cover
Contact Name
Muhammad Abdul Ghofur
Contact Email
Muhammad Abdul Ghofur
Phone
-
Journal Mail Official
muhammadghofur@unesa.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN
ISSN : 2303324X     EISSN : 2579387X     DOI : -
Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan (JEPK) is a scientific publication that publishes scientific articles of research, study and development in the field of economics education, entrepreneurship, and economics education.
Arjuna Subject : -
Articles 124 Documents
PENGEMBANGAN PENDEKATAN KREATIF INOVATIF UNTUK MENINGKATAN JIWA KEWIRAUSAHAAN Rahmawati, Selly; Nugrahani, Tri Siwi
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 7, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v7n2.p129-144

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangan pendekatan kreatif inovatif dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan serta untuk mengetahuai keefektifan pendekatan tersebut dalam meingkatkan jiwa kewirausahaan. Latar belakang penelitian ini adalah karena pembelajaran pendidikan kewirausahaan yang telah dilaksanakan hanya menekankan pada aspek kognitifnya saja. Selaian itu rendahnya minat mahasiswa dalam mengikuti hibah PKM dan KBMI juga menjadi salah satu indikasi bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa kurang.Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D atau penelitian pengembangan yang menggunakan model four D yaitu define, desig, develop dan dessiminate. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalan analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik inferensial dengan menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah 1) Pengembangan pendekatan kreatif inovatif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan dilaksanakan dengan four D yaitu define, design, develop dan desseminate; 2)Pendekatan kreatif inovatif sangat efektif untuk meningkatkan jiwa kewirausahaan.
PENGARUH KETERAMPILAN DIGITAL ABAD 21 PADA PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN PESERTA DIDIK SMK Rusmana, Dede
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 8, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p17-32

Abstract

Kewirausahaan merupakan salah satu topik utama yang menjadi perhatian dalam penelitian di bidang pendidikan ekonomi. Salah satu aspek kewirausahaan yaitu kemampuan kewirausahaan menjadi komponen pembentuk keterampilan abad 21 yang sangat diperlukan dalam peningkatan sumber daya manusia. Kewirausahaan menjadi permasalahan ekonomi di Indonesia dan mempunyai hubungan dengan pengangguran. Pengangguran terbesar di Indonesia berasal dari lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jumlah wirausaha di Indonesia setiap tahun mengalami peningkatan tetapi kompetensinya masih rendah. Hal ini sesuai dengan penelitian awal di kabupaten Wonogiri yang menunjukkan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK masih rendah. Kompetensi kewirausahaan dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain melalui pelatihan dan pendidikan secara sistematis dan peningkatan kemampuan teknologi terutama teknologi digital. Berdasarkan hal tersebut, perlu adanya kajian mengenai kompetensi kewirausahaan yang direlevansikan dengan pendidikan kewirausahaan dan komponen kemampuan digital. Metode pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis penelitian menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan instrumen kuesioner dan responden adalah peserta didik SMK. Hasil penelitian menunjukkan pengintegrasian keterampilan digital abad 21 pada pendidikan kewirausahaan memiliki efek yang positif dan signifikan dalam peningkatan kompetensi kewirausahaan pada peserta didik SMK. 
PENGEMBANGAN BUKU AJAR ANALISIS LAPORAN KEUANGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING Mardetini, Edutivia; Amrina, Dian Eka
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 7, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v7n2.p111-128

Abstract

Permasalahan yang dirumuskan adalah bagaimanakah validitas, kepratisan, dan efektivitas  buku ajar analisis laporan keungan berbasis problem based learning (berbasis masalah) . Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan tingkat validitas, kepraktisan, dan efektivitas buku ajar analisis laporan keungan berbasis masalah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian Research & Development (R&D) oleh Borg & Gall. Populasi dalam penelitian ini seluruh mahasiswa pendidikan ekonomi semester genap tahun akademik 2017-2018. Dengan sampel penelitian yaitu mahasiswa  yang mengikuti mata kuliah analisis laporan keuangan kelas Indralaya yang berjumlah 38 mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket. Dengan uji kevalidan diperoleh 3,5 dari ahli materi terkategori snagat valid dan 2,89 dari ahli media yang terkategori valid. Kemudian dari uji kepaktisan diperoleh hasil yang menyatakan bahwa bahan ajar ini praktis digunakan untuk memahami materi analisis laporan keuangan. Serta dari uji efektivitas, nilai keefektifan bahan ajar sebesar 0,37 yang termasuk kategori sedang/efektif. Dengan demikian pengembangan buku ajar analisis laporan keuangan berbasis masalah bersifat valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam kegiatan perkuliahan.
SELF REGULATED LEARNING DAN RESILIENSI AKADEMIK SEBAGAI DETERMINASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF Oktariani, Mutiya -; Dahlan, Dadang -; Waspada, Ikaputera -
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 8, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p5-16

