cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
fidorizki@gmail.com
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kelurahan Lubuk Kupang Kecamatan Lubuklinggau Barat I Kota Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas)
ISSN : 25411888     EISSN : 26145782     DOI : https://doi.org/10.32767/jutim
Jurnal Teknik Informatika Musirawas merupakan Jurnal ilmiah yang meliputi kompetensi Human Computer Interaction, IT Governance, Networking Technology, New Media Technology, Information Search Engine, Multimedia, Information Retrieval, Intelligent System, Distributed Computing System, Mobile Processing, Computer Network Security, Natural Language Processing, Software Engineering, Programming Methodology and Paradigm, Data Engineering, Information Management, Knowledge Based Management System, Game Technology Jurnal Teknik Informatika Musirawas terbit sebanyak dua kali dalam satu tahun, pada bulan Juni dan Desember.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI" : 7 Documents clear
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PELAPORAN HASIL PERIKANAN BERBASIS WEB Jayanti, Wanty Eka
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (475.644 KB) | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.415

Abstract

Dinas Pertanian Ketahanan Pangan Dan Perikanan Kota Singkawang mendatangi setiap kecamatan dalam waktu tiga bulan sekali untuk pendataan hasil perikanan. Setiap data yang didapatkan dari seluruh kelurahan yang ada tadi, direkapitulasi oleh kecamatan induk masing-masing. Hasil tadi dilaporkan dan direkap oleh dinas kedalam Microsoft excel. Pengolahan data hasil perikanan ini sendiri masih dilakukan dengan cara manual, yaitu pencatatan rekapitulasi data dari arsip yang berasal dari kecamatan. Sistem ini memeiliki beberapa kelemahan seperti tidak adanya database, kesulitan melacak data lama, dan besarnya peluang kehilangan data yang tidak terkelola dengan baik. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem informasi hasil perikanan pada Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan Kota Singkawang berbasis web menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan model waterfall. Adapun sistem ini dirancang dengan bahasa pemograman HTML, PHP, CSS, Javascript, dan Jquery. Dengan sistem ini, diharapkan dapat membantu memudahkan pihak dinas masyarakat dan dinas dalam proses manajemen pencatatan dan pelaporan hasil perikanan di kota Singkawang.
PENERAPAN METODE SWOT PADA SISTEM INFORMASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN (Studi Kasus:SMA TRISAKTI BATURAJA) Faulina, Sri Tita
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1031.066 KB) | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.425

Abstract

Abstrak Dalam Perkembangan teknologi saat ini kehadiran komputer sebagai pengolah data dalam masa sekarang ini banyak membawa perubahan, baik dalam dunia pendidikan, usaha, instansi-instansi pemerintah, maupun swasta. SMA Trisakti Baturaja belum menggunakan aplikasi khusus dalam pengolahan data jadwal pelajaran. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari, menganalisis dan merancang masalah yang berkaitan dengan pemilihan strategi yang tepat untuk membangun sistem informasi pengolah jadwal pelajaran. Yang akan diterapkan di SMA Trisakti Baturaja. Pemilihan strategi ini menggunakan analisis SWOT. Analisis SWOT adalah identifikasi berbagai faktor secara sistematis untuk merumuskan strategi yang ada pada SMA Trisakti Baturaja. Berdasarkan hasil matriks Internal- Eksternal pada analisis SWOT, Dengan perancangan sistem informasi Penjadwalan Mata Pelajaran ini diharapkan agar dapat mempermudah dalam mengelola data guru, data kelas, data pengampu, data waktu, data pelajaran, dan mencetak semua laporan, sehingga SMA Trisakti Baturaja menghasilkan sistem kinerja lebih cepat, tepat dan akurat. Adapun hasil penelitian ini dapat digunakan Harapannya dengan adanya sistem informasi ini dapat membantu bagian tata usaha SMA Trisakti Baturaja dalam pengolah jadwal pelajaran. Kata kunci: Informasi,  Pengolahan Data, Sistem Informasi SWOT, Sistem   Abstract  In the current technological developments the presence of computers as data processors in the present has brought many changes, both in the world of education, business, government agencies, and the private sector. SMA Trisakti Baturaja has not yet used a special application in processing lesson schedule data. This research was conducted to study, analyze and design problems related to the selection of the right strategy to build an information system processing schedule lesson. Which will be applied at SMA Trisakti Baturaja. The selection of this strategy uses a SWOT analysis. SWOT analysis is a systematic identification of various factors to formulate existing strategies at SMA Trisakti Baturaja. Based on the results of the Internal-External matrix in the SWOT analysis, the design of this information system is expected to facilitate teacher data management, class data, supporting data, time data, lesson data, and print all reports, so that  SMA Trisakti Baturaja produces a system faster, more precise and accurate performance. The results of this study can be used. Hopefully the existence of this information system can help the administration of SMA Trisakti Baturaja in processing the schedule of lessons.Keywords—Information, Data Processing, SWOT Information Systems, Systems
PENERAPAN METODE USABILITY PADA PERANCANGAN WEBSITE KANTOR KECAMATAN SINAR PENINJAUAN KABUPATEN OGAN KOMERING ULU wisnumurti, wisnumurti
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (535.614 KB) | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.426

