cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Jurusan Pendidikan Teknik Elektro
ISSN : -     EISSN : -     DOI : -
Arjuna Subject : -
Articles 40 Documents
EVALUASI PELAKSANAAN PEMBELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK KOMPETENSI KEAHLIAN TIPTL SMK NEGERI 3 SINGARAJA Wibawa, Kadek; Santiyadnya, Nyoman; Indrawan, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i1.20216

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengevaluasi dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pada mata pelajaran instalasi penerangan listrik kompetensi keahlian (TIPTL) SMK Negeri 3 Singaraja. Bentuk Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini diperoleh secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara terstruktur, dan kajian studi dokumen. Sumber data utama diperoleh dua orang guru  kelas XI dan data penunjang diperoleh dari enam orang siswa kelas XI TIPTL. Ada 3 proses analisis data meliputi analisis sebelum, selama, dan setelah di lapangan. Aktivitas analisis data selama di lapangan terdiri atas reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Pengujian keabsahan data dilaksanakan melalui validitas internal, validitas eksternal, uji dependability, dan uji conformability. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan antara lain. 1) komponen Rancangan Program Pembelajaran (RPP) yang disusun guru sudah sesuai dengan arahan Permendikbud No. 22 Tahun 2016, namun masih terdapat beberapa kekurangan. 2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. 3) evaluasi pembelajaran yang dilakukan guru sudah mengacu pada Permendikbud No. 23 Tahun 2016 yang meliputi aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan, namun belum terealisasi secara maksimal karena terdapat item-item pada setiap aspek belum terlaksana semua.
STUDI EVALUASI PELAKSANAAN PKL PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA Joniartawan, Gusti Ngurah; Santiyadnya, Nyoman; Indrawan, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i1.20213

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektifitas pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro. Evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi praktik kerja lapangan. Penelitian ini dilakuakan di Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro Universitas Pendidikan Ganesha. Responden penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro semester 8, dosen, dan perusahaan. Penelitian evaluasi merupakan penelitian kualitatif. Tahapan yang ditempuh adalah pra lapangan, lapangan, pasca lapangan. Sumber data penelitian diperoleh secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggnakan metode observasi partisipan pasif, wawancara dan telaah studi dokumen. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui validitas internal, validitas eksternal, uji dependability, dan uji comfirmability. Berdasarkan analisa data didapatkan hasil sebagai berikut. 1) Perencanaan pelaksanaan praktik kerja lapangan sudah sesuai dengan pedoman pelaksanaan praktik kerja lapangan, tetapi masih memiliki kekurangan; 2) pelaksanaan praktik kerja lapangan Prodi S1 Pendidikan Teknik Elektro sudah sangat efektif; 3) evaluasi pelaksanaan praktik kerja lapangan sudah mengacu pada kegiatan sehari-hari mahsiswa di lapangan dan ujian akhir praktik kerja lapangan, namun ada beberapa aspek yang belum maksimal dalam penilaian tersebut.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SIMULASI KONTROL POMPA AIR BERBASIS MIKROKONTROLER PADA MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN, MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER KELAS XI TAV DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Asprilla, Kajeng Sudirja; Sutaya, Wayan; Nurhayata, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i2.20873

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan media pembelajaran berupa simulasi kontrol pompa air otomatis, (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran simulasi kontrol pompa air otomatis, dan (3) respon siswa terhadap media pembelajaran simulasi kontrol pompa air otomatis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan jenis metode penelitian Sugiyono. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI TAV SMK Negeri 3 Singaraja. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode angket/kuisioner yang dinilai oleh ahli isi, ahli media, dan siswa. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penilaian menunjukkan (1) Tingkat kelayakan pengembangan media pembelajaran simulasi kontrol pompa air otomatis yang diuji oleh ahli isi yaitu berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 98,46%, menurut ahli media tingkat kelayakan berada pada kualifikasi sangat layak sebesar 98,46%. (2) Respon siswa dicari menggunakan dua tahapan uji yaitu uji kelompok kecil dan uji coba lapangan. Berdasarkan hasil uji tersebut pada uji kelompok kecil diperoleh kualifikasi sangat baik yaitu 92,8% dan untuk uji lapangan memperoleh kualifikasi yang sama yaitu sangat baik dengan persentase sebesar 90,39% berdasarkan hal tersebut media pembelajaran simulasi kontrol pompa air otomatis memiliki respon yang sangat baik saat diterapkan pada pembelajaran pemrograman, mikroprosesor dan mikrokontroler dalam materi membuat program aplikasi sederhana dengan mikrokontroler. Hal ini menandakan, media pembelajaran simulasi kontrol pompa air otomatis sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan efektif dalam meningkatkan minat/ketertarikan belajar siswa terhadap pembelajaran pemrograman, mikroprosesor dan mikrokontroler.
PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK SMK Krisna, Dewa Gede Bayu; Adiarta, Agus; Santiyadnya, Nyoman
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i3.20859

