cover
Contact Name
Fransiskus Panca Juniawan
Contact Email
Fransiskus Panca Juniawan
Phone
-
Journal Mail Official
fransiskus.pj@atmaluhur.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota pangkal pinang,
Kepulauan bangka belitung
INDONESIA
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer)
ISSN : 23017988     EISSN : 25810588     DOI : -
Jurnal Sisfokom merupakan singkatan dari Jurnal Sistem Informasi dan Komputer. Jurnal ini merupakan kolaborasi antara sivitas akademika STMIK Atma Luhur dengan perguruan tinggi maupun universitas di Indonesia. Jurnal ini berisi artikel ilmiah dari peneliti, akademisi, serta para pemerhati TI. Jurnal Sisfokom diterbitkan 2 kali dalam setahun yaitu pada bulan Maret dan September. Jurnal ini menyajikan makalah dalam bidang ilmu sistem informasi dan komputer.
Arjuna Subject : -
Articles 161 Documents
Aplikasi Sistem Pakar Untuk Mendeteksi Kerusakan Pada Mobil di Bengkel Citra Motor dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 Haryanto, Susanto
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 3, No 2 (2014): September
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v3i2.121

Abstract

Berkembangnya teknologi dizaman ini serta pengembangan dalam pendeteksian suatu kerusakan pada mobil dari sebuah gejala-gejala yang timbul merupakan penyebab dari kerusakan mobil yaitu dengan adanya aplikasi sistem pakar, dimana dalam aplikasi ini menjelaskan dari beberapa macam-macam kerusakan, mulai dari ciri-ciri gejala kerusakan, jenis-jenis kerusakan dan solusi dari kerusakan yang terjadi pada mobil. Kebanyakan pemilik mobil masih belum begitu mengerti dari kerusakan-kerusakan yang sering terjadi pada komponen mobil mereka. Dengan sistem ini, penulis mencoba untuk merancang suatu sistem pakar yang dapat membantu pemilik mobil dalam mengatasi permasalahan yang sering timbul pada kerusakan mobil agar pemilik mobil dapat mengetahui apa saja yang perlu diperbaiki, melakukan pengecekan pada saat keadaan darurat, dan yang sering bermasalah pada mobil. Dalam merancang program ini dapat menjelaskan bahwa suatu sistem yang berjalan dengan adanya rancangan algoritma dan basis pengetahuan diantaranya tabel pakar, rule-rule pakar serta dengan pohon keputusan yang mengambarkan suatu program sehingga dengan ini maka program dapat diketahui apa saja yang menjadi kekurangan dan spesifikasi yang dibutuhkan dalam sistem ini. Untuk melengkapi dalam pengujian sistem ini, maka adanya pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner untuk mengetahui tingkat kelayakan dan kematangan dari sistem ini sesuai dengan apa yang diharapkan, kemudian dilanjutkan dengan menganalisis proses-proses tersebut. Dengan dirancangnya aplikasi ini, berdasarkan hasil analisa dan pembahasan sistem pada perancangan sistem pakar untuk mendeteksi kerusakan pada mobil yang dilakukan, maka dengan ini dapat menarik beberapa kesimpulan dan saran untuk pengembangan suatu aplikasi sistem pakar ini.
Desain Lapisan Tipis Optik Menggunakan Metode Algoritma Evolusi Darmawan, Wahyu
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 4, No 1 (2015): Maret
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v4i1.130

Abstract

Metode the Family Competition Evolutionary Algortihms (FCEA) untuk membuat desain sistem lapisan tipis telah dipelajari. FCEA menggabungkan dua jenis rekombinasi dan tiga jenis mutasi. Modified discrete recombination dan intermediate recombination untuk rekombinasinya dan decreasing base gaussian mutation, self adaptive gaussianmutation, self adaptif cauhcy muatation untuk proses mutasinya. Hasil numerik memperlihatkan bahwa FCEA dapat menghasilkan parameter awal berupa ketebalan d, dengan jumlah lapisan dan indeks bias material lapisan tipis yang sudah ditentukan. Fungsi Merit (FM) menyatakan hasil keakurasian relatif kecil, sekitar 1.5 sampai dengan 0.56. Pendekatan FCEA sangat fleksibel dan dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam aplikasi.
Desain Aplikasi Pengelolaan Laboratorium Komputer Yanuarti, Elly
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 6, No 1 (2017): Maret
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v6i1.181

Abstract

Laboratorium komputer merupakan unit pelaksana teknis yang digunakan oleh mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan praktikum yang bertujuan untuk menunjang pelaksanaan proses belajar mengajar agar dapat menerapkan teori dan konsep yang didapatkan diperkuliahan. Agar kegiatan praktikum dapat berjalan dengan lancar maka laboratorium komputer harus dikelola dengan baik seperti dalam pencatatan administrasi, pendataan inventaris, perawatan komputer serta pelaporan. Untuk mendukung kegiatan tersebut maka diperlukan sebuah aplikasi yang dapat mempermudah dalam pengolahan data dan pembuatan laporan. Rancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sistem berorientasi objek dengan pemodelan UML. Penelitian ini menghasilkan sebuah aplikasi pengelolaan laboratorium komputer yang dapat mempermudah dalam melakukan pendataan serta dapat menghasilkan keluaran lebih mudah dan akurat.
Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Pengarsipan Berkas Pertanggungjawaban Anggaran APBD pada Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Setiawan, Fico; Yanuarti, Elly
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 5, No 1 (2016): Maret
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v5i1.192

