cover
Contact Name
Dr. I Made Tegeh, S.Pd., M.Pd.
Contact Email
im-tegeh@undiksha.ac.id
Phone
+62817350209
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Jl. Udayana No. 11 Singaraja, Bali Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Mimbar Ilmu
ISSN : 1829877X     EISSN : 26859033     DOI : 10.23887/mi
Core Subject : Education,
Mimbar Ilmu is published by Research and Community Service Institution Universitas Pendidikan Ganesha. Mimbar Ilmu aims at becoming the publication center of education researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. It is published twice a year in April and October.
Articles 88 Documents
PENINGKATAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS IX MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DI SMP KRISTEN 1 SALATIGA Eka Puspawan, Yohanes; Danny Soesilo, Tritjahjo
Mimbar Ilmu Vol 24, No 1 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.532 KB) | DOI: 10.23887/mi.v24i1.17455

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas IX melalui layanan bimbingan kelompok di SMP Kristen 1 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan konseling (PTBK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IX yang mempunyai minat belajar kategori rendah yaitu berjumlah 4 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa instrumen penelitian dengan skala minat belajar berdasar teori Hilgard (Slameto, 2010), dan pedoman observasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan ?teknik analisis deskripsi komparatif. Hasil penelitian ialah terdapat peningkatan minat belajar siswa melalui 3 tahap siklus pemberian bimbingan kelompok dan berdasar observasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian terbukti bahwa bimbingan kelompok sudah meningkatkan minat belajar keseluruhan siswa.?Kata Kunci: Minat Belajar, Bimbingan Kelompok
FAKTOR KEDISIPLINAN BELAJAR PADA SISWA KELAS X SMK LARENDA BREBES Sugiarto, Ahmad Pujo; Suyati, Tri; Yulianti, Padmi Dhyah
Mimbar Ilmu Vol 24, No 2 (2019)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (244.401 KB) | DOI: 10.23887/mi.v24i2.21279

Abstract

AbstrakPenelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kedisiplinan belajar siswa. Faktor kedisiplinan belajar siswa antara lain: Faktor internal adalah faktor yang ada dalam dirinya sendiri antara lain meliputi kesadaran diri, motivasi belajar, dan tidak mampu menyesuaikan diri dalam belajar. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor dari luar yang meliputi faktor keluarga, lingkungan sekolah, teman sebaya dan masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi kasus yang dilakukan dengan cara mendeskripsikan atau memaparkan fakta-fakta atau data-data yang diperoleh dari sumber data. Data-data tersebut bersifat kualitatif karena tidak berupa angka, tetapi berupa kalimat-kalimat atau pernyataan-pernyataan yang berasal dari hasil metode observasi dan wawancara. Data-data tersebut selanjutnya dianalisis atau diuraikan untuk menemukan faktor kedisiplinan belajar siswa siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dari subjek penelitian, menunjukan bahwa faktor kedisiplinan belajar siswa ada dua yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Faktor intrinsik yaitu faktor yang berasal dari dirinya sendiri yaitu siswa yang malas, malas untuk belajar, tidak pernah mengerjakan PR atau tugas, malas untuk mencatat dan membaca buku pelajaran,kurangnya kesadaran untuk belajar, belum terbiasa dengan disiplin belajar. Kedua adalah faktor ekstrinsik merupakan faktor yang berasal dari luar individu berupa lingkungan keluarga, orangtua yang tidak pernah memberikan perhatian dan kasih sayang terhadap anak mengakibatkan anak menjadi tidak disiplin belajar, selain itu pendidikan orang tua juga mempengaruhi kedisiplinan belajar siswa, faktor lain adalah dari guru, guru yang galak dan cara mengajar yang membosankan menyebabkan siswa malas belajar, dan faktor terakhir yang mengakibatkan siswa tidak disiplin belajar karena faktor lingkungan seperti teman bergaul di rumah dan lingkungan sekolah.?Kata-kata kunci : Kedisiplinan Belajar, Siswa, Studi Kasus?AbstractThis research is motivated by the importance of student learning discipline. Factors of student learning discipline include: Internal factors are factors that exist in themselves include self-awareness, motivation to learn, and not being able to adjust to learning. While external factors are external factors which include family, school environment, peers and the community. This research uses a case study approach which is done by describing or describing facts or data obtained from data sources. The data is qualitative because it is not in the form of numbers, but in the form of sentences or statements derived from the results of observation and interview methods. These data are then analyzed or elaborated to find the factors of student learning discipline. Based on data obtained from research subjects, it shows that there are two factors for student learning discipline namely intrinsic factor and extrinsic factor. Intrinsic factor is a factor that originates from itself, namely students who are lazy, lazy to learn, never do homework or assignments, lazy to take notes and read textbooks, lack of awareness to learn, not accustomed to the discipline of learning. Second is the extrinsic factor is a factor that comes from outside the individual in the form of a family environment, parents who never give attention and affection towards children cause children to become undisciplined in learning, in addition to that parental education also affects student learning discipline, other factors are from the teacher, teachers who are fierce and boring teaching methods make students lazy to learn, and the last factor that causes students to be undisciplined in learning because of environmental factors such as friends hanging out at home and school environment.?Keywords: Learning Discipline, Students, Case Studies
HUBUNGAN PRESTASI BELAJAR AKIDAH AKHLAK TERHADAP PERILAKU SISWA MADRASH IBTIDAIYAH AL-MUJAHIDIN JAKARTA TIMUR Asrori, Asrori; Krisnawati, Nofi Maria; Salmani, Salmani
Mimbar Ilmu Vol 23, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (434.8 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i3.16433