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Discovery Learning untuk meningkatkan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik kelas X TITL1 SMK Negeri 3 Singaraja tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini tergolong Penelitian Tindakan Kelas (PTK), rancangan dalam penelitian ini menggunakan 2 siklus yang terdiri dari perencanan, pelaksanaan tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TITL1 SMK Negeri 3 Singaraja yang berjumlah 38 orang. Berdasarkan data yang diperoleh pada PTK siklus I siswa yang tuntas 25 siswa secara klasikal (71,43%) dalam kategori cukup. Pada siklus II yang tuntas 30 orang siswa (85,71%) secara klasikal dalam kategori baik. Perubahan dari siklus I ke siklus II mencapai peningkatan 14,28% secara klasikal. Berdasarkan analisis dan pembahasan disimpulkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar dasar dan pengukuran listrik pada siswa kelas X TITL1 SMK Negeri 3 Singaraja.
STUDI EVALUASI KINERJA GURU DALAM PENERAPAN PJBL INSTALASI MOTOR LISTRIK XI TIPTL SMKN 3 SINGARAJA Adnyana, Wayan; Santiyadnya, Nyoman; Ariawan, Ketut Udy
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v6i2.20232

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja guru dalam penerapan model pembelajaran project based learning pada mata pelajaran instalasi motor listrik kelas XI TIPTL SMK Negeri 3 Singaraja yang berkaitan dengan penerapan model project based learning pada tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua orang guru mata pelajaran instalasi motor listrik serta 6 siswa kelas XI TIPTL di SMK Negeri 3 Singaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu wawancara, observasi partisipasi pasif dan studi dokumentasi. Berdasarkan analisis data, didapat hasil antara lain. 1) perencanaan pembelajaran yang dilakukan kurang sesuai dengan aspek kinerja guru dalam penerapan model pembelajaran project based learning, karena beberapa item belum terlaksana. 2) pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru terbagi menjadi tiga tahap meliputi pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup, dalam penerapan masih belum optimal penerapannya terhadap RPP, Permendikbud dan langkah-langkah project based learning. 3) evaluasi pembelajaran dilakukan guru dengan tiga aspek meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan, namun belum optimal, dikarenakan beberapa item belum dilaksanakan.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN VIDEO ANIMASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER Raharja, I Gusti Ngurah Komang Rishi; Gitakarma, Made Santo; Ariawan, Ketut Udy
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v6i3.20853

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Perakitan Komputer pada materi prosedur perakitan komputer di kelas X TKJ 2 SMK Negeri 3 Negara tahun pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 34 orang melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Division Achievement). Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan 2 siklus yakni siklus I dan siklus II  yang terdiri dari 3 kali pertemuan di setiap siklusnya. Objek dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Division Achievement).  Data yang diolah diperoleh dengan menggunakan metode tes pilihan ganda dengan jumlah soal 40 butir. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis data statistik deskriptif. Berdasarkan analisis data yang diperoleh mengenai hasil belajar pada mata pelajaran Perakitan Komputer pada siklus I didapatkan persentase rata-rata ketuntasan siswa secara klasikal sebesar 67,64%. Pada siklus II persentase hasil ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 88,24%. Hasil tersebut menunjukan terjadinya peningkatan hasil belajar siswa  dari siklus I ke siklus II sebesar 20,6%. Disarankan kepada guru perakitan komputer untuk menggunakan model pembelajaran STAD karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar perakitan komputer.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTIMETER BERBASIS CD INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Suprapta, Guna; Adiarta, Agus; Santiyadnya, Nyoman
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i2.20222

