cover
Contact Name
Tunas Cendekia
Contact Email
tunascendekiajurnal@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
tunascendekiajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota palopo,
Sulawesi selatan
INDONESIA
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : 26220849     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Tunas Cendekia is a journal of early childhood Islamic education study programs at the Palopo State Islamic Religion Institute which collects articles and research about early childhood education and articles in the field of development and potential progress of students. The Tunas Cendekia Journal is published twice a year in April and October periodically. The Tunas Cendekia Journal is published by the Early Childhood Islamic Education (PIAUD) IAIN Palopo Study Program with ISSN number: 2622-0849
Arjuna Subject : -
Articles 11 Documents
Meningkatkan Kemampuan Apresiasi Seni Tari Anak Melalui Tari Kreasi Rahmah, Nur; Lismawati, Lismawati
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Motif penelitian ini yaitu adanya sebuah masalah di dalam pembelajaran seni tari dimana banyak siswa yang lemah dalam apresiasi seni tari. Sehubungan dengan itu, penelitian ini dilakukan agar guru mampu meningkatkan kemampuan apresiasi seni tari melalui penerapan Tari Kreasi di sekolah. Adapun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas I SDN 480 Maddenuang dengan jumlah 17 orang. Pada pelaksanaannya, peningkatan kemampuan apresiasi seni tari ini dilakukan melalui 4 langkah antaralain perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Proses penilaian pada tahapan tersebut dilakukan dengan melaksanakan tes pada pertemuan ke III setiap siklus untuk melihat peningkatan kemampuan apresiasi seni tari siswa dan keaktifan siswa melalui kegiatan observasi saat tindakan sedang berlangsung. Oleh karena itu, didapatkan hasil bahwa terdapat peningkatkan skor apresiasi seni siswa dimana pada siklus I yang hanya 66 atau prosentase ketuntasan klasikal sekitar 68% dapat meningkat menjadi 78 dengan prosentase ketuntasan klasikal yang mampu mencapai 100%. Dengan kata lain, kemampuan apresiasi seni tari dapat ditingkatkan melalui penerapan Tari Kreasi pada siswa kelas I SDN 480 Maddenuang.
Peningkatan Ketrampilan Motorik Halus Melalui Kegiatan Kerajinan Tangan Maita, Maita; Subhan, Subhan
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menggambarkan proses dan hasil belajar melalui kegiatan kerajinan tangan yang dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak di TK B Harapan Pancoran Jakarta Selatan Tahun 2016. Subyek penelitian ini yaitu 15 orang anak. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Mc. Taggart yang meliputi empat tahap: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari 8 kali pertemuan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan kuantitatif. Analisis data kualitatif dengan menganalisis data dari wawancara selama penelitian untuk langkah-langkah reduksi data, display data dan verifikasi data. analisis data kuantitatif dengan statistik deskriptif yang membandingkan hasil yang diperoleh dari pre-intervensi, siklus I dan siklus II. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus anak melalui kegiatan kerajinan tangan, dibuktikan dengan rata-rata pemahaman skor keterampilan motorik halus pra-intervensi sebesar 20,20, kemudian meningkat pada siklus I sebesar 46,13 dan siklus kedua sebesar 63,33. 
Pengenalan Konten Life Science Pada Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Fun Cooking Kapurung Asis, Azria; Rosdianah, Rosdianah
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pembelajaran sains bagi anak usia dini ditujukan agar  anak memiliki kemampuan memecahkan masalah, memiliki sikap ilmiah dan mengasah kepekaan panca indera dalam bereksplorasi untuk memahami lingkungan sekitar. Kemampuan tersebut dapat terwujud  secara ideal  hanya melalui pelaksanaan pembelajaran sains yang dilaksanakan melalui konten-konten sains yang dikemas sesuai dengan tingkatan usia dan karakterisitk perkembangan anak: menyenangkan, banyak bergerak dan dekat dengan kehidupan anak sehari-hari. Kegiatan yang sesuai dengan hal tersebut adalah kegiatan fun cooking kapurung. Pada kegiatan ini, anak dilibatkan secara aktif pada kombinasi unsur-unsur kegiatan kapurung seperti bahan dan proses serta dikaitkan dan disesuiakan dengan indikator target serta instruksi pembelajaran yang digunakan guru di selama proses pembelajaran berlangsung.
