cover
Contact Name
Dina Meilena
Contact Email
dinameilena@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
dinameilena@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota madiun,
Jawa timur
INDONESIA
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran
ISSN : 20885350     EISSN : 25285173     DOI : -
Core Subject : Education,
PREMIERE EDUCANDUM: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran is a scientific journal that aims to communicate research results of professors, teachers, practitioners, and scientists in the field of basic education covering the fields of basic teaching in elementary, Applied science and analytical-critical studies in the field of basic education. Target readers of the journal are professors, students, teachers and practitioners of basic science education. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran has ISSN: 2088-5350 (Print) & ISSN: 2528-5173 (Online) and accredited 'S3' Grade by RISTEKDIKTI (Ministry of Research, Technology and Higher Education, Republic of Indonesia).
Arjuna Subject : -
Articles 10 Documents
Search results for , issue " Vol 7, No 01 (2017)" : 10 Documents clear
Peningkatan Prestasi Belajar IPS Melalui Metode Ekspositori Pada Siswa Kelas II SDN Sukolilo 03 wakiyem, wakiyem
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.191 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1250

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS khususnya dalam hal  kemampuan mengidentifikasi kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga melalui metode ekspositori siswa Kelas II SDN Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Madiun tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas II dan dilakukan secara kolaboratif dengan guru SDN Sukolilo 03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi metode ekspositori yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar siswa Kelas II SD Negeri Sukolilo 03 Kecamatan Jiwan Madiun, ternyata lebih efektif dalam meningkatkan dan menumbuhkan aktivitas, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM meningkat dari siklus I ke siklus II. 
Peningkatan Pemahaman Konsep Bangun Datar Melalui Pendekatan Konstruktivisme Berbasis Teori Van Hiele Cintang, Nyai; Nurkhasanah, Ari Meiza
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (629.6 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1144

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa kelas III SDN Pekunden. Subjek penelitian berjumlah 18 siswa, terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan deskripsi prosentase. Hasil penelilitan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep siswa. Pada tes awal masih terdapat miskonsepsi dengan rata-rata 55,9 dan prosentase keberhasilan siswa 11% dengan kategori sangat rendah. Pada siklus I rata-rata meningkat menjadi 88,69 dan prosentase keberhasilan siswa 100% dengan kategori sangat tinggi. Pada siklus II rata-rata 86 dan prosentase keberhasilan 100% dengan kategori sangat tinggi. Siklus II dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada level selanjutnya. Pada siklus I siswa mampu mencapai tingkat visualisasi, dan terjadi peningkatan pada siklus II. Siswa mampu menguasai level visualisasi dan analisis. Simpulan penelitian ini adalah melalui pendekatan konstruktivisme berbasis teori van hiele dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa pada pembelajaran geometri materi bangun datar kelas III SDN Pekunden
Penggunaan Metode Kooperatif Model Team Games Tournament Dapat Meningkatkan Kemampuan Belajar Berhitung Perkalian dan Pembagian Siswa Kelas II Setyowati, Yayuk Hermi
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (346.937 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1335

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan siswa kelas II semester II dalam memahami pembelajaran perkalian dan pembagian pada mata pelajaran matematika menggunakan metode kooperatif model team games tournament. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan di Kelas II Semester II SDN 0I Taman  Kecamatan Taman Kota Madiun. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas II SDN 0I Taman Kecamatan Taman Kota Madiun dengan jumlah siswa 30 orang. Rencana tindakan yang akan dilakukan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah: Perencanaan , Implementasi Tindakan, Observasi dan Interpretasi, Analisis dan Refleksi. Adapun cara menganalisis data adalah dengan menganalisis data hasil obeservasi pembelajaran kemudian dilakukan penafsiran berdasarkan kajian pustaka dan pengalaman guru. Pada bagian refleksi dilakukan analisis data mengenai proses, masalah, dan hambatan yang dijumpai kemudian dilanjutkan dengan refleksi dampak pelaksanaan tindakan yang dilaksanakan. Dari hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan kooperatif model TGT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya rata-rata keberhasilan siswa pada tiap-tiap siklus yaitu siklus I rata-rata 6,6 menjadi 8,4 pada siklus II.
Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Audio Visual Tokoh-Tokoh Kemerdekaan Indonesia Salamah, Evi Rizqi
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (488.099 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1251

Abstract

Penelitian pengembangan media berbasis audio visual ini dilatarbelakangi terdapatnya hasil belajar siswa yang rendah tentang tokoh-tokoh kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu tujuan dari penelitian dan pengembangan media berbasis audio visual ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar tentang tokoh-tokoh kemerdekaan. desain penelitian dan pengembangan media berbasis audio visual menggunakan model brog and gall yang diadaptasi dari dick and carey. Hasil penelitian dan pengembangan media menunjukkan bahwa skor hasil belajar siswa meningkat sesudah menggunakan media berbasis audio visual, hasil pretest kelompok eksperimen adalah 50.45 dan hasil posttest 85.75. Sedangkan hasil pretest kelompok kontrol adalah 58.45 dan posttest adalah 90.35.  Dari penelitian pengembangan ini dapat disimpulkan bahwa media berbasis audio visual dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Pengembangan Perangkat Pembelajaran SETS Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Dasar Mahlianurrahman, Mahlianurrahman
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (609.629 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1305