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa kelas VI Madrasah Ibtidaiyah Al-Mujahidin Jakarta Timur. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 35 siswa. Metode? yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif korelatif, tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan penyebaran angket dengan menggunakan skala Likert dan rumus Product Moment correlation. Hasil penelitian di peroleh nilai coefisien correlation memperhatikan besarnya? rxy (0,28) yang berkisar antara (0,20 ? 0,40) didapati antara X dan Y mempunyai Korelasi kecil dan hubungan rendah. Uji signifikasi korelasi Product Moment secara praktis, dikonsultasikan pada table r Product Moment dapat dilihat n=35, taraf kesalahan 5% maka r table = 0.334 dan? rxy (0,28) lebih kecil dari r table (0,334 ). Maka hipotesis alternative (Ha) ditolak dan hipotesis nihil (Ho) diterima. Sehingga dinyatakan bahwa korelasi antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku Siswa dikategorikan lemah/rendah. Dengan melakukan pengujian secara signifikansi dapat disimpulkan bahwa t hitung (t0) = 1,67 < dari t tabel = 2,03. Jadi Ho diterima dan Ha ditolak, artinya tidak terdapat hubungan antara prestasi belajar Akidah Akhlak terhadap perilaku siswa-siswi kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur. variabel prestasi belajar siswa kelas VI MI Al-Mujahidin Jakarta Timur memiliki korelasi terhadap variabel perilaku 0,07%. Artinya korelasi tersebut korelasinya sedikit dan hubungan tidak terlihat . Namun hal ini juga dapat diartikan pengaruh prestasi belajar terhadap perilaku sebesar 0,07% dan sisanya 99,03% ditentukan faktor lain.?Kata kunci: Prestasi Belajar, Akidah Akhlak, Perilaku Siswa
MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SD ., Oktafrianto; Relmasira, Stefanus C; Asri Hardini, Agustina Tyas
Mimbar Ilmu Vol 23, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (333.602 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i3.16438

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh keterampilan pemecahan masalah? siswa yang masih rendah di SD Negeri Sidorejo Kidul 02 pada mata pelajaran Matematika. Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa pada mata pelajaran Matematika melalui penerapan pembelajaran Problem Based Learning. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan tes hasil belajar. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri Sidorejo Kidul 02 yang berjumlah 23. Alat pengumpulan data menggunakan lembar observasi, soal-soal tes kemudian dianalisis dengan data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan persentase keterampilan pemecahan masalah? siswa yang mencapai KKM pada siklus I meningkat dari 9 menjadi 15 peserta didik dengan? rata-rata 74,21. Pada siklus II siswa yang mencapai KKM mencapai 15 orang dengan rata-rata 82.86. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan dari 80 % disiklus I meningkat menjadi 100% pada siklus II. begitu juga dengan aktivitas guru. Pada siklus I menunjukkan presentase 75% meningkat menjadi 100% pada siklus II. Peningkatan ini terjadi karena siswa mulai memahami konsep pemecahan masalah Matematika. Dan guru menggunakan media realia yang dapat membatu siswa memahami konsep pemecahan masalah Matematika melalui langkah-langkah pembelajaran? Problem Based Learning. Siswa lebih antusias dan aktif mengikuti setiap proses pembelajaran, lebih berani di dalam menyampaikan gagasan dan melakukan kegiatan tanya jawab bersama guru.?Kata Kunci: Keterampilan Pemecahan Masalah, Matematika, Problem Based Learning, Media? Realia?
KORELASI POLA ASUH ORANG TUA DENGAN DISIPLIN BELAJAR SISWA KELAS VI SD Diah Puspitasari, Ni Luh Putu; Kristiantari, M.G. Rini; Sri Asri, I. G. A. Agung
Mimbar Ilmu Vol 23, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (495.201 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i1.16404

