cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. kudus,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : 26153939     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika (P-ISSN: 2615-3939) is a journal containing the results of research and discussion in the field of mathematics education. These journal articles are published every six months, namely in June and December (2 editions per year), and are published by Institut Agama Islam Negeri Kudus.
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
ETNOMATEMATIKA KALIGRAFI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI MADRASAH IBTIDAIYAH Fakhri Auliya, Nanang Nabhar
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4879

Abstract

Matematika merupakan bagian dari ilmu pengetahuan yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan bidang ilmu pengetahuan lainnya. Akan tetapi pada kenyataannya matematika dianggap sebagai pelajaran yang sulit dan menjadi sebuah momok bagi sebagian besar orang. Hal ini bisa dilihat dari hasil the Program for International Student Assessment (PISA) pada tahun 2015, Indonesia menduduki peringkat 63 dari 70 negara. PISA merupakan ujian di seluruh dunia yang diselenggarakan setiap tiga tahun sekali untuk mengukur kecerdasan pelajar sekolah berusia 15 tahun. Seperti yang diketahui bahwa matematika merupakan ilmu yang bersifat abstrak, sehingga untuk siswa pada jenjang MI yang masih berada pada tingkat berfikir kongkrit-abstrak akan merasa sulit untuk memahaminya. Apalagi jika dalam pembelajaran di kelas, guru hanya mengajar secara prosedural dan menyuruh siswa menghafal konsep atau rumus matematika saja. Salah satu hal yang dapat menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya pada pembelajaran matematika adalah etnomatematika. Salah satu objek etnomatematika adalah seni kaligrafi. Penelitian ini dapat memberikan gambaran dan tambahan referensi sumber belajar matematika dari eksplorasi etnomatematika seni kaligrafi terutama dalam materi bangun datar. Pemilihan seni kaligrafi sebagai sumber belajar dikarenakan mudahnya seni kaligrafi dalam membaur dalam kurikulum yang ada dalam Madrasah Ibtidaiyah. Hasil dari eksplorasi etnomatematika seni kaligrafi berupa konsep matematika yang ditemukan dalam proses pembuatan kaligrafi adalah konsep refleksi dan konsep perputaran. Selanjutnya dari hasil eksplorasi etnomatematika seni kaligrafi berupa konsep matematika yang ditemukan hasil dari bentuk-bentuk kaligrafi yang sudah jadi adalah konsep bangun datar lingkaran, persegi, persegi panjang, dan segitiga.
Analisis Validitas Isi Butir Soal sebagai Salah Satu Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran di Madrasah Berbasis Nilai-Nilai Islam Utomo, Budi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4883

Abstract

Soal merupakan salah satu instrumen yang digunakan untuk mengukur keberhasilan dalam mencapai tujuan pembelajaran. Soal yang akan dijadikan sebagai alat evaluasi harus memenuhi ciri-ciri soal/tes yang baik diantaranya adalah soal tersebut harus valid. Salah satu cara untuk mengetaui valid atau tidaknya soal yang digunakan perlu diadakan analisis terhadap soal tersebut, salah satunya dengan analisis validitas isi soal terkait. Selama ini di beberapa sekolah atau madrasah, khususnya di MA NU TBS Kudus dalam pembuatan soal Penilaian Tengah Semester (PTS) ataupun Penilain Akhir Semester  (PAS) khususnya Matematika, belum pernah dianalisis isi soalnya terkait dengan kesesuaian antara tiap butir soal dengan silabus yang ada pada kurikulum 13 saat ini atau dengan kata lain analisis validitas isi terhadap butir-butir soal tersebut. Mengingat urgensi dari soal sebagai alat untuk mengukur keberhasilan pembelajaran, sangat penting untuk diadakan penelitian tentang analisis butir soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas isi dari butir soal PTS Mata Pelajaran Matematika Wajib XI MA NU TBS Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019 sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran berbasis nilai-nilai islam. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dikarenakan penelitian ini tidak menggunakan data dalam bentuk angka dan akan mendeskripsikan validitas isi dari soal Penilaian Tengah Semester Gasal mata pelajaran Matematika wajib kelas XI MA NU TBS Kudus tahun pelajaran 2018/2019.Berdasarkan hasil analisis rasional validitas isi yang membandingkan antara soal dengan silabus /kurikulum disimpulkan bahwa validitas isi  satu paket soal yang dibuat oleh guru mapel Matematika Wajib kelas XI  sudah terpenuhi. Namun dalam penulisan soal masih perlu ketelitian, karena masih ada soal yang tidak ada jawaban dipilihan yang ditawarkan, yaitu soal no.4, disamping itu juga perlu kecermatan dalam menuliskan simbol-simbol, arsiran  yang terdapat dalam soal PTS, yaitu nomor 11, 20, 22 dan 25, dan kesesuaian bahasa atau kalimat yang digunakan dalam soal tersebut kurang baik, yaitu pada nomor 7, 8, 14, 21, 22, 23 dan 25.
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN DAYA NALARSISWA Lestari, Mulyaningrum
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4877

