cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota bogor,
Jawa barat
INDONESIA
Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
ISSN : 25277677     EISSN : 26148331     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang diterbitkan oleh Program Studi Teknologi Pendidikan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ibn Khaldun Bogor.
Arjuna Subject : -
Articles 61 Documents
HUBUNGAN KETELADANAN GURU DENGAN ADAB SISWA TINGKAT SEKOLAH DASAR (SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP) DI BOGOR Hakim, Lukman Nol
EDUCATE Vol 4, No 1 (2019)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (253.552 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena krisisnya adab siswa dan krisisnya keteladanan guru dan orang tua yang sering kita jumpai pada saat ini. Ini berarti peran keteladanan guru di sekolah sangat dibutuhkan dalam membina adab siswa dengan senantiasa memberikan keteladanan yang baik. Jadi peran sekolah sangat penting dalam memberikan keteladanan untuk melahirkan generasi yang beradab.Tujuan dalam penelitian tesis ini adalah: (1) Untuk mengetahui keteladanan guru di SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP di Bogor. (2) Untuk mengetahui adab siswa di SDN, SDIT, MI, HOMESCHOOLING GROUP di Bogor. (3) Untuk mengetahui seberapa besar keteladanan guru berkorelasi dengan adab siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode survey. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif dan analisis regresi sederhana. Lokasi penelitian terletak di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket yang hanya disebarkan kepada siswa. Subjek penelitian berjumlah 400 siswa dengan masing-masing, yaitu: SDN Bantarjati 8 sebanyak 120 siswa, SDIT Anak Shalih Cimahfar 120 siswa, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1 sebanyak 80 siswa, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru 80 siswa. Setelah peneliti menguji hipotesis penelitian, peneliti mendapatkan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Keteladanan guru di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 223 (55,7%). (2) Keteladanan di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahfar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 246 (61,5%). (3) Adab siswa di SDN Bantarjati 8, SDIT Anak Shalih Cimahpar, MI Matla’ul Anwar Tegal Gundil 1, Home Schooling Group Khoiru Ummah 1 Tanah Baru dalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebanyak 227 (56,75%). (4) Ada korelasi 0,590 antara keteladanan guru dengan adab siswa yang dapat diinterpretasikan bahwa hubungan kedua variabel tersebut ada di kategori sedang.
ANALISIS GAYA BERPIKIR MAHASISWA S1 TEKNOLOGI PENDIDIKAN TAHUN 2016/2017 FKIP UNIVERSITAS IBN KHALDUN BOGOR Achyanadia, Septy; Nurzaelani, Moh. Muhyidin
EDUCATE Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (230.124 KB)

Abstract

Tujuan penelitian yang akan dilakukan yaitu untuk menganalisis gaya berpikir mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Hasil penelitian ini dapat memberikan gambaran kepada para dosen mengenai gaya berpikir yang dimiliki mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor, sebagai dasar dalam menentukan model, strategi, metode dan media pembelajaran.Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu bertujuan menjelaskan fenomena yang ada dengan menggunakan angka-angka untuk mencandarkan karakteristik individu atau kelompok. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan tahun 2016/2017 FKIP Universitas Ibn Khaldun Bogor. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu memberikan tes kreativitas verbal.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa S1 Teknologi Pendidikan FKIP UIKA Bogor memiliki gaya berpikir konvergen, namun tidak sedikit pula mahasiswa yang memiliki gaya berpikir divergen. Dengan demikian, hasil penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi para dosen dalam mendesain pembelajaran sehingga berdampak pada peningkatan hasil belajar mahasiswa.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN GEOGRAFI TENTANG BUDAYA NASIONAL DAN INTERAKSI GLOBAL DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MIND MAPPING DI KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 7 KOTA BOGOR ., Hulasoh
EDUCATE Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (323.412 KB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi Global. Oleh karena itu seorang pendidik perlu mempertimbangkan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui hasil belajar peserta didik pada pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017, (2) mengetahui proses peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017, (3) mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Geografi tentang Budaya Nasional dan Interaksi global melalui model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping di kelasXI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping dapat menjadi variasi pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik sehingga terbukti meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 7 Kota Bogor semester genap tahun pelajaran 2016-2017.Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 63,96 kemudian terjadi peningkatan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping menjadi 76,53 pada siklus 1 dan 81,13 pada siklus 2. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping yang disesuaikan dengan materi pembelajaran dapat menciptakan situasi belajar yang menyenangkan sehingga terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. Oleh karena itu peneliti menyarankan agar penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Mind Mapping disosialisasikan dan digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran Geografi di sekolah-sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat.
STUDI IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ‘TERPADU’ DI SDIT UMMUL QURO BOGOR ., Shintawati
EDUCATE Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.548 KB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif untuk mengetahui dasar pertimbangan, strategi, hasil dan faktor penentu keberhasilan dalam implementasi pembelajaran TERPADU (Telaah, Eksplorasi, Rumuskan, Presentasikan, Aplikasikan, Duniawi, Ukhrowi) di SDIT Ummul Quro Bogor. Masalah dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: Apakah yang menjadi dasar pertimbangan lembaga dalam mengimplementasikan pembelajaran “TERPADU” di SDIT Ummul Quro Bogor? Bagaimanakah strategi yang dilakukan? Bagaimanakah hasil implementasinya? Faktor apa yang menjadi penentu keberhasilannya? Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi langsung, wawancara, dokumen, serta angket kepada informan dan peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman. Berdasarkan data penelitian diperoleh temuan: 1. Ada kesamaan visi, misi Yayasan Ummul Quro Bogor dengan pembelajaran TERPADU dan kesesuaian SKL SDIT Ummul Quro dengan JSIT. 2. Pihak Yayasan, Pimpinan unit, dan Koordinator level menjalankan peran dalam tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi implementasi 3. Ada peningkatan capaian hasil belajar kognitif dan karakter peserta didik setelah implementasi. 4. Ditemukan semangat atau motivasi guru yang kuat dan kondisi lingkungan internal yang kondusif. Dengan demikian, disimpulkan: 1. Kesamaan visi, misi dan kesesuaian SKL menjadi landasan implementasi pembelajaran TERPADU di SDIT Ummul Quro. 2. Pihak Yayasan dan sekolah menjalankan perannya masing-masing dalam tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi implementasi. 3. Pembelajaran TERPADU berdampak positif pada peningkatan capaian hasil belajar peserta didik. 4. Faktor penentu keberhasilan implementasi yang utama adalah semangat guru dan kondisi lingkungan internal yang kondusif.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TENTANG TEKS ULASAN FILM/DRAMA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSSISTED INDIVIDUALIZATION) Riyanti, Dias
EDUCATE Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (634.447 KB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas XI IPA 5 SMA Negeri 3 Bogor Semester Genap Tahun Pelajaran 2016-2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas XI IPA 5 tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah peserta didik sebanyak 36 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 72.69. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 80.83 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 86,62.
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG MATERI MENYAJIKAN DATA DALAM BENTUK TABEL DAN DIAGRAM MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) ., Sumaryono
EDUCATE Vol 2, No 2 (2017)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (315.659 KB)