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui kualitas pola asuh orang tua siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (2) Mengetahui kualitas disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018 (3) Mengetahui ada tidaknya korelasi pola asuh orang tua dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Gugus VIII Sukawati Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VI di SD Gugus VIII Sukawati yang berjumlah 168 siswa. Sampel penelitian diambil dengan teknik Proporsional random sampling yang berjumlah 113 siswa. Data pola asuh orang tua dan disiplin belajar siswa diambil dengan teknik kuisioner. Data dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif, untuk menguji hipotesis penelitian digunakan korelasi product momen. Berdasarkan hasil penelitian didapat (1) Kualitas pola asuh orang tua siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, skor rata-rata pola asuh orangtu sebesar 62,82 dan berada dalam rentangan 59,25 ? < 65,75. (2) Kualitas disiplin belajar siswa SD Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018 tergolong cukup baik, rata-rata disiplin belajar didapat sebesar 68,28 dan berada dalam rentangan 63,96 ? < 70,54. (3) Ada korelasi antara pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar siswa kelas VI SD Negeri Gugus VIII Sukawati tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi pola asuh orang tua siswa dengan disiplin belajar hasil penelitian didapat sebesar (rxy) sebesar 0.987 sedangkan rxv tabel (005; N-2) ??didapat sebesar 0,195. Karena harga (rxy) hasilberada dalam rentangan 0,800 sampai dengan 1,00 maka korelasinya tergolong tinggi.?Kata kunci: Pola Asuh Orang Tua, Disiplin Belajar Siswa
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA OUTDOOR TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA KELAS V Kumala Dewi, Ni Luh Eri; Semara Putra, DB Ketut Ngurah; Sri Asri, I G A Agung
Mimbar Ilmu Vol 23, No 1 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.088 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i1.16409

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model? pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Outdoor dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas V SD Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018. Rancangan penelitian Eksperimen semu dengan bentuk non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Gugus II Kuta Utara yang berjumlah 334 orang. Sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VA SD No.? 1 Tibubeneng dengan jumlah 39 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VA SD No. 2 Tibubeneng dengan jumlah 33 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh thitung = 3,890 sedangkan pada taraf signifikansi 5% dan dk = 70 diperoleh nilai ttabel = 2,000 sehingga thitung = 3,890 > ttabel = 2,000. Berdasarkan kriteria pengujian, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA pada kelompok yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Outdoor adalah 82,18, sedangkan pada kelompok yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional adalah 75,76. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Outdoor berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA kelas V SD Gugus II Kuta Utara Tahun Ajaran 2017/2018.?Kata Kunci: Project Based Learning, Outdoor, Kompetensi Pengetahuan IPA.
PENGARUH MODEL QUANTUM TEACHING BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN Mega Lestari, Ni Komang; Suadnyana, I Nengah; Oka Negara, I Gusti Agung
Mimbar Ilmu Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (370.618 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i2.16418

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum teaching berbasis pendidikan karakter terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan desain eksperimen semu menggunakan rancangan kelompok Non-Ekuivalen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur yang berjumlah 328 siswa. Sampel ditentukan dengan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VA SDN 10 Kesiman yang berjumlah 42 sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB SDN 3 Kesiman yang berjumlah 43 sebagai kelompok kontrol. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan melalui metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan statistik deskriptif dan inferensial dalam bentuk gain skor dari kompetensi pengetahuan IPA. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh rata-rata gain skor kelompok eksperimen =0,34 > =0,25 kelompok kontrol. Melalui uji hipotesis dengan uji t pada taraf signifikansi 5% dan dk 83 diperoleh thitung =3,214 > ttabel=2,000. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model quantum teaching berbasis pendidikan karakter berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus Dewi Sartika Denpasar Timur Tahun Ajaran 2017/2018.?Kata kunci: quantum teaching, pendidikan karakter, IPA
ANIMASI PENDIDIKAN UNTUK MENIGKATKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH DASAR Rosmilasari, Desak Made Agung Ratih
Mimbar Ilmu Vol 23, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.93 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i3.16434