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran terhadap kemampuan daya nalar siswa kelas X. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MA Abadiyah Kuryokalangan Gabus, Pati. Sampel penelitian ini diambil secara cluster random sampling dan terpilihkelas X.C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran, dan kelas X.D sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran ekspositori. Analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, proporsi, dan perbedaan rerata. Hasil penelitian menunjukkan: 1) hasil kemampuan daya nalar kelas eksperimen dapat mencapai ketuntasan minimal siswa sebesar 88,46 %;2) rata-rata kemampuan daya nalar kelas eksperimen yaitu 78 lebih besar dari kelas kontrol, yaitu 75,30; Saran penelitian ini: model pembelajaran talking stick berbantuan CD pembelajaran dapat digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran materi dimensi tiga.
PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA BERBASIS BUDAYA LOKAL KUDUS Masamah, Ulfa
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4882

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk etnomatematika yang terdapat pada budaya lokal Kudus, mengembangkan model pembelajaran matematika dengan pendekatan etnomatematika berbasis budaya lokal Kudus. Jenis penelitian ini merupakan R&D (research and development) dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal (preliminary research), fase pembuatan prototipe (prototyping phase), dan fase penilaian (assesment phase). Adapun uji coba terbatas dilakukan di Yayasan Madrasah Tsanawiyah Qudsiyah Putri. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi, observasi dan angket. Hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwasanya ditemukan bentuk etnomatematika pada budaya lokal Kudus yang difokuskan pada lokasi masjid dan menara Sunan Kudus yang dalam hal ini hanya diambil pada sisi materi segiempat dan segitiga. Kevalidan lembar kerja siswa sebesar 3,97 berada pada kategori valid. Perangkat pembelajaran memenuhi kriteria praktis dengan rata-rata penilaian B yang berarti dapat digunakan dengan revisi. Sedangkan respon positif siswa terhadap perangkat pembelajaran sebesar 81%.
NILAI ISLAM DALAM TEOREMA PHYTAGORAS Romadhon, Riski Surya
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4880

Abstract

Penelitian bertujuan membuktikan berbagai konsep teori-teori yang ditemukan Phytagoras dengan prinsip-prinsp dalam islam. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif dengan teknik pengkajian litelatur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip phytagoras yaitu “untuk setiap segitiga siku siku berlaku kuadrat panjang sisi miring sama dengan jumlah kuadrat panjang sisi siku sikunya.”  Dan dapat dituliskan c2 = a2 + b2       .Semakin besar kedua kuadrat sisi siku-sikunya (a dan b) maka semakin besar sisi miringnya. Dalam islam dianjurkan untuk menjaga hablumminallah dan hablumminannas untuk mendapatkan kesuksesan didunia dan di akhirat. Diibaratkan dua sisi siku-siku segitiga tersebut. Jika semakin besar hubungan Allah dan manusia, maka semakin besar pula kesuksesan yang di dapat.
INTEGRASI NILAI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SD/MI KURIKULUM 2013 Nuraini, Latifah
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 2 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i2.4873

