cover
Contact Name
Lalu Ahmad Didik Meiliyadi
Contact Email
Lalu Ahmad Didik Meiliyadi
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkonstan@uinmataram.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota mataram,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA
ISSN : 24609110     EISSN : 24609129     DOI : -
Core Subject : Science,
KONSTAN artinya tetap atau tidak ada perubahan. Tetap atau tidak adanya perubahan dalam hal ini bukan berarti tidak adanya kemajuan. Akan tetapi, jurnal selalu diharapkan tetap dapat kita terbitkan sesuai waktu yang direncanakan. Artinya, tetap dapat diterbitkan 2 kali setahun dalam bentuk cetakan dan online. Dengan demikian, para dosen, peneliti dan guru dituntut untuk terus menerus dapat melakukan penelitian demi kelancaran publikasi jurnal ini. Semoga KONSTAN dapat menjadi jurnal yang memiliki kredibilitas yang sangat baik.
Arjuna Subject : -
Articles 26 Documents
POTENSI KEPING DVD BEKAS SEBAGAI PANEL SURYA ALTERNATIF Auliya, Helmi; Widyowati, Ninik; Haqiqi, Arghob Khofya
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.44

Abstract

Penulisan ilmiah ini memberikan gambaran menjelaskan mengenai penggalian potensi keping DVD (Digital Versatile Disc) yang sudah tidak terpakai sebagai alternatif panel surya pada umumnya (monocrystalline). Penulisan ilmiah ini dilakukan berdasarkan latar belakang masalah yang terjadi terkait belum meratanya fasilitas listrik di daerah-daerah tertinggal. Sehingga pemanfaatan tenaga surya dirasa menjadi solusi dalam mengatasi masalah tersebut. Namun dengan kendala masih mahalnya panel surya sebagai alat konversi energi matahari menjadi listrik yang masih mahal maka penggunaan keping DVD bekas diharapkan bisa menjadi solusi alternatif pengganti panel surya. Penulisan ilmiah ini dilakukan dengan cara membuktikan secara langsung yaitu dengan metode eksperimen yang berdasarkan kajian pada studi pustaka, praktik langsung dan berbasis produk. Dari kajian studi pustaka diketahui bahwa keping DVD bekas mempunyai potensi untuk dikembangkan menjadi pengganti fungsi panel surya. Tidak hanya itu, untuk memperkuat penelitian ini kami juga melakukan ekperimen guna mengetahui kebenaran mengenai keping DVD bekas yang akan dijadikan menjadi prototype yang difungsikan hampir sama dengan panel surya. Berdasarkan hasil penelitian, kami membuktikan bahwa keping DVD bekas masih mempunyai manfaat yang besar jika dimanfaatkan secara efektif dan efisien. Selain itu kami juga memperoleh gambaran bahwa menggunakan keping DVD bekas, perangkat panel surya menjadi lebih ekonomis dan dapat dikembangkan lagi mengingat energi yang dihasilkan kepingan DVD ini masih dapat menghasilkan energi listrik yang lebih besar lagi.    
ANALISIS PERGESERAN LEMPENG BUMI YANG MENINGKATKAN POTENSI TERJADINYA GEMPA BUMI DI PULAU LOMBOK Syafitri, Yanita; Bahtiar, Bahtiar; Didik, Lalu A.
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.43

Abstract

This research is a qualitative research. Where the purpose of this research is to find out how the shifts of the earth?s plates around Lombok Island can increase the frequency of potential earthquakes on Lombok Island. This study uses a qualitative approach by paying attention to the theory of earth?s plates and the movements of the earh?s plates that have been described previously. The results of this study indicate a link between earth plate shifts and the frequency of earthquakes on Lombok Island. The world?s active tectonic plates in which the movements of two of them (the Indo-Australian Plate and the Eurasian Plate) greatly affect the frequency of earthquakes due to passing through Lombok Island. In addition to the two active tectonics plates  of the world, there is also one Fault namely the Flores Up Fault which stretches from Flores to Lombok Island which forms a trough amd is very active.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROCESS ORIENTED GUIDED INQUIRY LEARNING (POGIL) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI HUKUM ARCHIMEDES Devi, Ediawati Kusuma; Sulistri, Emi; Rosdianto, Haris
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.42

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hukum Archimedes dan pengaruh penerapan model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hukum Archimedes. Metode penelitian menggunakan quasy exsperiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Singkawang. Teknik pengambilan sampel berupa teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis berjumlah 10 soal dalam bentuk pilihan ganda beralasan yang telah diuji validitasnya. Hasil data tersebut kemudian dianalisis menggunakan uji N-gain dan uji statistik. Hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen sebesar 0,60 dalam kategori sedang dan kelas kontrol sebesar 0,22 dalam kategori rendah. Sehingga data yang diperoleh berdistribusi normal dan homogen. Dari hasil perhitungan uji t dua sampel tidak berkorelasi didapatkan nilai t hitung > t tabel yaitu 6,797 > 2,045, maka Ha diterima dan H0 ditolak pada taraf signifikansi a = 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran POGIL terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi hukum Archimedes.
THE APPLICATION OF STEM-BASED IPA LEARNING ACTIVITIES TO IMPROVE LEARNING MOTIVATION IN STRAIGHT MOTION CONCEPTS IN JUNIOR HIGH SCHOOL Fatichah, Lintang Nurul; Kaniawati, Ida; Jauhari, Agus
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.41

