cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
RAUDHAH
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Core Subject : Education,
Arjuna Subject : -
Articles 86 Documents
PENERAPAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK DALAM MENGENAL BENTUK GEOMETRI DI TKN PEMBINA LAWE ALAS Rahmi, Putri; Mawaddah, Mawaddah; Fajriah, Heliati; Maisarah, Maisarah
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.588

Abstract

Kreativitas anak belum sepenuhnya berkembang. Hal ini dapat dilihat pada saat proses kegiatan banyak anak yang masih mencontoh dan tidak mau mencoba membuat bentuk lain dari contoh yang telah diberikan oleh gurunya, Untuk mengetahui kreativitas anak melalui penggunaan alat permainan edukatif tangram untuk meningkatkan kreativitas pada anak usia 5-6 tahun di TKN Pembina Lawe Alas Aceh Tenggara, Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, subjek penelitian adalah anak usia 5-6 tahun berjumlah 16 anak yang terdiri dari 7 perempuan dan 9 laki-laki. Hasil penelitian menemukan pada tindakan prasiklus 7 anak belum berkembang, 3 anak mulai berkembang, belum ada anak yang berkembang sangat baik. Pada  tindakan siklus I anak yang mulai berkembang sebanyak 3 orang, 4 orang berkembang sesuai harapan, dan 3 orang berkembang sangat baik. Pada tindakan siklus II mengalami perkembangan yang sangat baik dari tindakan sebelumnya. Sebanyak 3 anak berkembang sesuai harapan, dan 7 anak berkembang sangat baik.
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA AL-BARKAH CINTA RAKYAT Hasibuan, Humaidah Br; Ramadhani, Wahyu Riski; Lubis, Zulfahmi
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.583

Abstract

Perkembangan sosial sangatlah penting karena mempengaruhi kehidupannya di masa datang. Perkembangan sosial berarti perolehan kemampuan berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Namun kenyataan yang ditemukan di RA Al-Barkah Cinta Rakyat bahwa rata-rata perkembangan sosial anak usia 5-6 tahun masih tergolong rendah. Oleh karena itu, pada penelitian ini diterapkan pembelajaran tematik dan diukur pengaruhnya terhadap perkembangan sosial anak. Penelitian ini menggunakan desain quasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 orang anak usia 5-6 tahun. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh pembelajaran tematik terhadap perkembangan sosial; (2) ada pengaruh metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial; dan (3) ada perbedaan pengaruh pembelajaran tematik dengan metode pemberian tugas terhadap perkembangan sosial. Hasil penelitian ini juga merekomendasikan agar guru menerapkan pembelajaran tematik daripada pemberian tugas.
PEMEROLEHAN KELAS KATA NOMINA DAN VERBA PADA ANAK USIA 3 TAHUN DI PAUD AZ ZAHRA JAMBI Izar, Julisah; Harianto, Neldi; Cintya, Bella; Anggelina, Fariza; Teresia, Meisinta Ayu
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.587

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan kelas kata nomina dan verba, kemudian untuk mengetahui kelas kata apa yang paling dominan, serta faktor yang mempengaruhi pemerolehan kelas kata Nomina dan Verba pada anak usia tiga tahun di PAUD Az Zahra Jambi. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yaitu mendeskripsikan kelas kata nomina dan verba pada anak usia 3 tahuan di PAUD Az Zahra. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan simak libat cakap (SLC) yang dilakukan secara langsung, kemudian data dianalisis dengan cara menyeleksi data yang didapat sesuai data yang dibutuhkan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak A2 lebih banyak menguasai kelas kata nomina dibandingkan anak A1 sedangkan untuk kelas kata verba kedua anak sebanding dalam menguasainya. Kelas kata yang paliang dominan yang diperoleh oleh kedua anak tersebut adalah kelas kata nomina dan faktor yang mempengaruhinya adalah faktor interaksi.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DWI UTAMA DELI SERDANG Mesiono, Mesiono; Vanni, Susi Octi; Zairina, Nun
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.586

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 15 orang anak, penarikan sampel menggunakan teknik Random Sampling dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu: uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh audio visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama, hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberiperlakuan yaitu 12,86 menjadi 27,62 dengan thitung>ttabel, yaitu 2,1167>1,7530 (2) Tidak ada pengaruh media visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama, terlihat dari rata-rata 9,87 menjadi 11,06 dengan thitung<ttabel, yaitu 1,1814<1,7458, (3) Ada perbedaan pengaruh media audio visual dengan media visual terhadap perkembangan kognitif anak di TK Dwi Utama terlihat dari uji hipotesis postes kedua kelas yaitu thitung>ttabel yaitu 4,1793>1,69913.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA IQRO ANAK USIA 5-6 TAHUN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF HIJAIYAH DI TK A MASJID NURUL MUSLIMIN Sapri, Sapri; Tanjung, Nella Resti Rustina; Arlina, Arlina
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.591