Abstract

Penelitian yag berjudul Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Tentang Materi Menyajikan Data Dalam Bentuk Tabel Dan Diagram Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika dengan kompetensi dasar statistika di kelas XII Administrasi Perkantoran 1 SMK Permata 2 Kota Bogor. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu action research dengan dua siklus. Subjek penelitian adalah 32 peserta didik kelas XII. Setiap tahap penelitian tindakan kelas ini dilakukan secara partisipatif kolaboratif antara guru dan observer. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada siklus pertama dan siklus kedua,semua indikator belajar mengalami peningkatan keberhasilan sesuai dengan yang diharapkan.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK TENTANG PERJUANGAN BANGSA INDONESIA MENGHADAPI ANCAMAN DISINTEGRASI BANGSA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW Abidin, Saeful
EDUCATE Vol 3, No 2 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (405.005 KB)

Abstract

Penelitian ini beranjak dari fenomena yang terjadi di kelas bahwa rendahnya pemahaman dan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Sejarah Indonesia tetang Perjuangan Menghadapi Ancaman Disintegrasi Bangsa. Oleh karena itu seorang guru perlu mempertimbangkan penerapan suatu model pembelajaran yang efektif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. (2) untuk menggambarkan proses peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Perjuangan bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa terutama dalam bentuk pergolakan dan pemberontakan di kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. (3) untuk mengukur besarnya peningkatan hasil belajar peserta didik tentang Upaya bangsa Indonesia dalam menghadapi ancaman disintegrasi bangsa setelah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw di Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran koopertatif tipe jigsaw dapat menjadi variasi pembelajaran yang meningkatkan motivasi belajar bagi peserta didik sehingga telah terbukti berdampak meningkatkan hasil belajar peserta didik di Kelas XII TKJ A SMK Negeri 2 Bogor. Sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw hasil belajar peserta didik hanya mencapai nilai rata-rata 64 kemudian terjadi peningkatan setelah menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw menjadi 72,5 pada siklus 1 dan 78,9 pada siklus 2
PENGARUH EVALUASI PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA SMA AL ASHRIYYAH NURUL IMAN Fatonah, Umi; Iqbal, Muhammad
EDUCATE Vol 1, No 1 (2016)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.548 KB)

