cover
Contact Name
Ika Lestari
Contact Email
visi_ptk_pnf@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
jiv@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Visi
ISSN : 19079176     EISSN : 26205254     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Jurnal VISI is published on Juni and December every year which published by Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Universitas Negeri Jakarta. This journal focuses on Early Childhood Education and Society Education. This journal warmly welcomes to articles contributions from scholars of related disciplines.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN BAHAN PEMBELAJARAN PENGENALAN MATEMATIKA DASAR BERBASIS KOMPUTER BAGI ANAK USIA DINI Prawiranegara, Hendrayatna
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.7

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengembangkan bahan ajar pengenalan metematika dasar berbasis komputer pada Taman kanak-kanak Sekolah Alam Bintaro. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Alam Bintaro Jakarta Selatan. Metodologi penelitian dan pengembangan bahan ajar mengacu pada model pengembangan pembelajaran J. Moonen, yang berisikan 5 langkah pengembangan. Hasil evaluasi terhadap produk pengembangan bahan ajar pengenalan Matematika dasar ini di review oleh para ahli guna mendapatkan input atas kelayakan bahan ajar sebelum di ujicobakan. Adapun bahan pembelajaran di review oleh ahli materi pembelajaran Matematika dasar, kemudian ahli desain pembelajaran dan ahli media pembelajaran. Kemudian di ujicobakan kepada sasaran pengguna produk khususnya Anak-anak usia 4-6 Tahun di Taman kanak-kanak Sekolah Alam Bintaro. Evaluasi dilaksanakan hingga tahap evaluasi formatif. Hasil evaluasi formatif menyatakan bahwa pengenalan matematika dasar berbasis komputer di Taman kanak-kanak Sekolah Alam Bintaro masuk dalam kategori Baik.
HUBUNGAN STRATEGI PEMBELAJARAN DAN GAYA KOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR WARGA BELAJAR KELAS IV PAKET A SETARA SD Sadid, Agus
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.5

Abstract

Abstrak: Salah satu layanan program pendidkan kesetaraan adalah paket A setara SD. Kurikulum pembelajaran tetap mengacu pada kurikulum pendidikan nasional. Pendekatan pembelajaran mencakup tematik dan konvensional. Mengamati karakteristik pembelajaran pada paket A setara SD, maka pendekatan tematik dianggap paling sesuai namun tetap harus memperhatikan gaya kognitif individu (baca: warga belajar). Untuk itu penelitan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran (baca: tematiik versus konvensional) dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar dan pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar paket A setara SD kelas IV.   Desain penelitian ini adalah desain eksperimen semu (quasi experiment). Waktu penelitian adalah Oktober-Desember 2018  di Kejar Paket A Setara SD Kelas IV SKB Kab Sumbawa, dan PKBM Bina Bersama. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) terdapat perbedaan pengaruh strategi pembelajaran terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar, (2) tidak ada perbedaan hasil/prestasi belajar warga belajar yang memiliki gaya kognitif yang berbeda dan (3) tidak terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya kognitif terhadap hasil/prestasi belajar warga belajar.  
PENGUATAN LITERASI BUDAYA BAGI PELAKU SENI BUDAYA DESA KALIREJO, KECAMATAN KOKAP, KABUPATEN KULON PROGO Tohani, Entoh; Sugito
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.4

