cover
Contact Name
Istiadi
Contact Email
istiadi@widyagama.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
ciastech@widyagama.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH)
Published by Universitas Widyagama
ISSN : 26221276     EISSN : 26221284     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 47 Documents
Search results for , issue "CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"" : 47 Documents clear
PENINGKATAN KEMAMPUAN KOSA KATA PADA ANAK AUTIS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL (GAMBAR) Puspitaningtyas, Amalia Risqi; Pratiwi, Vidya
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.033 KB)

Abstract

Autis merupakan gangguan perekembangan yang kompleks yang menyangkut hal komunikasi, interaksi sosial dan aktivitas imajinasi dan gejalanya sudah mulai tampak sebelum ana berusia 3 tahun. Penyandang autisme seolah-olah hidup dalam dunianya sendiri. Anak autis merupakan bagian dari anak berkebutuhan khusus yang mengalami hambatan dalam ketrampilan interaksi dan komunikasi. Komunikasi adalah modal utama seseorang untuk bisa berinteraksi  dan mendapatkan berbagai informasi melalui lingkungan. Lingkungan diyakini sebagai sumber yang sangat berpengaruh untuk pembangunan. Salah satunya adalah anak autis yang memiliki masalah besar dalam komunikasi dan bahasa, sehingga kosa kata yang didapat terbatas. Oleh karena itu pembelajaran bahasa untuk anak-anak autis memiliki posisi penting.  Tujuan penelitian ini untuk meningatkan kemampuan kosa kata anak autis dengan menggunkan media visual (gambar) dan penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan Single Subject research (SSR), subjek penelitian ini adalah anak autis yang ada SDN 8 kilensari Kecamatan Panarukan Kabupaten Situbondo.Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada fase baseline (A1) kemampuan  kosakata anak adalah sebesar 22%. Setelah diadakan tindakan pada tahap  intervensi (B) kemampuan siswa meningkat menjadi 60 %. Selanjutnya diadakan tes pada tahap baseline (A2) sebagai tolak ukur, dan ternyata kemampuan kosakata  subjek menjadi menjadi 75 %. Jadi peningkatan penguasaan kosakata dari tahap  baseline 1 ke intervensi sebesar 43 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media visual (gambar) dapat meningkatkan kosakata anak  autis.
KOMPARASI HASIL PEMERIKSAAN JANTUNG ANTARA PERANGKAT ECGs DAN ECGd MENGGUNAKAN UJI MANN-WHITNEY Setiawidayat, Sabar
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (598.052 KB)

Abstract

Hasil pemeriksaan Jantung membutuhkan informasi yang cukup memadai untuk dapat menghasilkan diagnosis yang tepat. Electrocardiograph 12-lead hingga saat ini masih digunakan untuk pemeriksaan Jantung secara standard klinis. Perangkat ini banyak dipakai di rumah sakit, poliklinik maupun tempat praktek dokter karena penggunaannya yang non invasive (tanpa melukai tubuh). Kardiogram 12-lead dan beberapa nilai parameter ECG adalah hasil pemeriksaan yang dipresentasikan pada ecg paper. Keterbatasan informasi nilai-nilai parameter ECG ini dapat dihitung secara manual menggunakan kotak-kotak yang terdapat pada latar belakang ecg paper. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil pemeriksaan antara Electrocardiograph standard (ECGs) dan Electrocardiograph Discrete (ECGd). ECGs merupakan perangkat Electrocardiograph standard klinik yang umum digunakan sedangkan ECGd adalah perangkat Electrocardiograph 12-lead hasil rancangan penulis. Setiap pasien diperiksa selama 6 detik dengan kedua perangkat yang terpasang secara pararel. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa ECGs dan ECGd menghasilkan informasi masing-masing 52 dan 168. Uji normalitas empat informasi parameter ECG yang sama dari kedua perangkat dilakukan memakai Kolmogorov-Smirnov dan Shapiro-Wilk. Hasil komparasi empat parameter tersebut menggunakan uji Mann-Whitney menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan pada a=5%.
SISTEM MONITORING PERAWATAN KENDARAAN BERBASIS INTERNET OF THINGS (IOT) Attubel, Muchsin; Siswanto, Diky; Mukhsim, Mohammad
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (741.951 KB)

