cover
Contact Name
Moh. Furqan
Contact Email
moh.furqan07@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
editor.njca@gmail.com
Editorial Address
-
Location
,
INDONESIA
Nusantara Journal of Computers and its Applications
ISSN : 25280511     EISSN : 25279815     DOI : -
Nusantara Journal of Computer Applications (NJCA) is a journal published by the organization with the Computer Society of Nahdlatul Ulama (CSNU). NJCA is national open access journal devoted to various discipline including Computer science, information systems, computer engineering and software engineering. NJCA publishes research articles, reviews and letters in all areas of aforementioned disciplines. The journal aims to provide comprehensive source of information on recent developments in the field.
Arjuna Subject : -
Articles 67 Documents
DETEKSI DAN PENGHITUNGAN MANUSIA PADA VIDEO MENGGUNAKAN METODE HOG DAN SVM Rosadi, Muhammad Imron
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Deteksi obyek pejalan kaki lebih sulit daripada mendeteksi obyek lain karena orang dapat menunjukkan  gerak yang bervariasi. Selain itu pejalan kaki juga memakai berbagai jenis dan warna pakaian yang berbeda. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang robust yang dapat mendeteksi variabilitas yang tinggi tersebut. Dalam penelitian ini sistem deteksi obyek yang diusulkan menggunakanHistogram of Oriented Gradient (HOG) yang digunakan untuk mereduksi dimensi dan klasifikasi menggunakan Support Vector Machine (SVM). Reduksi dimensi data ini dapat meningkatkan akurasi dan performa sistem. System ini dapat mendeteksi pejalan kaki dari depan dan belakang. Hasil uji coba terhadap metode yang dibuat ini memiliki tingkat akurasi hingga mencapai adalah 82 %, maka tingkat kegagalannya adalah 18 %.  Dan rata-rata waktu komputasi 235.939 detik
MEMBANGUN GAME SIMULASI “BEST DRIVER” DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO BERBASIS MULTIPLATFORM Baskoro, Roby Gunawan; Kridalaksana, Awang Harsa; Hatta, Heliza Rahmania
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sosialisasi peraturan berlalu lintas dapat dengan mudah disampaikan kepada masyarakatdengan media yang lebih menarik seperti Game simulasi. Game dapat menjadi salah satu mediabelajar dan sosialisasi peraturan berlalu lintas, karena dapat dimainkan oleh semua kalangan secaragratis. Game ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman pengguna tentang bagaimana menjadi pengemudi yang baik. Maka terciptalah sebuah game simulasi lalu-lintas “Best Driver” yang membawa pemainnya ke dalam situasi lalu-lintas di Kota Samarinda. Sistem pengereman kendaraan dalam game simulasi ini menggunakan Artificial Intelegence dengan Metode Fuzzy Tsukamoto. Terdapat misi yang berbeda di setiap levelnya untuk mematuhi sebuah peraturan lalu-lintas. Untuk menarik minat banyak pengguna game ini, dibuat dalam beberapa jenis platform yaitu desktop, mobile, dan web, agar dapat dimainkan kapan saja dan dimana saja. Agar semakin banyak yangmemainkan game ini dan memahami undang-undang lalu-lintas.
PREDIKSI PRESTASI SISWA SMP NURUL JADID MENGGUNAKAN ALGORITMA C4.5 Malik, Kamil; Faid, Mochammad
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membangun sistem prediksi Prestasi siswa yang lebih akurat sehingga dapat memudahkan dalam pengambilan keputusan untuk pembinaan siswa lebih dalam lagi terkait prestasi yang ada pada Lembaga Smp Nurul Jadid tersebut. Pengumpulan data primer dilakukan berdasarkan wawancara langsung dengan pihak Kepala Sekolah Lembaga Nurul Jadid. Analisis dilakukan dengan melakukan training pada data beberapa tahun 2015/2016 untuk membangun model C4.5. Karenanya, dapat disimpulkan bahwa data miningdengan teknik C4.5 dapat menghasilkan prediksi prestasi yang lebih tepat sehingga dapat membantu Lembaga Smp Nurul Jadid dalam pengambilan keputusan
Pembelajaran Supervised SVM Untuk Identifikasi Obyek Pisau Pada Mesin X-Ray Bandara Juanda Santoso, Agung; Arif, Isturom; Hatta, M
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The detection process is started changing RGB image to YCbCr and then the canal Cb is chosen followed by 3processes consisting of making binary image, filtration and segmentation. The binary image aims to changeimage to white black, filtration is used to abolish noise, and segmentation is used to float object and dimensioncalculation consisting of RV and Σ pixel. After having its value, the process of SVM classification is done byusing data training and testing. The result of SVM process is graphic which will be used to identify a knife objector not.