Abstract

Pendidikan memiliki peran penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan harus mampu mengakomodasi kebutuhan insan pembelajar agar mempunyai kesiapan dalam menghadapi perubahan zaman. Pendidikan harus lebih reaktif dan antisipatif terhadap nilai budaya dan karakter bangsa yang mulai tergerus oleh perkembangan zaman. Penanaman nilai-nilai kearifan lokal pada proses pembelajaran di sekolah khususnya dalam pembelajaran matematika, dianggap dapat membendung degradasi moral dan tetap mewujudkan manusia Indonesia yang berkarakter dan berdaya saing tinggi. Integrasi nilai-nilai kebudayaan juga sesuai dengan kurikulum saat ini, khususnya pada pembelajaran tematik SD/MI, dan diwujudkan dalam buku siswa tematik Kurikulum 2013. Tujuan dari kajian literatur pada artikel ini adalah mengkaji, menganalisa, dan mendeskripsikan bagaimana nilai-nilai kearifan lokal dapat diintegrasikan dalam pembelajaran untuk mencapai pembelajaran bermakna dan menghasilkan manusia yang bermoral, berkarakter, dan berbudaya.
EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THREE STEPS INTERVIEW(TSI) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADAMATERI FUNGSI DITINJAU DARIKECERDASAN MATEMATIS LOGISSISWA Maharani, Rizqona
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4458

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Three Steps Interview (TSI) dengan Pendekatan Saintifik (PS) dan Pembelajaran Klasikal dengan Pendekatan Saintifik (PS)terhadap prestasi belajar matematika ditinjau dari kecerdasan multiple.Penelitian ini merupakan eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3 danpopulasinya adalah seluruh siswa kelas 8 di SMPN Sukoharjo.Pengumpulan data digunakan instrumen tes prestasi belajar matematika dan angket kecerdasan matematis logis. Teknik analisis data menggunakan uji ANAVA dua jalan dengan sel tak sama. Hasil penelitian ini adalah (1)Siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS. (2)Siswa yang memiliki kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah (3)Pada setiap model pembelajaran, siswa dengan kecerdasan matematis logis tinggi memperoleh prestasi belajar lebih baik dibanding siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang dan rendah, siswa dengan kecerdasan matematis logis sedang memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa dengan kecerdasan matematis logis rendah(4)Pada setiap tingkat kecerdasan matematis logis, siswa yang dikenai model TSI-PS memperoleh prestasi belajar lebih baik daripada siswa yang dikenai model Klasikal-PS.
Pengaruh Media Flip Book Plus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Mejobo Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2018/2019 hono, Sri
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4459