Abstract

Meningkatnya kebutuhan akan informasi, pemantauan, dan pengendalian jarak jauh terhadap peralatan, industri, otomotif, dan bahkan kota membuat teknologi Internet of Things semakin dibutuhkan. Namun produk-produk dengan teknologi Internet of Things masih tergolong mahal. Hal ini menjadi tantangan bagi penulis untuk merancang dan mengimplementasikan Internet of Things pada sepeda motor. Dalam menerapkan Internet of Things pada kendaraan bermotor, ada beberapa parameter kendaraan yang akan dihubungkan ke Internet antara lain, indikator ganti oli, lokasi kendaraan, dan kondisi mesin on/off. Semua sensor pada setiap parameter terhubung ke mikrokontroler. Selanjutnya data yang diperoleh akan dikirim ke server. Data aktual kendaraan pada server akan ditampilka pada aplikasi Android dalam bentuk maps dan simbol-simbol indikator. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang system monitoring perawatan kendaraan bermotor. Dari pengujian diperoleh battery aki kendaraan mampu mencatu daya hardware selama 2,33 hari. Selain itu diperoleh jarak antara titik acuan dengan lokasi terdeteksi memiliki selisih rata-rata sebesar 1,75m. Juga diperoleh tingkat keakuratan global positioning system (GPS) pada kendaraan (perangkat yang dirancang) lebih tinggi jika dibandingkan dengan GPS smartphone. Berdasarkan pengujian keseluruhan menunjukkan rata-rata delay pengiriman data dari kendaraan hingga sampai ke user adalah 1,36 detik. Secara keseluruhan perangkat yang dibuat berfungsi sesuai dengan hasil rancangan.
MULGUMB (MULTIVITAMIN OF GUMMY BUBALUS BUBALIS) INOVASI PRODUK ASK DI ERA MILENIAL Kharismawati, Ziendy; Umami, Choirum Alfi Shariana; Permatasari, Niken Ayu Mulya; Bahri, Syamsul
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.309 KB)

Abstract

MULGUMB (Multivitamin Of Gummy Bubalus Bubalis) adalah gummy yang berasal dari susu kerbau. Susu kerbau yang kaya akan provitamin A, tinggi protein dan mineral berperan aktif untuk pemenuhan multivitamin harian. MULGUMB memiliki beberapa varian rasa buah serta memiliki berbagai bentuk sebagai upaya menarik minat konsumen. Tujuan umum di produksinya MULGUMB adalah sebagai pilihan cerdas produk gummy yang memiliki kandungan gizi susu kerbau. Selain itu MULGUMB dibuat tanpa adanya pemanis buatan, sehingga aman untuk dikonsumsi jangka panjang. Metode produksi dimulai dari tahap persiapan, pencarian dan pembelian bahan baku, pembuatan dan pengujian sampel, penjualan, dan yang terakhir adalah pemasaran produk. Target utama dalam penjualan MULGUMB adalah semua kalangan masyarakat. MULGUMB sebagai inovasi gummy dari  susu kerbau pertama yang kaya manfaat bagi kesehatan, sehingga diharapkan menjadi bisnis prospektif dan berkelanjutan.
PEMBUATAN SALEMPONG SEBAGAI PANGAN ALTERNATIF UNTUK MENINGKATKAN NILAI TAMBAH PRODUK PANGAN LOKAL Hamzah, Amir; Santoso, Budi
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.565 KB)

Abstract

Potensi sumberdaya alam lokal saat ini belum maksimal dimanfaatkan. Salah satu komoditas yang perlu digarap untuk menghasilkan pangan alternatif adalah ubi kayu atau singkong. Singkong merupakan pangan masa depan, namun sampai sekarang pengolahan singkong menjadi pangan modern masih belum banyak. Di banyak desa, sampai saat ini pengolahan singkong masih terbatas pada pembuatan getok dan tiwul, padahal jika ada sentuhan teknologi kan mampu mengangkat nilai pangan lokal. Salah satu inovasi teknologi yang dapat meningkatkan produk pangan lokal adalah salempong. Salempong merupakan bahan pangan olahan berbahan baku singkong yang diproses dengan cara dibakar. Desa Panggungduwet kecamatan Kademangan kebupaten Blitar merupakan salah satu desa prioritas nasional karena dianggap tertinggal. Potensi yang ubi kayu cukup besar hanya saja pengalohannya masih sebatas karena keterbatasan ketrampilan. Oleh karena itu peningkatakan ketrampilan dan kemampuan untuk berinovasi merupakan tujuan yang harus dipenuhi. Di desa tersebut telah terbentuk wadah untuk ibu-ibu, namun kegiatannya masih bersifat pengajian dan arisan, sedangkan kegiatan ketrampilan lain masuh terbatas. Untuk itu perlu dihadirkan inovasi teknologi yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan ibu-ibu PKK, serta meningkatkan nilai tambah produk pangan lokal berbahan baku singkong. Hasil kegiatan ini memberikan dampak positif terhadap perbaikan inovasi teknologi. Inovasi teknologi pembuatan salempong mampu memperbaiki produk pangan lokal yang selama ini hanya bertumpu pada gaplek dan tiwul. Salempong dapat dibuat dengan berbagai varian rasa serta mendorong peningkatan ekonomi masyarakat. Diharapkan produk salempong dapat dijadikan sebagai salah satu produk unggulan desa karena bahan bakunya mudah didapat dan pembuatannya mudah dilakukan.
SOSIAL KOLABORASI ANTAR DIVISI R&D DENGAN DIVISI PRODUKSI PADA PT. XYZ Nisak, Anggun Cahya Choirun; Wardhani, Arie Restu
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (234.686 KB)

