cover
Contact Name
Amir Tengku Ramly
Contact Email
amir.tengkuramly@uika-bogor.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
Jurnalmmuika@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Manajemen
ISSN : -     EISSN : 23014628     DOI : -
Core Subject : Science,
Jurnal Manajemen fokus pada penelitian dan artikel yang bertemakan manajemen dengan sub pembahasan: manajemen SDM, manajemen pemasaran, manajemen keuangan, manajemen syariah, manajemen rumah sakit dan manajemen bisnis serta manajemen strategik organisasi.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue " Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen" : 8 Documents clear
Pengaruh perilaku pemimpin terhadap motivasi kerja pegawai di lingkungan Sub Satker Bidang Hukum Polda Kaltim Dhewani, Prima Niendya Sukma; Ramly, Amir Tengku
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (295.895 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1452

Abstract

Leadership plays an important role in an organization, the leader is the main driving force in the organization so that all of the goals, vision and mission of the organization can be achieved, to achieve all that organizations need to pay attention to the efforts that the work motivation of employees are motivated to work more optimally and providing all resources to the organization. This study aims to determine the effect of leader behavior on the work motivation of employees of the Sub-Satker Bidang Hukum unit Polda Kaltim. The population in this study were all the staff of the Bidang Hukum unit Polda Kaltim, the sampling method used is the census and the sample size of 25 people. Examiners research hypotheses using PLS with the data processing program. These results indicated that: the positive effect of behavior leader on work motivation.Kepemimpinan memegang peran pertama dalam suatu organisasi, pemimpin adalah motor penggerak utama dalam organisasi agar semua tujuan, visi dan misi organisasi bisa tercapai. Untuk mencapai semuanya itu organisasi perlu memperhatikan upaya motivasi kerja agar pegawai termotivasi untuk bekerja lebih optimal dan memberikan seluruh daya upayanya kepada organisasi, maka pegawai perlu didukung dengan memberikan perhatian kepada kebutuhan pegawai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh perilaku pemimpin terhadap motivasi kerja pegawai Sub Satker Bidang Hukum Polda Kaltim. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pegawai di lingkungan Sub Satker Bidang Hukum Polda Kaltim, metode penentuan sampel yang digunakan adalah metode sensus dan jumlah sampel 25 orang. Penguji hipotesis penelitian menggunakan PLS dengan program pengolah data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: perilaku pemimpin berpengaruh positif terhadap motivasi kerja.
Implementasi teori motivasi pada Toyota Motor Company Argadinata, Angga G
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.356 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1526

Abstract

Motivation is an important and indispensable factor for an organization. For an organization, achieving goals, as measured by organizational performance, is a necessity. To meet these needs, employees as organizational actors must have motivation and be goal-oriented. The end result of the motivation process is performance. Well-motivated employees will eventually perform well. Toyota Motor Company is one of the leading car makers in the world. Toyotas achievement is inseparable from the role of employees who work in it. By paying attention to motivational theories related to meeting the needs of its employees, Toyota Motor Company strives to direct and mobilize its employees to provide good performance, which in turn will improve the companys overall performance through the programs that have been created and implemented for its employees.Motivasi adalah faktor penting dan sangat diperlukan bagi suatu organisasi. Mencapai tujuan bagi organisasi, yang diukur dengan dari kinerja organisasi, adalah suatu keharusan. Untuk memenuhi kebutuhan ini, karyawan sebagai pelaksana dalam organisasi harus memiliki motivasi dan berorientasi pada tujuan. Hasil akhir dari proses motivasi adalah kinerja. Karyawan yang bermotivasi baik pada akhirnya akan berkinerja baik. Toyota Motor Company adalah salah satu pembuat mobil terkemuka di dunia. Prestasi Toyota tidak terlepas dari peran karyawan yang bekerja di dalamnya. Dengan memperhatikan teori motivasi yang terkait dengan pemenuhan kebutuhan karyawannya, Toyota Motor Company berupaya mengarahkan dan memobilisasi karyawannya untuk memberikan kinerja yang baik, yang pada gilirannya akan meningkatkan kinerja perusahaan secara keseluruhan melalui program-program yang telah dibuat dan diterapkan untuk karyawannya.
Permasalahan dan solusi pengelolaan zakat di Indonesia Alam, Ahmad
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (231.019 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1533

Abstract

Zakat is the third pillar of Islam that must be fulfilled by every Muslim. Zakat has great potential in Indonesia in tackling community problems. But in its implementation faced with a number of problems. These problems are shared with three stakeholders who play a role, namely the regulator, especially the government, the Zakat Management Organization (OPZ) as the manager, and the Community as Muzakki (zakat provider) and Mustahiq (zakat recipient). If the three stakeholders are able to work together well, then these various problems can be overcome. This paper seeks to describe the role of the three stakeholders.Zakat merupakan rukun Islam ketiga yang wajib ditunaikan oleh setiap umat Islam. Zakat memiliki potensi yang besar di Indonesia dalam menanggulangi permasalahan masyarakat. Namun dalam implementasinya dihadapkan kepada sejumlah permasalahan. Permasalahan tersebut dibagi kepada tiga stakeholder yang berperan yaitu regulator khususnya pemerintah, Organisasi Pengelola Zakat (OPZ) sebagai pihak pengelolanya, dan Masyarakat sebagai muzaki (pemberi zakat) dan mustahik (penerima zakat). Jika ketiga stakeholder tersebut mampu bersinergi dengan baik, maka berbagai permasalahan tersebut bisa diatasi. Tulisan ini berupaya menguraikan peran ketiga stakeholder tersebut.
The measurement of the Islamic values for muslim workers Pasaribu, Popy Novita; Indupurnahayu, Indupurnahayu
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (357.389 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1560