Abstract

Abstrak  Dalam Perkembangan teknologi saat ini kehadiran komputer sebagai sarana komunikasi dalam masa sekarang ini banyak membawa perubahan, baik dalam dunia pendidikan, usaha, instansi-instansi pemerintah, maupun swasta, salah satunya adalah Website.  Website merupakan salah satu aplikasi pada internet yang berupa informasi Hypertext, dimana Hypertext dapat membaca dan menelusuri informasi tersebut secara virtual tanpa terkait pada media tertentu. Melalui website dapat memasarkan produk atau jasa, mempromosikan suatu perusahaan, dan lain-lain. Dengan adanya aplikasi website yang dirancang dan dibangun di  harapkan dapat membantu pengguna,penikmat internet tentu saja akan merasa nyaman dengan suatu situs jika mudah digunakan, memiliki tampilan yang menarik, dan mudah dipelajari. Dengan adanya pemikiran tersebut maka digunakan metode Usability pada Perancangan Website Kantor Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu dengan menggunakan metode waterfall sebagai metodologi perancangan system.   Kata kunci: Website, virtual Hypertext, Usability, waterfall   Abstract  In the current development of technology the presence of computers as a means of communication in the present has brought many changes, both in the world of education, business, government agencies, and private sector, one of which is the Website. The website is one of the applications on the internet in the form of Hypertext information, where Hypertext can read and trace that information virtually without being linked to certain media. Through the website can market products or services, promote a company, and others. With the website application designed and built it is hoped that it can help users, internet connoisseurs will naturally feel comfortable with a site if it is easy to use, has an attractive appearance, and is easy to learn. With these thoughts, the Usability method is used in the Design of Kantor Kecamatan Sinar Peninjauan Kabupaten Ogan Komering Ulu by using the waterfall method as a system design methodology.  Keywords— Website, virtual Hypertext, Usability, waterfall
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS LOKASI ATM BANK BRI DI KOTA LUBUKLINGGAU BERBASIS WEB Zulfauzi, Zulfauzi
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.427

