cover
Contact Name
Angga Nastika Ramadhani
Contact Email
stiemcilacap@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
stiemcilacap@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. cilacap,
Jawa tengah
INDONESIA
JURNAL EKONOMI
ISSN : 16935748     EISSN : 2623291X     DOI : -
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Ekonomi (JEKO) STIE Muhammadiyah Cilacap mempublikasikan artikel ilmiah yang memuat hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat mengenai ilmu-ilmu ekonomi, manajemen dan akuntansi.
Arjuna Subject : -
Articles 44 Documents
LABELISASI HALAL, HARGA DAN CELEBRITY ENDORSER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA PRODUK WARDAH Mujahid, Ahmad
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Ekonomi - Agustus 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh dari label halal, harga dan celebrity endorser, terhadap keputusan pembelian produk wardah Wardah. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang dikumpulkan dari 60 responden di STIE Muhammadiyah Cilacap yang telah melihat, mengetahui, dan menggunakan produk kosmetik halal “Wardah”. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode judgement sampling, kemudian data diproses menggunakan analisa regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara parsial dan simultan terbukti bahwa label halal, harga dan celebrity endorser, berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R Square nya adalah 0,468 yang berarti semua variabel independen dapat menjelaskan sebesar 46,8% terhadap variabel dependen. Sementara sisanya 53,2% dapat dijelaskan oleh factor lainnya yang tidak diuji dalam penelitian ini.Kata kunci: Label halal, Harga, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian.ABSTRACTThe aim of this research is to analyze the influence of labeling halal, price and celebrity endorser, on purchase decision to product of Wardah. The data which used in this research is a primary data, collected from over 60 respondents in STIE Muhammadiyah Cilacap who had watched, know and use halal product “Wardah”. The sampling technique that is used in this research is judgement sampling method, then the data processed by multiple regression analysis. The result of this research, based on partially and simultaneous test, it is proved that the labeling halal, price and celebrity endorser, have significant influence on purchase decision. The value of Adjusted R Square is 0,468, it means all independent variables can be explained 46,8% toward dependent variable. While the remaining 53,2% was explained by other factors which were not examined in this research.Keyword: Labeling Halal, Price, Celebrity Endorser, Purchase Decison
KESADARAN MEREK, HARGA DAN KUALITAS PRODUK PENGARUHNYA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK RINSO Jayanti, Esih
JURNAL EKONOMI Vol 7, No 2 (2017): Jurnal Ekonomi - Agustus 2017
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kesadaran merek, harga, dan kualitas terhadap keputusan pembelian produk Rinso. Penelitian ini dilakukan terhadap konsumen sabun pencuci pakaian Rinso dan jumlah sampel yang ditetapkan sebanyak 100 responden dengan menggunakan metode Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner. Metode analisis data dilakukan dengan regresi linier berganda menggunakan software SPSS. Data yang telah memenuhi uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik dan Uji Regreasi Linier Berganda. Dimana variabel Keputusan Pembelian (Y), kesadaran Merek (X1), Harga (X2), Kualitas Produk (X3). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa ketiga variabel independen yang diteliti terbukti secara positif dan signifikan mempengaruhi variabel dependen keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel citra merek, harga dan kualitas produk layak untuk menguji variabel dependen keputusan pembelian. Angka R Square sebesar 0,852 menunjukkan bahwa 85,2 persen variasi keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh keempat variabel independen dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 14.8 persen dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dijelaskan dalam persamaan regresi dalam penelitian ini.Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Kesadaran Merek, Harga dan Kualitas ProdukABSTRACTThis study aims to determine the effect of brand awareness,price and quality of product to buying decisions of Rinso. The research was conducted on consumers laundry soap Rinso sample set of 100 respondents using Purposive Sampling methods. Data ware collected by distributing questionnaires. Data analysis method was performed by multiple linear regression using SPSS software. Data that has met the test of validity, test reliability, and test the assumptions of classical processed. Where Buying Decisions variable (Y), Brand Awareness (X1),Prices (X2), Quality of Product (X3). The hypothesis testing using t test showed that the four independent variables studied proved to be positively and significantly affect the dependent variable buying decisions. Then through the F test showed that the variables of brand awareness, prices, quality of product, is appropriate to test the dependent variable buying decisions. Figures Adjusted R Square of 0.852 indicates that 85.2 percent of the variation of buying decisions can be explained by the four independent variables in the regression equation. While the rest of 14.8 percent is influenced by other variables that are not explained in the regression equation in this study.Keywords: Buying Decisions, Brand Awareness Price, Quality of Product, Brand
DETERMINAN DIVIDEN POLICY : PENGUJIAN TERHADAP TEORI FIRM LIFE CYCLE Rahman, Yasir Abdul
JURNAL EKONOMI Vol 8, No 1 (2018): Jurnal Ekonomi - Februari 2018
