cover
Contact Name
Syamsul Arif Billah
Contact Email
syamsularifbillah@unma.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
syamsularifbillah@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. majalengka,
Jawa barat
INDONESIA
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan)
Published by Universitas Majalengka
ISSN : 26203111     EISSN : 26853957     DOI : -
Jurnal ini berisikan tentang Ilmu Komunikasi, Media, Periklanan, Komunikasi Pemasaran, Komunikasi Politik, Komunikasi Bisnis, Komunikasi Visual, Komunikasi Dakwah, Psikologi Komunikasi, Public Relation, Jurnalistik dan lain-lain.
Arjuna Subject : -
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 3, No 1 (2020)" : 7 Documents clear
PEMAKNAAN SENSUALITAS DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS SEMIOTIKA PADA AKUN ANYA GERALDINE) Sunardi, Sunardi; Fauzi, Eka Perwitasari
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kehadiran internet telah membuka ruang baru, yaitu sebuah ?ruang imajiner? yang di dalamnya setiap orang dapat melakukan apa saja yang bisa dilakukan dalam kehidupan sosial sehari-hari dengan cara yang baru. Permasalahan yang timbul pada penggunaan media sosial antara lain berupa peleburan ruang privat dengan ruang publik para penggunanya. Hal ini mengakibatkan pergeseran budaya berupa pengguna tak lagi segan mengupload segala kegiatan pribadinya untuk disampaikan kepada teman atau kolega melalui akun media sosial dalam membentuk identitas diri mereka. Salah satunya untuk mengeksporasi sensualitas pengguna. Penelitian ini menggunakan semiotika model Ferdinand de Saussure untuk menjelaskan isi makna nonverbal. Penelitian ini berfokus pada pengguna media sosial yang mengeksplorasi sensualitas didalam postingan gambar yang sering disampaikan melalui Instagram.Kata Kunci: social media, instagram, sensualitas, semiotika, pemaknaan
PENGARUH #UNINSTALLKHAWATIR TERHADAP BRAND IMAGE OJEK ONLINE DI JAKARTA BARAT Cahyadi, Witania; Rizki, Menati Fajar
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

PT. GOJEK Indonesia menginisiasi tagar #UninstallKhawatir pada awal tahun 2019. Berawal dari keinginan Gojek untuk membuat penggunanya merasa aman dan nyaman saat menggunakan layanannya di ruang publik, Gojek meluncurkan tagar dan tombol darurat ini pada Maret 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah menggali citra yang terbentuk dari fitur #UninstallKhawatir GOJEK tersebut. Peneliti menggunakan konsep Brand Image PT. GOJEK Indonesia. Variabel dalam penelitian ini adalah proses pembentukan brand image yang memiliki enam dimensi yaitu, persepsi, kognisi, motivasi, sikap, tombol darurat, dan bagikan perjalanan. Teori yang digunakan adalah teori proses pembentukan brand image menurut Elvinaro Ardianto dan Soleh Soemirat. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Penulis mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner dengan skala interval. Populasi dari penelitian ini adalah pengguna Gojek di Jakarta Barat dan sampel sebanyak 60 orang wanita usia 16-45 tahun yang berdomisili di tiga kelurahan yaitu, Glodok, Pinangsia dan Tomang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah non probabilits sampel purposive dan tendensi sentral yang digunakan adalah mean. Berdasarkan hasil nilai mean per dimensi pada penelitian ini yaitu untuk nilai mean dimensi persepsi yaitu sebesar 3,74, nilai mean dimensi kognisi sebesar 3,96, nilai mean dimensi motivasi sebesar 4,09, dan nilai mean dimensi sikap yaitu 3,63. Ini menunjukkan bahwa proses pembentukan brand image melalui #UninstallKhawatir ini bernilai positif, karena nilai mean berada pada angka 3,0 sampai 5,0 maka dinyatakan nilai variabel positif. Sedangkan berdasarkan hasil hipotesis di atas yaitu Ha diterima yang berarti ada pengaruh secara signifikan antara fitur #UninstallKhawatir terhadap Brand Image Ojek Online.Kata Kunci: Brand Image; Gojek; #UninstallKhawatir
