cover
Contact Name
Archana Universa
Contact Email
Archana Universa
Phone
-
Journal Mail Official
archanauniversa@an1mage.net
Editorial Address
-
Location
Kota tangerang selatan,
Banten
INDONESIA
An1mage Jurnal Studi Kultural
Published by An1mage
ISSN : 24773492     EISSN : -     DOI : -
An1mage Jurnal Studi Kultural (AJSK ISSN: 2477-3492) menerima karya yang kritis, menguak mitos, membantu yang lemah dan terpinggirkan (termarginalkan) dalam melawan balik dari ketertindasan. Mayoritas belum tentu kuat, minoritas belum tentu lemah dan terpinggirkan. Mari membangun bangsa dengan pikiran kritis, pikiran kreatif, pikiran dengan analisis yang kuat dan membangun mental kita semua agar menjadi sepadan apa pun gendernya (gender equality). AJSK tidak hanya untuk sains sosial namun juga sains eksakta, sebab di sains eksakta juga muncul konstruksi mitos-mitos yang harus dibongkar (dekonstruksi) lebih kritis. Ilmu eksakta bukanlah dogma dan bukan pula agama, ilmu eksakta terus berkembang menuju penemuan-penemuan baru. Terobosan baru dalam teknik di bidang apa pun juga AJSK menerimanya.
Arjuna Subject : -
Articles 74 Documents
DISKURSUS EXTRATERRESTRIAL: HOAX ATAU PROYEKSI, SKEPTIS ATAU OPTIMIS Hana, Lidwina
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Misteri keberadaan extraterrestrial dibicarakan dalam berbagai versi. Ada yang menganggap sebagai fiksi, pseudoscience, juga kebenaran. Extraterrestrials enthusiast yang menilai adanya kehidupan cerdas selain manusia di luar Bumi bukan mustahil. Namun klaim yang mereka sampaikan belum bisa diterima oleh banyak orang. Masih banyak pihak yang menganggap belum ada bukti keberadaan extraterrestrial terutama jika belum pernah melihat secara langsung.   Pembahasan mengenai extraterrestrial mengajak manusia untuk terbuka terhadap setiap kemungkinan seperti terbukanya pengetahuan baru dan pemikiran baru karena manusia tidak akan mengetahui apa yang terjadi di luar angkasa jika tidak melakukan penelitian akan semesta.  
PEMANFAATAN LIMBAH KAYU DALAM INDUSTRI KREATIF PATUNG KUDA DI YOGYAKARTA Nurjanah, Devy Ika
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Atmosfer seni dan budaya yang telah mengakar di masyarakat Yogyakarta secara tidak langsung mendorong pertumbuhan berbagai industri kerajinan. Tanpa disadari pelaku ekonomi kreatif menggunakan konsep eco design yang sebenarnya tujuan utamanya adalah mengurangi biaya produksi, dengan menggunakan bahan limbah dan bahan alami agar lebih menguntungkan. Selain itu, produk yang mereka hasilkan bisa menjadi ciri khas daerah, sehingga sulit ditiru dan bisa bersaing di pasar luar negeri.   Ecodesign adalah pendekatan desain produk dengan pertimbangan khusus mengenai pengaruh lingkungan selama keseluruhan proses siklus hidup. Ada tiga prinsip Ecodesign ini yaitu: reduce, reuse, recycle. Produk ramah lingkungan harus benar-benar ramah lingkungan dalam tiga fase kehidupan,yaitu: pertama fase lahir, ketika di produksi tidak meninggalkan limbah berbahaya untuk lingkungan. Kedua fase kehidupan, saat ia hidup tidak membahayakan lingkungan sekitar termasuk penggunanya. Tahap ketiga saat mati, saat barang rusak / tidak bisa digunakan lagi, barang harus terurai atau tidak mencemari lingkungan sekitar. Kita juga harus mempertimbangkan siklus hidup produk agar tahan lama dan tidak mudah rusak, sehingga bisa dikategorikan sebagai produk ramah lingkungan. Seperti pada patung limbah kayu ini, karena kayu yang digunakan sebagian besar merupakan limbah dari akar kayu jati, maka tingkat keawetan nya tinggi. Semakin lama kayu jati bersifat semakin kuat.  
KAJIAN SEMIOTIKA KOMUNIKASI VISUAL IKLAN DJARUM FIL... GOLD 76 VERSI “JUJUR” Dewantari, Alit Ayu
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Persaingan antara satu perusahaan dengan perusahaan yang lain untuk merebut perhatian para target sasarannya dilakukan melalui berbagai upaya. Salah satu upayanya adalah dengan memberikan informasi melalui media yang saat ini dikenal dengan istilah iklan. Beberapa iklan dibuat dengan konsep yang menyesuaikan situasi, kondisi, maupun isu-isu terhangat yang sedang terjadi. Hal inilah yang turut diusung oleh produk rokok Djarum Fil... Gold 76.    Pesta Demokrasi pada 2014, turut dimanfaatkan pula oleh perusahaan rokok tersebut dengan menghadirkan satu iklan yang mengandung komunikasi kritis yang disajikan secara humoris.  Karya audio visual memiliki unsur tanda yang berbentuk bahasa verbal dan visual. Selain itu, teks dan penyajian visualnya juga mengandung ikon. Pendekatan semiotik dapat diterapkan untuk menggali makna dan membaca tanda dalam keseluruhan sajian karya audio visual. Teori Peirce diterapkan untuk melihat tanda iklan, teori Barthes untuk melihat kode-kode yang terdapat di dalam iklan, serta teori Saussure untuk melihat makna konotatif dan makna denotatif.
POLEMIK PLASTIK DAN GREEN MARKETING TAS BELANJA DI DENPASAR, BALI Hana, Lidwina
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perwali Nomor 36 Tahun 2018 tentang pengurangan penggunaan kantong plastik di Kota Denpasar secara resmi berlaku sejak 1 Januri 2019. Banyak pelaku usaha yang tidak lagi menyediakan kantong plastik kresek. Pelaku usaha kini memperjualbelikan tas belanja yang diklaim lebih ramah lingkungan. Berbagai klaim keberhasilan penurunan penggunaan kantong plastik disebarkan padahal kantong plastik hanya sebagian kecil dari total sampah plastik yang dihasilkan.   Masih banyak produk yang dikemas dengan material plastik. Sementara itu, tas belanja yang kini banyak diperjualbelikan para peritel memiliki kualitas buruk sehingga mudah berakhir menjadi sampah. Sementara, tas belanja dengan durabilitas tinggi dalam produksinya membutuhkan banyak sumber daya alam yang juga berkontribusi pada perusakan alam. Pengalihan kantong plastik ke tas belanja tidak lebih dari sekadar green marketing.
MODERNISASI ESOT-ESOT Amalia, Fitriati
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Esot-esot merupakan salah satu jenis kesenian yang berasal dari Masbagik Lombok Timur. Kesenian ini pada awalnya menggunakan alat-alat musik tradisional, dan digunakan untuk menghibur orang yang sedang bergotong-royong. Namun seiring perkembangan zaman alat-alat musik yang digunakan dan fungsinya juga semakin berkembang. Dalam perkembanganya esot-esot lebih dikenal dengan nama kecimol, yang lebih mirip dengan orkes jalanan. Kecimol sekarang ini sangat jauh berbeda dengan generasi sebelumnya. Modernisasi kesenian esot-esot ini kemudian dikaji dengan pendekatan simulakra. Sehinga bisa ditemukan dengan gamblang bagaimana simulakra itu terjadi pada kesenian esot-esot. Adapun data yang digunakan adalah buku-buku dan data hasil penelitian terkait dengan kecimol, esot-esot dan simulakra, selain itu, data yang digunakan juga dari media online, yakni dari beberapa portal berita online.
T-SHIRT SEBAGAI MEDIA PERLAWANAN TERHADAP WACANA REKLAMASI TELUK BENOA, BALI Wisudiatmika, Ida Bagus Adi
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 5 No 1 (2020): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

