cover
Contact Name
Anto Kuddy
Contact Email
kuddy.keuda@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jr.kuddy@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota jayapura,
P a p u a
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis
ISSN : 26150425     EISSN : 26227142     DOI : -
Core Subject : Economy,
JUMABIS merupakan jurnal enam bulanan untuk menyajikan tulisan tentang manajemen dan bisnis. JUMABIS berfokus pada pengembangan ilmu-ilmu ekonomi khususnya Manajemen dan Bisnis, baik tinjauan ilmiah maupun praktis, sehingga diharapkan menjadi media Ilmiah demi terciptanya integrasi antara kajian-kajian teoritis dan kajian praktis guna pengembangan keilmuan manajemen di berbagai aspek sosial. Pengembangan pemikiran yang menjadi sasaran utama JUMABIS adalah pengembangan manajemen pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, kewirausahawan, dan perbankan di setiap tingkatan manajemen dan implementasinya di lapangan, upaya ini tercermin dari aktifitas penelitian maupun kajian konseptual kalangan akademisi dan praktisi di lapangan dan dipublikasikan dalam bentuk Jurnal Ilmiah.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 2 (2017)" : 5 Documents clear
Pengaruh Tingkat Inflasi dan Tingkat Suku Bunga Sertifikat Bank Indonesia (SBI) Terhadap Indeks Harga Saham Gabungan di Bursa Efek Indonesia Pardosi, Leo Tumpak; Fransiska, Quinci
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (579.243 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari tingkat inflasi dan tingkat suku bunga terhadap indeks harga saham gabungan (IHSG). IHSG ini merupakan indikator yang menunjukkan pergerakan harga saham yang terdapat di BEI. Pembentukan atau pola pergerakan IHSG memiliki keterkaitan dengan tingkat inflasi dan tingkat suku bunga yang dapat memprediksi suatu gejala ekonomi.Penelitian ini menggunakan berbagai macam teknik analisis regresi. Hipotesis dalam penelitian ini semuanya terdukung. Hasil pengujian parsial menunjukan bahwa tingkat inflasi dan tingkat suku bunga berepengaruh secara negatif dan signifikan terhadap IHSG, sementara hasil pengujian secara bersama-sama yaitu tingkat inflasi positif terhadap IHSG sedangkan tingkat suku bunga berpengaruh negatif terhadap IHSG.
Analisis Flypaper Effect Pengelolaan Keuangan Daerah di Kota Jayapura Urip, Transna Putra; Indahyani, Rachmaeny
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (709.104 KB)

