cover
Contact Name
erik
Contact Email
erikwayudin12@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
erikwayudin12@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pelita PAUD
ISSN : 25486284     EISSN : 26150360     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek pembelajaran PAUD, kebijakan, parenting, pengembangan nilai agama, moral, kognitif, bahasa, sosial, emosional, fisik motorik serta seni, dan permasalahan AUD. Tahun 2016 memperoleh ISSN cetak 2548-6284 dan tahun 2017 pada terbitan kelima menggunakan Open Jurnal System (OJS) dengan ISSN online 2615-0360.
Arjuna Subject : -
Articles 52 Documents
Pengaruh Permainan Kartu Kata Bergambar Terhadap Kemampuan Berbahasa Lisan Anak Usia Dini di Kelompok B RA Kartini Winduherang Wiati, Wiwi
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Subyek dalam penelitian ini adalah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang, semester 2 (genap) tahun pelajaran 2015/2016. Adapun jumlah anak didik kelompok B TK RA Kartini Winduherang adalah 22 anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan jenis penelitian one group preetest-posttest design. Data yang diperoleh merupakan data yang dikumpulkan dari hasil tes dan observasi. Keabsahan data di periksa dengan rumus uji t. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa adanya pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan dengan cara melihat hasil tes, yaitu test yang dilakukan sebelum penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh hanya 5,14 sedangkan sesudah penerapan permainan kartu kata bergambar nilai rata-rata yang diperoleh meningkat menjadi 7,23. Untuk mengetahui pengaruh permainan kartu kata bergambar terhadap kemampuan berbahasa lisan menggunakan beberapa indikator yaitu menghubungkan gambar dengan kata, membedakan kata yang mempunyai suku kata awal atau akhir yang sama, melakukan 3-5 perintah secara berurut dengan benar, menunjukan gerakan-gerakan misalnya duduk, jongkok, berlari, makan dan lain-lain, dan membaca kata yang terdapat pada gambar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah permainan kartu kata bergambar dapat meningkatkan kemampuan berbahasa lisan anak.
Peningkatan Kemampuan Berbahasa Melalui Gambar dengan Kata “Permata” Rostini, Tuti
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (384.271 KB) | DOI: 10.33222/pelitapaud.v1i2.204