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji retained earning to total equity (RETE) rerhadap kebijakan dividen dalam tahap siklus hidup yang berbeda pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017. Siklus hidup perusahaan terdiri dari empat tahap yaitu: start-up, growth, mature dan decline. Penelitian ini menggunakam analisis regresi berganda. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia periode 2013-2018. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 92 perusahaan. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikam retained earning to total equity (RETE) terhadap kebijakan dividen pada tahap mature, sedangkan pada tahap start-up, growth, dan decline, retained earning to total equity (RETE) tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kebijakan dividen. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa perusahaan manufaktur di Indonesia yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2017 cenderung membayarkan dividen pada tahap mature. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa perusahaan manufaktur menerapkan dividen life cycle theory dalam kebijakan dividen mereka.Keyword : Determinan, dividen, firm life cycle
PENGARUH BIAYA AGENSI, KEBIJAKAN HUTANG DAN TAHAP DAUR HIDUP PERUSAHAAN TERHADAP KEBIJAKAN DEVIDEN Jayanti, Esih
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 2 (2016): Jurnal Ekonomi - Agustus 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The objective of this research is to explores the dividend policy of the listed firms in the Indonesian Stock Exchange of 2011-2015 period. The Agency theory argues that the dividend policy will reduce the agency cost and problems. The percentage of institutional ownership of a common stock firm is used as a proxy for agency cost and it can be used as a mechanism to reduce agency problems. The research is, also, to examine the effect of debt policy towards dividend policy on a firm life cycle that is growth and mature as Agency theory does. The totally of sample are 44 of listed firm in Indonesia Stock Exchange. Group of growth firm are 8 and group of mature firm are 34. Classifying of firm become growth and mature firms group used sales growth for five years. The result of this research indicates that there is a support on agency theory. Agency cost is found the negative and significant effect toward dividend policy. Moreover, in the debt policy has the positive and significant effect toward dividend policy in mature phase and has a negative effect when is on growth phase.Key Words: Agency Cost, Institutional Ownership, Dividend Policy, Debt Policy Firm Life cycle.
ANALISIS PENGARUH RASIO KEUANGAN TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN INDUSTRI TEKSTIL YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2010-2012 Yulian, Tri Nurindahyanti; Rahman, Kristanti
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi - Februari 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study aims at analyzing the ratio PER, ROA, and DER through stock price in textile industry company. In this case the researcher uses financial statements data of the textile company listed on the Indonesian Stock Exchange. The researcher uses 10 textile company listed in Indonesian Stock Exchange in 2010-2012 by using purposive random sampling. The data are from financial statements published in Indonesian Stock Exchange.The results study shows that Y = 5,585 + 0,293X1 + 0,143 X2 + 0,211 X3 if Y without any influence of X1, X2, and X3 is constant, it is 5,585. If X1 increases a unit, Y will increase in 0,293 units, if X2 increases in a unit, Y will increase in 0,143 units, if X3 increases in a unit, Y will increase in 0,211 units.Based on the analysis of the data, it can be concluded that the variables PER influence through stock price, ROA, and DER does not influence in stock price.Keywords : PER, ROA, and DER
Pengaruh Komitmen dan Iklim Organisasi terhadap Kepuasan Kerja Karyawan pada Unit Kerja Packhouse PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap Werdiasih, Rustina Dewi; Baruwarso, Isnaintoro
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi - Februari 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Isnaintoro Baruwarso from Management, STIE Muhammadiyah Cilacap. This research is entiled “The effect of Organization Climate and Commitment on Employes Job Satisfaction at the Section Packhouse of the PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap”.  The objectif research are fisrt to find and analyze the effect of organization climate and commitment on employees job satisfaction and than to find and anlyze the variabel that has the greatest effect on employees job satisfaction of the Section Packhouse at the PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap.The proposed hypotheses of research are:Commitment have significant effect on employees job Satisfaction.Organization Climate have significant effect on employees job sastifaction.Commitment and organiation climate together have a significant effect on employees job sastifaction.Oganization climate variable have the greatest effect on employees job satisfaction.            Than organization commitment variable of the Section Packhouse at the PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap. The instrument of analysis in this  research are,  F –test , t – test and beta standarized coefisien test.            Based of the result of research and data analysis , it has got  computed –F 57,238 and F-table 3,354 and probabilytas (p) = 0,000 so computed –F is greater than F-table (57,238 > 3,354). Than of the result of t-test, it have got value of  t1 (3,234) and t2 ( 3,856), greater of the value of t – table (2,042) so the first hypotheses mentioned that organization climate and commitment variables have significant effect on employees job satisfaction is accepted. Next from the result of koeficien beta standarized test, is got value variable of organization climate (0,499) is greater than variable of commitment (0,419). Therefore the scond hypotheses mentioned that organization climate variable has greater effect on employees job satisfaction variable at the section Packhoue PT. Holcim Indonesia Tbk. Cilacap.            From the conclusions, the research implications are support from management have been significant effect on employees job satisfaction and management  has to increase motivator and implementasion of the job satisfaction for employees. Then management PT. Holcim Indonesia has to pay more attention and increase organization climate variable in order to get higher jo satisfaction from its employees. Keyword: commitment, organizational climate, job satisfaction.
