cover
Contact Name
Mochammad Farid Afandi
Contact Email
Mochammad Farid Afandi
Phone
-
Journal Mail Official
m_faridafandi@unej.ac.id
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Articles 30 Documents
KINERJA MERGER DAN AKUISISI, PENGALAMAN DIREKTUR, USIA DIREKTUR, MASA JABATAN DIREKTUR, DAN BOARD SIZE DI INDONESIA Nuansari, Shindy Dwita; Windijarto, Windijarto
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v3i2.67

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengalaman direktur independen  yang akan dimoderasi dengan usia direktur independen, masa jabatan direktur independen, dan board size terhadap kinerja merger dan akuisisi di Indonesia serta dikontrol dengan variabel ukuran perusahaan. Penelitian ini menggunakan  model regresi linear berganda. Data variabel penelitian diperoleh dari laporan keuangan dan tahunan perusahaan pada periode 2009-2019. Variabel dependen yang digunakanpada penelitian ini adalah kinerja merger dan akuisisi yang diukur dengan perubahan ROA dari satu tahun sebelum pengumuman merger dan akuisisi dan satu tahun setelah proses merger akuisisi selesai. Variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengalaman direktur independen. Variabel moderasi  pada penelitian ini adalah usia direktur independen, masa jabatan direktur independen, dan board size. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengalaman direktur independen memiliki pengaruh positif terhadap kinerja merger dan akuisisi, usia direktur independen tidak memperkuat atau memperlemah pengaruh direktur independen terhadap kinerja merger dan akuisisi perusahaan, masa jabatan direktur dan board size mampu memperkuat hubungan positif pengalaman direktur independen terhadap kinerja merger dan akuisisi perusahaan.
PENGARUH REPUTASI PERUSAHAAN DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN MEMBELI SECARA ONLINE DI LAZADA YANG DIMEDIASI OLEH KEPERCAYAAN Farid Afandi, Mochammad; Indraningrat, Ketut; Ayniyah, Zaqiyatul
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v3i2.45

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui adanya pengaruh reputasi perusahaan dan keamanan terhadap keputusan membeli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada konsumen pembeli Lazada di Jember. Metode pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara lalu memberikan kuesioner kepada 120  responden konsumen pembeli Lazada di Jember  dengan teknik  purposive sampling. Metode analisis data yang diguanakan adalah analisis jalur. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer yaitu wawancara dan kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel yang digunakan yaitu reputasi perusahaan dan keamanan berpengaruh  terhadap keputusan membeli dengan kepercayaan sebagai variabel intervening pada konsumen pembeli Lazada di Jember.
PROFILING SHOPPING MALL COSTUMER BASED ON DEMOGRAPHICS AND SHOPPING MOTIVATION Rahmawati, Rahmawati
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v3i2.64

Abstract

Nowadays malls play a major role in consumer?s lifestyle. This research aims to (1) Identify the segments from shopping mall customer (2) Describe the profiles of shopping mall segments formed (3) Explain the differences each characteristics between segments are formed. This research is using confirmatory factor analysis and cluster analysis. This study revealed six factor shopping motivation such that gratification seeking, social shopping, value shopping, brand loyalty, utilitarian, and hedonic shopping. The result suggests that there istwo shopper segment, hedonic shopper and utilitarian shopper. Each segment was profiled in terms of shopping motivation and demographics.
INVESTIGASI FAKTOR YANG MEMPENGARUHI BEHAVIORAL INTENTION PADA PENGGUNA GRAB BIKE Sulaiman, Sulaiman; Abidin, Zainal; Suharno, Suharno
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 3 No 2 (2019)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v3i2.68