Abstract

Sistem pengelolaan arsip memegang peranan penting bagi jalannya suatu organisasi yang dapat bermanfaat sebagai sumber informasi yang dapat dijadikan bahan penilaian dan pengambilan keputusan untuk penyusunan program pengembangan organisasi. Pengarsipan berkas pertanggungjawaban anggaran belanja derah yang dilakukan di Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung belum begitu baik dimana sering terjadi kehilangan berkas dan tidak pernah dilakukan backup data sehingga berkas harus dibuat ulang. Untuk itu dirasakan perlu adanya sebuah sistem informasi yang dapat membantu mengatasi permasalahan yang ada. Analisa dan perancangan sistem dalam penelitian ini menggunakan metode berorientasi objek dengan pemodelan UML dan menggunakan tools Rational Rose. Penelitian ini menghasilkan desain sistem informasi pengarsipan yang mampu menghasilkan informasi yang cepat dan akurat bagi pengambilan keputusan.
PEMODELAN KNOWLEDGE MANAGEMENT BERBASIS WEB DAN PEMBENTUKAN KOMUNITAS PRAKTISI BIDANG PROJECT MANAGEMENT Umama, Umama
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 2, No 1 (2013): Maret 2013
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v2i1.20

Abstract

Penyelenggaraan project management di Indonesia berlandaskan pada dua metode, yaitu dengan menggunakan pedoman standarisasi Internasional dan menggunakan referensi best practise yang didapat dari pengalaman para Praktisinya. Untuk memfasilitasi kegiatan tersebut, diperlukan sebuah media penampungan, penyajian dan berbagi pengetahuan berupa Knowledge Management serta pembentukan komunitas yang keanggotaannya relatif lebih mudah dan murah. Penelitian  ini akan membuat sebuah Pemodelan Knowledge Management System berbasis web dan Pembentukan Komunitas Praktisi bidang Project Management, yang meliputi tiga tahapan utama siklus pengembangan knowledge management yaitu knowledge capturing, knowledge sharing and dissemination dan knowledge acquisition and application.
Rancang Bangun Buka Tutup Pintu Pagar Rumah Menggunakan Remote Control Wireless Rf315 Fitri, Fitri; Setiawan, Yohanes
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 4, No 2 (2015): September
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v4i2.197

Abstract

Tujuan  dari  penulisan  penulisan ini adalah  untuk  untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses buka tutup pintu pagar rumah. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan metode studi pustaka, analisis, perancangan dan implementasi.  Hasil  yang  dicapai adalah meningkatnya efisiensi dan efektifitas proses buka tutup pintu pagar. Pengguna dari pengaplikasian rancang bangun aplikasi buka tutup pintu pagar rumah otomatis menggunakan remote control wireless RF315  akan merasa efisiensi dan efektifitas dari penerapannya. Prinsip kerja  rancang bangun aplikasi buka tutup pintu pagar rumah otomatis menggunakan remote control wireless RF315  pada dasarnya adalah pengguna harus memiliki remote control wireless RF315, dilakukan inisilisasi ke arduino setiap tombolnya dan  jika tombol pada remote di tekan maka akan  dikirimkan  perintah secara nirkabel ke arduino sebagai input value, lalu arduino akan mentransformasi perintah tersebut agar dapat di baca oleh easy driver, easy driver berfungai untuk meneruskan perintah ke motor stepper untuk melakukan aksi tarik atau dorong pada pagar.   Kesimpulan yang didapat adalah setelah  rancang bangun aplikasi buka tutup pintu pagar rumah otomatis menggunakan remote control wireless RF315 terdapat proses pengiriman perintah dari remote ke arduino lalu diteruskan ke motor pernggerak melalui driver.
Aplikasi Pemandu Menggunakan Sensor Ultrasonik Pada Tongkat Tuna Netra Berbasis Mikrokontroler Nano AT Mega 8 Yurindra, Yurindra; Linda, Linda
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 4, No 1 (2015): Maret
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v4i1.202

