cover
Contact Name
Kartini Lahabe
Contact Email
kartini@iainpalopo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pba@iainpalopo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education
ISSN : 26224380     EISSN : 26226006     DOI : -
Core Subject : Education,
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education
Arjuna Subject : -
Articles 13 Documents
Faaliyah Thariqah al-Tarjamah ala Nataij Talim al-Lugah al-Arabiyyah li Thalabah al-Shaf al-Tsamin fi al-Madrasah al-Tsanaawiyyah Batu Sitanduk bi Nahiyah Walenrang al-Syimaliyyah bi Manthiqah Luwu Abu Nawas, Muhammad Zuhri
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menerjemahkan dan mengetahui bagaimana menggunakan metode terjemah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan empat teknik pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi, kuesioner dan ujian. Teknik analisis data menggunakan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan dua hal, yaitu: 1 Metode penerjemahan yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas delapan di Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenrang Utara Kab. Luwu terdiri atas beberapa macam cara, di antaranya: memberikan definisi kata, kemudian memberikan jenis kata dan kaidah-kaidah yang wajib dihapal dalam bahasa Arab dan menjelaskan secara terperinci, melatih siswa untuk menerjemahkan kalimat dan paragraf, meminta seorang siswa untuk membaca teks dan yang lain memperbaikinya, memberik daftar kosakata yang akan dihapal. 2 Penggunaan metode penerjemahan oleh guru dalam mengajar bahan bahasa Arab dapat meningkatkan hasil pendidikan untuk siswa kelas delapan.Kata kunci: Metode tarjamah, hasil belajar
Masyakil al-Kafa-a laday al-Thalabah bi Syubah al-Tadris al-Lugah al-Arabiyyah lil Mustawa al-Khamis an al-Taallum al-Maful Bih bi al-Jamiah al-Islamiyyah al-Hukumiyyah Palopo kartini, kartini
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPeneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumen di antaranya observasi, wawancara, dokmentasi dan tes. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa: 1. Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan bahasa Arab semester V di IAIN Palopo tentang pembelajaran maf’ulbih tergolong sedang. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil wawancara peneliti dengan beberapa mahasiswa dan juga kepada dosen pengajar, di mana pad aumumnya mahasiswa hanya mengetahui beberapa pola maf’ulbih yang terbilang sederhana. Selain itu tidak semua mahasiswa mengetahui hukum i’rob maf’ul bih. 2. Faktor yang mempengaruhi kemampuan mahasiswa tentang pembelajaran maf’ulbih ada dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi niat mereka mempelajari bahasa Arab, kecintaan terhadap bahasa arab, bakat yang mereka miliki, minat baca, lingkungan tempat tinggal dan lingkungan kampus yang meliputi ketersedian fasilitas dan jumlah jam pelajaran.Kata kunci: Problematika, kemampuan, maf’ul bih
Talim Fiil Amr min Khilal Kitab Muqarrar al-Lugah al-Arabiyyah fi al-Fashl al-Tsamin fi al-Madrasah al-Tsanwiyah Batu Sitanduk fi Manthiqah Walenran al-Syimaliyyah Mudiriyyh Luwu (dirasah sharfiyyah thatbiqiyyah) Hasanuddin, Muhammad Irfan
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui materi kata kerja perintah dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenarang Utara dikenal Kab. Luwu (2) mengetahui materi kata kerja perintah dengan tanya jawab pada pada siswa kelas delapan Madrasah Tsanawiyah Batusitanduk Kec. Walenarang Utara dikenal Kab. Luwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, opini. Dari penelitian ini kami menemukan hasil: (1) mengetahui materi kata kerja perintah dalam pembelajaran bahasa Arab pada siswa kelas delapan, yaitu: cara membuat membuat kata kerja perintah, membedakannya dan menyusunnya serta mendapatkan dalam bacaan, dan karakteristik kata kerja perintah, (2) materi tentang kata kerja perintah di kelas delapan tidak terlalu sulit untuk dipahami dan lebih fokus pada materi melakukan perintah di kelas, melatih membuat perintah-perintah sederhana untuk memperkuat materi kata kerja perintah. Peserta didik lebih banyak diarahkan untuk membuat contoh-contoh fi’il amr (kata kerja perintah) dalam bacaan.Kata Kunci: Fi’il Amr, diktat
Musykilat Taqwim Ta’lim al-Lugah al-‘Arabiyyah wa Hillu laha fii al-Fasl al-‘Asyir al-Madrasah al-‘Aliyah al-Hukumiyyah Palopo muhaemin, muhaemin
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan dalam bentuk deskriptif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangakan metode analisis datanya adalah deskriptif, yang menggambarkan dan menganalisis semua hal yang menjadi fokus penelitian ini. Hasil penelitian adalah (1) model evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah evaluasi dasar kelas secara bekelanjutan. (2) Bentuk evaluasi yang dipergunakan oleh guru bahasa Arab adalah penggunaan dua bentuk tes saja dari jenis-jenis evaluasi. (3) Hambatan yang dihadapi oleh guru adalah masalah teknis pada uji ambang batas dari nilai 75 standar utuk dijadikan sempurna atau lengkap yang terasa berat bagi kebanyakan pengajar. Solusi yang ditawarkan adalah menggunakan sistem penjadwalan sehingga waktu terdengar cukup untuk menguji peserta didik dan memberikan tugas tambahan bagi mereka yang memiliki program remedial karena mereka belum mencapai minimum.Kata kunci: Problematika pembelajaran bahasa Arab
Kemampuan dan Problematika Penerjemahan Bahasa Arab ke dalam Bahasa Indonesia di Madrasah Aliyah pondok Pesantren al-Ikhlas ad-Dary DDI Takkalasi Barru mustafa, mustafa
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah mendapatkan data objektif di lapangan tentang problematika penerjemahan bahasa Arab di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah DDI Takkalasi berjalan dengan baik meskipun ada kendala-kendala yang dihadapi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode mufradah, metode qawa‘id tarjamah dan metode membaca. Penerjemahan masih bersifat harfiah. Problematika penerjemahan yang muncul, yaitu aspek linguistik yang meliputi kurangnya penguasaan mufradah dan qawa‘id. Aspek non linguistik yang meliputi perbedaan latar belakang pendidikan peserta didik, kurangnya waktu pembelajaran, motivasi, fasilitas pendukung dan bimbingan penerjemahan. Upaya mengatasinya, guru dan peserta didik dituntut mengetahui masalah-masalah yang ada. Setelah itu, ditempuh beberapa langkah efektif untuk mengatasinya.Kata kunci: Problematika, penerjemahan bahasa Arab
Isykaliah Fahm Fiil al-Nahy Laday Thalabah al-Mustawa al-Khamis Syubah Tadris al-Lugah alArabiyyah (Tahlil Wadhzifah Fiil al-Nahy fi al-Quran Surah al-Hasyr) Takwim, Mardi
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini menyajikan masalah pemahaman tentang kata kerja larangan pada mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, IAIN Palopo (analisis fungsi kata kerja larangan dalam Alquran Surah al-Hasyr). Sumber data dalam penelitian ini adalah data primer melalui studi lapangan, dan data sekunder melalui penelitian pustaka dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Metodenya bersifat induktif dan analisis data yang dipergunakan adalah pengorganisasian data dengan teknik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Bahwa masalah yang dihadapi oleh siswa dari semester V Program Studi Pendidikan Bahasa Arab terletak pada pembuatan kata kerja larangan yang shahih mazid dan mu’tal akhir, dan metode yang dipergunakan tidak efektif karena tidak memberikan kesempatan kepada mereka untuk menjelaskan apa yang mereka ketahui tentang kata kerja larangan. Metode yang disukai mahasiswa adalah diskusi dan ceramah. (2) Adapun kata kerja larangan dalam Surah al-Hasyr terletak pada dalam ayat (10) dan (19) berarti kata "jangan membuat/menjadikan ... dan janganlah kalian menjadi ...". Wazan kata larangan ini adalah " ????? ??????? ".Kata kunci: Problematika fi’il nahy, solusi fi’il nahi dalam Surah al-Hasyr
Thatbiq Hifdz al-Mufradat li Taarqiyyah Maharah al-Imla Laday Thalabah al-Madrasah al-Tsanawiyyah al-Mutakamilah Hidayatullah Palopo mahmud, Muhammad said
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 1, No 1 (2018): Al Ibrah Journal of Arabic Langunage Education
Publisher : AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

