cover
Contact Name
Dr. Noermanzah, M.Pd.
Contact Email
noermanzah@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
silamparibisa@stkippgri-lubuklinggau.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
ISSN : 26206919     EISSN : 26203316     DOI : -
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing is a journal that focuses on publishing research results in Indonesian language and literature education, foreign language and literature education, and local language and literature education.
Arjuna Subject : -
Articles 34 Documents
Penerapan Media Audiovisual dalam Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dongeng Siswa Kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba Hakim, M. Nur
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (420.818 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.79

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses dan hasil penerapan media audiovisual dalam meningkatkan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan selama 2 siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, catatan lapangan, dan tes, sedangkan teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Secara kualitatif, data dianalisis dari hasil observasi dan catatan lapangan, sedangkan secara kuantitatif, data dianalisis dari hasil tes yang dilakukan di setiap akhir siklus. Uji kebasahan data menggunakan triangulasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1. selama proses penerapan media audiovisual terjadi peningkatan keterampilan menyimak dongeng yang tampak pada kemampuan siswa mengidentifikasi isi dongeng, seperti tema, penokohan, alur, latar, dan amanat, dan 2. hasil peningkatan terlihat pada ketuntasan belajar siswa yakni pada siklus I perolehan nilai rata-rata hanya 61,75 mengalami peningkatan menjadi 76,25. Hasil tersebut disimpulkan bahwa media audiovisual dapat memberikan dampak positif dalam peningkatan keterampilan menyimak dongeng siswa kelas III MIS Darul Ulum Muhammadiyah Bulukumba.
Komunikasi Sastra pada Puisi Selamat Tahun Baru Kawan Karya Mustofa Bisri Mustaqim, Andika Hendra
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (494.674 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.139

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang komunikasi sastra pada puisi Selamat Tahun Baru Kawan karya KH Mustofa Bisri (Gus Mus) dengan fokus membongkar sistem bahasa dan sistem sosio-budaya. Pendekaan penelitian ini adalah kualitatif dan menggunakan metode analisis isi. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari menyusun ringkasan abstraksi berupa korpus, eksplikasi, dan penataan struktur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem bahasa pada puisi karya Gus Mus tersebut memunculkan makna yang bisa ditarik dari segi denotatif dan konotatif. Kemudian, permainan diksi juga dimainkan Gus Mus. Pemilihan diksi menunjukkan representasi tertentu. Selanjutnya, permainan rima dan irama juga menjadi aspek penting pada puisi Gus Mus. Dalam sistem sosial-budaya, pada puisi Gus Mus fokus membahas urusan keyakinan yang menjadi identitas pada banyak puisinya. Dia menyindir cara berkeyakinan banyak umat Islam terutama di Indonesia yang mengabaikan esensi dan cenderung lebih menunjukkan citra saja. Selain itu, unsur sosio-budaya yang muncul adalah sentimen yang bisa parameter stabilitas sosial, dan  tujuan yang menjadi arah pergerakan masyarakat. Tidak ketinggalan adalah kekuasaan yang penentu dan dominasi pada masyarakat, dan ketegangan juga bermain dengan penuturan yang paradoks.
Analisis Kesalahan Struktur Kalimat pada Tes Keterampilan Menulis dalam Diklat HSK 3 (汉语水平考试) Guru Bahasa Mandarin SMA/SMK di PPPPTK Boe Malang Puspitaningsih, Lestari
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (583.239 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.151

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan struktur kalimat pada tes keterampilan menulis yang dibuat oleh peserta diklat HSK 3 guru bahasa Mandarin SMA/SMK yang diselenggarakan di PPPPTK BOE Malang. Dalam Linguistik, berdasarkan J. Richard et al, (2002), kesalahan dapat berupakan kata, tindak tutur atau struktur gramatikal yang tidak tepat disebabkan oleh penguasaan yang tidak utuh terhadap bahasa tersebut. Penelitian dilakukan dengan menggunakan taksonomi komparatif yaitu menganalisis hasil tes keterampilan menulis peserta diklat yang terdapat pada HSK 3 yang disebabkan oleh kesalahan interlingual atau kesalahan interferensi, yakni kesalahan yang bersumber (akibat) dari pengaruh bahasa pertama (B1) terhadap bahasa kedua (B2) dan kesalahan intralingual yaitu kesalahan berbahasa yang disebabkan kurangnya penguasaan terhadap bahasa kedua (B2). Hasil anaslisis menunjukan bahwa terdapat lima kalimat dimana sebanyak  lebih dari 85% responden melakukan kesalahan yang disebabkan adanya kerancuan dengan struktur dalam bahasa Indonesia. Analisis kesalahan ini dilakukan tidak hanya untuk mengidikasi penyebab, namun juga sebagai kajian untuk menerapakan metode yang sesuai dalam melaksanakan pembelajaran bahasa Mandarin.
Nilai Sosial dan Moralitas dalam Naskah Drama Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra Nugroho, Agung
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.539 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.153