Abstract

ABSTRAK Rendahnya tingkat berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran ekonomi menjadi alasan penelitian ini, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor determinasi berpikir kreatif. Sampel penelitian adalah siswa kelas X Jurusan IIS SMA Nurul Amal Palembang. Data dikumpulkan melalui kuesioner tentang self regulated learning dan resiliensi akademik belajar ekonomi, serta tes berbentuk essai terkait tingkat berpikir kreatif Ekonomi. Metode penelitian adalah survey dengan alat pengumpul data angket model rating scale dan analisis data menggunakan teknik regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa self regulated learning dan resiliensi akademik menjadi determinan tingkat berpikir kreatif siswa dalam mata pelajaran ekonomi.Kata Kunci: Self Regulated Learning, Resiliensi Akademik, dan Berpikir Kreatif   ABSTRACT The low creative thinking skills of students in economics subjects is the reason for this study. So, this study aims to identify the determinants of creative thinking skills. The sample of the study were ninety subjects of social departements X grade students of SMA Nurul Amal in Palembang. The data were collected through self regulated learning and academic resilience questionnaires in learning economics and essay test which is related to creative thinking skills level data of economics. The data were analysed by using multiple linear regression techniques. The result shows that the self regulated learning and academic resilience became the determinants of student creative thinking skills in economics subject.Keywords: Self Regulated Learning, Academic Resiience, and Creative Thinking                   Skills
APAKAH TINGKAT PENDIDIKAN KEPALA RUMAH TANGGA MEMPENGARUHI KESEJAHTERAAN RUMAH TANGGA? STUDI KASUS DATA RUMAH TANGGA INDONESIA (IFLS) Arisetyawan, Kukuh; Sasongko, Sasongko; Sakti, Rachmad Kresna
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 7, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v7n2.p99-110

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh antara tingkat pendidikan kepala rumah tangga terhadap kesejahteraan rumah tangga di Indonesia. Model regresi logistic multinomial telah diperkirakan dengan peluang rumah tangga meraih kesejahteraan sebagai variable dependen dan satu set tingkat pendidikan yang ditempuh semua rumah tangga sebagai variable penjelas. Data diperoleh dari Indonesia Family Life Survey (IFLS) dengan penggunaan data longitudinal, IFLS 2000, 2007, dan 2014. Salah satu hasil utama adalah probabilitas rumah tangga meraih kesejahteraan lebih dapat diterima oleh rumah tangga dengan pendidikan SMA ke bawah. Resiko tidak sejahtera justru dimiliki oleh kepala rumah tangga yang berpendidikan SMA hingga perguruan tinggi. Hasil penting lainnya sesuai dengan analisa statistiknya adalah pengeluaran tertinggi terletak pada kepala rumah tangga berpendidikan SD dan yang ke dua ialah kepala rumah tangga berpendidikan SMA.  Kata Kunci: Pendidikan, Ekonomi, Rumah Tangga, Pengeluaran dan Kesejahteraan Rumah Tangga ABSTRACTThis study aims to analyze the influence of the level of education of the head of the household on the welfare of households in Indonesia. The multinomial logistic regression model has been estimated with the opportunity for households to achieve well-being as the dependent variable and a set of education levels taken by all households as explanatory variables. Data were obtained from the Indonesia Family Life Survey (IFLS) with the use of longitudinal data, IFLS 2000, 2007, and 2014. One of the main results was the probability of households achieving welfare more acceptable to households with lower secondary education. The risk of not being welfare is actually owned by the head of the household who has a high school education to college. Other important results according to the statistical analysis are the highest expenditure lies in the head of the household with elementary education and the second is the head of the household with high school education. Keywords: Education, Economics, Household, Expenditure and Household Welfare.
U-SHAPE NONLINEARITY OF OWNERSHIP CONCENTRATION ON FIRM VALUE Pratama, Ahmad Aziz Putra
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 7, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v7n2.p145-158

Abstract

The ownership and value relationship of the company has a lot of contentious issues. Previous studies have only examined the linear effect of ownership concentration on company value. In contrast to previous studies, the novelty of this study is to test the effect of nonlinearity in the concentration of ownership on company value using 240 non-financial companies listed on the Indonesia Stock Exchange during the period 2010-2018 with 2,151 observations. The results showed that the concentration of ownership showed the effect of nonlinear U-shaped on firm value. This study confirms that ownership concentration negatively influences the firm's value first and will show a positive effect after reaching a certain point. In addition, the debt level and firm size have a positive effect on firm?s value.
PENGARUH DUKUNGAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MEMBANGUN RELASI TERHADAP MOTIVASI BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA Ekasari, Aldila Kurnia
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 2, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v2n2.p201-211

