cover
Contact Name
Fido Rizki
Contact Email
lppm@stmik.muralinggau.ac.id
Phone
+6282179654408
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jalan Jendral Besar H.M Soeharto Kel Lubuk Kupang, Kec Lubuklinggau Selatan I, Kota Lubuklinggau, Provinsi Sumatera Selatan
Location
Kota lubuk linggau,
Sumatera selatan
INDONESIA
Jurnal Teknologi Informasi MURA
ISSN : 20856156     EISSN : 26148706     DOI : -
JTI (Jurnal Teknologi Informasi MURA) publish articles on Information System from various perspectives, covering both literary and fieldwork studies.
Articles 7 Documents
Search results for , issue " Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI" : 7 Documents clear
APLIKASI BERBASIS WEBSITE SEBAGAI MEDIA PENYAMPAIAN INFORMASI NILAI DAN BERITA DI SMA NEGERI 4 LUBUKLINGGAU Susanto, Susanto
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemajuan dibidang teknologi informasi sungguh sangat cepat dirasakan pada masa sekarang ini karena di dukung oleh perkembangan internet yang sangat pesat. Hal ini dapat kita lihat dengan semakin mudah dan cepat nya manusia dalam memperoleh informasi yang dibutuhkan. Seperti kita ketahui bersama bahwa teknologi informasi semakin mempengaruhi sistem informasi yang ada. Sistem informasi yang masih klasik seakan sebagai sebuah sistem yang kuno dan ketinggalan zaman. Dan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang terus berpacu dengan waktu. Teknologi informasi tidak saja mempengaruhi sebuah sistem informasi namun mempengaruhi juga dalam kehidupan sehari-hari. Gaya hidup mulai berubah seiring dengan produk-produk teknologi informasi yang semakin menjamur tiap saat. Dengan mudahnya orang orang sekarang mencari informasi melalui internet dan mengunjungi website untuk mendapatkan informasi. Dengan berbagai macam perangkat seperti komputer maupun handphone maka orang orang tidak perlu lagi datang jauh jauh kesuatu tempat untuk sekedar mendapatkan suatu informasi.
RANCANG BANGUN GAME SHOTER DENGAN FPS CREATOR Syamsul Arifin, Muhammad Agus
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini secara langsung maupun tidak langsung mendorong manusia untuk mendapatkan kemudahandalam berbagai hal. Salah satu teknologi yang terus berkembang pesat adalahpembuatan game. Perkembangan game saat ini sudah menjadi fenomena global. Pengguna game semakin banyak dari tahun ke tahun.Di antara jenis game yang saat ini berkembang pesat dan banyak digemariadalah game 3D ber-genre First Person Shooter (FPS), game ini mengutamakan kecepatan gerakan di dalam permainan. Kelebihan dari game First Personal Shooter adalah memiliki game play atau misi permainan dengan penggunaan senjata dan musuh yang bervariasi serta memiliki tampilan grafis 3D yang sekarang banyak dikembangkan oleh pabrikan game. Disebut First Person Shooter karena pandangan pemain adalah pandangan orang pertama. Pemain melihat tampilan di layar seperti pemain melihat dari mata pemain sendiri. Perancangan pada game ini menggunakan aplikasi FPS Creator versi 1.0.4 dan untuk penulisan script Artificial Intelligence (kecerdasan buatan) menggunakan aplikasi FPI maker. Dari hasil aplikasi yang sudah dilakukan, bahwa game telah berjalan dengan baik apabila spesifikasi hardware dapat terpenuhi. Kesimpulan yang dapat diambil adalah : FPS Creator memiliki GUI Interface yang mudah dipahami dan sangat user friendly,memberikan kebebasan mendesain game dengan kemungkinan kustomisasi yang luas,dan dapat mengimport media kita sendiri seperti suara, tekstur, model 3D dan lain sebagainya. Kekurangan game FPS Creator adalah memerlukan spesifikasi hardware yang tinggi untuk ukuran game ini dan loading game yang cukup lama dibandingkan dengan game lainnya. Untuk kedepannya,pengembangan game bergenre FPS ini juga diharapkan tidak hanya pada platform PC, tetapi juga mobile atau platform lainnya dan game yang dikembangkan tidak hanya sebatas untuk media hiburan saja tetapi agar dapat dikembangkan menjadi media edukasi pembelajaran.
