cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Inovasi Kebijakan
ISSN : 25482165     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Inovasi Kebijakan merupakan wadah publikasi ilmiah hasil penelitian terbitan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang sebagai bagian dalam memberikan informasi ilmiah hasil penelitian berkaitan dengan kebijakan pemerintah. Jurnal ini diterbitkan sejak tahun 2016 sebanyak 2 edisi setiap tahun. Silahkan Masuk atau Daftar untuk memulai mengirimkan artikel ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 25 Documents
Dampak Implementasi Dana Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terhadap Peningkatan Pendapatan Masyarakat Fanggidae, Frits O; Fanggidae, Ronald Patrick Costantin
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dampak penyaluran dana PEM terhadap peningkatan pendapatan penerima bantuan terlihat nyata, walaupun sebagian besar pendapatan masih digunakan untuk konsumsi (51,31%) dan sisanya digunakan untuk menambah modal usaha (48,69%). Dari segi prinsip pemberdayaan, dengan adanya tambahan modal usaha melalui pendapatan tersebut, para penerima dana PEM mulai memberdayakan usahanya dengan baik. Namun demikian, pilihan jenis usaha belum bervariasi (fokus pada usaha dagang), serta perencanaan usaha penatausahaan keuangan belum memadai. Karena itu direkomendasikan agar perbaikan dalam implementasi dana PEM fokus pada perluasan pilihan usaha, serta perbaikan dalam perencanaan dan penatausahaan keuangan.
Tingkat Kepuasan Masyarakat Terhadap Pelayanan Perijinan Pemerintah Kota Kupang Fanggidae, Frits; Nyong, Frans
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan publik (public service) merupakan salah satu fungsi pemerintah, yang mutlak dilaksanakan. Indikator keberhasilan pelayanan publik yang diberikan pemerintah adalah, kepuasan masyarakat terhadap pelayanan tersebut. Untuk itu, melalui KEPMENPAN No 25/2004, pemerintah menetapkan Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi pemerintah, dengan maksud mengetahui seberapa besar tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah. Indeks kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah, mengukur tentang : Prosedur pelayanan, persyaratan pelayanan, kejelasan petugas pelayanan, kedisiplinan petugas pelayanan, tanggung jawab petugas pelayanan, kemampuan petugas pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan pelayanan, kesopanan petugas pelayanan, kewajaran biaya pelayanan, kepastian biaya pelayanan, kepastian jadwal pelayanan, kenyamanan lingkungan dan, keamanan pelayanan.Secara konseptual, terdapat lima prinsip yang harus diperhatikan, agar kualitas layanan dapat tercapai yakni, tangible (terjamah), realiable (kehandalan), responsiveness (pertanggungjawaban), assurance (jaminan) dan empathy (empati). Tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perijinan yang diberikan SKPD lingkup Pemerintah Kota Kupang, yang diukur melalui lima prinsip pelayanan bermutu dengan empat belas unsur kepuasan masyarakat didalamnya menunjukkan bahwa, tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan perijinan yang diberikan SKPD lingkup Pemerintah Kota Kupang. memiliki tingkatan yang bervariasi, baik dilihat dari segi unsur kepuasan masyarakat maupun dilihat dari lima prinsip pelayanan yang berkualitas. Ini membuktikan bahwa, persoalan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik, tidak dapat dilihat dari satu unsur atau satu aspek saja, melainkan bersifat kompleks dan multi-dimensional. Dengan demikian, untuk meningkatkan kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan pemerintah, harus dilakukan secara komprehensif, baik beraspek fisik maupun non fisik dalam arti, tidak hanya persoalan kelengkapan sarana-prasarana atau kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan, melaikan pula aspek sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan.  