Abstract

This study aimed to analyze the effect of parental support and the ability to build relationships and simultaneous partial towards entrepreneurship motivation in students of the Faculty of Economics at the State University of Surabaya. The sample is accidental sampling purposive sampling that students who already have a business that is as many as 58 people. The analysis technique used is multiple regression. From the results of this study concluded that the results showed that; 1) there is a significant influence parental support partially on entrepreneurship motivation of 19.2%. 2) there was a significant effect of the ability to build relationships partially on entrepreneurship motivation of 32.5%. 3) there is a significant influence parental support and the ability to build relationships simultaneously towards entrepreneurship motivation of 92.3%
PENGUATAN LITERASI PERPAJAKAN MELALUI STRATEGI “GEBUK” (GERAKAN MEMBUAT KARTU) NPWP PADA MAHASISWA Ibda, Hamidulloh
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 7, No 2
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v7n2.p83-98

Abstract

Penelitian ini membahas penguatan literasi perpajakan melalui strategi GEBUK (Gerakan Membuat Kartu) NPWP pada mahasiswa STAINU Temanggung. Populasi penelitian mahasiswa pada empat program studi di STAINU Temanggung berjumlah 40 mahasiswa. Dari penguatan literasi perpajakan, mahasiswa mengalami peningkatan pemahaman tentang perpajakan setelah diberi tindakan. Pertama, mengetahui pengertian pajak dengan ketuntasan 35 mahasiswa (87,5 %) yang awalnya 14 mahasiswa (35%). Kedua, mengetahui pengertian wajib pajak sebanyak 37 mahasiswa (92,5 %) yang awalnya 18 mahasiswa (45 %). Ketiga, mengetahui macam-macam pajak sebanyak 38 mahasiswa (95 %) yang awalnya 14 mahasiswa (35 %). Keempat, mengetahui pengertian NPWP sebanyak 39 mahasiswa (97,5 %) yang awalnya 17 mahasiswa (42,5%). Kelima, mengetahui manfaat pajak dan NPWP bagi negara dan masyarakat menjadi 36 mahasiswa (90 %) yang awalnya 14 mahasiswa (35 %). Sedangkan dalam hal kepemilikan NPWP, dari 40 mahasiswa yang awalnya hanya 3 orang (7,5%) yang memiliki NPWP, setelah dilakukan strategi GEBUK NPWP meningkat menjadi 40 mahasiswa (100%).
NILAI PENDIDIKAN BISNIS KELUARGA PENGUSAHA PERAK HS SILVER DI KOTAGEDE Birsyada, Muhammad Iqbal; Siswanta, Siswanta
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 8, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p33-52

Abstract

Socio-historically the silver business has been the identity of the creative economy industry in Kotagede. This study aims to find a causal relationship between the business behaviors of silver HS silver entrepreneurs in Kotagede with family education values. In addition, this study want to find the process of inheritance business values in the family of silver HS Silver entrepreneurs in Kotagede. This design uses a qualitative method with a phenomenological approach. The procedure of this study focuses on the study of the phenomenon of the behavior of silver entrepreneurs in Kotagede Silver HS. The results of this study include the existence of a causal relationship between business success and Javanese cultural values applied in the family. Second, the founder of the HS company. Silver in daily practice inherits and instills the character values of good business education with families and all employees through examples in doing business. The values of business education include: honest, patient, humble, clean, neat, thorough, strong intention, innovative, and hard work. Third, the development of HS. Silver is increasingly advanced because the quality of management used is very good and the products produced always adjust to market developments.Keywords: Values, Education, Family Business, Entrepreneurs, Silver. 
DETERMINAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN MEMILIH PROGRAM LINTAS MINAT EKONOMI Kortin, Dafrosa Metildis; Hasan, Muhammad; Dinar, Muhammad; Ahmad, M. Ihsan Said
JURNAL EKONOMI PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN Vol 8, No 1
Publisher : UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26740/jepk.v8n1.p67-78

Abstract

Banyaknya peminat program lintas minat ekonomi di Sekolah Menengah Atas membuktikan bahwa ilmu ekonomi dewasa ini semakin digemari. Hal ini menarik untuk dibahas, untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakanginya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya terhadap keputusan siswa jurusan IPA memilih program lintas minat ekonomi di SMA Negeri 4 Makassar. Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang memprogram lintas minat ekonomi dengan jumlah 80 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS Versi 21.0. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel minat, motivasi, keluarga, guru dan teman sebaya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Secara parsial terdapat pengaruh signifikan antara minat, guru dan teman sebaya terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi. Motivasi dan keluarga tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan memilih program lintas minat ekonomi.

Page 1 of 13 | Total Record : 124