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai sosial dan nilai moral naskah drama. Naskah drama yang digunakan berjudul Janji Senja Karya Taofan Nalisaputra. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan cara membaca, pengkodingan, pendeskripsian, interprestasi, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini merupakan deskripsi kajian nilai sosial dan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra. Hasil dari kajian nilai sosial yang mendominasi naskah drama  Janji Senja karya Taofan Nalisaputra yaitu nilai sosial diri dengan orang lain hal ini terlihat dari kutipan  “Istri harus patuh pada suami, ujaran yang kasar berdampak menyakiti hati orang lain, kebencian yang memutuskan tali darah dalam tubuh, lebih mementingkan orang lain dari pada ibunya sendiri”. Hal ini tampak jelas dituangkan oleh pengarang dalam naskahnya. Sedangkan nilai moral naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra melingkupi beberapa aspek di antaranya,  berbentuk tingkah laku yang sesuai dengan kesusilaan, budi pekerti, dan juga akhlak. Berdasarkan hasil tersebut terlihat jelas jika naskah drama Janji Senja karya Taofan Nalisaputra sangat kental akan nilai sosial dan moral hal ini karena naskah drama yang diangkat berkaitan langsung dengan kehidupan sehari-hari di masyarakat.
Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Examples Non-Examples terhadap Hasil Belajar Menulis Teks Berita pada Siswa Kelas VIII SMPN 14 Kota Tangerang Sulaeman, Agus; Ariyana, Ariyana
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (386.006 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.201

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui pengaruh penggunaan model examples non examples pada siswa kelas VII SMPN 14 Kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan melakukan pretes dan postes dua kelompok. Jenis metode penelitian eksperimen ini menggunakan disain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Dimana kelas eksperimen yang diberi perlakuan dan kelas kontrol tidak diberi perlakuan. Nonequivalent Control Group Design ini hampir sama dengan pretest dan postest kontrol group desain, hanya pada desain ini kelompok eksperimen maupun kontrol tidak dipilih secara random. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data dimulai dari uji normalitas, uji homogenitas, dan dilanjutkan uji hipotesis. Terdapat perbedaan hasil belajar menulis teks berita antara siswa yang diberi model pembelajaran examples non-examples dengan siswa yang tidak diberi model pembelajaran examples non-examples dan dibuktikan dengan hasil pengujian hipotesis yaitu pretes pada kelas kontrol dan eksperimen Ho diterima H1 ditolak, dapat disimpulkan bahwa thitung lebih kecil ttabel ( 0,42 lebih kecil 2,0022 ) maka pada pretes tidak memiliki perbedaan hasil belajar yang signifikan, dan hasil hipotesis postes pada kelas kontrol dan kelas eksperimen yaitu H1 diterima Ho ditolak karena thitung lebih besar ttabel = 3,05 lebih besar 2,0022. Maka dapat dinyatakan bahwa pemberian postes pada kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakukan dan kelas eksperimen mendapatkan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran examples non-examples menunjukkan perbedaan hasil belajar yang sangat signifikan.
Evaluasi Implementasi Penilaian Hasil Belajar Berdasarkan Kurikulum 2013 oleh Guru Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu Friantary, Heny; Martina, Feny
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 1 No 2 (2018): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.939 KB) | DOI: 10.31540/silamparibisa.v1i2.202

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil evaluasi terhadap proses implementasi kurikulum 2013 dalam penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu dan menjelaskan kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar yang dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Indonesia dan bahasa Inggris di MTS Ja-Alhaq Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dari identifikasi data, klasifikasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris guru bahasa Indonesia belum sepenuhnya sesuai apa yang diminta oleh K13, penilaian aspek kompetensi pengetahuan masih didominasi dengan teknik tes tertulis, dan penilaian untuk pengukuran kompetensi keterampilan hanya dilakukan dengan teknik penilaian praktik. Kemudian, terdapat beberapa kesenjangan antara standar absolut pelaksanaan dengan implementasi penilaian hasil belajar siswa yang dilakukan oleh guru bahasa Inggris dan guru bahasa Indonesia yang menjadi subjek dari penelitian ini.
STRATEGI PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SINTAKSIS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS BENGKULU DENGAN METODE BRAINSTORMING Basuki, Rokhmat; Suryadi, Suryadi
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 2 No 2 (2019): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31540/silamparibisa.v2i2.752

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses pembelajaran sintaksis dan mengetahui peningkatan prestasi perkuliahan sintaksis dengan menggunakan metode brainstorming pada mahaiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu. Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, dan observasi. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester IVc Program Studi Pendidilan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Keguruan dan  Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, interpretasi hasil analisis tes, wawancara, dan observasi, serta membuat kesimpulan berdasarkan indikator keberhasilan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi perubahan sikap dan perilaku mahasiswa yang lebih positif. Pada siklus pertama mahasiswa terlihat senang dan bersemangat dalam perkuliahan. Selain itu, pada siklus kedua mahasiswa semakin aktif dan antusias dalam mengikuti seluruh rangkaian perkuliahan. Prestasi perkuliahan yang  diperoleh para mahasiswa dengan kategori meningkat dengan hasil memuaskan. Terbukti pada siklus pertama, nilai rata-rata mahasiswa 70  dengan rincian 7 mahasiswa yang mendapatkan nilai baik sekali atau 19%. Mahasiswa dengan nilai baik berjumlah 19 atau  53%. Kemudian, mahasiswa dengan nilai cukup sebanyak 10 atau 28%. Sedangkan pada siklus kedua pencapaian nilai rata-rata 78,5 dengan rincian 12 mahasiswa mendapat nilai baik sekali atau 33%, sedangkan mahasiswa yang mendapatkan nilai baik 24 mahasiswa atau 67%.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS KECERDASAN VERBAL LINGUISTIK Kirom, Sabitul
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 2 No 2 (2019): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31540/silamparibisa.v2i2.616