Abstract

Perkembangan teknologi sekarang ini sangat membantu aktivitas manusia dalam kegiatan sehari-hari. Namun masih banyak teknologi lama yang dipergunakan bahkan untuk hal yang penting seperti penggunaan tongkat kayu untuk penyandang tuna netra. Banyak dari mereka masih kesulitan untuk berjalan dengan baik didaerah seperti jalan raya, maupun jalan berbatu. Sikap acuh tak acuh masyarakat juga menambah buruk situasi ini,Akan tetapi, kemajuan teknologi bahkan sekarang bisa digunakan untuk membantu mereka. Sebut saja misalnya dengan tongkat tuna netra berbasis mikrokontroler. Dengan menggunakan mikrokontroler jenis Arduino AT-Mega 8 yang berukuran kecil mampu disematkan kedalam sebuah tongkat yang dilengkapi dengan sensor ultrasonik dengan jangkauan pancaran sonar yang mampu mendeteksi objek yang berada dalam jarak yang membahayakan bagi pengguna lalu mengirimkan sebuah suara ke telinga pengguna dengan menggunakan earphone sehingga pengguna mampu menghindari atau menjauhi objek tersebut. Getaran gelombang suara yang dihasilkan mampu memberikan sinyal ke otak pengguna walaupun penggunanya memliki pendengaran yang kurang baik dikarenakan para tuna netra memiliki kepekaan yang melebihi orang normal pada umumnya. Alat ini diharapkan mampu meringankan beban dan mengatasi masalah para penderita tuna-netra untuk berjalan dengan tenang walau kondisi ramai dalam kehidupan sehari-hari.
Perancangan Strategis Perencanaan Sistem Informasi Menggunakan Zachman Framework dari Segi Planner Sulaiman, Rahmat
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 5, No 1 (2016): Maret
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v5i1.29

Abstract

Masalah dalam organisasi sering terjadi karena ketidak sesuaian posisi dengan kegiatan operasional yang dijalankannya. Dimana banyaknya tugas dan fungsi yang harus dilakukan suatu perusahaan menjadi landasan utama perlunya sistem informasi yang dibangun untuk mempermudah proses bisnis yang dijalankan oleh tiap-tiap karyawan yang ada. Zachman Framework merupakan salah satu EAP yang paling banyak digunakan dalam pembuatan perancangan perencanaan sistem infromasi yang sistematis. Langkah terstruktur yang disediakan Zachman Framework membuat perancangan perencanaan sistem informasi pengaturan kegiatan-kegiatan operasional pada organisasi secara global oleh menejemen operasional menjadi lebih sistematis dan deskriptif. Dengan menggunakan Zachman Framework dapat diperoleh infomasi secara detail tetang lingkungan sebuah sistem. Dengan Zachman Framework ini dapat membantu manajemen operasional sebuah organisasi atau instansi dalam penyusunan kewenangan SDM dalam kegiatan operasional yang berjalan
Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Kawasan Pertambangan Timah Berbasis Web Studi Kasus Di Dinas Pertambangan Dan Energi Kabupaten Bangka Tengah Heriadi, Heriadi; Wahyuningsih, Delpiah
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 3, No 2 (2014): September
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v3i2.207

Abstract

Kabupaten Bangka Tengah merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang memiliki daerah yang cukup luas. Dengan perkembangan teknologi saat ini, untuk mengetahui suatu lokasi kesehatan, pendidikan dan pariwisata cukup mudah dengan bantuan media website, namun untuk lokasi pertambangan belum tersedia, sehingga pemerintah maupun Masyarakat sulit mengetahui lokasi kawasan pertambangan di kawasan Kabupaten Bangka Tengah yang memiliki izin resmi. Oleh karena itu, salah satu cara untuk membantu masyarakat dalam mencari informasi adalah dengan membuat aplikasi sistem informasi geografis yang dapat memberikan informasi lokasi kawasan pertambangan dengan menggunakan media website. Dengan memanfaatkan WebGIS ini, titik lokasi kawasan pertambangan akan ditampilkan sedetail mungkin dalam tampilan web yang sederhana sehingga mudah digunakan pemerintah maupun masyarakat. Aplikasi ini akan memberikan kemudahan dalam mengakses informasi dengan cepat dan akurat untuk menghemat biaya dan waktu. Penerapan aplikasi ini akan berdampak positif bagi masyarakat dan pemerintah Bangka Tengah
Aplikasi Akademik Berbasis SMS Gateway Pada SMK Negeri 4 Pangkalpinang Prayudi, Irwan; Alkodri, Ari Amir
Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi dan Komputer) Vol 2, No 2 (2013): September
Publisher : STMIK Atma Luhur

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32736/sisfokom.v2i2.215

Abstract

SMK Negeri 4 Pangkalpinang adalah salah satu lembaga pendidikan Berbasis Pada Kurikulum Pelayaran yang pengolahan data akademiknya masih menggunakan cara manual yaitu dengan pencatatan pada lembaran kertas.Penggunan cara manual mengakibatkan seringnya terjadi kesalahan pada saat penginputan data seperti data pendaftaran, penjadwalan dan data nilai. Penggunaan lembaran kertas pada proses pengolahan data mengakibatkan sering terjadi kehilangan ataupun kerusakan data karena penumpukan data. Dengan Membangun Sistem Informasi Akademik di SMK Negeri 4 Pangkalpinang berbasis sms gateway ini agar dapat mempermudah dalam pengolahan data. Dengan dibangunnya sistem informasi akademik ini diharapkan dapat membantu mempermudah dalam pengolahan data–data akademik agar lebih efektif dan efisien serta mengurangi kesalahan dalam penginputan data. Dan dengan dibangunnya sistem informasi akademik berbasis SMS gateway pada SMK Negeri 4 Pangkalpinang ini dapat mempermudah para wali murid dalam hal pengaksesan informasi akademik sehingga dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja secara langsung dan up to date

Page 1 of 17 | Total Record : 161