Abstract

Kolaborasi dan komunikasi merupakan salah satu modal sosial yang dibutuhkan suatu grup atau kelompok untuk menselaraskan dan menyeimbangkan aktivitasnya. Namun seringkali ditemui ketidakselarasan aktivitas yang pada akhirnya menyebabkan error yang tentunya akan merugikan perusahaan. Oleh karena itu, diperlukan kajian kolaborasi untuk mengidentifikasi penyebab ketidakselarasan suatu aktivitas, serta diperlukan pembaharuan standar prosedur operasi yang mampu meminimasi error. Usaha ini dilakukan dalam mewujudkan continuous improvement sehingga dapat mencapai zero error. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan interview sebagai metode pengumpulan data dan analisa hasil. Sumber data berasal dari manajer dan staff dari divisi R&D dan divisi produksi. Hasil yang diperoleh yaitu: 1) telah teridentifikasi SOP yang berbeda dari divisi produksi dan divisi R&D. 2) Melakukan perbaikan melalui prosedur pra-produksi untuk menyamakan proses produksi dan memperbaiki SOP produk tersebut. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi SOP baru untuk diimplementasikan perusahaan sehingga dapat meminimasi human error.
PROFIL PERILAKU KESEHATAN MASYARAKAT KAMPUNG KB JL. MUHARTO GANG 5B RW 08 KELURAHAN KOTALAMA, KECAMATAN KEDUNG KANDANG KOTA MALANG Sari, Nining Loura; Supriyanti, Eka
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (167.209 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana perilaku kesehatan masyarakat di kampung KB di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang . Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling sebanyak 50 responden dengan kriteria inklusi dan eksklusi.Teknik pengumpulan menggunakan adalah angket. Lokasi penelitian ini di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Populasi dari penelitian ini semua warga di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni ? Juli 2019. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jenis kelamin responden sebagian besar (66%) perempuan, umur responden sebagian besar (60%) golongan 20-40 tahun, pendidikan responden hampir setengahnya (46%) SD, pekerjaan responden hampir setengahnya (48%) wiraswasta, perilaku kesehatan masyarakat sebagian besar (56%) cukup, sehingga dapat disimpulkan bahwa perilaku kesehatan  masyarakat terhadap program kampung KB di Jl. Muharto Gang 5B Rw 08 Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedung Kandang Kota Malang adalah cukup,hal ini didukung dengan hasil penelitian di atas dimana pendidikan yang masih rendah mempengaruhi pengetahuan serta cara menerima informasi yang minim, apalagi didukung dengan usia produktif dan  pekerjaan yang sebagian besar wiraswasta yaitu disibukkan dengan berdagang. Waktu untuk berkumpul menerima segala informasi program kampung KB sangat terbatas sehingga kesadaran masyarakat dalam perilaku kesehatan perlu ditingkatkan kembali.
RANCANG BANGUN SISTEM PEMBERIAN MAKANAN DAN MONITORING KONDISI KESEHATAN PADA HEWAN BERBASIS APLIKASI ANDROID Triastuti, Kartika Yuli; Istiadi, Istiadi; Putra, Sumartono Ali
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.515 KB)