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses pembelajaran bahasa melalui penggunaan media gambar di TK Remayangsari. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilaksanakan selama 3 siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari tahap-tahap sebagai berikut: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah anak kelompok B berjumlah 20 orang anak, 7 anak laki-laki dan 13 anak perempuan. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri dari observasi aktivitas anak dan observasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat dalam pembelajaran bahasa dengan menggunakan media gambar. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif Kualitatif dan persentase.. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media gambar dapat meningkatkan bahasa anak usia dini di TK Remayangsari Kuningan.
PENINGKATAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN TRADISIONAL KUCING DAN TIKUS Carmanah, Carmanah; Juherna, Erna
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (474.313 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan interpesrsonal anak dengan menggunakan permainan tradisional kucing dan tikus di kelompok B di PAUD Alfurqon Desa Salareuma Kecamatan Cipicung Kabupaten Kuningan. Metode dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak Paud AlFurqon berjumlah 20 orang anak, yang terdiri dari 8 laki-laki dan 12 perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%) atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan permainan tradisional kucing dan tikus dapat meningkatkan kecerdasan interpersonal anak dan juga meningkatkan kinerja guru.
Efektivitas Penerapan Gerak Dasar Tari dalam Meningkatkan Perkembangan Motorik Kasar Anak Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Solihati, Aan
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 1 (2016): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap keefektivan penerapan gerak dasar tari dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen dengan menggunakan desain One Group Pre Test-Post Test Design dengan cara melakukan satu kali pengukuran di depan (Pre Test) sebelum penerapan gerak dasar tari dan setelah itu dilakukan lagi pengukuran (Post Test) sesudah penerapan gerak dasar tari. Data dianalisis secara statistik kuantitatif terhadap 21 anak. Data yang dikumpulkan melalui instrumen tes untuk mengetahui peningkatan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada perkembangan motorik kasar anak usia dini di Kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan Kecamatan Jalaksana Kabupaten Kuningan antara sebelum dan sesudah penerapan gerak dasar tari, yakni berdasarkan hasil perhitungan bahwa thitung = 12,86 > ttabel = 2,021, artinya tolak Ho dan terima H1, artinya penerapan gerak dasar tari efektif dalam meningkatkan perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Al Hikmah Cigadung Kecamatan Cigugur Kabupaten Kuningan.
PENGARUH CONSTRUCTIVE PLAY TERHADAP KEMAMPUAN PENGENALAN GEOMETRI DAN KLASIFIKASI PADA ANAK USIA 4 – 5 TAHUN Koesmadi, Dita Primashanti
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (262.883 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  geometri anak usia 4-5 tahun, dan (2) pengaruh constructive play terhadap kemampuan pengenalan  klasifikasi anak usia 4-5 tahun. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu atau quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini semua kelompok A TK/RA di Desa Tambakromo Kecamatan Geneng Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelompok A TK Alam Ceria dan kelompok A TK Negeri Pembina. Teknik pengambilan sample penelitian menggunakan stratified random sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi. Analisis data dengan menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan bantuan SPSS 16 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan geometri pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -1,822 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -19,647 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,531 ≤ t tabel sebesar1,697, (2) terdapat  pengaruh kegiatan constructive  play terhadap kemampuan pengenalan klasifikasi pada anak usia 4-5 tahun, yaitu dengan diperoleh nilai t hitung uji paired t-test kelompok kontrol sebesar -2,529 ≤ t tabel sebesar 1,740, pada kelompok eksperimen diperoleh t hitung sebesar -11,172 ≤ t tabel sebesar 1,746, dan pada uji independent t-test diperoleh nilai t hitung sebesar -13,089 ≤ t tabel sebesar1,697.
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENCETAK DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN ALAM DI PAUD NURHANIFAH DESA CIPONDOK Ristiani, Desi; Badroeni, Badroeni
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (278.02 KB)

Abstract

Kemampuan motorik halus anak harus ditingkatkan, maka dari itu tujuan penelitian ini yaitu unuk mengetahui peningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan mencetak dengan bahan alam di PAUD Nurhanifah Cipondok. Metodologi penelitian ini adalah tindakan kelas di laksanakan melalui 3 siklus dengan tahap tindakan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Tempat penelitian di PAUD Nurhanifah Desa Cipondok Kec. Kadugede Kab Kuningan, peserta didik dalam penelitian ini anak berjumlah 16, terdiri dari kali-laki 10 dan perempuan 6 penelitian ini dilaksanakan pada Semester II bulan Februari-April 2017. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi guru dan lembar observasi anak. Berdasarkan hasil observasi tindakan yang dilakukan oleh peneliti pada setiap siklus pada siklus I kategori BB 37,5%, kategori MB 37,5%, kategori BSH 25% dan kategori BSB 0%, meningkat pada siklus II kategori BB 25%, kategori MB 12,5%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 12%, siklus III kategori BB 0%, kategori MB 6,25%, kategori BSH 37,5% dan kategori BSB 56,25%, kesimpulan dari penilitian ini adalah bahwa kegiatan mencetak dengan bahan alam dapat meningkatkan motorik halus.
Media Pembelajaran Yang Efektif untuk Anak Upaya Menyiapkan Pondasi Anak yang Berkarakter Haerudin, Dodi Ahmad
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (220.21 KB) | DOI: 10.33222/pelitapaud.v1i2.189