Abstract

The objectives of this study were to set up an instruments to measure Islamic values and meaning of prayers (sholat.) The Islamic values consisted of tauhid (unity), khilafah (trusteeship) and adalah (justice). Factors of pray essence consist of 6 (six) variables namely concentration, understanding, respect, fear and admiration, hope for mercy and bless and shamefornegligence. This study took place in Islamic Banks namely Bank Muamalat Indonesia (BMI) and BNI Syariah. Data analysis used for this study was Confirmatory Factor Analysis (CFA). The results showed all indicators that reflected the Islamic values were valid and reliable that was consisted 22 item questions.Construct reliability (CR) and variance extracted (VE) for Islamic values were 0,79 and 0,58.  Concentration, understanding, respect, fear and admiration,indicatedthe meaning of prayer that were valid and reliable (CR 0,90 and VE 0,69), consisted nine item questions. Spiritualityin the workplacecan bedevelopedthrough theapplication ofIslamic valuesand prayer and it could be measured by these instruments. 
Persepsi manajer terhadap pengukuran kinerja berbasis human resource scorecard Subur, Rahmat
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (638.518 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1524

Abstract

The analysis conducted in this research is descriptive qualitative analysis based on observations made based on company data and information and reinforced by interviews and focus group discussions to get an idea of the opportunity to apply the design of performance measurement indicators based on Human Resources Scorecard. The results of the analysis of strategy objectives at PT. Cahaya Sakti Furintraco owned in the form of Corporate Philosophy, Vision, Mission and Annual Range Plan can be the foundation of the organization to achieve the ideals to maintain the continuity of the companys way. An important stage that should be done company especially the implementation stage is realized by the execution of the spirit of values contained in the companys philosophy, vision and mission is preceded by leaders as agents of change. Meanwhile, the strategy objectives of the existing human resources division have not yet played a role, due to the lack of socialization and the absence of programs in accordance with the current conditions due to incompatibility of views from each stakeholder. The design of the measurement of existing performance indicators has not yet implemented Human Resources Scorecard based performance indicators because there is no sponsorship to make changes to the performance measurement system from existing to new performance measurement systems.Analisis yang dilakukan dalam penelitian adalah analisis kualitatif deskriptif berdasarkan pengamatan yang dilakukan bersumber pada data dan informasi perusahaan serta diperkuat dengan wawancara dan diskusi kelompok terarah (Focus Group Discussion) untuk memperoleh gambaran peluang penerapan perancangan indikator pengukuran kinerja berbasis Human Resources Scorecard. Hasil analisis mengenai sasaran strategis di PT. Cahaya Sakti Furintraco yang dimiliki berupa Filosofi, Visi, Misi dan Annual Range Plan perusahaan dapat menjadi landasan organisasi untuk mencapai cita -cita untuk mempertahankan kelangsungan jalannya perusahaan. Tahap penting yang harus dilakukan perusahaan terutama tahap penerapan yang diwujudkan dengan dijalankannya semangat nilai-nilai yang terkandung dalam filosofi, visi dan misi perusahaan didahului oleh para pemimpin sebagai agen perubahan. Sementara itu sasaran strategis divisi SDM yang ada saat ini belum berperan, karena kurangnya sosialisasi dan belum adanya program yang sesuai dengan kondisi saat ini akibat adanya ketidaksesuaian pandangan dari masing-masing pemangku kepentingan. Perancangan pengukuran indikator kinerja yang ada belum menerapkan indikator kinerja berbasis Human Resources Scorecard karena belum adanya sponsor untuk melakukan perubahan sistem pengukuran kinerja dari yang ada ke sistem pengukuran kinerja baru.
Analisis faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan pembelian pepaya Calina Pradana, Anang Kartika; Slamet, Alim Setiawan; Andrianto, M Syaefudin
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (438.736 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1562