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui kemampuan membaca Iqro sebelum menggunakan media kartu huruf hijaiyah, (2) penerapan media kartu huruf hijaiyah dalam meningkatkan kemampuan membaca Iqro (3) kemampuan meembaca Iqro anak usia 5-6 tahun sesudah menggunakan media kartu huruf hijaiyah, jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan melalui empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan pengamatan, dan refleksi. Adapun yang terjadi subjek penelitian ini adalah kelompok B TK A Masjid Nurul Muslimin yang berjumlah 12 orang anak. Hasil penelitian dan penilaian pada PTK ini bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca Iqro melalui media kartu huruf hijaiyah yang telah dirancang di kelompok B di TK A Mesjd Nurul Muslimin yaitu: sebelum diadakan tindakan atau pada pra siklus kemampuan membaca Iqro dengan media kartu huruf hijaiyah belum berkembang sebesar 75% mulai berkembang 25%. Pada siklus I dinyataka mulai berkembang sebesar 75% berkembang sesuai harapan sebesar 25%. Pada siklus II meningkat kemampuan membaca dinyatakan berkembang sesuai harapan sebesar 33,3% berkembang sangat baik sebesar 66,7%.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PELAKSANAAN PRAKTIK SHALAT MELALUI MEDIA AUDIO VISUAL PADA ANAK KELOMPOK B DI RA AL-FAZHIRA KECAMATAN PERCUT SEI TUAN Khadijah, Khadijah; Nurhalizah, Rizki; rohani, Rohani
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.581

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B sebelum menggunakan media audio visual di RA Al-Fazhira (2) Untuk mengetahui pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B dengan menggunakan media audio visual di RA Al-Fazhira (3) Untuk mengetahui apakah media audio visual dapat meningkatkan kemampuan pelaksanaan praktik shalat anak kelompok B di RA Al-Fazhira. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Fazhira Kecamatan Percut Sei Tuan. Penelitian ini adalah penelitian tindakan dengan metode Kemmis dan Taggart yaitu (Rencana, Tindakan, Observasi, dan Refleksi). Penelitian ini terdiri dari 2 siklus masing-masing siklus 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh selama prasiklus, siklus I, dan siklus II yaitu: 1) Pada saat prasiklus jumlah nilai rata-rata 26,58. 2) pelaksanaan praktik shalat anak dengan mengunakan media audio visual di RA Al-Fazhira kecamatan percut sei tuan untuk meningkatkan kemampuan pelaksanaan praktik shalat. Hal ini diketahui melalui pelaksanaan siklus I dan siklus II, 3) Terjadi peningkatan setelah menggunakan media audio visual dengan nilai rata-rata 67,89 meningkat menjadi nilai rata-rata 96,13. Hal tersebut menunjukkan bahwa dari penelitian siklus I dan siklus II telah mencapai peningkatan keberhasilan klasikal. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa Media Audio Visual dapat Meningkatkan Kemampuan Pelaksanaan Praktik Shalat Anak Usia 5-6 Tahun Kelompok B RA Al-Fazhira kec. Percut Sei Tuan.
KONSEP HADITS TENTANG PARENTING TERHADAP KEPRIBADIAN ANAK DI TK AWLIYA CIREBON Faziyah, Muidatul
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.590

Abstract

Parenting pada dasarnya adalah pola asuh pendidikan sejak anak lahir hingga sang anak memenuhi kriteria untuk disebut sebagai pribadi yang dewasa. Dengan adanya kegiatan parenting ini orang tua akan lebih sadar terhadap perkembangan anaknya, kegiatan parenting  biasa dilakukan setiap 1 bulan sekali di TK Awliya Kota Cirebon. Kegiatan parenting ini bertujuan untuk untuk mempererat tali kekeluargaan antara guru dengan orang tua murid, adapun tujuan khususnya adalah  untuk mengetahui perkembangan kepribadian anak baik ketika di sekolah dan bagaimana ketika anak mengikuti setiap kegiatan di sekolah. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus yang merupakan penelitian yang mendalam baik tentang individu, kelompok maupun organisasi yang dilakukan dalam waktu tertentu. Studi kasus menghasilkan data untuk selanjutnya dianalisis untuk mengasikan teori. Sebagaimana prosedur pemorelahan data penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi dan arsif lainnya dan pengujian persyarat analisa menggunakan  Uji normalitas dan uji homogentitas tujuannya untuk mengetahui data yang memenuhi sifat homogen atau tidak dengan bantuan Statistical Package for the Social Science (SPSS) for windows versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap dan perilaku orang tua dalam berinteraksi dengan anak dapat mempengaruhi kepribadian anak. Terbukti dengan adanya konsep hadits tentang parenting terhadap kepribadian anak, kepribadian anak di TK Awliya menjadi lebih baik dan mampu menjadi penerus bangsa yang memiliki akhlakul kharimah
PENINGKATAN KARAKTER KONSERVASI MELALUI SAINS PERMULAAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK NURUL HIDAYAH DESA SEI ROTAN Budianti, Yusnaili; Halomoan, Surya; Wahyuni, Sri
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.585