Abstract

Lebih dari 10 juta orang Indonesia memiliki hewan peliharaan, tetapi hewan peliharaan ini seharusnya tidak menjadi beban bagi pemiliknya. Stress akibat kewajiban rutin memberi makan hewan peliharaan setiap hari sering muncul. Sudah banyak jenis alat pemberi pakan hewan peliharaan tersedia di pasar, tetapi masih belum mampu membuat pemilik hewan tenang saat harus meninggalkan hewan peliharaan untuk waktu yang agak lama. Proyek ini memanfaatkan aplikasi berbasis Android pada smartphone yang dapat digunakan pemilik hewan peliharaan untuk memantau hewan peliharaannya dari jarak jauh melalui jaringan internet. Proyek ini menggunakan Blynk sebagai aplikasi untuk memberi makan dan minum kepada hewan peliharaannya. Pengujian dilakukan dengan menguji masing-masing parameter yang digunakan. Dari hasil pengujian pemberian pakan yang dilakukan didapatkan presentase error sebesar 1%, sedangkan pemberian minum persentase error yang didapat pada sebesar 17%, besarnya error dikarenakan oleh sisa air yang masih ada pada selang air yang mengalir dari tandon air ke tempat minum dan untuk pengujian keseluruhan monitor kesehatan hewan dapat dilihat bahwa kondisi yang ditampilkan pada aplikasi Android sudah sesuai dengan yang diharapkan.
SISTEM LAYANAN DESAIN PAKAIAN BERBASIS ANDROID Pradana, Muhammad Rangga Adi; Istiadi, Istiadi; Priyandoko, Gigih
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (982.077 KB)

Abstract

Algoritma Fisher Yates sudah banyak digunakan dalam suatu proses pada aplikasi yang beredar pada berbagai jenis platform. Metode pengacakan yang dilakukan merupakan metode yang tepat dengan mengimplementasikan pada suatu aplikasi. Penggunaan algoritma Fisher Yates juga didasari oleh tujuan aplikasi tersebut dibuat, seperti pada aplikasi ?SDK? (Simulasi Desain paKaian) dimana algoritma Fisher Yates digunakan untuk mengacak item set yang tersedia, sehingga dapat memunculkan item set yang berbeda-beda yang dapat dipergunakan saat mendesain sebuah pakaian. Aplikasi ?SDK? dibuat menggunakan software Unity dan menggunakan beberapa model yang dibuat menggunakan software Blender. Selain algoritma Fisher Yates, teknik Watermarking juga diterapkan pada aplikasi ?SDK?. Teknik Watermarking berfungsi untuk melindungi citra digital yang sudah dibuat menggunakan aplikasi ?SDK? agar dapat diketahui siapa yang membuat desain tersebut. Manfaat dari penggunaan aplikasi ?SDK? adalah meminimalisir kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam proses kerjasama antara masyarakat dengan penjahit, dimana masalah tersebut dangat berpengaruh pada kelangsungan hidup UMKM penjahit. Salah satu masalah tersebut adalah tidak sesuainya hasil yang diharapkan oleh masyarakat terhadap hasil jahitan dari penjahit.
PENDAMPINGAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI MEDIA KOLASE PADA ANAK AUTIS Puspitaningtyas, Amalia Risqi
Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH) CIASTECH 2019 "Inovasi Cerdas dan Teknologi Hijau untuk Industri 4.0"
Publisher : Universitas Widyagama Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (218.295 KB)

Abstract

Autisme merupakan suatu gangguan perkembangan, gangguan pemahaman atau gangguan fungsi otak yang bersifat pervasif, dan bukan suatu bentuk penyakit mental. Gangguan perkembangan fungsi otak yang bersifat pervasive (inco) yaitu meliputi gangguan kognitif (kemampuan), bahasa, perilaku, komunikasi, dan gangguan interaksi sosial. Masalah yang sering terjadi pada anak autis adalah gangguan perkembangan motorik halus. Upaya untuk mencegah peningkatan anak autis dapat dilakukan dengan mengobservasi perkembangan motorik halus.Upaya untuk meningkatkan perkembangan motorik halus anak autis yaitu terapi bermain dan terapi okupasi. Terapi bermain untuk mengembangkan aspek motorik, meningkatkan ketahanan tubuh, memperbaiki sikap tubuh, melepaskan energi anak yang berlebihan, dan meningkatkan interaksi sosial, sedangkan terapi okupasi lebih berfokus pada kemampuan yang masih ada pada diri seseorang  sehingga tujuan membetuk seseorang agar mandiri dan tidak tergantung pada orang lain. Pada kegiatan ini dalam meningkatkan kemapuan motorik halus anak autis dengan menggunakan media kolase untuk melatih konsentrasi, melatih memecahkan masalah, meningkatkan kreativitas, serta pengenalan bentuk dan warna.Kegiatan PKM ini dilakukan pada Lembaga Sekolah Dasar di  Kec.Panarukan  yaitu di SDN 4 Kilensari sebagai mitra. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan pelatihan  guru pendamping anak berkebutuhan khusus , khususnya anak autis untuk bisa melatih kemampuan motorik halusnya.