Abstract

ABSTRACT   Parents are the most influential figure in the life of every child. Parental involvement in the learning process can also affect the process of life is huge in children. In addition, the teachers and the learning environment in schools can also influence the motivation to learn so that students can master the student's mastery of concepts in science lessons in schools, especially physics known as a difficult subject among junior high school students. Therefore teachers and learning environments should be supportive atmosphere so that students more motivated to follow the lessons of Natural Sciences. The purpose of this study was to determine the increase in student motivation by using STEM-based science learning. This study uses a quantitative research with the participation of as many as 28 students of class VIII-5 on one of the Junior High School in Bandung. The instrument used in this study was a questionnaire on aspects of learning motivation Need for Achievement, Need for Power aspects, and aspects of the Need for Affiliation. The results showed that the students' motivation to learn the most improved there on aspects Need for Power showed an increase by a margin of 3.53 and an average pretest and posttest of 0.89. It can be concluded that the application of STEM-based science learning can increase students' motivation. Solutions to increase learning motivation towards science subjects can use based learning Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM).  Keywords: Motivation; STEM.
OPTIMALISASI TITIK DIDIH MINYAK GORENG PADA SUHU TINGGI DENGAN METODE PERANGKAP SUHU Arizona, Kurniawan; Nurhuda, Muhammad; Saroja, Gancang
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.38

Abstract

Konversi biomassa dengan metode pirolisis membutuhkan suhu yang tinggi sekitar 200-500oC tergantung dari jenisnya. Untuk mencapai suhu tersebut dibutuhkan tekanan eksternal yang mengakibatkan proses konversi tidak efesien. Diusulkan suatu skema baru yaitu reaktor pemanas menggunakan metode perangkap suhu tanpa memberikan tekanan eksternal. Pengujian telah dilakukan dengan cara memanaskan 4liter minyak goreng pada kecepatan putaran pengaduk yang bervariasi yaitu 5 rpm, 10 rpm, 20 rpm dan 30 rpm. Hasil yang diperoleh, makin cepat putaran pengaduk, mengakibatkan kenaikan suhu makin lambat. Suhu maksimum yang dicapai pada reaktor bawah yaitu 300oC dengan kecepatan putaran pengaduk 5 rpm. Diharapkan dengan pencapaian suhu ini, reaksi konversi biomassa dengan metode pirolisis untuk penelitian selanjutnya dapat tercapai.  
VALIDITAS TES KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF MATERI TEKANAN ZAT DENGAN ANALISIS RASCH MODEL Yuliadinda, Nurul; Muslim, Muslim; Efendi, Ridwan
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 4 No 2 (2019): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.20414/konstan.v4i2.40

Abstract

Creative thinking skills is one of the high-level thinking skills that must be possessed by students in learning. However, to determine the students' creative thinking skills necessary measurement tools in the form of tests. Therefore, studies were conducted in order to determine the content validation and construct validation tests of creative thinking skills with Rasch analysis models. This research uses descriptive quantitative method using the design construction and validation. The construction process generates six test items that measure creative thinking skills aspects of fluency, flexibility and originality in the form of an essay. The validation process is based on the judgment of five experts and tests on 190 samples. The results of the validity of the content item has a high and very high categories.
PERANAN KONFLIK KOGNITIF TERHADAP PERUBAHAN KONSEPTUAL PADA MAHASISWA TENTANG KONSEP GAYA Makhrus, Muh
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (467.542 KB)

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat konflik kognitif dan perubahan pendapat mahasiswa terhadap kebenaran konsep gaya yang diyakini pada saat proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CCM-CCA dan yang telah divalidasi oleh ahli pendidikan fisika melalui kegiatan FGD (Focused Group Discussions) dan hasil validasinya adalah valid secara isi dan konstruk. Desain  penelitian  yang  digunakan mengikuti  metode  R & D, yaitu pengembangan model dimulai dari mendesain model sampai implementasi model. Tingkat konflik kognitif diukur dengan lembar instrumen penilaian konflik kognitif. Perubahan pendapat mahasiswa diukur dengan menggunakan lembar pengamatan perubahan pendapat mahasiswa. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ke empat mahasiswa yang pada saat pretest memiliki konflik kognitif tinggi (M1 dan M2) dan rendah (M3 dan M4) setelah pembelajaran memiliki rata-rata persentase konflik kognitif lebih tinggi dari 75% (kategori yang sangat tinggi). Mahasiswa juga mengalami perubahan pendapat terhadap konsep yang diyakini kebenarannya pada konsep benda rihat (diam), benda bergerak ke atas, hukum kelembaman, gaya gesekan, dan keberlakuan hukum I dan III Newton tentang gerak. Hal ini menunjukkan model pembelajaran CCM-CCA dapat meningkatkan terjadinya konflik kognitif pada mahasiswa dan perubahan pendapat terhadap konsepsi salah yang diyakini kebenarannya menjadi konsepsi ilmiah (konsepsi fisikawan).  Kata Kunci: Konflik kognitif, perubahan pendapat, gaya  
PENGEMBANGAN PROTOTIPE BUKU AJAR TERINTEGRASI PROSES SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA Hidayat, Samsun; Supriadin, Supriadin; Iskandar, Jono
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (696.73 KB)

