cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
JPPP Lemlit
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development.
Arjuna Subject : -
Articles 112 Documents
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMROGRAMAN DASAR PASCAL Anwari, Taufan; Shodiqin, Ali; Priyolistiyanto, Andi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i1.24782

Abstract

Selama ini pembelajaran Pemrograman Dasar Pascal kelas X di SMK Negeri  9 Semarang belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan,perbedaan  hasil belajar siswa dan pengembangan dari media pembelajaran yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang dengan melibatkan 35 responden pada bulan september 2019 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan peningkatan hasil belajar media pembelajaran  berbasis Android ini. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android  Pemrograman pascal untuk siswa kelas X  oleh ahli media 1 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93% dengan kategori ?Sangat Layak?, ahli media 2 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76% dengan kategori ?Layak?.Oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76,56% dengan kategori ? Layak?, oleh guru mata pelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,47% dengan kategori ?Layak?, dan pengujian oleh peserta didik diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,4% dengan kategori ?Sangat Layak?. Rata-rata keseluruhan responden sebesar 80,8% dengan kategori ?Layak? sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan ?Layak? digunakan. Sedangkan pada kemampuan Aplikasi Media pembelajaran berbasis android pada pemrograman dasar pascal untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 9 Semarang dengan  model pembelajaran discovery learning mengalami perbedaan yang signifikan yang di dukung dengan uji-t, dibandingkan dengan pembelajaran tanpa aplikasi edukatif berbasis android.
PENGEMBANGAN PREVENTIVE E-EDUCATION BERBASIS APLIKASI PLAY STORE UNTUK MEMBATASI DEPENDENSI PADA ASUPAN GULA, GARAM, DAN LEMAK Zubaidah, Rr. Siti Alisa Nur
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i1.24526

Abstract

Tingkat konsumsi gula, garam dan lemak masyarakat Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya terbukti berdasarkan Riset Kesehatan Dasar pada tahun 2013, masyarakat Indonesia yang mengkonsumsi gula berlebih sebanyak 53,1%, masyarakat yang mengkonsumsi garam berlebih sebanyak 26,2% dan sebanyak 40,7% mengkonsumsi lemak berlebih. Hal ini sesuai dengan data kuesioner bahwa 61,2% masyarakat dewasa muda khususnya para pendidik dan tenaga kependidikan di Kota Malang tidak mengetahui Pedoman Gizi Seimbang serta 71.6% tidak mengetahui batasan konsumsi gula, garam dan lemak perharinya. Terjadinya peningkatan konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih dan kurangnya pengetahuan tentang pedoman gizi seimbang tersebut dikarenakan masyarakat belum mengetahui edukasi berbasis aplikasi tentang pedoman gizi seimbang secara luas; belum ada tindakan preventif pada asupan gula, garam, dan lemak; sosialisasi tentang pedoman gizi seimbang hanya diberikan kepada masyarakat secara tatap muka sekali dan tidak ada tindak lanjut ataupun umpan balik setelah melakukan sosialisasi tersebut. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan preventive e-education berbasis aplikasi Play Store yang layak, praktis, dan efektif untuk membatasi dependensi pada asupan gula, garam, dan lemak. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE dengan 4 tahapan yang terdiri dari: (1) Tahap analyze, (2) Tahap design, (3) Tahap development, (4) Tahap implementation. Tahap evaluate tidak dilakukan oleh peneliti karena keterbatasan waktu. Validasi produk oleh ahli materi, bahasa, ahli media. Uji coba produk mengukur respon kepala sekolah dan 50 guru di SD negeri dan swasta se-gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Instrumen observasi, lembar angket, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil validasi pada ahli materi memperoleh nilai rata-rata 85,7%, ahli media memperoleh nilai rata rata 93,5%, ahli bahasa memperoleh nilai 91%. Hasil angket oleh guru memperoleh 87,6%. Uji coba terbatas pada guru kelas V memperoleh 95%. Dengan demikian, preventive e-education berbasis aplikasi Play Store layak, praktis, dan efektif digunakan sebagai edukasi preventif untuk membatasi dependepnsi pada asupan gula, garam, dan lemak kepala sekolah dan guru di Sekolah Dasar Negeri dan Swasta se-gugus 4 Kecamatan Blimbing Kota Malang.
MEDIA PEMBELAJARAN MOBUYA UNTUK PEMBELAJARAN KERAGAMAN BUDAYA Syamsijulianto, Tri
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i1.23971