Abstract

Menyangkut rendahnya peningkatan nilai-nilai moral anak, Karena disebabkan anak kurang memahami dalam perilaku baik dan buruk, dan guru kadang kurang memperhatikan tingkah laku anak di kelas. Tujuan penelitian, meningkatkan nilai-nilai moral anak melalui bercerita dengan permainan papan magnet di TK Nurfallah Desa Mekarmulya Kecamatan Garawangi Kabupaten Kuningan. Metode penelitian adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian murid kelompok B berjumlah 12 orang. Data penelitian melalui observasi, wanwancara, catatan lapangan, dokumentasi dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus kedua menunjukkan peningkatan dan mencapai indikator keberhasilan.
PENINGKATAN KECERDASAN EMOSI MELALUI BERMAIN MUSIK ANGKLUNG Casminah, Mimin
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 2 (2018): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (470.172 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran proses kecerdasan emosi anak dengan menggunakan bermain musik angklung di kelompok B di PAUD Asshofa Jalan Jaka Sundang Lingkungan Karanganyar. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), subjek dalam penelitian ini anak-anak TK Asshofa berjumlah 20 orang ana. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi, pengambilan data secara kualitatif. Indikator keberhasilan adalah sebagai berikut: meningkatnya kecerdasan interpersonal anak apabila telah mencapai (75%)  atau berkembang sangat baik. Dari analisis data penelitian siklus I diperoleh hasil yaitu  (45,97 %) atau mulai berkembang, siklus II diperoleh hasil yaitu (69,54%) atau berkembang sesuai harapan, dan siklus III diperoleh hasil yaitu (84,28%) atau berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian peneliti menyimpulkan bahwa dengan bermain musik angklung dapat meningkatkan kecerdasan emosi
Penerapan Reward dan Punishment untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Usia Dini Khoerunisa, Eka Yulia
Jurnal Pelita PAUD Vol 1 No 2 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (348.03 KB) | DOI: 10.33222/pelitapaud.v1i2.205

Abstract

Kedisiplinan adalah kepatuhan seseorang terhadap aturan dan tata tertib baik berupa perintah maupun larangan yang berlaku. Kedisiplinan dapat membantu anak untuk belajar bertanggungjawab dan mengendalikan diri. Menanamkan kedisiplinan sejak dini akan berpengaruh terhadap kehidupan bermasyarakat anak di masa yang akan datang. Untuk itu kedisiplinan perlu ditingkatkan secara optimal, salah satunya dengan penerapan reward dan punishment. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kedisiplinan anak usia dini sebelum dan sesudah penerapan reward dan punishment serta terdapat pengaruh yang signifikan penerapan reward dan punishment terhadap kedisiplinan anak usia dini. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelas B1 TK Adiria Desa Bandorasawetan yang berjumlah 27 anak. penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs yang mengukur hubungan kausal antara variabel x dan variabel y. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan dokumentasi, untuk teknik analisis data digunakan statistik deskriptif. Dari hasil analisis data diketahui rata-rata nilai kedisiplinan anak sebelum penerapan reward dan punishment 58,80. Setelah penerapan reward dan punishment rata-rata nilai kedisiplinan anak 81,94.Dari uji regresi yang dilakukan menunjukan bahwa penerapan reward dan punishment berpengaruh terhadap kedisiplinan anak usia dini sebesar 68,6%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan reward dan punishment meningkatkan kedisiplinan anak usia dini.
PERAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA PADA ANAK USIA 4-6 TAHUN Nurlaeni, Nurlaeni; Juniarti, Yenti
Jurnal Pelita PAUD Vol 2 No 1 (2017): Jurnal Pelita PAUD
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.407 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah peran orang tua dalam membimbing dan mengembangkan kemampuan bahasa anak khususnya kemampuan membaca pada anak usia 4-6 tahun di Desa Cimanggugirang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua yang berada di Desa Cimanggugirang Kecamatan Cingambul Kabupaten Majalengka. Adapun sasaran penelitian ini adalah orang tua. Metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data diperiksa menggunakan triangulasi. Secara ringkas hasil penelitian ini menunjukkan bahwa orang tua dituntut untuk selalu membimbing anaknya belajardirumah, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut sehingga kelak anak tidak terlalu banyak menemui kesulitan dan pemberi motivasi yang membangun semangat belajar saat anak kesulitan dalam belajar, sehingga kemampuan membaca anak berkembang sesuai harapan.