Abstract

Tujuan penelitian ini mengetahui pengaruh behavioral intention (BI) terhadap transportasi online grab bike dengan menggunakan variabel trust, perceived ease of use (PEOU), perceived risk (PR) dan perceived usefulness (PU). Sebanyak 161 orang menjadi responden dalam penelitian ini dengan cara mengisi kuesioner. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan alat analisis Structural Equation Modeling (SEM) dengan menggunakan software analysis of moment structure (AMOS). Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa PR berpengaruh signifikan terhadap trust, PEOU  berpengaruh signifikan terhadap trust, PU berpengaruh signifikan terhadap trust. Begitu pula pengaruh PR signifikan terhadap behavioral intention, PEOU, PU signifikan terhadap behavioral intention, serta trust signifikan terhadap behavioral intention.
Semiotika dalam Bidang Manajemen Pemasaran Astuti, Rini
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i2.13

Abstract

Semiotika adalah ilmu yang mengkaji tanda dalam kehidupan manusia karena manusia memiliki kemampuan untuk memberikan makna pada berbagai gejala sosial budaya dan alam. Karena tanda adalah bagian dari kebudayaan manusia semiotika dapat digunakan untuk mengkaji kehidupan manusia. Semiotika mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan disiplin ilmu yang lainnya, demikian juga dalam aplikasinya. Dalam manajemen pemasaran semiotika diaplikasikan pada periklanan, makna merek, dan makna sebuah produk. Dewasa ini, konsumen membeli suatu merek produk tidak lagi memperhatikan manfaat inti produk tersebut. Pusat perhatian konsumen adalah kemampuan produk tersebut untuk membantu mengekspresikan nilai-nilai yang diinginkan. Makna konotasi atau makna sekunder dari sebuah produk lebih diutamakan daripada makna denotasi atau makna primernya.
Pengaruh Discount Price, In-Store Display dan Sales People Terhadap Pembelian Impulsif dengan Impulse Buying Tendency Sebagai Variabel Moderasi Setiyowati, Agustina; Kustijana, Dwi Hastjarja
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i1.1

Abstract

Studi ini bertujuan menguji pengaruh impulse buying tendency dalam memoderasi hubungan antara discount price,in-store display dan sales people pada pembelian impulsif. Secara khusus, studi ini menguji apakah discount price, in-store display, sales people dan impulse buying tendency merupakan variable yang penting dalam membentuk pembelian impulsif. Data diperoleh melalui survei dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada responden. Sampel terdiri atas 110 konsumen MDS di Hartono Lifestyle Mall yang melakukan pembelian impulsif. PLS digunakan untuk menjelaskan hubungan antara variabel yang dihipotesiskan. Hasil menunjukkan bahwa discount price berpengaruh signifikan pada pembelian impulsif, in-store display berpengaruh signifikan pada pembelian impulsif, sales people berpengaruh signifikan pada pembelian impulsif, impulse buying tendency memperkuat hubungan antara discount price, in-store display dan sales people pada pembelian impulsif. Dalam studi ini, keterbatasan dan implikasi penelitian juga didiskusikan untuk memberikan wawasan aspek teoritis, praktis, dan penelitian lanjutan.
Pengaruh Mediasi Sikap Generasi Y Terhadap Niat Beli Rumah Ramah Lingkungan Wijayaningtyas, Maranatha
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i2.7

Abstract

Konsumen merupakan elemen fundamental yang menunjang pertumbuhan pasar rumah ramah lingkungan. Pembeli rumah golongan generasi Y memiliki faktor internal dan eksternal sebagai dasar dalam memutuskan untuk membeli rumah ramah lingkungan. Temuan empiris dari penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pengetahuan lingkungan dan sikap mempengaruhi niat perilaku konsumen dalam melakukan pembelian produk ramah lingkungan. Dengan demikian, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pengetahuan lingkungan generasi Y mempengaruhi niat pembelian mereka yang dimediasi dengan sikap terhadap rumah ramah lingkungan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan desain survei dengan menyebarkan kuesioner, responden untuk penelitian ini adalah 200 calon pembeli rumah generasi Y yang berdomisil di Surabaya dan Jakarta. Studi ini menemukan bahwa pengetahuan lingkungan secara positif mempengaruhi niat beli rumah ramah lingkungan serta sikap terhadap rumah tersebut. Selanjutnya, hasil analisa menunjukkan bahwa sikap merupakan faktor mediasi parsial pengetahuan lingkungan. Secara keseluruhan, penelitian ini memberikan bukti empiris bahwa sikap terhadap rumah ramah lingkungan sedikit mempengaruhi hubungan antara pengetahuan lingkungan dan niat membeli rumah ramah lingkungan.
Motivasi Kehadiran Pendukung Wanita di Stadion Sepakbola Indonesia Kusuma, Yoseph Benny
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i1.2