Abstract

This research generally have aims to analisys flypaper effect in Regional financial management on Jayapura City. More specific, the objectives are: (a) Flypaper Effect (b) efficiency in Regional financial managemen. Method will be used to analysis are: 1) Multiple regression, 2) analysis efficiency.The result this research are : 1)The fenomena flypaper in Regional Financial Management on Jayapura city is not founded, 2)Spend of money government at the health office especially for five groups expenditure show if the expenditure be used efficient.3) Spend of money govermen at the education office for five groups expenditure show if the expenditure be used inefficient.
Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua Kuddy, Andarias
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (732.122 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja dalam pengaruhnya terhadap kinerja pegawai. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemimpinan, motivasi dan disiplin kerja dan kinerja pegawai sebagai variabel dependennya. Unit analisis dalam penelitian ini adalah pegawai pada kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah sebanyak 54 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survei langsung  dengan menggunakan instrumen kuesioner dan hipotesis penelitian ini diuji dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa baik secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial (individu), variabel kepemimpinan, motivasi kerja, dan disiplin kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada Kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua. Disamping itu, penelitian ini juga dapat membuktikan bahwa variabel disiplin memiliki pengaruh yang paling dominan  terhadap kinerja Pegawai Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Papua.
Pengaruh Manajemen Aset Dalam Optimalisasi Aset Tetap (Tanah dan Bangunan) Pemerintah Daerah (Studi di Kabupaten Paniai) Antoh, Agustina Ester
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (931.509 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis  pengaruh  manajemen aset terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan) pada Pemerintah Daerah di Kabupaten Paniai. Dengan menggunakan metoda purposive sampling jumlah sampel penelitian  yahg  diambil  adalah  sebanyak  50  responden. Variabel-variabel  yang digunakan adalah inventarisasi aset, legal audit aset, penilaian aset, serta pengawasan dan pengendalian aset.Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan alat uji Regresi Linier Berganda menunjukan bahwa secara individual inventarisasi aset tidak terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan) yang berarti tidak sesuai dengan hipotesis, secara individual legal audit aset terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan), secara individual penilaian aset tidak terbukti berpengaruh positif terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan), pengawasan dan pengendalian aset terbukti berpengaruh positif dan signifikan terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan). Sedangkan hasil analisis secara bersama-sama/serentak  menunjukan bahwa ke-empat variabel yaitu inventarisasi aset, legal audit aset, penilaian aset serta pengawasan dan pengendalian  aset terbukti berpengaruh signifikan/positif  terhadap optimalisasi aset tetap (tanah dan bangunan) hal ini dibuktikan dengan nilai F-hitung > F-tabel.
The Power of Spirituality: Menyanding Nilai-Nilai Ketuhanan dalam Penerapan Etika Bisnis (Pendekatan Perspektif Kristen tentang Aspek Kepemimpinan, Sumber Daya Karyawan, Kompetitor dan Keseimbangan Alam) Kuddy, Aprianto Lalang
Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online) Vol 1, No 2 (2017)
Publisher : Jurnal Manajemen dan Bisnis, ISSN : 2615 - 0425 (Print), e-ISSN : 2622 - 7142 (Online)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (429.998 KB)

Abstract

Paper ini dilatarbelakangi oleh fenomena merebaknya kasus-kasus pelanggaran etika oleh beberapa perusahaan dalam menjalankan bisnisnya karena terlalu berfokus pada upaya mengeruk laba sebesar-besarnya, sehingga melanggar fitrahnya selaku manusia dengan mengabaikan kontrak perjanjian pada “Sang Pencipta” (Tuhan) untuk menjaga keserarasan hidup yang seimbang di bumi. Kasus illegal logging, illegal fishing, eksploitasi besar-besaran terhadap sember daya alam dilakukan secara masif dan brutal tanpa memikirkan dampaknya bagi kehidupan di masa yang akan datang. Bahkan kasus seperti ketidakadilan perusahaan terhadap pemanfaatan sumber daya karyawan, termasuk penggunaan bahan beracun terhadap produk makanan pun dihalalkan demi prinsip “asal untung besar”. Paper ini bertujuan untuk mengangkat konsep nilai spiritual yang dipandang sebagai suatu kekuatan baru yang kemudian diyakini akan mensinergikan antara etika dan laba dalam perspektif Kristen. Metode yang digunakan penulis dalam paper ini adalah penelitian pustaka (library research) dengan sumber pustaka yaitu menggunakan Alkitab sebagai salah satu tolak ukur utama cara pandang Kristen. Paper ini merefleksikan sudut pandang Kristen bahwa Tuhan tidak menghendaki bisnis yang gagal dan keberadaan Tuhan dalam dunia bisnis adalah mutlak, karena bisnis yang spiritual tahu bagaimana menciptakan kepemimpinan sebagaimana mestinya, memperlakukan alam secara bijak, memperlakukan para karyawan sebagai sesama manusia, serta memperlakukan para pesaing yang bukan sebagai musuh, karena bisnis yang spiritual penuh dengan “kasih”. Dengan berpegang pada landasan ini maka setiap entitas yang berbisnis atau beraktifitas apapun akan merasa ada kehadiran “pihak ketiga” (Tuhan) di setiap aspek hidupnya. Hal ini karena Bisnis secara spiritual tidak semata-mata orientasi dunia tetapi memiliki visi akhirat yang jelas.

Page 1 of 1 | Total Record : 5