AbstrakPenelitian ini berbicara tentang implementasi menghapal kosakata dalam meningkatkan keterampilan imla pada siswa-siswi dari Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun metode pengumpulan data menggunakan wawancara, kuesioner, dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Penerapan menghapal kosakata di sekolah Madrasah Tsanawiyah Integral Hidayatullah Palopo sangat menarik dan menyenangkan siswa. Dalam penerapan metode menghapal kosakata dalam bahasa Arab, guru menuntut tetapi dapat membuat belajar menjadi menarik dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat bersemangat dan siap untuk menyerap pelajaran. 2. Keterampilan imla di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo telah meningkat. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran guru mampu menjadikan suasana yang menenangkan dan menarik, sehingga keterampilan imla dengan metode hapalan dari siswa-siswi menjadi menigkat. 3. Penerapan hapalan kosakata di Sekolah Menengah Pertama Integral Hidayatullah Palopo sangat berpengaruh dalam kemampuan imla dalam metode pembelajaran yang bertujuan untuk menentukan keberhasilan siswa. Sesugguhnya metode pembelajaran bertujuan untuk memudahkan siswa dalam memahami pelajaran terutama bahasa Arab.Kata kunci: Penerapan metode hapalan kosa kata, maharah imla
PROSPEK PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI IAIN PALOPO DAN PELUANG PENGEMBANGANNYA Syamsuddin, Naidin
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 2, No 1 (2019): al-Ibrah: Journal of Arabic Languange Education
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (918.49 KB) | DOI: 10.24256/jale.v2i1.1205