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan karakter konservasi melalui sains permulaan berbasis pendekatan saintifik anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui 2 siklus yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Sedangkan untuk mengetahui kemampuan, penulis menggunakan lembar observasi untuk melihat tingkat keberhasilannya. Peningkatan karakter konservasi anak usia 5-6 tahun pada siklus 1 diperoleh indikator pertama 13 dari 20 anak mendapat nilai BSH, pada indikator kedua hanya 5 dari 20 anak mendapat nilai BSH dan sisanya mendapat nilai MB. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter konservasi anak usia 5-6 tahun pada siklus I ke siklus II memperoleh peningkatan, inilah yang menunjukkan bahwa karakter konservasi anak meningkat setelah menggunakan pembelajaran sains permulaan dengan pendekatan sainstifik di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan. Dengan demikian hipotesis tindakan terbukti bahwa pembelajaran sains permulaan dengan pendekatan saintifik mampu meningkatkan karakter konservasi anak usia 5-6 tahun di TK Nurul Hidayah Desa Sei Rotan.
PENILAIAN AUTENTIK PADA PEMBELAJARAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI DI ANNUR I SLEMAN YOGYAKARTA Adinda, Winda Nuri; Wahyuni, Sri; S, Khotimatul Majidah
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.589

Abstract

Pembelajaran kreativitas sangat penting dinilai menggunakan penilaian autentik. Melalui penilaian autentik pengalaman anak dalam konteks dunia nyata dapat direalisasikan dalam pembelajaran kreativitas. Penilaian autentik dapat berarti dan sekaligus menjamin objektivitas, nyata, benar-benar hasil tampilan peserta didik, akurat, dan bermakna. Jadi dengan menggunakan model peneilaian autentik dalam kerja pengukuran hasil pembelajaran kreativitas, hal itu sekaligus menjamin keadaan dan informasi yang sebenarnya tentang anak. Skor atau nilai yang diperoleh seorang anak sekaligus menunjukkan kompetensi yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan di TK An-Nur I yang beralamat di Jl. Solo Km.9 Kembang, Maguwoharjo, Sleman, DIY. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian kualitatis deskriptif. Penulis dapat mengetahui realita dan fakta yang sebenarnya mengenai pelaksanaan penilaian autentik di TK An-Nur I. Dari objek-objek yang ditemukan dilapangan baik itu berupa karya, prestasi, metode pembelajaran, dan penilaian menggunakan penilaian autentik dalam pembelajaran kreativitas bahwa guru banyak melakukan penilaian berdasarkan hasil karya anak.
PENGARUH MEDIA TEBAK GAMBAR TERHADAP KECERDASAN VISUAL SPASIAL DI RA AL MUSTHAFAWIYAH KECAMATAN MEDAN TEMBUNG Budianti, Yusnaili; Rangkuti, Ikha Putri; Nasution, Fauziah
JURNAL RAUDHAH Vol 8, No 1 (2020): Raudhah
Publisher : UIN Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30829/raudhah.v8i1.584

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh tebak gambar terhadap kecerdasan visual spasial di kelas eksperimen di RA Al-Musthafawiyah, (2) mengetahui pengaruh kecerdasan visual spasial yang tidak menggunakan media tebak gambar di RA Al-Musthafawiyah, dan (3)mengetahui perbedaan pengaruh media tebak gambar dengan LKA terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al-Musthafawiyah. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik Non Participant Observasion.. Instrumen pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan teknik analisis data menggunakan uji statistik, yaitu uji normalitas,uji homogenitas serta uji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Ada pengaruh media tebak gambar terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al-Musthafawiyah hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 2,42 menjadi 7 dengan thitung > ttabel, yaitu 10,043 > 2,030 (2) Terdapat pengaruh kecerdasan visual spasial yang tidak menggunakan media tebak gambar di RA Al Musthafawiyah hal ini terlihat dari nilai rata-rata sebelum dan sesudah diberi perlakuan yaitu 1,94 menjadi 5,05 dengan thitung <ttabel, yaitu 7,19 <2,030 (3) Ada perbedaan pengaruh media tebak gambar dengan lembar kerja anak terhadap kecerdasan visual spasial anak di RA Al Musthafawiyah, terlihat dari uji hipotesis post-test kedua kelas yaitu thitung > ttabel yaitu = 5 < 2,030.