Abstract

Penguatan literasi budaya bagi pelaku seni budaya desa dimaksudkna untuk memberikan sikap, pengetahuan dan keterampilan kemampuan literasi budaya bagi para pelaku seni budaya dalam  rangka memberdayakan masyarakat. Kemampuan literasi budaya belum dikuasai secara optimal dalam upaya mengembangkan budaya masyarakat. Peneltiian ini merupakan penelitian tindakan dengan model: pengkajian isu, perencanaan, pelaksanaan, dan mengimplementasikan tindakan dan merefleksi memperbaiki rencana tindakan (McIntyre, 2007). Wujud tindakan berupa pendidikan dan pelatihan yang dilakukan terhadap para pelaku seni budaya dilakukan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran orang dewasa dan berbasis pengalaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan penguatan memberikan kesadaran dan pemahaman kepada kelompok sasaran mengenai kemampuan literasi budaya dalam upaya memajukan budaya masyarakat. Oleh karenanya, tindakan yang berkesimbungan dan relevan perlu dilaksanakan kembali di masa depan dengan ketersediaan fasilitas yang memadai.
PENGEMBANGAN MODUL CETAK 1000 HARI PERTAMA KEHIDUPAN UNTUK PELATIHAN KADER BINA KELUARGA BALITA DI BKKBN Nurhayati, Yayat
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk berupa paket modul cetak 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk pelatihan Kader Bina Keluarga Balita (BKB) di BKKBN. Paket modul ini dikembangkan untuk meningkatkan pengetahuan kader BKB tentang program 1000 Hari Pertama Kehidupan. Adapun latar belakang dari program 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah untuk mengatasi tingginya angka stunting di Indonesia. Menurut Badan Kesehatan Dunia WHO Indonesia berada di urutan ke-lima jumlah anak dengan kondisi stunting. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R & D). Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan produk dari Rowntree, yang terdiri dari tiga tahap yaitu 1) tahap perencanaan, 2) tahap persiapan penulisan, 3) tahap penulisan dan penyuntingan. Produk yang dihasilkan terdiri dari empat buah modul dan satu buku petunjuk penggunaan bagi instrukstur/widyaiswara. Responden dalam penelitian ini adalah kader BKB dan beberapa ahli. Untuk melihat kelayakan modul, peneliti melakukan validasi/telaah ahli, ujicoba face to face, dan ujicoba lapangan/field trials. Hasil validasi dari ahli materi, ahli desain instruksional, dan ahli bahasa menyatakan bahwa modul cetak 1000 Hari Pertama Kehidupan dinilai sangat baik. Hasil ujicoba face to face dan field trials terhadap modul 1000 Hari Pertama Kehidupan, menunjukkan bahwa modul layak digunakan. Hasil uji-t menunjukkan terdapat terdapat perbedaan yang signifikan sehingga modul cetak 1000 Hari Pertama Kehidupan dikatakan efektif meningkatkan hasil belajar peserta pelatihan.
PENERAPAN TEKNOLOGI PENDIDIKAN DI LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL Hanum, Fathia Fairuza; Suprayekti
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.1

Abstract

Teknologi pendidikan sebagai suatu disiplin ilmu terapan yang mengalami perubahan definisi dari waktu ke waktu membuat kawasan kajian dan kontribusi teknologi pendidikan dalam sistem pendidikan di Indonesia turut berubah. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi penerapan kawasan teknologi pendidikan yang telah dilakukan di lembaga pendidikan nonformal yang ada di DKI Jakarta, sehingga dapat memperluas cakupan hasil penelitian mengenai penerapan disiplin ilmu teknologi pendidikan di lembaga pendidikan dan agar di kemudian hari para peneliti di Strata Satu (S1) bisa melakukan penelitian lanjutan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian deskriptif dengan pendekatan survai. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan kawasan teknologi pendidikan yang ada di lembaga pendidikan nonformal yang terdiri dari kawasan penciptaan, penggunaan, pengelolaan dan evaluasi. Penelitian ini dilakukan di LPBB Solusi Kayumanis dan PKBM Negeri 23 Jakarta pada bulan Juni sampai Oktober 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar angket, pedoman wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian, secara kuantitatif, seluruh kawasan teknologi pendidikan telah diterapkan di kedua lembaga pendidikan nonformal. Pada kawasan penciptaan dan pengelolaan kedua lembaga mendapatkan predikat baik, pada kawasan penggunaan kedua lembaga mendapatkan predikat sangat baik, sedangkan untuk kawasan evaluasi, LPBB Solusi Kayumanis mendapat predikat  sangat baik dan PKBM Negeri 23 Jakarta mendapat predikat baik. Secara analisis deskriptif, beberapa indikator pada keempat kawasan sudah diterapkan dengan sangat baik karena lembaga telah memiliki aturan dan regulasi yang baik dalam melakukan penerapan. Ada juga beberapa indikator yang sudah diterapkan dengan baik, namun penerapannya masih sederhana dan terbatas, namun ada juga beberapa indikator yang belum diterapkan. Berdasarkan hal tersebut, maka teknologi pendidikan sebagai suatu bidang studi, kajian dan profesi perlu memperkenalkan diri lebih dalam ke lembaga pendidikan nonformal, agar dapat membantu lembaga didalam menciptakan, menggunakan, mengevaluasi dan mengelola produk-produk teknologi pendidikan yang dapat memfasilitasi belajar peserta didik.
IMPLEMENTASI PENGEMBANGAN KARAKTER ANAK USIA DINI DENGAN PENDEKATAN HOLISTIK Antara, Putu Aditya
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.2