Abstract

Saat ini pendidik bahasa Arab tampaknya hanya menganggap bahasa Arab sebagai alat (wasilah) untuk memahami teks-teks Islam, dan belum menjadikannya sebagai disiplin terpisah yang perlu dikembangkan melalui berbagai penelitian. Tantangan dan masalah dalam pendidikan Arab tidak dapat diselesaikan secara pribadi, tetapi melalui pendekatan kelembagaan dan melibatkan banyak pihak. Bahasa Arab adalah kesempatan yang memberikan prospek yang lebih cerah dan lebih menarik di masa depan. Epistemologi sains dan kurikulum perlu ditangani dan diorientasikan ke arah pembentukan kemampuan kompetitif di era global ini. Ini semua membutuhkan banyak pihak untuk bekerja bersama dalam visi, misi, kebijakan dan pengembangan yang menyatukan yang didasarkan pada studi akademik.Kata kunci: Prospek, Pendidikan, Bahasa Arab ?
BAHASA ARAB DAN STATUS SOSIAL DALAM PERSPEKTIF AL-QUR’AN DAN PEMBELAJARAN Fakhriannor, H. Fakhriannor
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 2, No 1 (2019): al-Ibrah: Journal of Arabic Languange Education
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (755.746 KB) | DOI: 10.24256/jale.v2i1.1214

Abstract

Sosiolinguistik sebagai suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara bahasa dan masyarakat. Salah satu ruang lingkup pembahasannya adalah hubungan antara bentuk-bentuk bahasa dengan penggunaannya untuk fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat yang tentunya bertujuan untuk menciptakan keharmonisan dan kesejukan dalam berkomunikasi sesama anggota masyarakat.  Sebagai bahasa Internasional dan lebih khusus sebagai bahasa umat Islam, Bahasa Arab dan penggunaanya dalam tingkat stratifikasi sosial seseorang sangat diperhatikan. Penggunaan redaksi kata dalam Bahasa Arab tidak lepas dari perspektif al-Qur?an itu sendiri, baik dalam hal pandangannya terhadap kedudukan sosial, maupun pandangannya tentang penggunaanya kepada obyek bicara (mukhatab) yang mempunyai tingkat stratifikasi yang berbeda. Dalam pandangan islam perbedaan strata sosial bukan untuk menciptakan kesenjangan sosial, melainkan diharapkan menjadi dasar dalam membangun masyarakat seimbang yang merupakan salah satu tujuan kedatangan Islam. Perjuangan panjang Nabi Muhammad SAW dalam membangun peradaban manusia akhirnya berbuah manis, dimana diakhir hayatnya beliau sempat menyaksikan suatu realitas yang ideal bagi masyarakat islam, yakni masyarakat Madani (civil society).Kata Kunci: Bhs.Arab, Status Sosial, Perspektif al-Qur?an dan pembelajaran
BAHASA ARAB DIANTARA RUMPUN BAHASA SEMIT Mustafa, Mustafa
AL IBRAH: Journal of Arabic Languange Education Vol 2, No 1 (2019): al-Ibrah: Journal of Arabic Languange Education
Publisher : Prodi Pendidikan Bahasa Arab

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.127 KB) | DOI: 10.24256/jale.v2i1.1208

Abstract

Bahasa Arab sebagai bahasa yang paling dekat dengan Semit. Bahasa ini mempunyai posisi yang lebih dibanding bahasa-bahasa lain dari rumpun bahasa Semit. Bahasa Arab termasuk bahasa yang paling banyak dipakai sekarang ini. Penuturnya bukan hanya umat Islam tapi di luar agama Islam juga. Semit adalah salah satu rumpun bahasa yang dinisbahkan kepada salah satu putra nabi Nuh a.s. yaitu Syam bin Nuh. Dalam riwayat dikatakan bahwa nabi Nuh mempunyai tiga anak yakni Syam (Semit), Yafit (Aramiyah) dan Ham (Hamiyah). Bahasa-bahasa yang dimasukkan dalam rumpun-rumpun Semit mengalami perkembangan. Sebagian dari bahasa-bahasa ini mengalami kemajuan sampai kepada kepunahan seperti Akkadian. Sedangkan yang lainnya, meskipun tidak mengalami kepunahan akan tetapi penuturnya tidak lagi menjadi bangsa yang besar. Bahasanya hanya dipakai oleh sebagian kecil orang saja, seperti Aramik. Hanya bahasa Arab, salah satu bahasa dari rumpun Semit juga yang mampu bertahan ribuan tahun dan penuturnya semakin berkembang sampai sekarang ini. Kesimpulan terakhir yang paling mendekati kebenaran adalah bahasa Arab mewakili rumpun-rumpun yang lain, baik dari aspek sumber asal Semit itu sendiri sampai kepada perkembangannya di dunia modern sekarang ini.Kata Kunci: Bahasa Arab, Rumpun Bahasa, Bahasa Semit

Page 1 of 2 | Total Record : 13