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran SETS yang layak, untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa, sikap peduli lingkungan dan mengetahui keefektifan perangkat pembelajaran SETS. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan mengacu pendapat Borg & Gall. Desain pengembangan perangkat pembelajaran ini meliputi 9 langkah, yaitu (1) penelitian pendahuluan dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pengembangan draft produk; (4) uji coba awal; (5) merevisi hasil uji coba terbatas; (6) uji coba lapangan; (7) penyempurnaan produk hasil uji coba lapangan; (8) uji coba lapangan operasional; dan (9) penyempurnaan produk akhir. Subjek penelitian adalah siswa SD Negeri 3 Kotafajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran SETS layak digunakan menurut ahli materi dan ahli pembelajaran dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian diketahui, bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep dan sikap peduli lingkungan antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan perangkat pembelajaran SETS dan yang tidak menggunakan perangkat pembelajaran hasil pengembangan.
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika Siswa marasiwi, Marasiwi
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.618 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1140

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika yang rendah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini berjenis PTK yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dan dilakukan dalam dua siklus. Penelitian ini dilakukan di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas V Semester Genap Tahun Ajaran 2016/2017 di SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun. Siswa kelas V berjumlah 22 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017.
Penerapan Creative Problem Solving (CPS) dan Ideal Problem Solving (IPS) Berbasis Pengalaman Langsung (Experiencing) Ditinjau Dari Motivasi dan Gaya Belajar Mahasiswa imron, ilmawati fahmi; Puspitarini, Ikke Yuliani Dhian; Eksan, Budi Susilo
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.994 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1319

Abstract

Penelitian ini menggunakan Model pembelajaran   Creative Problem Solving (CPS) dan IDEAL Problem Solving. Populasi pada  penelitian ini adalah mahasiswa tingkat III Universitas Nusantara PGRI Kediri tahun Ajaran 2015/2016. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik Claster random sampling sejumlah 2 kelas. Teknik pengumpulan data variabel prestasi belajar kognitif digunakan metode tes, Gaya belajar dan motivasi digunakan metode angket dengan menggunakan anava 3 jalan dengan rancangan faktorial 2x2x2. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: 1) Tidak ada pengaruh penerapan pembelajaran Creative problem solving dan IDEAL Problem Solving berbasis pengalaman nyata (Experential) terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 2) Ada pengaruh motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 3) Tidak ada pengaruh gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 4)Ada interaksi antara metode pembelajaran Creative problem solving dan IDEAL Problem Solving dengan motivasi belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 5) Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran Creative problem solving dan IDEAL Problem Solving dengan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 6)Tidak ada interaksi antara motivasi dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan 7)Tidak ada interaksi antara metode pembelajaran  Creative problem solving dan IDEAL Problem Solving, motivasi belajar dan gaya belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar Pembelajaran IPA pada materi pokok Lingkungan. 
Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran DI (Direct Instruction) Dengan Media Visual Berbantuan Komputer wintarti, wintarti
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (660.084 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1161

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar IPS melalui model pembelajaran DI (Direct Instruction) dengan media visual berbantuan komputer pada siswa kelas V SDN Sukolilo 01 Kecamatan Jiwan Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas V yang berjumlah 26 siswa dan dilakukan secara kolaboratif dengan guru SDN Sukolilo 01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran DI (Direct Instruction) dapat digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan prestasi belajar IPS siswa. Hal ini terbukti dengan siswa yang mendapat nilai sama atau lebih tinggi dari KKM 70,00 meningkat dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai rata-rata kelas 72,3. Sedangkan pada siklus II ketuntasan hasil belajar rata-rata kelas meningkat 84,8
Peningkatan Kompetensi Calon Pendidik SD Dalam Pengembangan Tes Hasil Belajar Kadarwati, Ani
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.632 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1333

Abstract

Kenyataan yang terjadi di lapangan, dalam implementasi Kurikulum 2013 terutama dalam penilaian hasil belajar, masih banyak guru yang mengalami kesulitan untuk mengembangkan tes hasil belajar dalam menyusun kisi-kisi dan butir soal. Penelitian tentang pengembangan tes hasil belajar difokuskan pada mahasiswa S1 PGSD semester 6 (enam) yang merupakan calon pendidik di Sekolah Dasar (SD). Jadi, dapat dikatakan bahwa tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam pengembangan tes hasil belajar yang merupakan jenis instrumen penilaian pengetahuan dan 2) upaya peningkatan kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam pengembangan tes hasil belajar, yaitu membuat kisi-kisi dan soalnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kompetensi mahasiswa S1 PGSD dalam hal pengembangan tes hasil belajar setelah mendapatkan tindakan menerima teori tentang kisi-kisi dan butir soal sesuai kaidah penulisan butir soal dalam Kurikulum 2013.
Upaya Peningkatan Keterampilan Sosial Siswa Melalui Permainan Tradisional Congklak Pada Mata Pelajaran IPS Handayani, Purwati
Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran Vol 7, No 01 (2017)
Publisher : UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (483.598 KB) | DOI: 10.25273/pe.v7i01.1245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan sosial dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan penelitian kualitatif dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan dengan menggunakan permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS dapat meningkatkan keterampilan sosial siswa kelas V SDN Sukolilo 03 Madiun Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini ditunjukkan dengan hasil bahwa dari 21 siswa, pada siklus I yaitu 7 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai 33,3% dengan rata-rata kriteria cukup. Pada siklus II yaitu 17 siswa yang memperoleh kriteria sangat baik dan baik (kriteria penelitian) mencapai mencapai 81% dengan rata-rata kriteria baik. Selain itu, hasil nilai siswa juga mengalami peningkatan pada siklus I yaitu rata-rata kelas 72,4 dengan kriteria cukup (66,7%) dengan jumlah 14 siswa. Pada siklus 2 yaitu rata-rata kelas 82,4 dengan kriteria baik (85,7%) dengan jumlah 18 siswa. Hasil nilai siswa pada siklus 1 ke siklus 2 mengalami peningkatan dengan siswa yang sudah tuntas mencapai ≥ 80% dari jumlah seluruh siswa

Page 1 of 1 | Total Record : 10