APLIKASI DATA MAHASISWA BERBASIS ANDROID STUDI KASUS STMIK-MURA Tri Susilo, Andri Anto
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Saat penulis melakukan penelitian tentang Data Mahasiswa di STMIK MURA lubuklinggau , penulis mendapati bahwa selama ini untuk mendapat kan informasi mahasiswa masih memerlukan waktu yang lama.Hal ini dikarena kan penyimpanan Data mahasiswa belum menggunakan Data base semakin besar lembaga tersebut maka akan sangat banyak juga data yang akan dikelola. Dalam pengembangan sistem ini penulis menggunakan bahasa pemrograman Java, dimana Java digunakan untuk membangun aplikasi Android, Sedangkan basis data yang digunakan adalah MySQL dan dipermudah menggunakan JSON. Metodologi pengembangan sistem yang penulis gunakan adalah metodologi Waterfall. Metodologi Waterfall ini memiliki beberapa tahapan yaitu Analisis, Perancangan Sistem, Implementasi, Integrasi, Operasi dan Pemeliharaan. Dalam proses pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun keluaran yang akan dihasilkan dari pengembangan sistem ini adalah aplikasi Data Mahasiswa berbasis Android.
APLIKASI PENGELOLAAN NILAI MATA PELAJARAN BERBASIS WEB PADA SMA NEGERI 5 LUBUKLINGGAU Elmayati, E
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam sistem pengolahan data nilai, mencermati kelemahan-kelemahan dan membuat sistem pengolahan baru, khususnya dalam Aplikasi Pengelolaan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sma Negeri 5 Lubuklinggau. Sehingga permasalahan yang ada dapat diatasi dengan sistem yang baru. Sama-sama menggunakan komputer , namun masih menggunakan program yang sederhana yaitu dengan menggunakan microsofh excel, agar proses sistem pengolahan data dapat secara optimal, efektif dan efesien. Untuk mengakses data yang lebih cepat, akurat dan mampu mengatasi permasalahan yang ada, khususnya didalam sistem informasi pengolahan nilai. Dengan dasar inilah penulis ingin Aplikasi Pengelolaan Nilai Mata Pelajaran Berbasis Web Pada Sma Negeri 5 Lubuklinggau berbasis web,dimana dalam penyediaan laporan lebih cepat, akurat, efektif dan efesien.. Dengan menggunakan sistem ini yang bertujuan untuk mempermudah pengolahan data nilai sehingga dalam penyampaian informasi lebih cepat dan akurat, maka data dapat disajikan secara cepat dan tepat sesuai dengan yang di harapkan oleh pengguna.
ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM PENGGAJIAN PADA PT. BRANTAS ABIPRAYA PROYEK IRIGASI AIR LAKITAN KEC. SELANGIT KAB. MURA Lestari, Novi
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengnalisa dan merancang Sistem Penggajian Pada PT. Brantas Abipraya Proyek Irigasi Air Lakitan Kec. Selangit Kab.Mura dari sistem yang lama dalam pengolahan data gaji dan pembuatan laporan yang belum terkomputerisasi dengan baik. Diharapkan dengan analisis dan perancangan mengenai sistem penggajian yang ada pada PT. Brantas Abipraya Proyek Irigasi Air Lakitan Kec. Selangit Kab.Mura dengan menggunakan Microsoft Visual Basic versi 6.0 dalam pengolahan data gaji dan pembuatan laporan dapat dilakukan dengan cepat, tepat, dan akurat. Dari hasil analisis yang dilakukan, peneliti menemukan beberapa permasalahan dari sistem yang sedang berjalan di PT. Brantas Abipraya khususnya di bagian Keuangan dalam mengolah data penggajian pegawainya. Pada proses perhitungan penggajian karyawan masih sering terjadi kesalahan sehingga membutuhkan waktu untuk pemeriksaan perhitungan kembali. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan merancang sistem penggajian pada PT. Brantas Abipraya Proyek Irigasi Air Lakitan Kec. Selangit Kab.Mura agar dapat membantu pekerjaan pegawai yang lebih efektif dan efesien.