PENGARUH KEPUASAN DAN EFEKTIFITAS IKLAN PESAING TERHADAP KEINGINAN BERPINDAH DENGAN BIAYA PERALIHAN DAN PERILAKU MENCARI VARIASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI PADA PENGGUNA KARTU PRA BAYAR GSM Werdiasih, Rustina Dewi
JURNAL EKONOMI Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ekonomi - Februari 2014
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This study was conducted because of the differences in the results of previous research on the relationship between the customer satisfaction several research states that customer satisfaction negatively affect brand switching intention, whereas another study found results that a number of customers who express satisfaction still switch brands. This study is development from other research. Previous studies only examined a limited internal factors influence customers towards brand switching but that the study is also, analyzed the influence of competitors advertising effectiveness. Number of respondents 120 people. The purposive sampling method used in this research. Respondents who sought condition GSM Pre-paid card users in Cilacap at least 3 months, aged 17 to 60 years and often their change GSM prepaid card or use a different card brands. Analysis tools using Structural Equation Modelling.Hypothesis testing results as follows: Customer Satisfaction negative influence brand switching intention, switching costs has no effect on brand switching, switching costs no moderate the relationship between satisfaction and intention of brand switching, variety seeking behavior has no effect on brand switching intention, variety seeking behavior moderate the relation betwen satisfaction brand switching intentions, competitor advertising effectiveness has a positive influence on brand switching intention and variation seeking behavior moderate affect competitors advertisements on brand switching intention.Keywords: Customer Satisfaction, Switching Costs, Variety Seeking Behavior, Competitive Ad Effectiveness, Brand Switching Intention.
Peran Gaya Kepemimpinan terhadap Efektifitas Organisasi Fikri, Muslim
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi - Februari 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Muhammadiyah merupakan salah satu organisasi masyarakat berbasis Keislaman yang terbesar di Indonesia. Kebesaran dan perkembangan Muhammadiyah yang didirikan oleh Ahmad Dahlan ini telah menjangkau hampir seluruh daerah di negeri ini tak terkecuali di daerah Gombong. PImpinan Cabang Muhammadiyah Gombong bisa dikatakan merupakan salah satu Pimpinan Cabang Muhammadiyah yang begitu besar. Sejak dirintis oleh Soekiman Soeryosudarno sekitar tahun 1933, Muhammadiyah di Gombong telah menjadi fenomena menarik di kalangan Pimpinan Cabang baik di Kebumen, maupun daerah lain. Salah satu parameternya adalah keberadaan dan perkembangan organisasi beserta Amal Usaha Muhammadiyah yang menjangkau hampir seluruh aspek. Seperti aspek pendidikan, kesehatan, sosial, maupun keagamaan. Kondisi ini sebagian besar dipengaruhi oleh kepemimpinan yang ada di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong itu sendiriPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya kepemimpinan terhadap efektivitas organisasi di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong. Berangkat dari gaya kepemimpinan yang muncul pada setiap periode kepemimpinan. Penelitian ini dilakukan di Pimpinan Cabang Muhammadiyah Gombong, Kebumen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan dengan teknik triangulasi. Informan yang yang dipilih sejumlah 12 orang. Focus penelitian yakni pada variable gaya kepemimpinan dan efektifitas organisasi. Hasil dari penelitian ini mengungkap gaya kepemimpinan dari setiap periodesasi kepemimpinan memiliki implikasi terhadap efektivitas organisasi. Gaya kepemimpan transformasional menjadi gaya kepemimpinan yang mendukung efektifitas organisasi. Efektifitas organisasi di Pimpinan Cabang Muhammaiyah Gombong, ditunjukan dengan komitmen dan keterlibatan anggota organisasi Muhammadiyah itu sendiri, serta keterlibatan dari Organisasi Otonom dan Amal Usaha Muhammadiyah.Berdasarkan hasil yang ditemukan dalam penelitian ini, maka beberapa saran dapat dikemukakan sebagai berikut: (1) Kepemimpinan