Abstract

Abstrak Kota Lubuklinggau merupakan salah satu kota setingkat kabupaten yang letaknya paling barat dari wilayah Propinsi Sumatera Selatan. Kota Lubuklinggau memiliki posisi geostrategis dengan menjadi Kota perlintasan jalur tengah Sumatera dan menjadi kota transit atau kota pertemuan berbagai kepentingan sosial, ekonomi dan budaya[1]. Bank BRI adalah bank terbesar di Indonesia,  bank ini melayani masyarakat dalam hal simpan pinjam, dan selain itu layanan bank BRI ini adalah ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yaitu untuk melayani masyarakat untuk transaksi Perbankan dan layanan pembayaran lainnya, dengan adanya ATM ini maka masyarakat akan lebih mudah dalam hal bertransaksi. Pada saat ini banyak masyarakat  yang mengalami kesulitan dalam mencari lokasi ATM BRI untuk bertransaksi ataupun tarik uang tunai, Sistem Informasi Geografis Berbasis Web atau lebih dikenal (WebGIS) adalah sebagai alternatif solusi dari permasalahan yang ada di Kota Lubuklinggau untuk menggambar kan sebaran lokasi ATM Bank BRI di Kota Lubuklinggau, dimana keberadaan WebGIS ini dapat digunakan sebagai pendorong bagi pengguna untuk mencari dan mendapatkan informasi yang cepat, mudah dan lengkap[2].   Kata Kunci : Sistem Informasi Geografis, Webgis, Atm   Abstract   Lubuklinggau city is one of the regency-level cities located in the westernmost part of the South Sumatra region.  Lubuklinggau City has a geo-strategic position by becoming a city of Sumatra's central lane crossing and become a city of transit or city meeting various social, economic and cultural interest. BRI Bank is the largest bank in Indonesia,  this bank serves the community in terms of savings and loans and besides that BRI bank services are ATM namely to serve the community for banking transactions and other payment services, with the existence of this ATM, the community will be easier in terms of transactions.  At this time, many people have difficulties in finding BRI ATM locations to make transactions or withdraw cash,  Web-based Geographic Information System is an alternative solution to the problems that exist in Lubuklinggau City to draw the distribution of Bank BRI ATM locations in Lubuklinggau City,  where the existence of this WebGIS can be used as a driver for users to find and get information that is fast, easy and complete Keyyword : Geografis Information System, Webgis, Atm  
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PEMELIHARAAN FASILITAS GEDUNG KAMPUS BERBASIS WEBSITE STUDI KASUS STMIK MUSIRAWAS LUBUKLINGGAU Rahman, Taufik; Wulansih, Tri; Susanto, Susanto; Arifin, Muhammad Agus Syamsul
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.428

Abstract

Pengolahan inventaris pemeliharaan fasilitas gedung kampus pada STMIK Musirawas Lubuklinggau masih manual dan belum ada sistem perencanaan yang baik. Dengan demikian informasi tentang daftar fasilitas  yang semestinya dilakukan perawatan atau penggantian sulit diperoleh dengan cepat dan akurat, sering kali terjadi informasi diperoleh setelah terjadinya kerusakan pada fasilitas tersebut. Hal ini tentu saja akan mengganggu aktivitas dan kenyamanan dalam melaksanakan pekerjaan. Kebutuhan akan informasi mengenai inventaris pemeliharaan fasilitas seperti jadwal pemeliharaan, jenis dan jumlah perbaikan kerusakan pada fasilitas yang akan/sedang dilakukan, dan sebagainya merupakan suatu hal yang penting yang pada akhirnya akan meningkatkan pelayanan STMIK Musirawas Lubuklinggau untuk segenap civitas akademikanya. Oleh karena itu sangat dibutuhkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pemeliharaan Fasilitas Gedung yang meliputi kegiatan pemeliharaan dan perawatan fasilitas atau yang digunakan dalam proses produksi barang / jasa. Hasil Penelitian ini adalah sebuah  aplikasi inventaris pemeliharaan fasilitas di STMIK Musirawas Lubuklinggau sehingga dapat mempermudah dan mempercepat manajemen pemeliharaan fasilitas serta dapat mengoptimalkan penyajian laporan data fasilitas dan penjadwalan perbaikan fasilitas dengan cepat, akurat dan up to date untuk membantu dalam membuat laporan pemeliharaan fasilitas gedung.
IMPLEMENTASI METODE MULTIFACTOR EVALUATUION PROCESS PADA APLIKASI PENENTUAN WILAYAH PEMASARAN PRODUK ADIRA FINANCE KOTA LUBUKLINGGAU Hakim, Lukman; Kiswanto, Heri
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.437

