cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota padang panjang,
Sumatera barat
INDONESIA
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan" : 8 Documents clear
PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK KARAWITAN “PARARAAN DALAM GAUANGAN” Prayuda, Novandra; Elizar, Elizar; Zulfahmi, Zulfahmi
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (908.942 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.458

Abstract

Karya komposisi yang berjudul Pararaan Dalam Gauangan terinpsirasi dari repertoar pada kesenian Gandang Tigo Baso yaitu repertoar Pararaan, yang mana repertoar pararaan memiliki pola ritem yang padat, tempo permainan cepat dibandingkan dengan repertoar lagu lain, gauangan tidak terputus sampai satu frase melodis hal inilah yang menarik pengkarya untuk menggarap repertoar Pararaan dengan teknik hocketing dan call and respontsial. Karya Pararaan dalam Gauangan ini dibagi dua bagian, bagian pertama menggarap pola repertoar dengan memberi kesan aksentuasi pada ritme dan nada. Kemudian bagian kedua mengembangkan nada repertoar pararaan dengan memakai canang dalam teknik permainan hocketing sebagai langkah ekplorasi terhadap nada-nada dan motif-motif pararaan Gandang Tigo Baso dengan menggunakan pendekatan garap tradisi.
PENCIPTAAN KOMPOSISI MUSIK KARAWITAN “NGANDUN” Reliansya, Yolanda; Haris, Asep Saepul; Firman, Firman
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (760.869 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.451

Abstract

“Ngandun” merupakan karya komposisi baru yang berangkat dari rasa musikal yang berbeda antara pola sweri dan tamatam pada kesenian Tabot Bengkulu yang dijumpai pada kegiatan prosesi malam menjara. Dalam penggarapan komposisi “Ngandun” terjadi eksplorasi terhadap musik tradisi, dengan melakukan pengolahan menjadi tekhnik-tekhnik musik konvensional dan penggabungan pengolahan sumber tradisi secara lebih leluasa terjadi pengolahan terhadap materi musikal sweri dan tamatam, baik melalui pengembangan bunyi, tempo terikat dengan sumber tradisi. 
PENCIPTAAN KARYA TARI “ SARASO” Junia, Cica; Wahyuni, Wahida; Loravianti, Susas Rita
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.217 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.410

Abstract

Saraso merupakan karya tari yang terinspirasi dari Mangampiang yang merupakan sebuah peristiwa kematian di kenagarian Batipuah Kabupaten Tanah Datar. Mangampiang dilakukan sehari sesudah kematian yang biasanya dilakukan seiring dengan aktifitas bakayu. Karya tari ini difokuskan pada proses mangampiang terutama dari aktifitas marandang, manumbuak dan manampi. Ketiga bentuk aktifitas ini mengandung nilai–nilai saling tolong menolong kebersamaan dan silaturahmi. Beranjak dari ketiga bentuk inilah yang digarap menjadi sebuah karya dengan menggunakan metode;  eksplorasi, improvisasi, komposisi dan evaluasi.
TERBANG KENCER IN DIGITAL MUSIC Munjazi, Achmad Ibnu; Martarosa, Martarosa; Nurkholis, Nurkholis
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.816 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.443

Abstract

Terbang kencer adalah kesenian musik tradisional yang berasal dari Jawa Tengah. Komponen penyusun Terbang Kencer terdiri dari Guru (Vokal/Penyair) dan alat musik perkusif yang berjumlah sembilan buah. Mereka Terdiri dari dua buah Terbang, empat buah Kencer, dua buah Kempling, dan satu buah Induk. Syair yang ada pada  Terbang kencer memiliki banyak jenis. Jenis Syair yang digunakan pada karya ini adalah Syair Sholawat  yang diambil dari Kitab Barzanji. Terbang kencer In Digital Music adalah sebuah karya yang mewujudkan permainan terbang kencer kedalam bentuk digital dan menerapkan rasa permainannya kedalam Musik elektronik dengan jenis House Music. Beberapa teknik Audio Digitalization yang digunakan antara lain Audio Sampling, Audio Variaton, dan Virtual Studio Instrumnetation. Karya ini dituangkan dalam dua bagian. Bagian pertama merupakan perwujudan bentuk Terbang kencer dalam bentuk MIDI Instrument. Bagian Kedua merupakan penuangan rasa permainan Terbang Kencer ke jenis House Music.  
TARI PIRING DI PANDAI SIKEK SEBUAH TINJAUAN PEWARISAN Surya, Wirma
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.302 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.528

