cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 93 Documents
Fungsi Lembaga Penjaminan Simpanan Dalam Membangun Sistem Perbankan Yang Solid Demi Kelangsungan Pembangunan Infrastruktur di Indonesia Thabib, Prawitra; Kurniawan, Faizal
Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 2 (2018): Edisi Khusus. : JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITAS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (460.449 KB) | DOI: 10.12962/j26151847.v2i0.4913

Abstract

Krisis moneter yang menghantam Indonesia tahun 1998, yang berakibat dilikuidasinya 16 bank, sempat membuat kepercayaan masyarakat pada perbankan menurun. Maka untuk mengatasinya, pemerintah sempat mengeluarkan kebijakan memberikan jaminan untuk seluruh kewajiban bank terhadap nasabahnya, termasuk simpanan masyarakat (blanket guarantee). Kebijakan blanket guarantee terbukti dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan, melalui sistem perbankan yang solid dan trust masyarakat kepada lembaga bank, maka institusi perbankan dapat memberikan dukungan dalam proyek insfrastruktur di Indonesia, karena dalam setiap pengerjaan proyek infrastruktur pasti membutuhkan dukungan finansial institusi bank. Sejalan dengan hal tersebut, dibutuhkan suatu penyempurnaan perangkat aturan sistem perbankan kedepannya, khususnya dibidang penjaminan simpanan. Penyempurnaan ini bertujuan untuk menciptakan individu bank yang andal dan menciptakan sistem perbankan yang sehat, efisien dan kompetitif, yang diharapkan dapat terhindar dari systemic risk serta dapat mendukung pembangunan infrastruktur di Indonesia.
Permodelan Bangkitan Dan Tarikan Perjalanan Moda Sepeda Motor Di Wilayah Perkotaan Gresik Tahun 2018 Amijaya, Jimi; Suprayitno, Hitapriya
Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 2 (2018): Suplemen. 2 : JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITAS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (909.305 KB) | DOI: 10.12962/j26151847.v2i0.4819

Abstract

Kota Gresik sebagai ibu kota Kabupaten Gresik Provinsi Jawa Timur dikenal sebagai kota industri, pertumbuhan dan perkembangannya cukup meningkat setiap tahun. Terdapat banyak pergerakan arus lalu lintas khususnya jam puncak pagi menggunakan moda sepeda motor, hal tersebut dikarenakan jam berangkat kerja bersamaan dengan berangkat sekolah dan mengakibatkan permasalahan transportasi semakin kompleks. Oleh karena itu diperlukan penelitian mengenai pemodelan bangkitan dan tarikan perjalanan moda sepeda motor yang terjadi di wilayah perkotaan Gresik. Metoda yang dipakai adalah pengumpulan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dari survei wawancara rumah tangga (household interview) untuk mendapatkan data asal tujuan perjalanan sebanyak 700 sampel. Sedangkan data sekunder berupa data populasi dan kuat tarik zona dari Gresik Dalam Angka 2016. Penelitian ini menghasilkan jumlah bangkitan dan tarikan sepeda motor. Bangkitan perjalanan didapatkan dari perhitungan analisa regresi linier zona untuk mendapatkan rumus yang akan menghasilkan jumlah bangkitan perjalanan. Hasil bangkitan perjalanan terbanyak sejumlah 15.906 motor/jam di zona 16. Tarikan perjalanan didapatkan dari perhitungan proporsi kuat tarik dikalikan dengan bangkitan perjalanan. Hasil dari tarikan perjalanan terbanyak sejumlah 22.095 motor/jam di zona 17.
Kinerja Lalu-lintas Simpang di Kalen-Majenang Akibat Pembangunan Saluran Irigasi Waduk Kalen di Kecamatan Kedungpring Kabupaten Lamongan Wibisono, R. Endro; Donny Cahyono, M. Shofwan
Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 2, No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITAS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (641.985 KB) | DOI: 10.12962/j26151847.v2i2.4345