T-shirt telah diketahui memiliki kemampuan sebagai media penyampaian pesan. Salah satu nya adalah dipakainya T-shirt tersebut dalam gerakan perlawanan masyarakat Bali terhadap munculnya wacana reklamasi Teluk Benoa, dengan berbagai isu lingkungan, budaya, sosial dan ekonomi serta segala implikasi yang menyertainya. Berbagai perdebatan pun muncul baik formal yuridis, akademis, maupun informal, seperti aksi demonstrasi dan aksi-aksi seni-budaya.   T-shirt muncul dalam beragam desain baik itu yang bertemakan Tolak Reklamasi Teluk Benoa secara umum, maupun khusus dalam identitas kelompok pemakainya menyuarakan penolakan terhadap wacana reklamasi Teluk Benoa. Melalui ragam elemen visual dan desain yang bekerja dalam sistem penandaan menjadikan T-shirt  sebagai suatu media menyampaikan pesan perlawanan dengan segala ideologi di dalamnya, baik secara individu maupun kelompok.   Penelitian ini mengungkap bagaimana sistem penandaan tersebut hadir dan bekerja, implikasi apa saja yang muncul dari praktik penandaan dalam T-shirt tersebut, dari konsep hingga ideologi apa yang melatari sistem tanda yang dihadirkan, dan bagaimana pemaknaan tanda visual pada T-shirt  tadi bekerja sebagai wujud perlawanan dari pemakainya.   Bagaimana pula relasi kuasa bekerja di balik tindakan represif yang muncul dari akibat penggunaan T-shirt tadi, baik secara langsung maupun tidak, berkaitan dengan kuasa di balik wacana reklamasi Teluk Benoa tersebut, yang seharusnya dalam era kebebasan berekspresi dan berpendapat dijamin oleh negara, terlebih kaitannya dalam mengkritisi isu lingkungan hidup seperti wacana reklamasi Teluk Benoa di Bali.  
Pro Kontra Wacana Full Day School Arioka, Ni Wayan Widayanti
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 3 No 1 (2018): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (593.206 KB)