Pengaruh Pendidikan Bagi Perkembangan Anak Usia Dini Yusuf, Munir; Jurniati, Jurniati
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan memberikan pengaruh dan kontribusi yang sangat besar bagi perkembangan diri anak. Pendidikan dalam hal ini dipahami sebagai suatu tindakan yang dilakukan dengan sengaja oleh seorang pendidik atau pengasuh anak guna mecapai tujuan yang telah ditentukan, atau mencapai kondisi yang lebih baik bagi anak. Aspek yang dilihat dalam pembahasan imi ada lima, yakni perkembangan fisik, moral, emosional, intelektual, dan perkembangan spiritual. Masing-masing aspek tersebut dapat berkembang secara baik dengan adanya program pendidikan yang teah ditetapkan kepada anak. Baik pendidikan dalam keluarga, pendidikan pra sekolah maupun pendidikan di sekolah.Segala perilaku dan stimulasi yang diterima anak akan berpengaruh terhadap pembentukan dan pengembangan dirinya, baik disengaja maupun tidak. Pendidikan merupakan bentuk perilaku dan stimulasi yang disengaja dan disadari oleh pendidik atau pengasuhnya, sehingga efek yang dihasilkan diharapkan akan lebih baik dibanding dengan perilaku atau stimulasi yang diterima anak secara spontan.
Strategi Komunikasi Simbolik Speech Delay Pada Anak Usia 6 Tahun di TK Paramata Bunda Palopo Hutami, Eka Poppi; Samsidar, Samsidar
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan bahasa anak usia 6 tahun di TK Paramata Bunda Kota Palopo mengalami gangguan bicara (speech delay). Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi guru dan orang tua dalam menangani anak yang mengalami gangguan keterlambatan berbicara (speech delay). Pendekatan penelitian ini melalui pendekatan kualitatif study kasus. Hasil penelitian menunjukkan ciri-ciri belum mampu memahami dan merespon teman sebaya, orang tua atau orang dewasa sekitarnya, cenderung tidak banyak berbicara (pendiam), tidak mampu  membentuk kalimat sederhana, ketika ditanya sesuatu anak tersebut menyebutkan kembali pertanyaan itu, belum mampu berbicara dengan jelas, kaku, terbata-bata karena kurangnya penguasaan kosa kata yang dimiliki, serta biasanya penggunaan bahasa yang ditunjukkan dengan bingung dalam mengekspresikan bahasa dalam bentuk lisan.Untuk itu dilakukan penanganan straregi untuk menstimulus anak speach delay dengan 1)melatih anak dalam berbicara dengan benar, pelan-pelan dan berulang-ulang, 2)saat berbicara selalu memperhatikan tata bahasa yang diucapkan, 3)melibatkan anak-anak berbicara pada setiap keadaan dengan mengontrol dan memperbaiki pengucapan anak yang masih keliru dan menggunakan sistem several, seperti konsultasi rutin untuk mengetahui perkembangan anak pada dokter dan psikolog anak.
Perilaku Imitasi Seksual Anak Usia 5 Tahun Zainuddin, Fauziah; Suriati, Suriati
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 1, No 1 (2018): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui perilaku imitasi seksual yang di lakukan oleh anak usia 5 tahun di TK Paramata Bunda Palopo Sulawesi Selatan. Terindentifikasi bahwa subjek dalam penelitian ini melakukan gerakan atau adegan seksual terhadap temannya disekolah. Untuk menggali hal tersebut, dalam penelitian ini digunakan metode penelitian kualitatif jenis studi kasus untuk menyelidiki dan menginterpretasi permasalahan yang terjadi. Data-data yang di sajikan menggunakan data primer dan data sekunder melalui wawancara dengan jenis wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perilaku imitasi seksual yang dilakukan oleh anak yaitu dalam bentuk gerakan seksual. Hal tersebut karena anak masih belum mandiri dan orang tua yang terlalu permisif dalam membina dan mengasuh anaknya sehari-hari. Hal ini yang mendorong orang tua untuk mengkondisikan anak agar tidur sekamar dengan mereka yang pada akhirnya hubungan seksual yang mereka lakukan pada beberapa kondisi dilihat secara langsung oleh anak dan menirunya saat mereka bermain dan belajar di sekolah.  
