cover
Contact Name
Hendra Kartika
Contact Email
hendra.kartika@staff.unsika.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
redaksi_supremum@unsika.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. karawang,
Jawa barat
INDONESIA
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education)
ISSN : 25493639     EISSN : 25488163     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) is a journal of mathematics education that publishes research papers and studies in the field of mathematics education. SJME is a biannual (January and July), peer-reviewed, open access journal, edited by the Mathematics Education, Faculty of Teacher Training and Education Science, University of Singaperbangsa Karawang, West Java, Indonesia. It addresses mainly to an expert in mathematics education, young researchers and also to other specialists in adjacent fields of research that focus their attention on general and particular issues related to mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
Pencapaian Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Menggunakan Model Lesson Study pada Pembelajaran Matematika Ekonomi Roesdiana, Lessa; Hidayati, Nita
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 2 (2018): July 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalahmenelaah peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa dengan menggunakan metode Lesson study dibandingkan dengan Pembelajaran Langsung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian posttes only dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa  salah satu Perguruan Tinggi di Karawang. Instrumen tes mencakup tes kemampuan pemahaman matematik dengan indikator dan variabel yang diukur adalah tingkat kemampuan pemahaman matematik. Data diolah menggunkan Software SPSS versi 22 for Windows, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan pemahaman matematik mahasiswa yang memperoleh pembelajaran dengan model Lesson Study lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran Langsung. Jadi dapat disimpulkan model Lesson Studydapat meningkatkan hasil belajar matematika khususnya mata kuliah Matematika Ekonomi. 
Implementasi Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantuan GeoGebra Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Rosyid, Abdul; Umbara, Uba
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 2 (2018): July 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa SMP yang memperoleh pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Kuningan Tahun Pelajaran 2017/2018. Pengambilan sampel dilakukan berdasarkan pertimbangan (sampling purposive). Kelas VIII F sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra sedangkan kelas kontrol adalah kelas yang memperoleh pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes yang selanjutnya dianalisis dengan uji perbedaan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan GeoGebra lebih baik dibandingkan dengan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. 
MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR DEFINISI LIMIT BAGI MAHASISWA Amintoko, Gunanto
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 1, No 1 (2017): January 2017
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemahaman konsep definisi limit perlu dimiliki oleh mahasiswa yang menempuh matakuliah Kalkulus. Pemahaman konsep mahasiwa yang rendah dapat menyebabkan hasil belajar mahasiswa juga rendah. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Direct Instruction. Penelitian dilakukan di Universitas Hasyim Asy’ari Jombang dengan subyek penelitian yaitu mahasiswa Matematika semester IV. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas pada matakuliah Kalkulus Peubah Banyak. Hasil menunjukkan bahwa model pembelajaran Direct Instruction dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar mahasiswa.
Dewan Redaksi&Daftar Isi Supremum, Admin
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 1, No 1 (2017): January 2017
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewan Redaksi&Daftar Isi
Pengaruh Penggunaan Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Peserta Didik SMA Muslim, Siska Ryane
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 1, No 2 (2017): July 2017
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui pengaruh positif  penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematik peserta didik dan untuk mengetahui bagaimana kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan  model Project Based Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu peserta didik kelas X SMA Negeri 3 Tasikmalaya. Sampel diambil secara acak menurut kelas, kelas yang menjadi sampel yaitu kelas X-1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 33 orang peserta didik dan kelas X-3 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan berupa soal tes kemampuan Pemecahan Masalah matematik peserta didik dan lembar observasi kemandirian belajar peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian analisis data, dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif penggunaan model Project Based Learning terhadap kemampuan Pemecahan Masalah eatif matematik peserta didik dan kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan  model Project Based Learning memperoleh kategori tinggi. 
Pengembangan Bahan Ajar Kompilasi Berupa Modul Pada Mata Kuliah Aljabar Matriks Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi Setiani, Ana; Kartiwi, Asti Putri; Wulandari, Heni
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 1 (2018): January 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Makalah ini merupakan hasil penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang diaplikasikan dalam 3 tahapan penelitian, yaitu tahap pendahuluan, uji coba kelompok kecil, dan terakhir uji lapangan. Tahap pendahuluan diantaranya meliputi analisis bahan ajar melalui studi literatur; merancang dan mengembangkan bahan ajar kompilasi; melakukan validasi bahan ajar oleh 2 orang ahli; dan melakukan revisi ke-1. Tahap uji coba kelompok kecil meliputi uji terbatas terhadap 10 mahasiswa yang dipilih secara acak sebagai sampel menguji produk dan melakukan revisi ke-2. Metode yang digunakan pada tahap Kedua adalah eksperimen  single one shot case study. Tahap uji lapangan meliputi pengunaan bahan produk yang dilakukan terhadap 30 mahasiswa peserta mata kuliah aljabar matriks tahun akademik 2016/2017. Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Uji lapangan ini menggunakan pengembangan prototipe. Intrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, lembar validasi, pedoman wawancara, lembar penilaian kinerja bahan ajar, dan tes uraian. Hasil validasi 2 orang ahli menujukna bahwa modul kompilasi aljabar matriks berada pada kategori jelas dan aspek untuk kevalidan modul termasuk kategori valid. RPS, pedoman wawancara, lembar observasi aktivitas mahasiswa termasuk pada kategori valid, keberhasilan aktivitas belajar mahasiswa masuk pada kategori berhasil, kepraktisan perangkat bahan ajar kompilasi jika dilihat dari aspek kepraktisan termasuk pada kategori praktis, efektivitas, ketertarikan mahaiswa terhadap bahan ajar kompilasi, dan hasil belajar mahasiswa, lebih baik daripada efektivitas pembelajaran sebelum menggunakan bahan ajar kompilasi. Oleh karena itu, bahan ajar kompilasi yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran.