Abstract

Abstrak Multifactor Evaluation Proses (MFEP) adalah  metode kuantitatif yang menggunakan Weighting System, dalam pengambilan keputusan multi faktor, pengambil keputusan secara subyektif dan intuitif menimbang berbagai faktor atau kriteria yang mempunyai pengaruh penting terhadap alternatif pilihannya [1]. Adira Finance Kota Lubuklinggau merupakan perusahaan yang melayani beragam pembiayaan seperti kendaraan bermotor baik baru ataupun bekas, Adira Finance Kota Lubuklinggau saat ini belum memiliki suatu aplikasi yang dapat mendukung dalam proses pengambilan keputusan untuk menentukan lokasi wilayah pemasaran. Proses penentuan wilayah pemasaran selama ini dilakukan dengan cara survey yang dilakukan oleh tim marketing dengan melihat satu kriteria yaitu wilayah blacklist ke wilayah-wilayah yang ingin dijadikan tempat pemasaran,  berdasarkan hasil survey kepala cabang akan memprediksi dari beberapa alternatif wilayah mana yang akan menjadi tempat pemasaran produk, dimana hasil perkiraan tersebut akan menjadi keputusan yang dilakukan oleh kepala cabang. Dari permasalahan yang ada di Adira Finance Kota Lubuklinggau, maka peneliti akan merancang sebuah Aplikasi dengan menerapkan Metode Multifactor Evaluatuion Process untuk dapat menentukan wilayah pemasaran produk dan aplikasi ini juga dapat melakukan perhitungan untuk menentukan wilayah pemasaran terbaik. Kata Kunci : Multifactor Evaluation Process, Pengambilan Keputusan, Wilayah Pemasaran Abstract Multifactor Evaluation Proses (MFEP) is a quantitative method that uses a Weighting System, in making multi-factor decisions, decision makers are subjectively and intuitively weighing various factors or criteria that have an important influence on alternative choices[1]. Adira Finance Lubuklinggau City  is a company that serves a variety of financing such as new or used motor vehicles, Adira Finance Lubuklinggau City currently does not have an application that can support the decision-making process to determine the location of the marketing area. The process of determining the marketing area so far is done by means of surveys conducted by the marketing team with looking at one criterion, namely the blacklist area to the areas that want to be the place of marketing, based on the results of the survey the head of the branch will predict which alternative regions will be the place for marketing the product,  where the results of these estimates will be a decision made by the head of the branch. From the problems that exist in Adira Finance Lubuklinggau City,  then the researcher will design an application by applying the Multifactor Evaluation Process Method to determine the product marketing area and this application can also do calculations to determine the best marketing area Keywords : Multifactor Evaluation Proces, Decision Making, Marketing Area
PEMBANGUNAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN MACROMEDIA FLASH 8 Risdiansyah, Deni; Dharmawan, Weiskhy Steven; Purwaningtias, Deasy
JUTIM (Jurnal Teknik Informatika Musirawas) Vol 4 No 1 (2019): JUTIM (JURNAL TEKNIK INFORMATIKA MUSIRAWAS) JUNI
Publisher : LPPM UNIVERSITAS BINA INSAN

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (454.176 KB) | DOI: 10.32767/jutim.v4i1.446

Abstract

Abstrak Umumnya sebagian besar penyampaian ilmu di bidang pendidikan dalam proses belajar mengajar masih menggunakan cara yang konvensional, hal ini menyebabkan sulitnya pemahaman siswa dan terlihat lebih membosankan. Terlebih lagi dalam sub bab materi tentang gaya yang diperuntukkan untuk kelas 5 sekolah dasar ini banyak yang berkaitan dengan praktek atau kejadian yang sebenarnya. Tentunya akan lebih mudah siswa untuk memahami materi dengan cara dibuat animasi tentang materi tersebut. Maka dari itu diperlukan media pembelajaran yang sesuai agar siswa menjadi lebih tertarik dan mudah memahami materi tentang gaya. Penggunaan animasi interaktif merupakan solusi yang terbaik untuk memecahkan permasalah yang ada. Selain dapat digunkan sebagai media pembelajaran, animasi interaktif juga dapat menghilangkan rasa bosan terhadap aktivitas anak sehari-hari. Kata kunci—Animasi interaktif, Gaya, Media pembelajaran, Teknologi Abstract  Generally, most of teaching-learning processes implement conventional material delivery, which causes students to struggle in understanding them, and the process to be boring. Moreover, many things in the sub-chapter of the force material for 5th graders base themselves on real phenomena. Surely, it will be easier for students to understand those materials if there were animations made to explain them. Therefore, suitable learning media are required to gain students’ interest and understanding regarding the material of force. The use of interactive animation is one of the best solutions to overcome existing problems. Besides acting as a medium in teaching, it can also eliminate tediousness in students’ daily activities. Keywords— Interactive animation, Force, Teaching media, Technology

Page 1 of 1 | Total Record : 7