Kualitas Pelayanan Kesehatan di RSUD Kota Kupang (Deskripsi Terminologi Pelayanan Kesehatan Berbasis Sarana,SDM, dan Fasilitas di Rsud Kota Kupang) 2014 Weraman, Pius; Adoe, Apris
Jurnal Inovasi Kebijakan Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penyelenggaraan  pelayanan  (Rumah  Sakit)  masih  memiliki  kesempatan yang  luas  untuk  terus  memperbaiki  kualitas  pelayanan  dan  memanfaatkan sumber  daya  yang  dimiliki  baik  itu  sumber  daya  manusia  maupun  sumber daya  dana  atau  modal  secara  ekonomis  dan  efektif.  Memperbaiki  kualitas pelayanan memang bukan sekedar masalah teknis dan tugas dari Rumah Sakit saja,  melainkan  juga  menjadi  tugas  kita  bersama  sebagai  masyarakat, diharapkan  dengan  adanya  kerja  sama  yang  baik  dapat  dijadikan  sebagai modal  utama  demi  terciptanya  suatu  lembaga  pemerintah  yang good  public and corporate governance.TujuanUntuk mengetahui Pelayanan Rumah Sakit berbasis kepuasan  pelanggan  tentang layanan teknis medis  dan layanan  administrasi  di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kupang.Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan atau memaparkan berbagai peristiwa urgen yang terjadi pada masa kini. Dengan pendekatan cross sectional yang merupakan pendekatan dimana pengukuran atau pengamatan dilakukan pada saat bersamaan.Sampel pada penelitian ini adalah bagian dari populasi yang telah ditentukan yang sesuai dengan criteria inklusi, yaitu; Klien RSUD Kota Kupang, Petugas pemberi layanan di rumah sakit. Analisis data dengan menggunakan tabel distribusi frekwensi. Hasil yang diperoleh adalah adanya berbagai kekurangan di rumah sakit dari berbagai asepek terutama sarana-prasarana maupun sumber daya manusia. Maka dapat direkomendasikan bahwa perlu pengadaan sarana prasarana dan perlatan yang mendukung pelayanan di rumah sakit kota  Kupang.
Kajian Peningkatan Daya Saing Usaha Mikro Kecil dan Menengah di Kota Kupang Langoday, Thomas Ola; Sadipun, Marius Masri
Jurnal Inovasi Kebijakan Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Eksistensi UMKM memang tidak dapat diragukan, karena terbukti dapat bertahan, dan menjadi roda penggerak ekonomi terutama pasca krisis ekonomi. Tujuan dilakukan kajian peningkatan daya saing UMKM di Kota Kupang adalah; 1) Mengidentifikasi profil Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), 2) Mengidentifikasi Rantai nilai produk UMKM, 3) Menganalisis keuntungan privat dan keuntungan social produk UMKM, 4) Menganalisis keunggulan komparatif dan kompetitif produk UMKM, 5) Mengidentifikasikan kendala yang dihadapi UMKM, 6). Membuat model, strategi dan tindakan untuk meningkatkan daya saing  produk UMKM.Untuk meningkatkan daya saing UMKM di Kota Kupang, diperlukan pengembangan UMKM dengan model klaster, melalui program pro input, pro proses, dan pro output, dengan tahapan sebagai berikut : a). Pengembangan SDM; bantuan teknis, pemberdayaan kelompok dan pendampingan; b). Program klaster hulu–hilir; pengolahan, kemasan dan pengolahan limbah; c). Faktor penunjang; akses pemasaran, akses pembiayaan dan sarana pendukung. Program klaster dapat diterapkan komitmen dan kerjasama antara Dinas atau stakeholder terkait.
Analisis Potensi Penerimaan Retribusi Parkir di Kota Kupang Fanggidae, Frits O; Kapioru, Charles
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Total kapasitas parkir dinamis dan statis kendaraan roda dua dan roda empat pada seluruh titik parkir tepi jalan dan tempat khusus di Kota Kupang masih sangat besar. Dengan tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp. 2000 dan roda empat Rp. 3000, maka setiap tahun, potensi retribusi parkir mencapai Rp. 7.603.200.000.- Mengingat jumlah kendaraan terus meningkat, maka perlu menerapkan strategi pengendalian parkir secara tepat untuk menata parkir on-street dan off-street, terutama pada jalan kolektor, sehingga tercipta keteraturan lalulintas.   Selain itu, Mekanisme pemungutan dan tata cara pemungutan retribusi parkir perlu perbaikan. Pemerintah perlu bekerjasama dengan orang atau badan yang telah memiliki ijin pengelolaan parkir melalui sistem tender, dengan pola pembagian hasil sebagai berikut: pengelola parkir 35%, petugas parkir 25% dan pemerintah 40%.