SISTEM INFORMASI PENGOLAHAN DATA KEPENDUDUKAN PADA KECAMATAN TIANG PUMPUNG KEPUNGUT KABUPATEN MUSI RAWAS BERBASIS WEBSITE Karman, Joni
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dengan adanya kemajuan teknologi, informasi semakin pesat dalam segala bidang. Perkembangan teknologi informasi ini tentu mendukung pula adanya suatu sistem informasi yang dapat mengolah data secara cepat, tepat, akurat, dan tentu saja bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.Sistem informasi pendataan penduduk di kecamatan Tiang Pumpung Kepungut Kabupaten Musi Rawas masih bersifat pembukuan atau secara manual. Cara sistem pembukuan ini akan sulit dalam proses pendataan penduduk yang jumlahnya sangat banyak, seperti laporan penghitungan jumlah penduduk perbulan akan terasa sulit. Karena adanya penduduk yang lahir, penduduk yang meninggal, penduduk yang dating, ataupun penduduk yang pindah.
APLIKASI SENSOR INFRARED UNTUK TAMPILAN SELAMAT DATANG DI STIE-STMIK MURA BERBASIS MIKROKONTROLER Daulay, Nelly Khairani
Jurnal Teknologi Informasi MURA Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI
Publisher : Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat STMIK MUSIRAWAS

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat, telah berpengaruh dan memiliki arti penting terhadap kehidupan manusia. Hal ini mengharuskan kita agar memahami teknologi tersebut, dengan menggunakan mikrokontroler bisa membuat aplikasi sensor infrared yang otomatisasi dengan sebuah perangkat yang menggunakan kontrol tertentu. Perkembangan mikrokontroler saat ini dapat digunakan secara luas salah satunya untuk pengontrolan sebuah pintu gerbang sebagai satu-satunya jalan (akses) masuk. Dari hasil pengamatan penulis, pemanfaatan pintu masuk dalam hal ini gerbang pada kampus STMIK MURA Lubuklinggau lebih banyak digunakan sebagai akses atau jalan masuk dengan sedikit pemanfaatan lain dengan media banner / sepanduk. Padahal melalui gerbang tersebut, kita dapat membuat / memasang iklan, pemberitahuan, maupun ucapan selamat datang digital menggunakan display elektronik. Alat yang dirancang dan akan dibuat adalah sebuah alat yang akan menampilkan tulisan selamat datang ( walcome ) pada gerbang. Prinsip dasar alat ini adalah menggunakan sensor infrared. Sensor dipasang pada pintu gerbang/pintu masuk. Pada saat sensor terhalang oleh objek ( dalam hal ini tamu / pengunjung ) makan sensor akan memberi sinyal masukan kepada rangkaian komparator dan mikrokontroller untuk menampilkan tulisan ( teks ) pada layar LCD atau DOT Matrix. Dengan adanya rancangan aplikasi ini, tentunya akan menambah mutu dan daya saing kampus khususnya pada kampus STMIK MURA, selain itu juga sangat efektif, selain tidak memakan tempat juga menambah kemoderenan suatu kampus, dan mempermudah seseorang mengenali nama kampus meskipun pada saat malam hari.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2014 2014


Filter By Issues
All Issue Vol 11 No 1 (2019): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10 No 2 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 10 No 1 (2018): Jurnal Teknologi Informasi Mura JUNI Vol 10, No 1 (2018): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9 No 2 (2017): Jurnal Teknologi Informasi Mura DESEMBER Vol 9 No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 9, No 2 (2017): JURNAL TEKONOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 9, No 1 (2017): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8 No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8 No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 8, No 2 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 8, No 1 (2016): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7 No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 7, No 1 (2015): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6 No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 6, No 1 (2014): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5 No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5 No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 5, No 2 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 5, No 1 (2013): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4 No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4 No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 4, No 2 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 4, No 1 (2012): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3 No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3 No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI Vol 3, No 2 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) DESEMBER Vol 3, No 1 (2011): JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI MURA (TIMUR) JUNI More Issue