEKAN Putri, Aulia Zastavia; Imastuti, .
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.925

Abstract

Paving block merupakan salah satu bahan bangunan yang digunakan sebagai alternative perkerasan jalan. Bahan penyusun dari paving block adalah semen, pasir dan air dengan atau tanpa bahan tambah lainnya. Bahan tambah yang digunakan dapat berupa limbah atau sisa bahan bangunan yang tidak digunakan. Penggunaan limbah bertujuan untuk meningkatkan mutu paving block dan memanfaatkan limbah secara optimal. Limbah keramik lantai merupakan contoh limbah yang banyak ditemukan di sekitar lingkungan. Oleh sebab itu, perlu diadakan penelitian untuk mengetahui pengaruh nilai kuat tekan paving block akibat penambahan pecahan keramik. Dalam penelitian ini digunakan perbandingan semen dan pasir adalah 1:5 dengan presentase pecahan keramik 0%, 5%, 10% dan 15% dari berat pasir. Nilai f.a.s yang digunakan adalah 0,3. Hasil pengujian nilai kuat tekan pada prensentase 0% adalah 424,167 kg/cm2, nilai kuat tekan pada prensentase 5% adalah 436,667 kg/cm2, nilai kuat tekan pada prensentase 10% adalah 465 kg/cm2 dan nilai kuat tekan pada prensentase 15% adalah 523,333 kg/cm2. Nilai kuat tekan tertinggi pada pecahan keramik sebanyak 15% yaitu 523,333 kg/cm2. Peningkatan kuat tekan terjadi sebesar 23,38% dari presentase pecahan keramik 0% terhadap pecahan keramik 15%. Nilai kuat tekan tersebut memenuhi persyaratan standar mutu kelas I/A dengan kuat tekan rata-rata 400 kg/cm2 dan minimal 350 kg/cm2. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pecahan keramik dapat meningkatkan mutu paving block seiring dengan penambahan presentase pecahan keramik.
The Advantage of Moringa oleifera Powder Addition in Natural Polymer Modified Concrete Mixture Susilorini, Rr. M. I. Retno; Santosa, Budi; Rejeki, VG. Sri; Riangsari, M.F. Devita; Hananta, Yan’s Dianaga
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.920

Abstract

Polymer modified concrete has become innovative materials to increase durability and sustainability of concrete. It is now important to develop natural polymers that are ‘greener’ than other chemical polymers. Therefore, this research wants to investigate compressive strength of natural polymer modified concrete added with Moringa oleifera powder, with and without its skin. This research was conducted experimentally in laboratory. There three compositions concrete mixture of several concrete cylinder specimens with dimension 10 cm x 20 cm which were cured in plain water for 7, 14, and 28 days. Compressive strength of normal concrete were designed as about f’c = 30 MPa. All specimens were tested for compressive strength after curing. This research meets conclusions: (1) Natural polymer modified concrete added by Moringa oleifera with skin specimens have compressive strength 82.85% compared control specimens; (2) Extreme high compressive strength has achieved by natural polymer modified concrete added by Moringa oleifera without skin specimens that have compressive strength 165,2% compared control specimens; and (3) Natural polymer made of Moringa oleifera is proven to increase the compressive strength of concrete
KAJIAN KARAKTERISTIK DAS (Studi Kasus DAS Tempe Sungai Bila Kota Makassar) Nanda, Angelica Mega; Nugroho, Eko Prasetyo; Santosa, Budi
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.922

Abstract

Kota Makassar menjadi salah satu kota dengan tingkat pembangunan infrastruktur yang tinggi dan menyebabkan perubahan lahan yang sangat signifikan. Fenomena tersebut berdampak pada pola aliran di permukaan (surface flow) dan wilayah resapan air. Tujuan penelitian tugas akhir ini adalah untuk mengetahui karakteristik hidrologi DAS Tempe Sungai Bila di Kota Makassar.Penelitian ini menggunakan model hidrologi dengan bantuan software Hydrologic Engineering Centers Hydrologic Modeling System (HEC-HMS). Hidrograf yang dihasilkan HEC-HMS berupa outflow diolah untuk mengetahui karakteristik DAS Tempe Sungai Bila.Hasil penelitian menunjukan bahwa parameter yang digunakan pada simulasi tersebut sesuai dengan parameter yang ada. Dari analisis outflow didapatkan karakteristik hidrologi DAS Tempe selama tahun 2003 sampai dengan tahun 2013 antara lain debit maksimum rata-rata sebesar 81,46 mm; debit minimum rata-rata sebesar 1,05 mm; koefisien regime rata-rata sebesar 170,48 mm dan koefisien storage sebesar 0,06 mm.
STABILISASI TANAH EKSPANSIF DENGAN BAHAN TAMBAH GIPSUM (STUDI KASUS DI KAWASAN INDUSTRI CANDI BLOK K-18, SEMARANG) Widiantoro, Ibnu; Ahmad, Fauzi
G - SMART Vol 1, No 1 (2017)
Publisher : G - SMART

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24167/gs.v1i1.923

Abstract

Jenis tanah yang cukup banyak ditemui di Kota Semarang adalah tanah ekspansif. Tanahekspansif adalah tanah lempung yang memiliki karakteristik kembang susut yang cukup besarserta tingkat plastisitas yang tinggi. Permasalahan bangunan yang berdiri di atas tanahekspansif salah satunya terdapat di Kawasan Industri Candi yang berada di Jalan GatotSubroto Semarang pada lokasi Blok K-25. Permasalahan yang terjadi terletak pada tembokyang pecah dan retak retak serta lantai yang bergelombang. Salah satu upaya yang akandilakukan oleh penulis untuk meningkatkan kestabilan tanah ekspansif adalah melakukanpenelitian terhadap penambahan bahan tambah gipsum dengan persentase penambahan yangberbeda. Dalam penelitian ini digunakan penambahan gipsum dengan persentase gipsumsebanyak 0%, 15%, 20% dan 25% dari berat tanah kering. Uji yang dilakukan di laboratoriummeliputi uji mineral tanah, index properties, atterberg limit, uji saringan, uji hidrometer, ujikompaksi, uji swelling dan direct shear. Berdasarkan uji yang telah dilakukan denganpenambahan gipsum, dapat disimpulkan bahwa gipsum memiliki pengaruh yang cukup baikdalam meningkatkan stabilisasi tanah lempung ekspansif.

Page 1 of 1 | Total Record : 6