Abstract

Di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan terdapat Waduk Kalen didekat Jalan Raya Babat. Saat ini sedang dilaksanakan pembangunan Saluran Primer Prijetan, dan Saluran Sekunder Kandangrejo di sepanjang Jalan Balongsari (Kalen – Pasar Kedungpring), serta pembangunan Saluran Sekunder Kandangrejo di sepanjang sisi Jalan Olahraga (ruas Jalan Kedungpring – Jalan Majenang). Adanya operasional pembangunan saluran di sisi jalan tersebut akan memberi pengaruh langsung terhadap kinerja lalu-lintas disekitar Simpang Raya Babat, Simpang Pasar Kedungpring, dan Simpang Majenang. Karena kendaraan yang melintas sudah tentu didominasi oleh kendaraan berat/ barang. Pengerjaan pembangunan saluran irigasi sekunder disepanjang sisi Jalan Kalen – Jalan Majenang dioperasikan tahun 2019. Hasil perhitungan kinerja lalu-lintas Simpang A pasca konstruksi (2019) angka Derajat Kejenuhan (DK) = 0,626, dengan Tingkat Pelayanan (TP) C (cukup). Simpang B pasca konstruksi (2019) angka Derajat Kejenuhan (DK) = 0,646, denganTingkat Pelayanan (TP) C (cukup). Simpang C pasca konstruksi (2019) angka Derajat Kejenuhan (DK) = 0,390, dengan Tingkat Pelayanan (TP) B (baik) dimana menurut MKJI arus stabil pergerakan dibatasi, tingginya volume lalu-lintas.
Peranan Aspek Lingkungan dalam Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Razif, Mohammad
Jurnal Manejemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 2, No 2 (2018): JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITAS
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (443.92 KB) | DOI: 10.12962/j26151847.v2i2.4342

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami peranan aspek lingkungan dalam Manjemen Aset Infrastruktur, penelitian ini dilakukan dengan menguraikan pengertian aspek dan dampak lingkungan, jenis kegiatan pembangunan dan pengoperasian infrastruktur beserta fasilitasnya yang menimbulkan dampak lingkungan. Suatu aspek lingkungan hidup penting adalah aspek lingkungan hidup yang memiliki satu atau lebih dampak lingkungan hidup penting. Dampak lingkungan hidup sendiri diartikan perubahan pada lingkungan, baik yang merugikan atau menguntungkan keseluruhan atau sebagian disebabkan oleh aspek lingkungan suatu organisasi. Kegiatan manajemen aset infrastruktur dan fasilitasnya merupakan kegiatan yang secara umum menimbulkan dampak lingkungan sehingga perlu menyusun amdal atau UKL-UPL sesuai dengan penting atau tidaknya dampak lingkungan yang akan ditimbulkannya. Untuk kegiatan manajemen aset infrastruktur dan fasilitasnya yang sudah dan sedang beroperasi tapi belum memiliki izin lingkungan, masih perlu menyusun DELH (Dokumen Evaluasi Lingkungan Hidup) atau DPLH (Dokumen Pengelolaan Lingkungan Hidup) sesuai dengan penting tidaknya dampak lingkungan yang sudah dan sedang berlangsung. Pelaksanan dokumen amdal, UKL-UPL, DELH, DPLH perlu dilaporkan dengan membuat pelaporan setiap 6 bulan sekali ke Dinas Lingkungan Hidup di Kabupaten/Kota/Propinsi atau ke Kementerian Lingkungan Hidup disesuaikan dengan kewenangannya masing-masing.
ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN USAHA DAN STRATEGI BAGI JALAN TOL BALI MANDARA Pradana, Yoga; Petakasari, Endo; Jayanti, Rita Sri; Soemitro, Ria Asih Aryani; Suprayitno, Hitapriya
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6432