Menyeimbangkan Fungsi Otak Melalui Teknik Kreasi Lagu dalam Pencapaian Pemahaman Matematis Siswa SMP Ramlah, Ramlah; Hanifah, Hanifah
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 1 (2018): January 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Salah satu tujuan pembelajaran matematika sekolah adalah menguasai kemampuan pemahaman matematis.Tetapi, faktanya kemampuan pemahaman matematis siswa masih tergolong rendah.Dengan demikian, tujuan penelitian ini adalah untuk menelaah keefektifan TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan  terhadap pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa. Serta tingkat kepuasaan siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan TKL. Penelitian dengan pendekatan perbedaan ganda, desain grup non-ekivalen kepercobaan-kuasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP N kelas VII di Kecamatan Karawang Barat, dengan sampel sebanyak 30 siswa untuk masing-masing grup ( pembelajaran TKL) dan kelompok kontrol (pembelajaran langsung). Teknik analisis data menggunakan SPSS Versi 17. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa pencapaian kemampuan Pemahaman Matematis siswa yang memperoleh TKL dengan menyeimbangkan fungsi otak kiri dan kanan lebih baik daripada siswa yang menggunakan pembelajaran langsung. Dan respon yang sangat baik  tehadap pembelajaran TKL. Jadi dapat disimpulkan bahwa Teknik kreasi lagu dengan menyeimbangkan fungsi oatak, efektif dalam pencapaian kemampuan pemahaman matematis siswa.
Back Matter (Panduan Penulisan) Admin, Admin
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 1 (2018): January 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

SJME Vol.2, No.1, Januari 2018
Influence of Extrinsic and Intrinsic Motivation on Pupils Academic Performance in Mathematics Adamma, Onyekwere Nonye; Ekwutosim, Okoro Pauline; Unamba, Eugene Chukwuemeka
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 2, No 2 (2018): July 2018
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini mengkaji pengaruh motivasi ekstrinsik dan intrinsik pada performa akademik matematika siswa. Penelitian ini berdasarkan dua hipotesis penelitian. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif. Populasi penelitian terdiri dari 3056 siswa sekolah dasar di wilayah Owerri, Imo State. Ukuran Sampel dari 200 siswa utama enam siswa dipilih untuk penelitian. Teknik sampling acak sederhana digunakan dalam memilih empat sekolah dari sembilan sekolah. Instrumen yang digunakan untuk pengumpulan data adalah Skala Motivasi Akademik dan Tes Prestasi Matematika. Validitas ditentukan oleh dua ahli dalam pengukuran dan evaluasi dan satu ahli dalam pendidikan matematika. Instrumen memiliki reabilitas co-efisien 0,89 dan 0,92 ditentukan menggunakan metode test-retest. Data yang dihasilkan dianalisis dengan bantuan versi SPSS. Statistik inferensial dari t-test dan korelasi product Moment Person Pearson digunakan untuk menguji hipotesis pada tingkat signifikansi 0,05. Studi ini menyimpulkan bahwa motivasi meningkatkan kinerja akademik siswa dan ada perbedaan jenis kelamin dalam jenis motivasi dan kinerja akademik. 
Desain Didaktis Konsep Luas Daerah Trapesium Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Menengah Pertama Mulyani, Eva
SJME (Supremum Journal of Mathematics Education) Vol 1, No 2 (2017): July 2017
Publisher : Universitas Singaperbangsa Karawang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya hambatan belajar (learning obstacle) yang dialami peserta didik tentang konsep luas daerah trapesium. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyusun dan mengimplementasikan bahan ajar pada konsep luas daerah trapesium. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 2 Tasikmalaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Desain Didaktis (Didactical Design Research). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan melaksanakan uji instrument learning obstacle, implementasi desain didaktis, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah suatu desain didaktis alternatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada materi konsep luas daerah trapesium.