cover
Contact Name
arif mahya fanny
Contact Email
arifmahyafanny@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
pgsd@unipasby.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota surabaya,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Inventa
ISSN : 2622819X     EISSN : 25986244     DOI : -
Jurnal Inventa telah terbit online maupun cetak yang memuat artikel ilmiah dari hasil penelitian, studi pustaka, pengamatan atau gagasan atas suatu masalah yang timbul dalam kaitannya dengan perkembangan bidang pendidikan sekolah dasar.
Arjuna Subject : -
Articles 58 Documents
PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD PADA MATA KULIAH KONSEP IPS LANJUT Fanny, Arif Mahya
JURNAL INVENTA Vol 3 No 1 (2019): Inventa Maret 2019
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.168 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar pada mata kuliah Konsep IPS Lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes. Untuk mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar maka data hasil tes belajar mahasiswa dianalisis dengan Uji-t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai Sig.2 tailed (0.000) < α (0,05). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan pembelajaran e-learning terhadap hasil belajar pada mata kuliah Konsep IPS Lanjut.
PENINGKATAN KEMAMPUAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH MELALUI MORNING BRIEFING DI SD NEGERI 3 WIROTAMAN KEC. AMPELGADING KAB. MALANG Santoso, Uki
JURNAL INVENTA Vol 3 No 1 (2019): Inventa Maret 2019
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (170.154 KB)

Abstract

Wirotaman Public Elementary School 3 Ampelgading District Malang Regency as a school where the writer is in charge for example, has 6 educators / teachers. In fact, these educators often show their lack of solidarity in dealing with various problems that arise within the school and outside the school. Based on the observation of the author, it was found that some of the problems faced by school residents were caused by misunderstandings due to lack of communication (miss communication). This can be one of the causes of less labor productivity / performance of educators and ultimately can affect student learning achievement as well. Considering these conditions, on this occasion the researcher intends to conduct a School Action Research (PTS) as an effort to improve the principal's managerial abilities through morning briefing activities. After the morning briefing activities, there appeared to be an increase in the number of activity participants who agreed to the implementation of morning briefing activities, in addition if at the beginning of the morning breading the majority of the participants seemed still confused and awkward, then in the morning briefing activities in the sessions Furthermore, the participants of the activity seemed to be more free in expressing their ideas and thoughts in order to discuss various problems related to the condition of the school.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK SEJARAH BERWAKTU (KOMIK RATU) SEBAGAI ALTERNATIF PEMBELAJARAN Mudlaafar, Khaolil; Setiawan, Edi; Al Muflih, Ihwanul Kirom
JURNAL INVENTA Vol 3 No 1 (2019): Inventa Maret 2019
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (765.726 KB)

Abstract

Dunia pendidikan di Indonesia mengalami permasalahan dari berbagai aspek, salah satunya adalah minimnya inovasi dalam penggunaan media pembelajaran. Seperti yang terjadi dalam pembelajaran sejarah. Padahal sejarah merupakan materi wajib pada setiap jenjang pendidikan, termasuk pada siswa sekolah dasar.  Materi sejarah yang disampaikan oleh pengajar masih menggunakan buku dengan tulisan berderet, sehingga menyebabkan kejenuhan pada siswa (peserta didik).  Sehingga dilakukan penelitian ini sebagai solusi pembelajaran sejarah menggunakan media Komik Sejarah Berwaktu (Komik Ratu). Penelitian berbentuk kualitatif dengan menggunakan metode berbasis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Berlokasi di SDN Sidomulyo 2, Ampel, Boyolali dengan objeknya siswa kelas 5 berjumlah 28 siswa. Hasilnya berupa pengembangan media Komik Ratu yang telah dilakukan validasi oleh tim ahli dan diimplementasikan pada objek penelitian. Komik Ratu menonjolkan waktu sebagai aspek dominan dalam “sifat-sifat sejarah” yang ditampilkan secara kontekstual menggunakan simbol-simbol tertentu.  Komik Ratu layak digunakan sebagai media pembelajaran karena mampu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi sejarah.
UPAYA PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM PEMBUATAN SKENARIO PEMBELAJARAN INOVATIF MELALUI IHT (IN HOUSE TRAINING) DI SD NEGERI 1 WIROTAMAN Subekti, Bambang Dwi
JURNAL INVENTA Vol 3 No 1 (2019): Inventa Maret 2019
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.909 KB)