PERILAKU KONSUMSI BUDAYA DAN KONSUMSI MEDIA KPOP DI KALANGAN REMAJA PEREMPUAN KOTA MALANG Kusumastuti, Frida; DS, Vina Salviana
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gaya hidup (life style) remaja Indonesia banyak dipengaruhi oleh budaya Korea, baik dalam fashion dan musik, termasuk remaja di kota Malang. Beberapa fenomena menunjukkan bahwa kota Malang pun tidak luput dari arus budaya Korea. Perilaku fanatik remaja timbul sebagai akibat dari adanya proses interaksi dengan budaya populer Korea. Komunikasi budaya terjadi antara penggemar dengan budaya populer Korea menjadikan kelompok penggemar mengembangkan pola perilaku tertentu sebagai wujud kecintaan mereka terhadap budaya poluler K-Pop. Penelitian ini ingin mengungkap seperti apa gambaran perilaku konsumsi media dan perilaku konsumsi budaya Korea di kalangan remaja perempuan Kota Malang. Metode penelitian menggunakan metode penelitian lapangan (field eserch) dan lebih ditekankan pada pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan beberapa media Kpop yang subjek konsumsi untuk mendapatkan referensi dan mengikuti kehidupan para bintang dan grup Kpop. . Ketertarikan akan K-Pop awalnya adalah ketertarikan pada gaya gerakan Anggota boyband dan girlband yang lebih dari empat orang membius rasa kebersamaan (kelompok) yang kuat. Hal ini membuat para subjek juga merasa nyaman jika mereka berkelompok dalam suatu wadah ?fans club?. Bagi subjek, keberadaan fans club merupakan keluarga kedua yang memberikan rasa ?at home?, diterima, dan diperhatikan. K-Pop adalah identitas para subjek dalam berbagi koleksi, berbagi pengalaman, berbagi ekspresi, dan berbagi hubungan sebagai sebuah keluarga.Kata kunci: budaya K-Pop, perilaku konsumsi budaya, perilaku konsumsi media
PERSONAL BRANDING ANDREA GUNAWAN SEBAGAI LIFESTYLE INFLUENCER DI INSTAGRAM Furqon, Fadila Fitri; Romli, Rosnandar; Prastowo, Ari Agung
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini berjudul ?Personal branding Andrea Gunawan sebagai Life influencer di Instagram?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan personal branding Andrea Gunawan sebagai seorang Life influencer di Instagram melalui bagaimana kompetensi, standar, dan gaya yang bersangkutan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, studi pustaka, dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kompetensi yang dimiliki Andrea dalam personal branding-nya adalah Andrea merupakan seorang sexual health activist, independent image consultant dan date coach yang memiliki ketrampilan dalam berkomunikasi, fotografi, dan juga desain. Tujuan Andrea dalam menggunakan Instagram adalah untuk memberikan pengetahuan dan juga referensi bagi para followers nya. Standar yang diterapkan Andrea dalam personal branding-nya terbagi menjadi 2 (dua) bagian yaitu standar teknis dan praktis. Gaya yang dimiliki Andrea dalam personal branding-nya dapat dikategorikan menjadi 2 (dua) bagian, yakni dalam penampilan dan kepribadian. Sedangkan yang menjadi pembeda Andrea Saran penulis dalam penelitian ini adalah Andrea perlu menambah pengetahuan dan juga ketrampilan untuk menunjang kompetensi nya sebagai seorang influencer, Standar yang ia terapkan juga harus mencakup penjadwalan untuk mengunggah postingan di Instagramnya. Peneliti kemudian menyarankan agar Andrea dalam mengatur tampilan konten di Instagramya dan memiliki jadwal khusus untuk mengunggah konten. Selain keunikan yang ditunjukkan dalam tampilan dirinya, Andrea juga perlu memberikan keunikan dalam berinteraksi dengan para followers nya, dan mempertahankan ciri khas nya sebagai seorang influencer.Kata Kunci : Personal branding, Instagram, Influencer.