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) desain media pembelajaran multimeter berbasis CD interaktif, 2) tingkat kelayakan media pembelajaran multimeter berbasis CD interaktif 3) respon siswa setelah menggunakan media pembelajaran multimeter berbasis CD interaktif . Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (R & D) dan pengukuran tingkat kelayakan media menggunakan skala Linkert. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X TAV 2 di SMK Negeri 3 Singaraja. Hasil penelitian terhadap media didapatkan: 1) media pembelajaran multimeter berbasis CD interaktif dapat dibuat, 2) persentase tingkat kelayakan media dari validator media 95,71% dengan kualifikasi sangat layak dan persentase tingkat kelayakan media dari validator materi 98,57% dengan dengan kualifikasi sangat layak, 3) mendapat respon siswa dengan kualifikasi sangat baik yaitu mendapat persentase respon siswa dalam kelompok kecil 89,07% dengan kualifikasi sangat baik dan persentase respon siswa dalam kelompok besar 92,93% dengan kualifikasi sangat baik. Berdasarkan hasil analisis, media pembelajaran multimeter berbasis CD interaktif pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X TAV di SMK Negeri 3 Singaraja.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X BB2 Antara, Gede Bawa; Arsa, Putu Suka; Adiarta, Agus
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i2.20870

Abstract

Penelitian tindakan kelas bertujuan untuk: 1) meningkatkan nilai pengetahuan dan nilai praktik keterampilan siswa, 2) pengimplemetasian ilmu penegtahuan terhadap teknologi yang berkembang di masyarakat. Subjek dari penelitian ini adalah 31 siswa kela X BB2 SMA Negeri 4 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus pembelajaran dengan tahapan-tahapan dalam tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi, dan refleksi. Data hasil pengetahuan siswa di proleh dari tes ujian pilihan ganda di akhir masing-masing siklus dan data hasil pratik keterampilan diproleh dari praktikum siswa pada masing-masing siklus. Hasil analisa menunjukkan: 1) terjadi peningkatan nilai rata-rata nilai pengetahuan siswa yaitu dari 62,03 dengan ketuntasan 48,8% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 82,38 dengan ketuntasan 96,77%. 2) terjadi peningkatan nilai rata-rata praktik keterampilan siswa yaitu dari 48,1 den gan ketuntasan 0% pada siklus I dan pada siklus II menjadi 83,32 dengan ketuntasan 96,77%.
STUDI EVALUASI PROFESIONALISME GURU PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DITINJAU PERSEPSI SISWA XI MIA SMAN 4 SINGARAJA Suarya, Darma; Santiyadnya, Nyoman; Arsa, Putu Suka
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v7i1.20217

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang profesionalisme guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang ditinjau dari persepsi siswa. Dimana profesionalisme tersebut dilihat dari empat standar kompetensi guru antara lain, kompetensi profesional, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIA SMA Negeri 4 Singaraja dengan melibatkan 70 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain, kuesioner, wawancara, observasi, dan studi dokumen. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode kualitatif deskriptif. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil antara lain 1) Profesionalisme guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan yang ditinjau dari persepsi siswa masih kurang. Dilihat dari kompetensi yang memenuhi kriteria hanya tiga kompetensi dari empat kompetensi yang disyaratkan oleh PP No.74 Tahun 2008 dan Permendiknas No.16 Tahun 2007, yaitu kompetensi profesional, kompetensi kepribadian, dan kompetensi sosial. 2) Pada kompetensi pedagogik guru belum memenuhi semua kriteria yang disyaratkan, yaitu kriteria perancangan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang mendidik dimana guru dalam pembelajaran tidak selalu sesuai atau tidak berpedoman pada RPP.
PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF TES FORMATIF PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF JURUSAN TKJ DI SMK NEGERI 3 SINGARAJA Laksana, Wijaya; Arsa, Putu Suka; Ratnaya, Gede
Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Pendidikan Teknik Elektro
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jjpte.v8i1.20200

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media interaktif tes formatif pada mata  pelajaran produktif jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di SMK Negeri 3 Singaraja. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development dalam bidang pendidikan. Media interaktif tes formatif dikembangkan sesuai dengan mata pelajaran yang disimulasikan yaitu Administrasi Sistem Jaringan. Media interaktif tes formatif di desain dengan Wondershare Quiz Creator, serta dalam media disisipkan konten multimedia berupa gambar, suara dan video dengan hasil akhir berupa exe file. Dari pengembangan media interaktif melalui uji validator dengan menggunakan angket diperoleh hasil sebagai berikut: (1) ahli media mendapatkan 87% dengan kualifikasi sangat layak, (2) ahli materi mendapatkan 88% dengan kualifikasi sangat layak, (3) responden guru mendapatkan 93% dengan kualifikasi sangat layak, (4) respond dari siswa masing- masing memperoleh 77% dari uji kelompok kecil dan 87% dari uji coba lapangan. Berdasarkan hasil analisis data penelitian, bahwa media interaktif tes formatif pada mata pelajaran produktif jurusan TKJ di SMK Negeri 3 Singaraja layak diterapkan sebagai alat evaluasi formatif dengan keunggulan yang sangat signifikan.

Page 1 of 4 | Total Record : 40