Abstract

Growth of income, healthy awareness and population lead to increase fruit consumption. One of IPB’s successful fruit innovation is Calina papaya. The purpose of this study was to analyze the characteristics of the consumers, and the factors that influence purchases, consumer attitudes toward the attributes and the purchase decision process Calina papaya. Determination number of sampling used slovin and determination of samples used convenience sampling. Analysis methods were using descriptive analysis, factor analysis and analysis multiatribut Fishbein. The results showed that most consumers are housewives who are highly educated purchase based on the needs of nutritional benefits. Information obtained from friends and family. Consumers are satisfied with the Calina papaya. Purchasing decisions are influenced by three main factors, namely social factors and knowledge, individual factors and factors of resources. In terms of attributes, flavor, quality and hygiene products become the most important consideration in the purchase decision process.Peningkatan pendapatan, kesadaran kesehatan dan bertambahnya jumlah penduduk mendorong peningkatan konsumsi buah-buahan. Salah satu inovasi buah sukses IPB adalah pepaya Calina. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik konsumen, faktor-faktor yang mempengaruhi pembelian, sikap konsumen terhadap atribut serta proses keputusan pembelian pepaya Calina. Penentuan jumlah responden menggunakan pendekatan slovin dan penentuan sampel menggunakan teknik convenience sampling. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis faktor dan analisis multiatribut Fishbein. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen terbesar adalah ibu rumah tangga yang berpendidikan tinggi, membeli berdasarkan kebutuhan manfaat gizi. Informasi didapat dari teman dan keluarga. Konsumen merasa puas terhadap pepaya Calina. Keputusan pembelian dipengaruhi oleh tiga faktor utama yaitu faktor sosial dan pengetahuan, faktor individu dan faktor sumber informasi. Dari segi atribut, rasa, kualitas dan kebersihan produk menjadi pertimbangan paling penting dalam proses keputusan pembelian.
Penetrasi Pumping HR Model dalam pemeliharaan personaliti dan pengembangan diri karyawan PT Dua Karya Berkah Waskita, Kukuh Galih
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (366.479 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1519

Abstract

The purposed of this study to combined the models of pumping HR Method and evaluation system in the company that have by Dua Karya Berkah Company. In Pumping HR model’s, there are three concept that must be on evaluation of company employees. The concept are principle power, competency power, and action power. Penetration of the concept pumping HR Model will be applied on midterm meetings and evaluation. Before penetration, the writers will be classifying the character of employees on two groups. First group is good character and the second is bad characters. Tujuan dari kajian ini adalah mengombinasikan metode Pumping HR model dengan sistem evaluasi yang sudah diaplikasikan oleh PT Dua Karya Berkah. Dalam Pumping HR Model, terdapat tiga konsep yang harus ada dalam meningkatkan personaliti dan pengembangan diri karyawan. Tiga konsep tersebut adalah priciple power, competency power, dan action power. Penetrasi dari konsep Pumping HR Model akan diaplikasikan dalam proses brifing karyawan dan evaluasi tengah tahun. Sebelum penetrasi, karyawan akan dibagi menjadi dua bagian berdasarkan karakternya, yaitu karakter baik (sehat) dan karakter buruk (sakit).
Forecasting technique using time sequence: model penentuan volume produksi Sanjai di UKM Rina Payakumbuh Marlina, Winny Alna; Susiana, Susiana; N, Erizal; Ahmad, Faisal Ali
Jurnal Manajemen Vol 9, No 2 (2018): Jurnal Manajemen
Publisher : LPPM Universitas Ibn Khaldun Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (491.61 KB) | DOI: 10.32832/jm-uika.v9i2.1567

Abstract

Forecasting is essential for factories to gain competitive ad-vantages. Forecasting is estimates of values at certain specific future times. Forecasting helps in reducing inventory and to schedule customers’ orders. Accurate sales forecasting is very helpful in planning of plant procurement and for cutting the cost. Sanjai Rina on Payakumbuh is a small business who sell traditional food with-out using forecasting method. In this case inventory of traditional food was affected to out of stock or over stocked. In this paper, forecasting methods using time series such linear method, exponential smoothing, etc. Forecasting based on historical data then the suggestion forecasting model will be implemented to this business. Using standard estimation error (SEE) to estimate the error of fore-casting. The result show that exponential methods were more accurate concrete to other. With exponential methods, Sanjai demand for next period can be estimated on ward become more effective and efficient.Peramalan sangat penting bagi pabrik untuk mendapatkan keunggulan kompetitif. Peramalan adalah perkiraan nilai pada waktu mendatang tertentu. Peramalan membantu dalam mengurangi persediaan dan untuk menjadwalkan pesanan pelanggan. Perkiraan penjualan yang akurat sangat membantu dalam perencanaan pengadaan pabrik dan untuk memotong biaya. Sanjai Rina di Payakumbuh adalah usaha kecil yang menjual makanan tradisional tanpa menggunakan metode peramalan. Dalam hal ini persediaan makanan tradisional dipengaruhi kehabisan stok atau kelebihan persediaan. Dalam tulisan ini, metode peramalan menggunakan deret waktu seperti metode linear, perataan eksponensial, dll. Peramalan berdasarkan data historis maka model peramalan saran akan diterapkan pada bisnis ini. Menggunakan standard error estimasi (SEE) untuk memperkirakan kesalahan forecasting. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode eksponensial lebih konkret tingkat ke yang lain. Dengan metode eksponensial, permintaan Sanjai untuk periode selanjutnya dapat diperkirakan lingkungan menjadi lebih efektif dan efisien.

Page 1 of 1 | Total Record : 8