Abstract

Tari Piring Pandai Sikek adalah salah satu dari sekian banyak tari piring di Sumatera Barat yang memiliki ciri khas yang unik dan menarik. Seperti gerakan-gerakan bercocok  tanam, menanam padi, memanen padi dan bersenda gurau sebagai ungkapan perasaan gembira. Bentuk pewarisan tari piring Pandai Sikek yang bersifat tertutup pun merupakan daya tarik tersendiri untuk dipelajari. Salah satu daya tariknya adalah karena Tari piring Pandai Sikek tidak boleh dipelajari oleh masyarakat lain di luar keturunan penduduk Pandai Sikek. Properti utama yang dipakai menari adalah piring porselin berukuran besar,  yang mana penggunaannya dalam tarian memerlukan keahlian khusus agar piring itu tidak terlepas, dalam tarian ini terdapat juga atraksi menari di atas piring. Di sini dibutuhkan keahlian dan konsentrasi agar penari tidak jatuh dan piring tidak pecah. Jadi tari Piring Pandai Sikek merupakan tarian yang mengkombinasikan antara seni tari itu sendiri dengan akrobatik dan ada unsur mistis.
TARI GALOMBANG MASYARAKAT KOTO KOCIAK NAGARI VII KEC. GUGUAK KAB. 50 KOTA Nurfadhilah, Syifa; Nurmalena, Nurmalena; Yarlis, Yarlis
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.505 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.493

Abstract

PePenelitian ini bertujuan untuk membahas tentang “Bentuk dan Fungsi Tari Galombang dalam masyarakat Koto Kociak Nagari VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota”.   Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat  deskriptif analisis. Pada tahap ini peneliti mendeskripsikan apa yang dapat dilapangan kemudian dianalisis sesuai dengan permasalahan. Teori yang digunakan adalah teori bentuk pendapat Nanik Sri Prihatini dan teori fungsi pendapat Daryusti. Semua teori yang dipakai digunakan untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian. Tari Galombang di tarikan oleh Lansia yang masih aktif di tengah kehidupan masyarakat Koto Kociak berfungsi untuk upacara pesta perkawinan, upacara pengangkatan pengulu, dan upacara penyambutan tamu. Dengan hal ini Tari Galombang dipertunjukan dengan adanya bentuk pertunjukan yaitu berupa komponen-komponen tari meliputi gerak, penari, rias dan kostum, musik, properti, pola lantai, dan tempat pertunjukan.
MANAJEMEN SANGGAR TARI SARAI SARUMPUN DI GUNUNG SARIK KEC. KURANJI -KOTA PADANG Amniaty, Husna
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (577.454 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.416

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pengelolaan pada sanggar  Sarai  Sarumpun di Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini dengan judul Manajemen Sanggar Sarai Sarumpun Gunung Sarik Kecamatan Kuranji Kota Padang. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan memakai metode deskriptif analisis. Teori yang digunakan adalah teori manajemen. Sanggar Sarai Sarumpun merupakan salah satu sanggar yang dikenal di kota Padang, Salah satu yang membuat sanggar ini dikenal karena memberikan hasil kreativitas dan produktifitas dari proses manajemen kepada masyarakat. Sanggar ini menampilkan karya seni berupa tari dan musik dengan kriteria penari yang mempunyai tinggi dan berat badan yang ideal dan mempunyai wajah yang dapat memberikan daya tarik kepada penonton. Manajemen terhadap pengelolaan keuangan dari sanggar Sarai Sarumpun tergantung kepada budget yang ditawarkan. Secara analisis SWOT Sanggar Sarai Sarumpun mempunyai kelemahan dan kekuatan terhadap kreativitas dan produktifitas sehingga sanggar ini dikenal dan eksis di tengah masyaraka
PEMERANAN TOKOH ANGGUN DALAM NASKAH ANGGUN NAN TONGGA KARYA EDY SUISNO DENGAN PENDEKATAN AKTING RANDAI Desriyanto, Desriyanto; Zulkifli, Zulkifli; N, Sahrul
Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan Vol 4, No 1 (2018): Laga-Laga: Jurnal Seni Pertunjukan
Publisher : Institut Seni Indonesia Padangpanjang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.897 KB) | DOI: 10.26887/lg.v4i1.446

Abstract

Pemeranan tokoh Anggun yang terdapat dalam naskah Perempuan Dalam Bingkai Jendela karya Edy Suisno merupakan sebuah bentuk proses kreatif pada pertunjukan seni teater. Setelah melakukan analisis terhadap tokoh yang terdapat dalam naskah, penggunaan konsep dan metode yang sesuai akan mempengaruhi perwujudan dari tokoh tersebut. Pendekatan akting dari Randai Minangkabau merupakan rujukan untuk menunjang cara kerja mewujudkan tokoh Anggun di atas panggung.

Page 1 of 1 | Total Record : 8