ANALISIS PENERAPAN MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP) DENGAN MEMPERTIMBANGKAN LOT SIZING Suparno, Suparno
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

CV. restu Ibu merupakan salah satu industri furniture di Kabupaten Gresik yang mengolah kayu jati menjadi aneka meubel. Meubel yang diproduksi adalah pintu, meja, kursi, almari dan kusen. Sistem pengendalian bahan baku yang tidak terstruktur menjadi permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Metode yang digunakan perusahaan saat ini dalam pengelolaan bahan baku hanya menggunakan perhitungan konvensional tanpa melakukan suatu peramalan atau perencanaan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan metode Lot Sizing yang efektif diterapkan perusahaan dalam perencanaan bahan baku untuk mengetahui perbandingan total persediaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Material Requirement Planning (MRP). Metode Material Requirement Planning(MRP) digunakan dengan menggunakan dua metode Lot Sizing yang berbeda yaitu metode Lot For Lot dan Lot Economic Order Quantity. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode peramalan dekomposisi merupakan metode peramalan yang memiliki tingkat kesalahan peramalan terkecil yaitu dengan nilai MSD produk pintu 23.1989,kursi 33.4377, almari 23.0874, meja 23.0874, dan kusen 12.4765.  Perencanaan kebutuhan bahan baku yang dibuat berdasarkan hasil peramalan permintaan produk di CV. Restu Ibu menunjukkan teknik Lot Size terbaik adalah Lot For Lot. Teknik Lot For Lotmenghasilkan biaya persediaan terendah sebesar Rp2,563,992dibandingkan dengan teknik Lot Economic Order Quantity yang menghasilkan biaya sebesar Rp3,169,394.
IMAGE THRESHOLDING BASED ON HIERARCHICAL CLUSTERING ANALYSIS AND PERCENTILE METHOD FOR TUNA IMAGE SEGMENTATION Puspaningrum, Alifia; Nur, Nahya; Riza, Ozzy Secio; Arifin, Agus Zainal
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 2, No 1 (2017): Juni 2017
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Automatic classification of tuna image needs a good segmentation as a main process. Tuna image is taken with textural background and the tuna’s shadow behind the object. This paper proposed a new weighted thresholding method for tuna image segmentation which adapts hierarchical clustering analysisand percentile method. The proposed method considering all part of the image and the several part of the image. It will be used to estimate the object which the proportion has been known. To detect the edge of tuna images, 2D Gabor filter has been implemented to the image. The result image then threshold which the value has been calculated by using HCA and percentile method. The mathematical morphologies are applied into threshold image. In the experimental result, the proposed method can improve the accuracy value up to 20.04%, sensitivity value up to 29.94%, and specificity value up to 17,23% compared to HCA. The result shows that the proposed method cansegment tuna images well and more accurate than hierarchical cluster analysis method.
Deteksi Plagiat Dokumen Tugas Daring Laporan Praktikum Mata Kuliah Desain Web Menggunakan Metode Naive Bayes Susanto, Dwi; Basuki, Achmad; Duanda, Prada
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Website Dosenjaga merupakan sebuah Learning Management System(LMS) untuk program Pendidikan Jarak Jauh(PJJ) yang diterapkan di Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Pada website ini terdapat berbagai fasilitas yang digunakan untuk memudahkan mahasiswa dan dosen PJJ dalam proses pembelajaran. Salah satu fasilitasnya yakni pengumpulan tugas dalam jaringan(daring). Fasilitas ini memberikan akses bagi mahasiswa untuk mengumpulkan tugas dalam bentuk dokumen dengan mengunggahnya ke Dosenjaga. Pengumpulan tugas dalam bentuk dokumen ini membuka peluang terjadinya penjiplakan atau plagiat yang dilakukan oleh mahasiswa. Sementara itu, proses pengecekan dokumen unggahan mahasiswa masih dilakukan secara manual oleh dosen. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dibuatlah sistem pendeteksi plagiat yang diimplementasikan pada Dosenjaga dalam bentuk fitur. Naive Bayes digunakan untuk mendeteksi kesamaan antar dokumen tugas mahasiswa. Hasil yang didapatkan dari sistem pendeteksi plagiat ini adalah persentase kesamaan antara dokumen yang dibandingkan.
SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DALAM PEMILIHAN MODEL DENGAN MENGGUNAKAN METODE TIME SERIES Chamid, Noer; Yaqin, Muhammad Ainul; Izzah, Nailul
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 2, No 2 (2017): Desember 2017
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Analisis time series antara lain memahami dan menjelaskan mekanisme tertentu, meramalkan suatu nilai di masa depan dan mengoptimalkan sistem kendali. Dalam pengambilan keputusan yang menggunakan analisis time series tersebut perlu menggunakan software yang prabayar seperti Minitab, SPSS dan SAS sehingga perlu pembuatan sistem informasi yang mendukung keputusan dalam analisis tersebut. Sistem informasi yang dibuat tersebut akan dilakukan uji coba terhadap kehandalan dan diimplementasikan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan penyusunan target pendapatan asli daerah di pemerintah daerah atau data lainnya. Model yang digunakan dalam menduga adalah dengan menggunakan 4 (empat) metode, yaitu : Metode Moving Average, Metode Eksponential Smooting, Metode Linier Trend Line dan Seasonal Adjusment. Dari 4 (empat) metode tersebut, dapat dipilih model yang terbaik dengan menggunakan kriteria menentukan nilai Mean Absolute Deviation (MAD) dan Mean Absolute Percentage Error (MAPE) yang terkecil. Sistem informasi yang dibuat tersebut sudah dilakukan uji coba terhadap kehandalan dan diimplementasikan dalam pengambilan keputusan untuk menentukan penyusunan target pendapatan asli daerah di pemerintah daerah. Sistem Pendukung Keputusan ini dapat dijadikan sebagai tool dalam membuat rekomendasi sebuah keputusan.Kata Kunci: Time Series, Sistem Pendukung Keputusan, Pendapatan Asli Daerah                                                                       
PENYELESAIAN MULTI-DEPOT MULTIPLE TRAVELING SALESMAN PROBLEM MENGGUNAKAN K-MEANS DAN ANT COLONY OPTIMIZATION Farisi, Olief Ilmandira Ratu; Pratamasunu, Gulpi Qorik Oktagalu
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 2 (2016): Desember 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Multi-Depot Multiple Traveling Salesman Problem (MmTSP) merupakan masalah pencarian rute terpendek oleh beberapa salesman yang berangkat dari kota yang berbeda-beda, disebut depot, dan kembali ke depotnya masing-masing dengan setiap kota harus dikunjungi tepat satu kali. ACO merupakan algoritma yang didesain untuk menyelesaikan TSP. Untuk menyelesaikan MmTSP, pada penelitian ini diusulkan metode K-Means ACO. K-Means digunakan untuk mencari pembagian kota yang optimal. Pembagian ini dilakukan sesuai dengan banyak depot pada permasalahan. Hasil setiap cluster ini menjadi kota-kota yang akan dikunjungi oleh setiap salesman. Setiap cluster hasil dari K-Means dicari rute terpendeknya menggunakan ACO. Gabungan hasil rute terpendek dari setiap cluster tersebut menjadi penyelesaian MmTSP. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode K-Means ACO dapat mencari rute yang mendekati optimal dengan waktu yang singkat.
PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE INTERAKTIF NARRATIVE TEXT & STORYTELLING BAHASA INGGRIS Alimudin, Akhmad; Faizal M, Aliv
Nusantara Journal of Computers and its Applications Vol 1, No 1 (2016): Juni 2016
Publisher : Nusantara Journal of Computers and its Applications

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Teaching the English language has become part of the curriculum in Indonesia. Listening is one of the skills in a language that needs special attention so that learners can improve listening skill. Narrative is a genre-based text that is part of a high school English teaching materials. The ability of the students in understanding the narrative text through listening skills need attention. Thus, we need a media that can assist participants in improving students listening skills, especially English language support on a matter of narrative text. In connection with the widespread use of smartphones by high school students, then a mobile application that can be used by students in support of improving listening skills need to be made. So the researchers developed an android application which presents a narrative text with a focus listening folklore in Indonesia so that later can be accessed easily by the students so that smartphone users can use it to improve listening skills.