Kajian Strategi Pengendalian Pencemaran Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Kali Dendeng Kota Kupang de Rozari, Philiphi
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Keberadaan Kali Dendeng menjadi sangat vital bagi warga kota Kupang karena air yang berasal dari sungai digunakan oleh masyarakat untuk berbagai keperluan baik domestik, pertanian, peternakan dan industri kecil. Penetapan status badan air Kali Dendeng memerlukan upaya pengendalian kualitas air karena kualitas air yang menurun dapat menjadi permasalahan tersendiri terhadap nilai ekonomi air sebagai sumber air bersih, kesehatan masyarakat, dan kehidupan ekologis biota air. Penelitian ini bertujuan untuk; (1) menentukan kondisi eksisting fisik dan kimia perairan Kali Dendeng dan menganalisis kualitas perairan Kali Dendeng serta menentukan beban pencemanran menurut beberapa paramenter kualitas air berdasarkan parameter kualitas air; (2) mengidentifikasi sumber dan jenis pencemar di dalam air limbah dan air sungai; (3) mengidentifikasi perilaku masyarakat di sekitar Kali Dendeng dalam membuang air limbah serta memanfaatkan sumberdaya air di Kali Dendeng; (4) mengidentifikasi peran berbagai stakeholder baik pemerintah maupun masyarakat di sekitar Kali Dendeng dalam mewujudkan keberlajutan pemanfaatan, pengelolaan dan perlindungan terhadap sumberdaya air di Kali Dendeng. Penelitian dilaksanakan dengan mengukur langsung beberapa parameter kualitas air seperti kekeruhan, konduktivitas, pH, DO, COD, BOD, TSS, N-Nitrit, P-PO43-, minyak dan lemak, detergen serta bakteri coliform dan mendistribusikan kuisioner kepada warga yang tinggal di sempadan sungai di Sub DAS Kali Dendeng. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kadar BOD, minyak dan lemak, dan coliform di sub DAS Kali Dendeng telah melebihi ambang batas yang ditetapkan sesuai dengan PP No.82 Tahun 2001. Selain itu, status kualitas air dengan mengunakan STORET analisis menunjukkan bahwa sub DAS Kali Dendeng dikategorikan tercemar sedang dengan beban BOD = 29,448 kg/hari dan beban COD = 56, 540 kg/hari. Sumber pencemar umumnya berasal dari sampah, limbah cair buangan baik dari septik maupun greywater, buangan limbah industri tahu, dan limbah peternakan babi.
Efektivitas Sistem Pendidikan dan Pelatihan Struktural di Pemerintah Kota Kupang Amalo, Christo Vorando
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk melaksanakan tugas pemerintahan, PNS perlu mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan. Namun dalam pelaksanaannya sistem diklat PIM ini dinilai kurang efektif, seperti dalam tahap rekrutmen yang tidak sesuai aturan sampai dengan dampak diklat yang kurang signifikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengukur efektivitas system diklat dan untuk menghimpun data dan informasi yang diperlukan terkait dengan faktor yang mempengaruhi efektivitas system diklat.Teknik penentuan sampel dilakukan secara purposive sampling. Lokasi penelitian dilakukan pada Perangkat Daerah lingkup Pemerintah Kota Kupang. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus.Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas sistem diklat pada pendekatan tujuan bervariasi tergantung karakteristik PNS pasca diklat, gaya kepemimpinan, dan iklim kerja. Pada pendekatan sistem, efektivitas sistem diklat juga masih bervariasi. Hal ini disebabkan oleh faktor politik lokal, like and dislike, kolusi dan nepotisme.Belum efektifnya sistem diklat dalam pendekatan konstituensi strategis disebabkan oleh harapan konstituensi kepada PNS pasca diklat, perlakuan yang adil, dan politik lokal.