Abstract

Jalan tol Bali Mandara adalah jalan tol pertama di pulau Bali yang dibangun dengan tujuan untuk mengurai kemacetan jalan bypass I Gusti Ngurah Rai yang mulai jenuh pada saat jam sibuk atau liburan panjang. Jalan tol Bali Mandara mulai dibangun pada awal tahun 2012 dan telah berhasil memenuhi tujuan awal pembangunannya, yaitu sebagai pengurai kemacetan dan alternatif jalan yang mengalirkan arus lalu lintas melalui 3 gerbang yaitu, gerbang Nusa Dua, gerbang Ngurah Rai dan gerbang Benoa. Namun demikian, berdasarkan data lalu lintas harian rata-rata per tahun, jalan tol ini mengalami penurunan dari sisi pertumbuhan mulai dari bulan Agustus tahun 2017 yang juga berpengaruh terhadap pendapatan dari PT Jasa Marga Bali Tol. Oleh karena itu, tujuan dari studi ini adalah mengidentifikasi kebutuhan pengembangan dengan kesesuaian strategi yang dijalankan pada saat ini. Dengan adanya strategi yang tepat, diharapkan pengembangan yang dilakukan oleh anak perusahaan PT Jasa Marga (Persero) ini dapat meningkatan pendapatan baik dari bisnis utama berupa pendapatan tol maupun dari unit usaha lain (non tol) serta meningkatkan nilai perusahaan melalui pendekatan manajemen aset infrastruktur. Metoda penelitian meliputi studi literatur, Focus Group Discussion (FGD) dan Analisa SWOT. Berdasarkan hasil analisis, didapatkan peringkat dalam penentuan strategi diantaranya peringkat 1 yaitu meningkatkan pendapatan melalui bisnis non jalan tol, peringkat 2 yaitu melakukan alternatif pendanaan ulang dan peringkat 3 yaitu meningkatkan pendapatan bisnis jalan tol.
KAJIAN AWAL PENGELOLAAN ASET TETAP PADA BANDAR UDARA INTERNASIONAL I GUSTI NGURAH RAI, BALI Kurniasih, Rizky; Rohman, Noor; Suprayitno, Hitapriya
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6434

Abstract

Bandar udara Ngurah Rai Bali sebagai salah satu pintu gerbang menuju pulau Bali memiliki peran strategis dalam menunjang kegiatan pariwisata maupun sebagai jaringan transportasi penerbangan menuju pulau di bagian Timur Indonesia. Dalam menjalankan perannya tersebut, bandar udara Ngurah Rai memiliki fasilitas-fasilitas untuk mendukung seluruh kegiatan operasional di bandar udara tersebut. Dengan bertambahnya jumlah penumpang pada setiap tahun, maka kegiatan operasional bandar udara Ngurah Rai juga semakin meningkat, dimana kegiatan tersebut juga harus didukung dengan berfungsinya seluruh fasilitas yang ada. Oleh karena itu, Bandar Udara Ngurah Rai Bali harus melakukan pengelolaan fasilitas dengan efektif, efisien dan berkelanjutan.  Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menggali lebih dalam tentang pengelolaan aset, khususnya aset tetap pada bandar udara Ngurah Rai Bali. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif deskriptif yaitu pembahasan permasalahan yang sifatnya menguraikan, menggambarkan, membandingkan dan menerangkan suatu data yang terkait dengan pengelolaan aset tetap pada bandar udara Ngurah Rai Bali. Pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu data sekunder tentang profil bandar udara dan data tentang pengelolaan aset tetap pada bandar udara Ngurah Rai serta data yang diperoleh dari studi literatur. Dari hasil penelitian, dapat diketahui bahwa proses dan siklus pengelolaan aset tetap pada bandar udara Ngurah Rai Bali mulai dari penerimaan, pencatatan, pelaporan, inventarisasi hingga penghapusan aset telah sesuai dengan Permenkeu tentang Pengelolaan BMN, Peraturan Menteri BUMN tentang Pendayagunaan Aset Tetap pada Badan Usaha Milik Negara dan Peraturan Menteri BUMN tentang Penghapusbukuan dan Pemindahtanganan Aktiva Tetap BUMN.
KAJIAN AWAL MANAJEMEN ASET BAGI INSTALASI PENGOLAHAN AIR LIMBAH DENPASAR DI SUWUNG BALI Septaprasetya, Andi Candra; Rahmaniyah, Ayu; Ayu, Ratri; Wijayanti, Riska Dewi; Suprayitno, Hitapriya
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6435