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru dalam pengembangan karakter dan konsep pengembangan karakter dengan pendekatan holistik. Penelitian dilakukan pada Taman Kanak-kanak Bali Q-Ta Tahun 2016. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam pengembangan karakter anak adalah sebagai teladan, fasilitator, dan motivator. Sedangkan konsep pengembangan karakter pada kelompok B Taman Kanak-kanak Bali Q-Ta yang dilakukan dengan pendekatan holistik terlihat dari berbagai nilai karakter seperti kewajiban, hemat, hormat dan santun, taat, toleransi, sabar, empati, mandiri, serta berani. Pengembangan karakter anak dilakukan berdasarkan atas karakteristik yang dimiliki anak dengan melakukan kegiatan pembiasaan, mendongeng, meditasi, bermain peran, dan yoga.
PENGEMBANGAN PERMAINAN SMART ADVENTURE UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN BELAJAR BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI Dwiyanti, Linda; Khan, Rosa Imani; Kurniawati, Epritha
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.6

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah permainan untuk meningkatkan kesiapan belajar berhitung permulaan anak usia dini, yakni Permainan Smart Adventure. Permainan ini dapat membantu anak untuk belajar kemampuan berhitung permulaan dengan metode yang menyenangkan (bermain) dan sesuai dengan karakteristik serta tahapan perkembangan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif (mix method) dengan model penelitian dan pengembangan "Borg and Gall". Pelaksanaan uji coba kelompok kecil berdasarkan teori Wilcoxon “signed-rank test” dan Uji keefektivitasan permainan Smart Adventure menggunakan  Paired- Simple T-Test. Subjek dalam penelitian ini adalah anak-anak kelompok B dua Lembaga Taman Kanak-kanak di Kota Kediri,  tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada awal bulan Juni 2017 – Agustus 2018. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan Calistung permulaan yaitu pada kelompok kontrol dan exsperimen sig. 0,0001. Kesimpulanya bahwa permainan Smart Adventure dinyatakan sebagai permainan yang efektif dan bermanfaat digunakan dalam pembelajaran untuk meningkatkan kesiapan belajar berhitung anak usia dini.
PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENGEMBANGKAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK AUTIS USIA DINI Ulumudin, Ikhya
Jurnal Ilmiah Visi Vol 14 No 1 (2019): VISI PTK-PNF
Publisher : Direktorat Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat bekerjasama dengan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21009/JIV.1401.8

Abstract

Anak autis biasanya mengalami keterlambatan dalam berkomunikasi semenjak masih balita. Kesulitan dalam berkomunikasi pada anak autis dapat membuat anak menjadi sedih, marah, atau frustasi ketika tidak dapat mengkomunikasikan keinginan atau kebutuhannya. Untuk itu, perlu mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, sehingga anak autis dapat berkomunikasi seperti anak pada umumnya. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penggunaan media gambar dalam mengembangkan penguasaan kosakata pada anak autis. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi. Subjek penelitian adalah seorang anak berinisial AZH berusia 4 tahun 10 bulan. Adapun instruktur dalam melakukan treatment adalah peneliti dan ibu dari AZH. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada tanggal 1 – 27 Februari 2019 dengan frekuensi treatment sebanyak 20 kali yang bertempat di rumah orangtua AZH di Kota Depok - Jawa Barat. Simpulan hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan penguasaan kosakata pada anak autis. Hal ini dapat ditunjukan dari kemampuan AZH dalam menguasai seluruh kosakata (26 kosakata) yang diberikan dengan waktu 27 hari. Saran dalam penelitian ini yakni pemberian treatment untuk mengembangkan penguasaan kosakata pada anak autis melalui media gambar sebaiknya kosakata yang diberikan pertama kali yakni kata benda dengan dua suku kata dan empat huruf. Selain itu, usahakan anak tersebut diperlihatkan benda aslinya sesuai dengan gambar yang ditunjukan.

Page 1 of 1 | Total Record : 8