Abstract

Full day school atau sekolah sehari penuh merupakan salah satu wacana yang dilontarkan oleh Muhadjir Effendy di awal masa jabatannya sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud). Seperti namanya sistem full day school atau sekolah sehari penuh berarti bahwa siswa akan bersekolah seharian penuh, dari pagi hingga sore hari. Wacana yang dicetuskan pada tanggal 7 Agustus 2016 ini langsung menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat. Permasalahan pro dan kontra wacana kebijakan Mendikbud mengenai sekolah sehari penuh ini kemudian dikaji dengan menggunakan pendekatan pendidikan kritis. Adapun data yang digunakan adalah data dari media online, yakni dari portal-portal berita online dan tulisan-tulisan online (blog) yang merespons wacana sekolah sehari penuh.
Imagologi Mbok Jamu Sebagai Representasi Wanita Etnis Jawa Tradisional dalam Diskursus Stereotype Citra Yusa, I Made Marthana
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 1 No 1 (2016): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.541 KB)

Abstract

Makalah ini mengungkap imagologi yang terjadi pada sosok karakter mbok jamu yang lekat dengan sosio-kultur  Masyarakat Jawa. Penyampaian makalah diawali dengan mengungkap fenomena-fenomena menarik pada pendahuluan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan mengenai Imagologi. Pembahasan mengenai 'Wanita Jawa dalam Balutan Citra mbok jamu' menjadi pembahasan yang memiliki porsi khusus. Setelah itu diungkap juga stereotip jamu sebagai indeks tradisional dan kuno, Mbok jamu dalam budaya populer hingga komodifikasi imagologi mbok jamu dalam produk desain.
Dekonstruksi Pemikiran Mistis Fritjof Capra dalam Buku “Titik Balik Peradaban” Gumelar, Michael Sega
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 1 No 1 (2016): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (668.046 KB)

Abstract

Mendekonstruksi pemikiran mistis ala Friftjof Capra dalam bukunya berjudul “Titik Balik Peradaban – Sains, Masyarakat dan Kebangkitan Kebudayaan” yang diterjemahkan oleh M.Thoyibi dan diterbitkan Bentang Pustaka cetakan pertama tahun 1997 sampai cetakan keenam 2004. Dekonstruksi ini diperlukan dalam mengungkap pemikiran mistis Friftjof Capra yang terjebak kembali ke pola pikir lama yaitu “when you don't know anything about anything god knows” yaitu “bila kita tidak mengetahui sesuatu tuhan tahu semuanya”.
Reduksi Peran Institusi Pendidikan Universitas Udayana Fakultas Sastra dan Budaya Program Studi Sastra Inggris sebagai Perpanjangan Tangan Kaum Kapitalis Hana, Lidwina
An1mage Jurnal Studi Kultural Vol 1 No 1 (2016): An1mage Jurnal Studi Kultural
Publisher : an1mage

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (779.99 KB)

Abstract

Studi tur menjadi polemik di antara pihak universitas, mahasiswa, dan wali mahasiswa. Berbagai anggapan muncul menuding studi tur sudah tidak menonjolkan sisi pembelajaran daripada sisi rekreasi. Mahasiswa bahkan diwajibkan untuk mengikuti studi tur dengan alasan sebagai syarat pembuatan tugas akhir. Pada 21 Oktober 2015, Universitas Udayana menjadi headline dari surat kabar Tribun Bali terkait mahasiswa program studi Sastra Inggris di tingkat akhir yang gagal melaksanakan studi tur ke Singapura dikarenakan dana studi tur yang telah di bayarkan ke travel agent Bali Chresna Cahaya Tour (BCCT) dibawa lari. Meski banyak pihak yang menempatkan BCCT sebagai pihak yang harus disalahkan karena melarikan uang dan melakukan pembatalan secara sepihak namun penelitian ini akan lebih menyoroti kebijakan Universitas Udayana, khususnya Fakultas Sastra dan Budaya Program Studi Sastra Inggris terkait kebijakannya mengenai studi tur yakni untuk membongkar apakah kebijakan tersebut memang benar-benar sesuai dengan ideologi pendidikan atau justru lebih condong ke ideologi kapitalisme.