Kinerja SKPD Lingkup Pemerintah Kota Kupang dalam Pemberian Pelayanan Perijinan Fanggidae, Frits; Nyong, Frans
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelayanan publik (public service) merupakan salah satu fungsi pemerintah, yang mutlak dilaksanakan. Capaian kinerja lembaga pemerintah dalam pelayanan publik, merupakan salah satu indikator keberhasilan lembaga pemerintah melaksanakan fungsi pelayanan publik. Penilaian terhadap capaian kinerja pelayanan publik, didasarkan pada PERMEN PAN-RB Nomor 38 Tahun 2012 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Pelayanan Publik, yang memuat sembilan komponen penilaian yakni ; Visi-misi dan Motto, Standar  pelayanan dan maklumat pelayanan, Sistem, mekanisme dan prosedur, Sumber Daya Manusia, Sarana dan prasarana, Penanganan pengaduan, Indeks kepuasan masyarakat, Sistem informasi pelayanan publik dan Produktivitas pencapaian target pelayanan.Secara konseptual, terdapat lima prinsip yang harus diperhatikan, agar kualitas layanan dapat tercapai yakni, Tangible (terjamah), Realiable (kehandalan), Responsiveness (pertanggungjawaban), Assurance (jaminan) dan Empathy (empati). Kinerja pelayanan perijinan pada SKPD lingkup Pemerintah Kota Kupang, yang diukur melalui lima prinsip pelayanan bermutu dengan sembilan komponen penilaian kinerja didalamnya menunjukkan bahwa, kinerja SKPD lingkup Pemerintah Kota Kupang dalam pelayanan perijinan memiliki tingkatan yang bervariasi, baik dilihat dari segi komponen penilaian kinerja maupun dilihat dari lima prinsip pelayanan yang berkualitas. Ini membuktikan bahwa, persoalan kinerja pelayanan publik, tidak dapat dilihat dari satu komponen atau satu aspek saja, melainkan bersifat kompleks dan multi-dimensional. Dengan demikian, peningkatan kinerja pelayanan perijinan harus dilakukan secara komprehensif, minimal menyangkut tiga hal yakni, sumber daya manusia, sarana-prasarana dan sistem kerja.
Analisis Potensi Daerah dalam Rangka Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean Masri, Marius
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pertimbangan pembentukan MEA adalah (i) potensi penurunan biaya produksi di ASEAN sebesar 10-20 persen untuk barang konsumsi sebagai dampak dari integrasi ekonomi; (ii) meningkatkan kemampuan kawasan dengan implementasi standar dan praktik internasional, intelectual property rights dan adanya persaingan. Tujuan dilakukan kajian ini adalah; (i) Menganalisis perkembangan PDRB selama 5 (lima) tahun (tahun 2010-2015), (ii) Menganalisis sektor ekonomi basis (unggulan) yang dapat meningkatkan daya saing daerah dalam menghadapi MEA, (iii) Menganalisis sektor-sektor ekonomi potensial yang dikembangkan sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi di Kota Kupang, dan (iv) Mengetahui faktor-faktor yang menjadi kendala bagi Pemerintah Kota Kupang dalam menghadapi MEA. Untuk menghadapai MEA Pemerintah Kota Kupang membuat program peningkatan daya saing, memberikan batuan kepada seluruh pelaku usaha, meningkatkan infrastruktur, memperbaiki iklim investasi, dan program peningkatan kualitas sumber daya manusia.
Perubahan Sosial Ekonomi Masyarakat di Kelurahan Oesapa dan Sekitarnya Akibat Hadirnya Pemondokan di Kawasan Pemukiman Rohi, Rudi; Jehamat, Lasarus
JURNAL INOVASI KEBIJAKAN Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Inovasi Kebijakan
Publisher : Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Kupang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini fokus pada perubahan sosial dan ekonomi di Oesapa dan sekitarnya akibat kehadiran pemondokan di area pemukiman. Menggunakan metode gabungan dengan memanfaatkan survey dan wawancara, riset ini memperoleh sejumlah temuan menarik.Realitas sosial dengan kohesi sosial yang rendah, beralihnya struktur dan fungsi sosial menjadi sangat materialistik – ekonomi, dan hubungan subsistem yang berubah adalah sejumlah elemen dasar perubahan sosial ekonomi yang ditemukan. Perubahan ini didorong setidaknya oleh faktor internal yang meliputi kependudukan, pendidikan, dan pertumbuhan ekonomi, dan faktor eksternal yang mencakup determinasi teknologi informasi dan pertemuan dan percampuran ragam budaya.Kondisi ini membawa dua dampak sekaligus, dampak positif berupa meluasnya potensi relasi dan jaringan sosial, pertumbuhan ekonomi, sosialisasi ragam budaya, dan dampak negatif antara lain sederet masalah sosial dengan wajah struktural dan kultural.

Page 1 of 3 | Total Record : 25