Abstract

Keterampilan menulis artikel ilmiah merupakan keterampilan yang penting dikuasai oleh setiap mahasiswa. Kegiatan menulis artikel ilmiah menjadi sarana dalam melatih kemampuan mahasiswa dalam mengomunikasikan hasil pemikiran maupun penelitian yang dilakukan. Namun, kenyataannya mahasiswa banyak yang mengalami kesulitan dalam menulis artikel ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah melalui strategi pembelajaran berbasis kecerdasan verbal linguistik. Penelitian yang dilakukan ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas. Data yang digunakan dalam penelitian berupa data proses dan data produk pembelajaran menulis artikel ilmiah menggunakan strategi pembelajaran berbasis kecerdasan verbal linguistik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa dalam menulis artikel ilmiah dapat ditingkatkan melalui strategi pembelajaran berbasis kecerdasan verbal linguistik. Peningkatan kemampuan mahasiswa tersebut dapat dilihat dari segi proses maupun produk hasil pembelajaran.
PENERAPAN TRI-N DALAM BUKU TEKS SISWA BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP KELAS VIII KURIKULUM 2013 Rahayu, Siti; Rochmiyati, Siti
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 2 No 2 (2019): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31540/silamparibisa.v2i2.594

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan proses Niteni, Nirokke, dan Nambahi pada buku teks siswa Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi yang bersumber dari buku teks siswa yaitu buku Bahasa Indonesia untuk Siswa SMP Kelas VIII Kurikulum 2013. Data pada penelitian ini adalah kata, frasa, kalimat, dan paragraf yang memuat kata kerja operasional dalam penerapan proses niteni, nirokke, dan nambahi yang terdapat pada buku teks siswa. Uji keabsahan data menggunakan membercheck dan validasi pakar. Teknik analisis data dengan langkah-langkah berikut: reduksi data, sajian data, dan verifikasi atau simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua indikator proses niteni, nirokke, dan nambahi terdapat dalam buku teks. Niteni dalam buku teks siswa terdapat unsur mengamati menggunakan indra pendengaran, menggali informasi lebih dalam dari hasil pengamatan, dan menalar dengan menghubungkan pengetahuan yang sudah dimiliki dari hasil galian. Nirokke dalam buku teks siswa terdapat unsur menirukan dengan melafalkan melalui suara, menirukan dengan membaca, menirukan dengan menulis, menirukan melalui gerakan, menirukan dengan mencoba atau eksperimen, menirukan dengan mendemonstrasikan atau mempraktikkan, dan menirukan dengan menyajikan. Kemudian, Nambahi dalam buku teks siswa terdapat unsur menambahi dengan mencipta atau membuat, dan proses menambahi dengan mengimprovisasi.
HUBUNGAN MODEL NON DIRECTIVE TEACHING DENGAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Nurlaila, Nurlaila
Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing Vol 2 No 2 (2019): Silampari Bisa: Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa Indonesia, Daerah, dan Asing
Publisher : LP4MK STKIP PGRI Lubuklinggau

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31540/silamparibisa.v2i2.482

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan penerapan model non directive teaching  terhadap motivasi belajar bahasa Arab siswa SMK Muhammadiyah Prambanan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner yang disebarkan kepada 104 siswa dari jumlah seluruh populasi sebesar 245 siswa kelas XI yang selanjutnya dilakukan uji validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas. Untuk mengetahui besar nilai signifikansi hubungan dan pengaruh model non directive teaching dengan motivasi belajar dilakukan uji korelasi dan uji regresi. Dari perhitungan menggunakan rumus koefisien korelasi product moment, diketahui  terdapat hubungan yang positif dan sangat signifikan antara penerapan model non directive teaching dengan motivasi belajar bahasa Arab siswa kelas XI di SMK Muhmmadiyah Prambanan sebesar  rxy 0,428 dan sumbangan efektif penerapan model non directive teaching terhadap motivasi belajar bahasa Arab hanya sebesar 18,3% (R square 0,183) sedangkan sebesar 71,3 % motivasi belajar bahasa Arab siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Oleh karena itu, untuk perbaikan kualitas pembelajaran, penerapan model non directive teaching perlu dikemas dengan berbagai metode pembelajaran yang mendukung, baik untuk proses non directive counseling dan maupun tujuan pembelajaran yang diinginkan. Hal ini dikarenakan motivasi belajar siswa adalah variabel yang dipengaruhi oleh berbagai faktor.

Page 1 of 4 | Total Record : 34