di Muhammadiyah memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda. Diharapkan untuk penelitian ke depan agar lebih banyak untuk mengngkap dan mengkaji dimensi-dimensi dalam kepemimpinan. (2) Berkaitan dengan obyek penelitian, diharapkan untuk lebih memiliki sistem administrasi serta tata kelola organisasi yang teratur, sehingga data-data dan arsip organisasi bisa lebih mudah diakses.Penelitian ini dalam hal pemilihan subyek penelitian untuk dijadikan informasn atau responden, diharapkan peneliti lain agar lebih mengerucutkan patokan dalam pemilihan informan. Karena dengan terlalu luasnya dalam menentukan patokan pemilihan informan, maka akan memberikan implikasi terhadap kuantitas responden yang terlalu banyak.Keyword: Gaya Kepemimpinan, Organisasi, Muhammadiyah
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI AKUNTANSI PADA USAHA KECIL MENENGAH DI KABUPATEN CILACAP Ciptaningsih, Rokhmah Agus
JURNAL EKONOMI Vol 5, No 1 (2014): Jurnal Ekonomi - Februari 2014
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Ketidakmampuan dalam implementasi akuntansi merupakan salah satu kelemahan dari sisi manajemen. Kelemahan ini merupakan faktor utama yang mengakibatkan kegagalan UKM dalam mengembangkan usaha. Kemampuan untuk menyediakan dan menggunakan informasi akuntansi sangat tergantung pada kemampuan pemilik untuk menjalankan teknis akuntansi. Implementasi akuntansi sangat bermanfaat bagi UKM, karena merupakan alat yang digunakan oleh pengguna informasi dalam pengambilan keputusan bisnis.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasi secara keseluruhan terhadap implementasi akuntansi, untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan secara parsial terhadap implementasi akuntansi, menganalisis pengaruh umur perusahaan secara parsial terhadap implementasi akuntansi, menganalisis pengaruh motivasi secara parsial terhadap implementasi akuntansi dan untuk menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh dominan terhadap implementasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah Kabupaten Cilacap, di antara tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasiBerdasarkan kesimpulan, dapat diimplikasikan bahwa para pemilik sekaligus pengelola usaha kecil dan menengah di Kabupaten Cilacap perlu menjaga eksistensi usaha yang dijalankan secara terus-menerus melalui penerapan manajemen yang profesional disamping berupaya untuk memotivasi diri secara terus-menerus dengan cara memberikan stimuli berkaitan dengan pencapaian tujuan individu maupun badan usaha.Keterbatasan penelitian ini diantaranya adalah jumlah variabel bebas yang digunakan dalam model pengukuran implementasi akuntansi hanya terbatas pada tingkat pendidikan, umur perusahaan dan motivasi. Responden penelitian ini terbatas pada pemilik sekaligus pengelola usaha kecil dan menengah di Kabupaten Cilacap.Kata Kunci:Implemen Akuntansi, UKM, Informasi, Pengambilan Keputusan.
ANALISIS KINERJA KEUANGAN SAHAM-SAHAM BUMN DI BURSA EFEK INDONESIA Utomo, Suseno Wahyu
JURNAL EKONOMI Vol 6, No 1 (2016): Jurnal Ekonomi - Februari 2016
Publisher : JURNAL EKONOMI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini adalah merupakan upaya penulis untuk mempelajari, memahami dan mendalami potensi keuntungan (termasuk Deviden) yang Signifikan dari Saham BUMN sehingga bisa memberikan keuntungan yang maksimal kepada para investor saham di Bursa Efek Indonesia.Pada perkembangan Bursa Efek Indonesia terdapat sekelompok saham yang tercatat di Bursa Efek Indonesia, yang diantaranya adalah saham-saham dari perusahaan-perusahaan yang status kepemilikannya adalah merupakan kepemilikan negara yang diwakili oleh pemerintah negara Republik Indonesia, yang seringkali disebut sebagai saham-saham BUMN (selanjutnya disebut “Saham BUMN”).Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dari saham BUMN tersebut maka para investor saham di Bursa Efek Indonesia harus menggunakan suatu strategi investasi saham BUMN yang diantaranya adalah dengan melakukan pemilihan atas saham BUMN dengan melalui analisis kinerja keuangan saham BUMN untuk mendapatkan saham BUMN yang terbaik (selanjutnya disebut “Saham BUMN Terbaik”) dengan menggunakan rasio keuangan yaitu ROE, EPS dan PER. Kata kunci: Saham BUMN, ROE, EPS dan PER