BUDAYA KOMUNITAS MOTOR (STUDI ETNOGRAFI PADA DEPOK TIGER CLUB) Maula, Nova Nafisatul; Nugroho, Catur
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komunitas otomotif seperti komunitas motor di Indonesia sekarang ini sudah banyak, namun terkadang komunitas motor memiliki identitas budaya buruk dari masyarakat. Sebenarnya jika budaya tersebut dibentuk dengan interaksi, norma dan aturan yang baik akan menciptakan identitas yang positif dimata masyarakat, seperti komunitas motor Depok Tiger Club atau DeTiC. Depok Tiger Club ini sekumpulan orang yang memiliki hobi dalam berkendara roda dua yang kebetulan pada Honda Tiger, berdiri sejak tahun 2004, mereka merupakan salah satu komunitas motor yang dikenal dengan safety riding dan jauh dari alkohol dan narkoba. Identitas baik yang dimiliki Depok Tiger Club ini pasti tidak terlepas dari peranan budaya yang mereka miliki, karena melalui budaya tersebutlah suatu kelompok dapat membedakan dirinya dengan masyarakat umum. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui budaya: interaksi sosial, norma-norma sosial dan ritual yang ada pada Depok Tiger Club. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Etnografi. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara langsung dan observasi dengan enam orang pengurus dan anggota Depok Tiger Club dan satu orang dari masyarakat umum. Hasil dari penelitian ini adalah Depok Tiger Club memiliki budaya yang mengandung simbol-simbol khas dalam interaksi sosial, norma-norma sosial dan ritual. Dalam interaksi sosial terdapat simbol bahasa dan atribut yang sangat mereka patuhi, seperti seragam dan stiker, norma-norma sosial yang ada pada Depok Tiger Club direpresentasikan melalui Anggaran Dasar, Rumah Tangga dan Peraturan Organisasi yang harus dipatuhi bersama, kemudian dalam ritual terdapat beberapa kegiatan yang selalu dilakukan rutin.Kata kunci: Budaya, Kelompok, Interaksi Sosial, Norma Sosial, Ritual Kebudayaan
STRATEGI GERILYA SUNYI SEBAGAI POLITICAL MARKETING: STUDI KASUS PARTAI GARUDA Suhardi, Putri Salma; Sjoraida, Diah Fatma; Novianti, Evi
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Gerilya sunyi digunakan sebagai strategi pemasaran politik oleh Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda) sejak dideklarasikannya partai ini. Gerilya sunyi merupakan gerakan yang senyap dengan tidak mengutamakan pentingnya penggunaan media cetak, spanduk, poster, dan media elektronik dalam melakukan pemasaran kepada masyarakat. Gerilya sunyi dilakukan oleh kader partai dengan mengunjungi orang yang dikenal, pendekatan ke komunitas-komunitas anak muda, serta himpunan mahasiswa. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana strategi pemasaran politik melalui gerilya sunyi yang dilakukan Partai Garuda sebagai partai politik baru di Indonesia, alasan mengapa strategi ini dilakukan, dan hambatan dalam menjalankan strategi ini. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pemasaran politik Partai Garuda melalui gerilya sunyi dipilih agar dapat membuktikan kepada masyarakat bahwa berpolitik harus apa adanya, tidak jemawa, dapat dilakukan dengan finansial yang terbatas, dan tanpa adanya tokoh tertentu. Pengurus partai melakukan gerilya sunyi dengan langsung mengunjungi masyarakat dan komunitas dengan pendekatan secara tatap muka dan membangun hubungan jangka panjang. Terbatasnya finansial, sumber daya yang dimiliki, pandangan buruk masyarakat mengenai politik, politik uang, dan menurunnya motivasi anggota partai menjadi hambatan dalam pemasaran politik. Perlu dilakukan riset perbandingan strategi pemasaran politik yang dilakukan oleh partai politik lain, tidak mengabaikan popularitas partai, dan tidak mengesampingkan penggunaan media-media yang ada sehingga dapat menjangkau masyarakat secara lebih luas.Kata Kunci: Partai Garuda; pemasaran politik; gerilya sunyi
REPRESENTASI LAKI-LAKI IDEAL DALAM FILM SABTU BERSAMA BAPAK (ANALISIS SEMIOTIKA ROLAND BARTHES PADA TOKOH BAPAK, CAKRA DAN SATYA) Cartinah, Cartinah; Ri?aeni, Ida; Kamaludin, Muhammad
JIKA (Jurnal Ilmu Komunikasi Andalan) Vol 3, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Majalengka

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merepresentasikan atau menggambarkan laki-laki ideal yang tercermin oleh tiga tokoh laki-laki dalam film sabtu bersama bapak, yaitu bapak, Cakra, dan Satya. Film ini diadaptasi dari novel karya Adhitya Mulya oleh sutradara Monty Tiwa menjadi sebuah film keluarga. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah softfile film sabtu bersama bapak. Fokus penelitian berupa representasi laki-laki ideal yang tercermin dari tokoh bapak, Cakra, dan Satya dalam film sabtu bersama bapak. Data diperoleh dari teknik observasi, teknik membaca dan menulis. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan mengumpulkan data, menganalisis objek film melalui tanda audio dan visual, serta melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini berupa pendeskripsian representasi laki-laki ideal yang tercermin dari tokoh bapak, Cakra, dan Satya dengan tiga tahapan semiologi Roland Barthes yaitu tahap denotasi, tahap konotasi, dan mitos.

Page 1 of 1 | Total Record : 7