Abstract

Considering the condition of teachers in Elementary School Wirotaman 1 Ampelgading Malang, which at the moment most of them still use the Learning Implementation Plan copy-paste results, and remember the importance of making innovative learning scenarios in a Learning Implementation Plan, on this occasion researchers intend to improve teacher competency especially in making innovative learning scenarios through In House Training in Elementary School Wirotaman 1 Ampelgading Malang" Based on the data obtained in the activity program implementation instrument in Cycle I which includes preparation, implementation, monitoring and evaluation activities, and reflection, it can be seen that the final score amounted to 80 with the Good category. In the implementation of Cycle II, the final number obtained was 84 with the Very Good category
UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TGT DENGAN MEDIA MONOPOLI PADA MATERI SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT PEMBELAJARAN PKn KELAS IV SDN 1 JEMUNDO TAMAN Tirtoni, Feri; Fihayati, Zuyyina
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (852.445 KB)

Abstract

Pembelajaran bermakna dapat dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran yang sesuai, serta media metode maupun strategi yang tepat. Melalui model, strategi dan metode serta media yang tepat dapat mendukung keberasilan proses belajar mengajar pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang dilakukan oleh guru dan siswa. Namun, berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SDN 1 Jemundo Taman PBM masih bersifat konvensional dan bersifat teacher center. sehingga guru dalam hal ini harus inovatif dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dikelas, seperti mengembangkan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang men arik dan mengatasi kejenuhan dan kepasifan siswa dalam kegiatan pembelajaran, khususnya pada PKn yaitu kegiatan pembelajaran melalui model Teams Games Tournament dengan media monopoli. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas, Dalam pengambilan dan pengumpulan data dilakukan metode Tes dengan Uji Validitas dan uji reliabilitas serta menggunakan Metode observasi, Penelitian Tindak Kelas (PTK) pada siswa kelas IV SDN 01 Jemundo Taman tahun ajaran 2015/2016 dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian maka dapat disimpulkan sebagai berikut: Pembelajaran materi sistem pemerintahan pusat dengan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dengan media game monopoli pada siswa kelas IV dapat meningkatkan hasil belajar PKn dengan peningkatan rata- rata dari siklus I sebesar (73,18) dan meningkat pada siklus II sebesar (76,25). Hasil penelitian ini diperkuat melalui temuan bahwa siswa sangat antusias dalam menerima materi dalam bentuk permainan kuis pada model pembelajaran TGT melalui media monopoly menjadikan mereka lebih aktif dan melatih kerja sama antar kelompok sehingga membuat pembelajaran menjadi bermakna
HUBUNGAN TAYANGAN KEKERASAN DI TELEVISI DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR Mandasari, Dewi Septiani
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (769.084 KB)

Abstract

Each learning process will result in changes in the behavior of students who experience the process. For students in school schools, this moral and social coaching can be done through formal study, as well as elements that can continue and develop the soul and developing soul and spirit and value value 1945 to the younger generation should be improved in the curriculum and community environment. There are many things that can result in a child behaving to imitate what he has seen or seen. One of them is the violence in electronic or television media. Impressions of violence in teleisi can directly affect a child's behavior to imitate him because the child does not yet know what he or she is seeing is true or false. The hypothesis of this research is "The correlation between the teleisi violence with the achievement of student learning in the student's school in SDN Lerpak 3 Kecamatan Geger Kabupaten Bangkalan" The method used is the method of documentation, observation and questionnaire that support both variables. So to find the proposed hypothesis accepted or rejected then use rumus correlation poduct moment. In the results of the data count can be seen that t= count 2,88 whereas according to the significant level 5%=2,04 and 1%=2,75 Thus the value of t arithmetic greater than t table at a significant level 5% so that the working hypothesis (Ha) is acceptable, while the null hypothesis (Ho) is rejected means that there is a connection of teleisi teleisi impression with the achievement of students in primary school.
PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN JENDELA ILMU TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V DI SDN TENGGILIS MEJOYO 1 SURABAYA Ghati, Ellen Wanodya
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (786.983 KB)