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh animasi pendidikan terhadap peningkatan karakter siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan desain one group pretest posttest. Penelitian dilakukan di SD Bali Public School dengan jumlah populasi 1 kelas yang sekaligus digunakan sebagai sampel dengan jumlah siswa 20 orang. Untuk mengukur terjadinya peningkatan karakter siswa digunakan instrumen berupa lembar observasi dan pedoman wawancara. Lembar observasi digunakan dalam dua tahap. Tahap pertama dilakukan sebelum diterapkannya animasi pendidikan, sedangkan tahap kedua dilakukan setelah animasi pendidikan diterapkan. Metode wawancara digunakan untuk mengklarifikasi sikap-sikap yang tidak dapat diamati dan diukur ketika menggunakan lembar observasi. Untuk mengetahui perbedaan secara signifikan antara sebelum dan sesudah mendapatkan perlakuan digunakan statistik inferensial berupa uji-t berbantuan SPSS. Hasil penelitian terdapat perbedaan skor karakter yang signifikan antara sebelum dan setelah animasi pendidikan diterapkan dalam pembelajaran. Peningkatan terjadi pada semua sikap yang diteliti yaitu sikap: (1) jujur, (2) disiplin, (3) tanggung jawab, (4) toleransi, dan (5) spiritual.?Kata-kata kunci : karakter, animasi pendidikan
PENGARUH PERSEPSI TENTANG DUNIA KERJA DAN MINAT KEAHLIAN DENGAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMASI SEKOLAH TINGGI ILMU KOMPUTER PELITA INDONESIA Gustientiedina, Gustientiedina; Ambiyar, Ambiyar
Mimbar Ilmu Vol 23, No 3 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.318 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i3.16439

Abstract

Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya minat keahlian, persepsi tentang dunia kerja, motivasi, intelegensi, cara belajar, kesiapan dan lain sebagainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat : 1) Hubungan persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. 2) Hubungan minat keahlian mahasiswa dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. 3) Hubungan minat keahlian mahasiswa dan persepsi tentang dunia kerja secara bersamaan dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia TA 2017 sebanyak 57 orang yang diambil dari populasi dengan teknik propotional random sampling. Data minat keahlian dan persepsi tentang dunia kerja diperoleh melalui angket dengan menggunakan skala likert. Data terkumpul dianalisis dengan statistik analisis korelasi sederhana dan korelasi ganda. Dari hasil analisis ditemukan bahwa : 1) Terdapat hubungan antara persepsi tentang dunia kerja dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,336. 2) Terdapat hubungan antara minat keahlian dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,320. 3) Terdapat hubungan minat keahlian mahasiswa dan persepsi tentang dunia kerja secara bersama-sama dengan hasil belajar mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Sekolah Tinggi Ilmu Komputer Pelita Indonesia secara signifikan dengan koefisien korelasi sebesar 0,400.?Kata kunci: persepsi tentang dunia kerja, minat keahlian, hasil belajar
HUBUNGAN ANTARA SIKAP KOMUNIKATIF SEBAGAI BAGIAN DARI PENGEMBANGAN KARAKTER DENGAN KOMPETENSI INTI PENGETAHUAN IPS SISWA Nik Lisa, Ni Wyn.; Sujana, I Wyn.; Suadnyana, I Ngh.
Mimbar Ilmu Vol 23, No 2 (2018)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (601.027 KB) | DOI: 10.23887/mi.v23i2.16422

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2017/2018.Jenis penilitian ini adalah penelitian ex post facto dengan studi korelasi yang bersifat asimetris.Populasi dari penelitian ini merupakan siswa kelas V SD yang berada di Gugus Letkol Wisnu, Denpasar Utara Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 340 orang.Penentuan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling dengan taraf kesalahan 5% dan diperoleh sampel sebanyak 172 orang.Data diperoleh melaluimengisi angket sikap komunikatif oleh responden.Sebagai uji persyarat adalah uji normalitas sebaran data dan pencatatan dokumen dari nilai UAS kompetensi inti pengetahuan IPS siswa pada semester 1.Setelah seluruh uji prasyarat terpenuhi, analisis statistik yang digunakan pada penelitian ini adalah uji hipotesis menggunakan analisis korelasi product moment.Berdasarkan hasil analisis maka rxy hitung = 0,252. Pada taraf signifikansi 5% dengan n= 172, maka diperoleh rxy tabel = 0,148. Karena rxy hitung= 0,252 >rxy tabel = 0,148 maka dapat diartikan bahwa Ho yang berbunyi tidak terdapat hubungan yang signifikan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu Tahun Pelajaran 2017/2018 ditolak sedangkan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara sikap komunikatif sebagai bagian dari pengembangan karakter dengan kompetensi inti pengetahuan IPS siswa kelas V SD Gugus Letkol Wisnu, dengan arah korelasi positif, artinya semakin tinggi sikap komunikatif siswa maka semakin meningkatkan hasil kompetensi inti pengetahuan IPS.?Kata kunci: sikap komunikatif, kompetensi inti, IPS