KREASI SENAM CERIA PADA TAMAN KANAK-KANAK (MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK KASAR ANAK USIA DINI BERBASIS GERAK DAN LAGU) Subhan, Subhan; Irfah, Auli
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (222.569 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fakta bahwa 7 dari 10 anak (70%) dalam kegiatan senam pagi di TK Jumnih terlihat malas bergerak, gerakan tidak teratur dan tidak mampu dengan sempurna mengikuti gerakan percontohan dari instruktor senam (guru). Peneliti melalui penelitian ini berupaya membenahi hal tersebut sekaligus melakukan peningkatan keterampilan motorik kasar melalui modifikasi senam yaitu ?senam ceria?. Peneliti melalui model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berhasil melakukan peningkatan keterampilan motorik kasar anak melalui senam ceria. Mean (rata-rata) skor dari keterampilan motorik kasar anak yang berhasil dihimpun dan dianalisis pada di siklus I sebesar 7,2 kategori belum mampu bergerak dan meningkat menjadi 18,25 dengan kategori mampu bergerak dengan baik pada siklus II. Hal ini turut meningkatkan keaktifan siswa dalam kegiatan pemberian tindakan berupa senam ceria dari skor awal sebesar 27%  di siklus I dan 97 % pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan senam ceria mampu meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B TK Jumnih Kota Palopo.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN ISLAM ANAK USIA DINI BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM MENGAHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Nursyamsi, Nursyamsi; Rahmah, Nur
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (274.29 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pembelajaran islam anak usia dini di PAUD Kota Palopo; (2) mendeskripsikan pembelajaran kontekstual; (3) menemukan model faktual pembelajaran berbasis kontekstual; (4) menemukan model pengembangan (draft) pembelajaran islam anak usia dini berbasis kontekstual. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R & D). Pelaksanaan penelitian di PAUD Parama Bunda, Libukang Permai, dan Aisiyah Bustanul Athfal Kota Palopo. Informan dalam penelitian ini adalah pengelola pendidikan, kepala sekolah, pendidik dan pihak-pihak terkait yang menunjang data penelitian. Teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam, observasi partisipatif dan studi dokumentasi. Pengambilan dan pengecekan keabsahan data dengan teknik triangulasi, review informan kunci dan pengecekan dengan anggota. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Pembelajarn anak usia dini di PAUD Kota Palopo secara umum mengacu pada standar pelayanan dalam menyelenggarakan pembelajaran PAUD. Perencanaan pembelajaran berbasis kontekstual yang disusun berupa kurikulum, silabus, program semester, rencana pelasanaan pembelajaran mingguan (RPPM), rencana pelaksanaan pembelajaran harian (RPPH). Dalam pelaksanaannya, pembelajaran ini terintegrasi dengan pembelajaran kontekstual. Model faktual pembelajaran berbasis kontekstua disampaikan kepada stakeholder yang terlibat untuk mendapatkan respon dan saran perbaikan. Model faktual kemudian direvisi dan diberi pengayaan dalam bentuk model pengembangan (draft) untuk lebih mudah diaplikasikan.
CERITA GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SAINS DI LEMBAGA PAUD YOGYAKARTA Utami, Novianti Retno; Warmansyah, Jhoni
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (317.366 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melakukan mengenalkan Sains melalui cerita gambar berseri pada anak kelompok A TK Aba Dukuh 1 Seleman Yogyakarta. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar Sains anak dengan kegiatan pembelajaran tiga tahap yaitu: (1) kegiatan awal, (2) kegiatan inti, dan (3) kegiatan akhir. Guna mengetahui peningkatan hasil belajar sains media gambar seri digunakan data yang sesuai dengan aktifitas anak dan aktifitas guru, serta pencapaian hasil belajar anak. Berdasarkan siklus I keterlaksaan RPPS diperoleh hasil sebesar 13,8% dan hasil perhitungan penilaian ketuntasan belajar siswa adalah 0%. Hasil dari siklus II sesuai dengan RPPS adalah 26,86% dan hasil perhitungan penilaian ketuntasan klasikal sebesar 100%. Berdasarkan hasil tersebut, terdapat peningkatan keaktifan anak dalam proses pembelajaran. Kesimpulan pada penelitian ini adalah melalui cerita dengan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar anak.
MICRO ROLE PLAY (AKTIVITAS ADU PERAN DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK DI PULAU MADURA) Tri Arianto, Fajar Lukman; Anggraini, Denok Dwi
Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol 2, No 2 (2019): Tunas Cendekia
Publisher : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) PALOPO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.003 KB)

Abstract

Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu guna meningkatkan perilaku prososial anak pada Kelompok A TK Anugerah Kamal Madura. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa penerapan kegiatan bermain drama mikro mampu meningkatkan perilaku prososial Anak. Dibuktikan oleh rata-rata peningkatan skor perilaku prososial di siklus I hingga siklus II yang meningkat cukup signifikan. Skor rata-rata meningkat dari siklus I senilai 12,13 menjadi 25,2 di siklus II. Apabila dibandingkan dengan standar skor TCP yang telah ditetapkan, maka penelitian yang menerapkan kegiatan bermain peran mikro bisa dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan prososial anak. 

Page 1 of 2 | Total Record : 11