Abstract

Fanatisme supporter sepakbola dapat ditunjukkan dengan cara yang beragam, Seperti menggunakan atribut-atribut yang menunjukkan identitas tim. Bentuk lain dari kecintaan para suporter adalah didirikannya suatu fans club yang terdiri dari para pendukung tim tersebut. Penelitian ini ingin mengamati bentuk perilaku para wanita yang mendukung klub sepakbola di Indonesia menunjukkan fanatisme mereka pada klub sepakbola yang mereka dukung. Selain itu akan digali informasi lebih dalam lagi mengenai motivasi yang mendorong mereka untuk menunjukkan perilaku fanatisnya dalam mendukung sebuah klub Sepakbola. Penelitian ini menggunakan metode eksploratif, yang dilakukan karena studi ini harus melalui pengamatan pada suporter klub sepak bola berjenis kelamin wanita. Alasan seorang wanita mendukung klub sepak bola terbentuk oleh adanya dorongan motif afiliasi, faktor sosial budaya dan ikatan emosional.
Penggunaan Pesan Nonverbal Mahasiswa Asing dalam Beradaptasi di Lingkungan Belajar sari, Yanuarita kusuma permata
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i2.8

Abstract

Tulisan ini menggambarkan tentang penggunaan pesan nonverbal oleh mahasiswa asing dalam beradaptasi di lingkungan belajar Universitas Airlangga. Dari tulisan ini menunjukkan bahwa ada tiga bentuk pesan  non verbal yang digunakan  untuk berkomunikasi. Pertama adalah ekspresi wajah, kedua adalah senyuman dan ketiga adalah sikap diam. Pesan non verbal dilakukan untuk dapat beradaptasi di lingkungan belajar yang secara sosial budaya berbeda. Penggunaan pesan non verbal yang digunakan oleh mahasiswa asing menunjukkan fungsi regulasi, interpersonal serta adaptasi. Sementara itu, perilaku non verbal diadaptasi secara konvergensi dan divergensi. Dengan menggunakan pesan non verbal sebagai alat untuk beradaptasi, mahasiswa asing dapat meredam konflik atas perbedaan sosial budaya.
Merchandise Image Sebagai Mediasi Pengaruh Perceived Quality Terhadap Store Loyalty Wisnalmawati, Wisnalmawati
Jurnal Manajemen dan Kearifan Lokal Indonesia Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Asosiasi Peneliti Manajemen Adat Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26805/jmkli.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perceived quality berpengaruh langsung maupun tidak langsung terhadap store Loyalty, Merchandise image  sebagai mediasinya.  Obyek penelitian ini yaitu pelanggan toko perak.  Populasi adalah seluruh pelanggan  toko perak.  Sampel adalah pelanggan pada lima toko perak, setidaknya pada satu toko perak. Teknik penarikan sampel mengunakan convinience sampling dengan ukuran sampel 100 responden, sedangkan unit sampel, unit analisis dan responden adalah pelanggan lima toko perak. Alat analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan perceived quality berpengaruh langsung terhadap store Loyalty dan Merchandise  image tidak sebagai mediasi perceived quality pelanggan perak terhadap store Loyalty. Penelitian ini memberikan kontribusi: bagi teoretis pengembangan model perilaku konsumen dalam manajemen toko khusus, bagi pelaku bisnis menyusun strategi bisnis, pemerintah meningkatkan pendapatan pedesaan, tridarma perguruan tinggi melakukan penelitian dan membuat program pelatihan untuk perajin perak. Kebaruan Penelitian ini menjelaskan  Merhandise image tidak dapat menjadi soluasi diantara pengaruh perceived quality terhadap Store loyalty.

Page 1 of 3 | Total Record : 30