Abstract

Penelitian membahas tentang Pengaruh Evaluasi Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar Bahasa Arab Siswa SMA Al Ashriyyah Nurul Iman. Tujuan dalam pelaksanaan penelitian ini adalah; Untuk mengetahui proses pembelajaran, mengetahui motivasi belajar dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap motivasi belajar bahasa Arab pada siswa di kelas X BAHASA 2 SMA Al Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre Eksperimental Design One Group Pretest-Posttest Design dengan Populasi adalah seluruh siswa putra kelas SMA Al-Ashriyyah Nurul Iman Parung Bogor, serta sampel seluruh siswa putra kelas X BAHASA 2 sebanyak 45 orang siswa, sedangkan sampel pada peneliti ini adalah sampling jenuh dimana jumlah populasi dijadikan sampel. Dalam peneletian ini sampel penelitian nya adalah 45 siswa. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi Product Moment dari Pearson.Peneliti mendapatkan hasil pengujian hipotesis akhir thitung sebesar 4,019, sedangkan ttabel sebesar 1.679. Dikarenakan thitung>ttabel , maka hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran bahasa arab dengan menggunakan evaluasi pembelajaran dapat berpengaruh terhadap motivasi di kelas X bahasa 2 Sma Al-Ashriyyah Nurul Iman.Selain itu, bisa kita lihat dari rata-rata hasil angket setelah menunjukan bahwa post test lebih tinggi dari pada nilai rata-rata pre test dan post test, 76,35:80,35, ada perbedaan rata-rata yang signifikan antara pre test dengan post-test kelas eksperimen pada motivasi belajar. Hal ini sesuai dengan hipotesis yang diajuakan pada desain pre-test dan post-test yang hasilnya diharapkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan akhir kelas eksperimen .Hipotesis yang diajukan adalah evaluas i pembelajaran akan lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan motivasi siswa kelas X bahasa 2 Sma Al-Ashriyyah Nurul Iman “ maka dari hasil tersebut terlihat bahwa dengan terdapat pengaruh evaluasi pembelajaran terhadap peningkatan motivasi belajar, dilihat dari gain score nilai rata-rata pre test dan post test sebesar dan dengan T hitung sebesar 4,019.
PEMBELAJARAN KOOPERATIF DALAM PENGEMBANGAN SIKAP PADA TUGAS AKADEMIK Sjafei, Irna
EDUCATE Vol 2, No 1 (2017)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.504 KB)

Abstract

Students are early adults in their developmental stages. Adult learning process requires appropriate approach and method to make learning achievement effective, either independently or applied in group cooperation activity.The application of cooperative learning can be an alternative way of learning that can develop attitudes on academic tasks. This review discusses the conceptual level to find the link between the impact of cooperative learning and the development of a responsible attitude on the academic task of the learner.Cooperative learning is based on the premise that the meaning of learning will arise from inter-individual relationships in interacting, communicating and cooperating with full responsibility in completing academic tasks together.Attitude on the academic task is the state in the students either in the form of feelings, thoughts and behavior to act or react to the academic burden in learning. The state is formed on the basis of knowledge, felling and experience it has as a form of learning outcomes.Cooperative learning can be effective if there is a lecturer role that is: 1) manage more interesting lectures, 2) build more responsive lectures, 3) create more conducive classes, 4) less boring learning, 5) motivate student learning, 6) Good interaction between lecturers and students, 7) creating clear and systematic lecture system, 8) lecturing done on time, 9) training students in public and responsible, and others.
HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI PESERTA DIKLAT TENTANG PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI KOMPUTER DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR INSEMINASI BUATAN (IB) DI BBPKH CINAGARA BOGOR Walhidayah, Taufik
EDUCATE Vol 3, No 1 (2018)
Publisher : Program Studi Teknologi Pendidikan FKIP Universitas Ibn Khaldun, Bogor

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.254 KB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Hubungan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Populasi target dari penelitian ini adalah seluruh Peserta diklat /penyuluh di BBPKH Cinagara Bogor yang berjumlah 30 orang. Sedangkan populasi terjangkau adalah Peserta diklat yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian disimpulkan sebagai berikut : (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dengan hasil belajar inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Koefisien determinan R Square (r2y1) sebesar 0.294 yang berarti faktor media animasi komputer (X1) berperan atau memberikan kontribusi sebesar 29.4% dengan Hasil belajar inseminasi buatan (Y) sedangkan sisanya 70.6 % Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain.(2) Terdapat hubungan positif dan signifikan motivasi belajar dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor teruji kebenaranya. Koefisien determinan R Square (r2y1) sebesar 0.601 yang berarti faktor motivasi belajar (X2) berperan atau memberikan kontribusi sebesar 60.1% dengan Hasil belajar inseminasi buatan (Y) sedangkan sisanya 39.9% Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain.(3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara persepsi peserta diklat tentang media animasi komputer dan motivasi belajar secara bersama-sama dengan hasil belajar Inseminasi buatan di BBPKH Cinagara Bogor. Nilai koefisien determinan (r2y.12) sebesar 0.602 yang berarti faktor media animasi komputer (X1) dan Motivasi belajar (X2) secara bersama-sama berperan/memberikan kontribusi sebesar 60.2%. Sisanya 39.8 % Hasil belajar inseminasi buatan dipengaruhi oleh faktor lain (Y)..