Abstract

Berpikir kritis telah menjadi bagian penting dalam pembelajaran pada semua level pendidikan di Indonesia. Membelajarkan keterampilan berpikir kritis membutuhkan pendekatan yang holistik dengan ketersediaan sumber belajar. Buku ajar terintegrasi proses saintifik dapat menjadi suplemen pokok untuk membelajarkan keterampilan berpikir kritis, karena proses saintifik merupakan prekursor (petunjuk awal) untuk melatih keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan mengembangkan prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di Sekolah Menengah Atas (SMA). Penelitian ini akan menghasilkan produk prototipe buku ajar terintegrasi proses saintifik dengan kriteria valid, praktis, dan efektif. Data kevalidan prototipe buku ajar diperoleh melalui proses validasi yang melibatkan pakar dan praktisi melalui mekanisme Focus Group Discussion (FGD). Setelah prototipe buku ajar dinyatakan valid selanjutnya dilakukan implementasi di lapangan untuk mendapatkan data kepraktisan prototipe buku ajar yang terukur dari keterlaksanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), aktivitas pembelajaran, dan respon siswa. Selanjunya data keefektifan prototipe buku ajar terukur dari peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah implementasi di lapangan. Luaran dalam penellitian ini berupa: a) buku ajar ter ISBN, b) artikel ilmiah yang dipublikasi dalam jurnal nasional terakareditasi, dan c) hasil penelitian yang disampaikan dalam seminar nasional.
PENGARUH PROJECT BASED LEARNING PADA MATAKULIAH ELEKTRONIKA DASAR TERHADAP KECAKAPAN HIDUP MAHASISWA PRODI TADRIS FISIKA UIN MATARAM Sucilestari, Ramdhani; Arizona, Kurniawan
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (561.888 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis proyek pada Matakuliah Elektronika Dasar terhadap kecakapan hidup mahasiswa Program Studi Tadris Fisika UIN Mataram. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuasi-eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian sejumlah 105 mahasiswa yang tersebar dalam 7 kelas. Sampel dalam penelitian ini adalah 24 mahasiswa yang dibagi dalam 2 kelas dan diambil dengan teknik cluster random sampling. Kecakapan hidup mahasiswa diukur dengan instrumen berupa angket dan tes yang diberikan pada awal dan akhir pembelajaran serta lembar observasi pada saat pembelajaran berlangsung. Ketiga instrumen yang digunakan sudah divalidasi. Data kecakapan hidup mahasiswa dianalisis dengan uji t dan untuk mengetahui peningkatan kecakapan hidup digunakan nilai gain yang dinormalisasi (N-gain). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran berbabasis proyek terhadap kecakapan hidup mahasiswa Prodi Tadris Fisika UIN Mataram.
PENGARUH ADVANCE ORGANIZER BERBASIS PROYEK TERHADAP KECAKAPAN HIDUP DAN KEMAMPUAN ANALISIS-SINTESIS MATA PELAJARAN IPA FISIKA SISWA Adepradana, Cintopa Satria; Harjono, Ahmad; Gunada, I Wayan
KONSTAN - JURNAL FISIKA DAN PENDIDIKAN FISIKA Vol 3 No 1 (2018): KONSTAN (Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika)
Publisher : Universitas Islam Negeri Mataram

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (550.35 KB)

Abstract

Tujuan penelitian kuasi eksperimen dengan desain “non-equivalent control group design” adalah untuk mengetahui pengaruh advance organizer berbasis proyek terhadap kecakapan hidup dan kemampuan analisis-sintesis mata pelajaran IPA fisika siswa. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 1 Sambelia yang berjumlah enam kelas.Siswa kelas IX A sebagai kelas eksperimen dan IX B sebagai kelas kontrol.Pengumpulan data kecakapan hidup dilakukan dengan rubrik penilaian.Kemampuan analisis-sintesis menggunakan teknik tes berbentuk pilihan ganda. Hasil penilaian kecakapan hidup diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,56 dengan nilai tertinggi 97,22 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 71,17 dengan nilai tertinggi 83,33.Hasil tes akhir untuk kemampuan analisis-sintesis diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 86,13 dengan nilai tertinggi 100 dan  nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 62,5 dengan nilai tertinggi 80.Hipotesis penelitian diuji dengan uji-t polled varians diperoleh nilai thitung lebih besar dari ttabelyaitu 2,63> 1,99 untuk kecakapan hidup dan 2,65 > 1,99 untuk kemampuan analisis-sintesis. Disimpulkanbahwa penggunaan advance organizer berbasis proyek berpengaruh terhadap kecakapan hidup dan kemampuan analisis sintesis mata pelajaran IPA fisika siswa.

Page 1 of 3 | Total Record : 26