Abstract

Penggunaan teknologi informasi pada dunia pendidikan menjadi keharusan sebagai respon positif terhadap perkembangan jaman. Beberapa iklan masyarakat menunjukkan betapa smartphone dan penggunanya kedekatanya melebihi kedekatan orang tua dan anak. Hal yang sama berdasarkan pengamatan penulis terjadi di sekolah. Siswa lebih asik berinteraksi dengan telepon pintarnya daripada berinteraksi dengan guru. Buku menjadi barang yang menyebabkan alergi dan perlahan dijauhi siswa. Oleh karenanya penggunaan smartphone dalam pembelajaran tidak hanya sebatas respon perkembangan jaman. Penggunaan smartphone adalah jalan alternatif pada jaman yang serba canggih seperti saat ini. Berdasarkan permasalahan-permasalahan di atas maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian pemanfaatan flip book plus sebagai media dan sumber belajar matematika. Kemudian penelitian ini penulis beri judul “Pengaruh Media Flip Book Plus Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas X-IIS SMAN 1 Mejobo Materi Trigonometri Tahun Pelajaran 2018/2019” Dari data hasil penelitian dapat dihitung t-hitung dan kemudian membandingkanya dengan t-tabel. Diperoleh t- hitung = 1,320961. Sementara t-tabel untuk kelompok 34 siswa adalah t-tabel = 1,30695. Didapat t-hitung > t-tabel yang artinya hasil belajar kelompok eksperimen lebih tinggi dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dan pengamatan peneliti diperoleh kesimpulan sebagai berikut: Flip book plus dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi trigonometri siswa kelas X-IIS di SMAN 1 Mejobo; Siswa terlihat antusias membaca materi dan quiz melaluihandphone.
BERPIKIR REFLEKTIF DALAM PEMECAHAN MASALAH PECAHAN DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL TINGGI DAN GENDER Tri Wahyuni, Fina
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4455

Abstract

Penelitian bertujuan mendeskripsikan karakteristik berpikir reflektif siswa SMP laki-laki dan perempuan berkemampuan awal tinggi dalam pemecahan masalah pecahan. Jenis penelitian merupakan penelitian kualitatif. Pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling dan snowball sampling. Subjek dalam penelitian sebanyak tiga subjek, yaitu satu siswa laki-laki dan dua siswa perempuan berkemampuan awal tinggi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara berbasais tugas. Validitas data menggunakan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Siswa laki-laki berkemampuan awal tinggi: (a) tahap merencanakan penyelesaian, mengidentifikasi konsep pada masalah, menjelaskan apa yang telah dilakukan; (b) tahap melaksanakan rencana penyelesaian, menyadari kesalahan dan memperbaikinya, memeriksa kebenaran suatu argumen, menggunakan pengetahuan dari dalam diri, mengaitkan informasi yang telah diketahui, mengkomunikasikan ide dengan simbol bukan dengan gambar atau objek langsung; (c) tahap memeriksa kembali, menarik kesimpulan kekonteks masalah, menjelaskan apa yang telah dilakukan. (2) Siswa perempuan berkemampuan awal tinggi: (a) tahap memahami masalah, menyebutkan informasi pada masalah, menjelaskan apa yang telah dilakukan; (b) tahap merencanakan penyelesaian, mengidentifikasi konsep pada masalah, menjelaskan apa yang telah dilakukan; (c) tahap melaksanakan rencana penyelesaian, menyadari kesalahan dan memperbaikinya, memeriksa kebenaran suatu argumen.
PENGARUH PEMBELAJARAN 5 HARI SEKOLAH TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BAE KUDUS hardjo, Sugi
Jurnal Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2018)
Publisher : IAIN Kudus

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21043/jpm.v1i1.4460

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik dan (2) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian dilaksanakan pada semsester ganjil tahun pelajaran 2018/2019, dengan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik SMA Negeri 1 Bae Kudus, dengan cacah sampel 137 peserta didik. Analisis data menggunakan uji t–test beda rerata untuk data berpasangan, dengan taraf signifikansi α = 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) terdapat pengaruh pembelajaran 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika peserta didik, hal ini ditunjukkan dengan nilai thit = –17,429 dan DK = {t| t < –1,656 atau t > 1,656 }, ternyata thit ∈ DK sehingga H0 ditolak. (2) Hasil perhitungan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,111 artinya besarnya pengaruh 5 hari sekolah terhadap prestasi belajar matematika sebesar 11,1%, dan diperoleh koefisien korelasi (r) sebesar 0,334 dengan interpretasi korelasinya berkategori lemah, artinya pembelajaran 5 hari sekolah bukan satu – satunya faktor yang menentukan prestasi belajar matematika peserta didik melainkan adanya faktor – faktor lain yang tidak ada di dalam penelitian ini.

Page 1 of 4 | Total Record : 40