Abstract

Perkembangan sektor pariwisata dan laju pembangunan daerah wisata di Bali diikuti juga dengan timbulnya berbagai masalah lingkungan. Pencemaran yang disebabkan oleh pesatnya pertambahan penduduk, aktivitas industri jasa dan pariwisata, membuat semakin menurunnya kualitas sanitasi lingkungan. Untuk itu pemerintah Provinsi Bali bekerja sama dengan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Jepang menyelenggarakan pembangunan Denpasar Sewerage Development Project (DSDP). DSDP merupakan proyek pembangunan jaringan limbah cair domestik yang melayani Kota Denpasar dan Kabupaten Badung. Proyek DSDP terdiri atas pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di Sanur, pembangunan jaringan utama, dan 2 (dua) stasiun pompa di Kuta dan Sanur serta sambungan rumah. Setelah berfungsi proyek tersebut diserahkan ke Pemerintah Provinsi untuk dikelola dan dinamakan IPAL Denpasar. Kajian penerapan manajemen aset ini dilakukan dengan melihat konsep pengembangan dan pengelolaan IPAL secara keseluruhan sehingga dapat memberikan rekomendasi pengelolaan IPAL. Penelitian ini dilakukan dengan memberikan gambaran tentang kondisi eksisting aset dan penerapan manajemen aset di IPAL berdasarkan Pandangan Dasar Infrastruktur Publik untuk Manajemen Aset Infrastruktur dengan memperhatikan 6 (enam) konsep dasar meliputi; Sistem Infrastruktur, Fungsi Infrastruktur, Supply-Demand Infrastruktur, Sistem Operasi Infrastruktur, Deteriorasi dan Pemeliharaan Infrastruktur, dan Siklus-Hidup Infrastruktur. Hasil review penerapan manajemen aset ini pengembangan dan pengelolaan infrastruktur DSDP telah sesuai dengan konsep dasar dalam Pandangan Dasar Infrastruktur Publik untuk Manajemen Aset Infrastruktur.
PENUTUP JURNAL Fasilitas, Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur &
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6442

Abstract

 JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITASVolume 3, Suplemen 2, Desember 2019    (e) ISSN 2615-1847 (P) ISSN 2615-1839JMAIF, Vol.3, No. 2, September 2019Studi Perbandingan Gedung dengan Iregularitas Horizontal Menggunakan Base Isolation dan Fixed Base    Marcellino Arifin, Lidya Fransisca & Altho SagaraPeran Infrastruktur Perkeretaapian bagi Pertumbuhan Ekonomi Wilayah    Hermanto DwiatmokoAnalisis Kinerja Operasional Ruas Jalan Satu Arah dengan Menggunakan Mikrosimulasi Vissim(Studi Kasus : Jalan Masjid Raya di Kota Makassar)     Hasmar Halim, Ismail Mustari & Aisyah ZakariahKewirausahaan Berbasis Komunitas : Model Bisnis untuk Pengelolaan Aset dan Infrastruktur     Veny Megawati,  Aluisius Hery Pratono, Teguh Wijaya Mulya & Delta Ardy PrimaPengaruh Total Quality Management Terhadap Kinerja Karyawan melalui Kepemimpinan Sebagai Variabel Intervening pada Pabrik Gula Candi Baru Sidoarjo     Nhuke Selvia Christanti  & Andre Dwijanto WitjaksonoEvaluasi Aspek Green Building Pada Gedung Andi Hakim Nasoetion Rektorat IPB     Erizal, Yudi Chadirin & Iriani Mustika FuriJMAIF, Vol.3, Edisi Khusus 2, Juni 2019SemNas : PROKSI 2019Pola Pemantapan Penataan Ruang Terbuka Hijau untuk Kawasan Kota Berkembang di Batu Sopang Kabupaten Paser    Thomas Robert Hutauruk, Faizal Baharuddin, Afif Bizrie Mardhani & Mohammad RomadloniModel Pemeliharaan Berbasis Life Cycle Cost untuk Infrastruktur Embung di Kabupaten Sleman DIY     Floren, Peter F. Kaming & Wulfram I. ErviantoEvaluasi Potensi Kelongsoran pada Lereng Alam dengan Perubahan Sudut Kemiringan menggunakan Metode Fellenius     Mila Kusuma W, Felicia Tria N. & M. Ferdaus N.AStudi Kasus Aliran Lumpur di Desa Pasir Panjang menggunakan Program Flo-2D     Budijanto Widjaja & Dzaky Mahesa Wibowo
KARAKTERISTIK TINGKAT OKUPANSI DAN KOMPOSISI BARANG BAWAAN PADA PERJALANAN BERPENUMPANG PADA TAKSI BLUEBIRD DI KOTA SURABAYA Mangopo, Merlyn; Suprayitno, Hitapriya
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6430