Abstract

Learning success are based on many factors, one of them is teacher, who designing the learning process. The teacher has an opportunity to choose the Learning models, methods, techniques, tactics, strategies, and learning media. Learning media is one of the important aspects that able to affect learning process. It can help teacher and student in learning process, so that, it will determine the result if teacher could choose the media that suitable for the lesson. This article explain about the effect of Jendela ilmu Learning media to social science learning in the fifth grade. This researchment was using two classes, one for control, and one for experiment class. It took place in the fifth grade of Tenggilis Mejoyo 1 Surabaya students. The researchment was began by divided the class into some groups, explained the material, did in the teamwork and then did the Result test. The data was collected from from result test. And it analyzed with t-test. The researchment result showed the using of Jendela Ilmu, able to increase the study result. So that, there is an influence of using Jendela Ilmu learning media in Social Science Learning in fifth grade.
PENGEMBANGAN PENILAIAN BERBASIS PERMAINAN DI SEKOLAH DASAR Kusuma, Rendra Sakbana
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (810.612 KB)

Abstract

Kreatif dalam penilaian sangat penting dalam pengembangan kompetensi guru sekolah dasar. Artikel ini menggambarkan tentang penelitian dan pengembangan penilaian autentik di sekolah dasar yang berbasis permainan pada pembelajaran tematik Kurikulum 2013. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode Borg and Gall. Tahapan penelitian terdiri atas penelitian pendahuluan, perancangan, validasi ahli, dan ujicoba produk. Hasil akhir penelitian dan pengembangan ini adalah instrumen penilaian dan panduan penilaian bagi guru. Produk divalidasi dan diujicoba untuk mengetahui tingkat validitas, relibilitas, dan kepraktisan.  Data validasi diperoleh melalui wawancara dan angket yang diberikan kepada validator ahli, guru dan siswa sebagai pengguna. Artikel ini membahas kelebihan dan batasan produk pengembangan penilaian yang digunakan untuk mengevaluasi kegiatan belajar siswa sekolah dasar
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PEMBELAJARAN BERASIS OLAH PIKIR DI SEKOLAH DASAR Anugraheni, Indri; Kristin, Firosalia; Airlanda, Gamaliel Septian
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1159.758 KB)

Abstract

The purpose of this research is to develop teaching materials based on thought. The teaching materials that are developed are mathematics teaching materials and teaching materials of Social Sciences (IPS). This type of research is development research. Data analysis techniques used in this study by validation of the instrument in accordance with the validation criteria of instructional instruments and then describe the results of data analysis. The product resulting from this development research is the Character Based Mathematics Instruction Tool in Grade 4 which is in the Good category and the Mathematics Teaching Material product is in the good category and the Science-Based Social Science (IPS) materials based on Thinking in grade 4 are in the category Good.
PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SD NEGERI 2 TATAARAN Sumilat, Juliana Margareta
JURNAL INVENTA Vol 2 No 1 (2018): Jurnal Inventa Maret 2018
Publisher : PGSD - FKIP Universitas PGRI Adi Buana Surabaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.513 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media pembelajaran matematika interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Tataaran. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan model PTK desain penelitian Kemmis Taggart. Penelitian dilaksankan di SD Negeri 2 Tataaran selama 6 Bulan yaitu Bulan April sampai September 2017. Data hasil belajar diperoleh dari skor tes hasil belajar. Data hasil belajar dianalisis dengan melihat ketuntasan hasil belajar. Pembelajaran dikatakan telah tuntas jika minimal 75% siswa telah mengalami ketuntasan, dan setiap siswa dikatakan tuntas jika telah memiliki nilai hasil belajar minimal 70. Hasil penelitian telah menunjukan bahwa pemanfaatan media pembelajaran matematika interaktif dapat meningkat semangat dan motivasi dari peserta didik sehingga berujung pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini terlihat dari capaian pelaksanaan penelitian pada siklus 1 ketuntasan klasikal sebesar 70,83% meningkat pada siklus kedua yaitu menjadi 100%, sedangkan ketercapaian hasil belajar pada siklus 1 adalah 71,7% meningkat pada siklus kedua menjadi 77,7%, sehingga disimpulkan pemanfaatan media pembelajaran matematika interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 2 Tataaaran. Implikasi penelitian ini menunjukan bahwa ketika guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran di SD yaitu media pembelajaran interaktif dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar peserta didik sehingga berujung pada peningkatan pencapaian hasil belajar