Abstract

Pertumbuhan kawasan-kawasan terbangun di Kota Surabaya memberikan potensi yang besar bagi pengemudi taksi untuk mengangkut lebih banyak penumpang dari kawasan satu ke kawasan lain. Namun saat ini perusahaan dan pengemudi taksi belum efisien dan efektif dalam menggunakan kendaraan taksi untuk mengangkut penumpang, dikarenakan mereka belum mengetahui dengan tepat ukuran dan jenis taksi yang berpotensi untuk mengangkut penumpang lebih efektif. Dan belum bisa memperkirakan besar kecilnya bagasi suatu kendaraan taksi yang efisien digunakan dalam mengangkut penumpang. Oleh karena itu dalam penelitian ini melakukan metode analisis distribusi data dengan penyebaran kuesioner dan diolah dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian ini adalah jumlah penumpang terjadi sebanyak 1237 perjalanan taksi atau 82%. Jumlah penumpang sebanayak 2 terjadi sebanyak 231 perjalanan taksi atau 15%. Jumlah penumpang sebanyak 3 terjadi sebanyak 28 perjalanan taksi atau 2%. Dan jumlah penumpang sebanyak 4 terjadi sebanyak 7 perjalanan taksi atau 1%. Tipe bawaan barang dengan komposisi Besar terjadi pada 190 perjalanan taksi sebesar 13%. Tipe bawaan barang dengan komposisi Sedang terjadi pada 271 perjalanan taksi sebesar 18%. Dan Tipe bawaan barang dengan Komposisi Kecil terjadi pada 1042 perjalanan taksi sebesar 69%. Data Karakteristik tingkat okupansi dan komposisi bawaan barang bias digunakan unutk menentukan kapasistas taksi di Surabaya. Usaha Taksi di Surabaya cukup dengan menggunakan mobil taksi yang kecil dengan ruang bagasi kecil.
COVER JURNAL MANAJEMEN ASET INFRASTRUKTUR & FASILITAS VOL.3 SUP.2 DESEMBER 2019 Fasilitas, Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur &
Jurnal Manajemen Aset Infrastruktur & Fasilitas Vol 3 (2019): Suplemen 2 : Jurnal Manajemen Aset Infrastructure & Fasilitas
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.12962/j26151847.v3i0.6439

Abstract

Karakteristik Tingkat Okupansi dan Komposisi Barang Bawaan pada Perjalanan Berpenumpang pada Taksi Bluebird di Kota Surabaya   Merlyn Mangopo & Hitapriya SuprayitnoPeran Analisis Kebutuhan Pengembangan Usaha dan Strategi bagi Jalan Tol Bali Mandara   Yoga Pradana, Endo Petakasari, Rita Sri Jayanti, Ria Asih Aryani Soemitro & Hitapriya  SuprayitnoKajian Awal Pengelolaan Aset Tetap pada Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali   Rizky Kurniasih, Noor Rohman & Hitapriya SuprayitnoKajian Awal Manajemen Aset bagi Instalasi Pengelolaan Air Limbah Denpasar di Suwung Bali   Andi Candra Septaprasetya, Ayu Rahmaniyah, Ratri Ayu, Riska Dewi Wijayanti & Hitapriya Suprayitno 

Page 1 of 10 | Total Record : 93