Abstract

The purpose of this research is to develop thematic learning media materials the beauty of cultural diversity through learning media development mine own country Mobuya in elementary school. Media development methods in this study is a ADDIE Model (analysis, design, development, implementation, and evaluation). Media developed consists of learning Mobuya media, material cultures in West Kalimantan, and the manual, as for the results of validation include validation of the material retrieved 92.50% with a very worthy category, validation of the syllabus obtained 92, 30% with a very worthy category, validation RPP gained 93, 33% by category is well worth the first learning media validation, retrieved 70, 83% by category are fit enough for the second validation obtained 74, 19% by category is pretty decent. The result of the question form teacher on learning Mobuya learning media on the 22nd of January 2019 obtained results of 88.75% question form the application of learning media use by category is very viable, next on 23 January 2019 results obtained from the implementation of learning by using learning media of 96, 25% by category is very worthy to be used on the learning process in schools thematic basis. Limited trials retrieved retrieved from sngket that results in a spread on the learning process gained 97, 53%. Field trials retrieved pretest results with an average of 54, 70 and post test obtained an average of 68, 4.
PENGEMBANGAN BAHAN AJAR RAMAH KOLOK BERWAWASAN KEBUDAYAAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS DAN SIKAP CINTA BUDAYA BALI Widiana, I. Wayan; Renda, Ndara Tanggu; Dewi Utami, Ni Luh Made Sintya; Bayu, Gede Wira
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.22558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk bahan ajar ramah kolok (bisu tuli) berwawasan budaya Bali. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah bahan ajar ramah kolok (bisu tuli) berwawasan kebudayaan Bali kelas IV. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kualitas bahan ajar adalah lembar penilaian bahan ajar dari ahli untuk aspek validitas, serta angket respon guru dan angket respon siswa untuk menilai bahan ajar yang diterapkan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) menghasilkan bahan ajar berupa 1 materi IPS, 3 RPP, dan 3 LKS yang telah dikembangkan dengan berwawasan budaya Bali, materi yang dikembangkan yaitu materi ?kegiatan ekonomi?, 2) produk ini sudah divalidasi oleh ahli IPS, ahli desain pembelajaran, ahli budaya Bali, ahli evaluasi dan pendidikan, diperoleh hasil dengan nilai CVR dan CVI yaitu 1,00 yang dapat dikategorikan ?valid? dan layak untuk diujicoba, 3) produk ini telah diuji cobakan secara terbatas di kelas IV dan hasil produk ini yaitu dapat meningkatkan hasil belajar dan sikap cinta budaya Bali siswa dengan nilai rata-rata hasil belajar dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 yaitu 83,51, 90,25, 93,57, serta peningkatan rata-rata sikap cinta budaya Bali siswa dari pertemuan 1 sampai pertemuan 3 yaitu 81,14, 85,04, dan 92,67. Keyword : bahan ajar, budaya Bali, hasil belajar
KEEFEKTIFAN MEDIA KARTU HURUF TERHADAP KETERAMPILAN MEMBACA AKSARA LEGENA SISWA Hidayati, Runtut; YP, Suyitno; Artharina, Filia Prima
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 2 (2019): Juli 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i2.17388

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan media kartu huruf terhadap keterampilan membaca aksara legena. Penelitian ini menggunakan metode jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian bentuk Pre-Exsperimental Desain bentuk One Group Pretest-Posttest Desain. Pengambilan sampel menggunakan teknik Non probability Samping dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu huruf berdasarkan hasil persentase indikator keterampilan membaca menunjukkan perbandingan antara pretes dan postes pada indikator membaca kata sederhana yang tersusun dari aksara Jawa yaitu keterampilan membaca aksara legena siswa meningkat hingga 40% berada dikriteria baik dan 40% berada dikriteria sangat baik. Dengan berdasarkan kategori kriteria 85-100 (sangat baik), 69-85 (baik), 53-68 (cukup), dan 37-52 (kurang
PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK PADA PEMBELAJARAN TEMA VI CITA-CITAKU SUBTEMA 1 AKU DAN CITA- Fadzilah, Feni; Fatkhu Royana, Ibnu; Endah Handayani, Diana
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.19258

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih kurangnya penggunaan media dalam membantu proses pembelajaran, media yang digunakan berupa gambar biasa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ?Apakah pengembangan media pop up book diterima sebagai media pembelajaran pada tema VI Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Kelas IV SD Negeri Wonokerto 01??. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Penelitian ini dilakukan di SDN Wonkerto 01 Batang pada kelas IV. Hasil penilaian rata-rata validasi ahli materi dan ahli media pembelajaran adalah 94,21% dengan kategori ?Baik Sekali?. Hasil perhitungan angket respon guru adalah 92,85% dengan kategori ?Baik Sekali?. Hasil perhitungan angket respon siswa adalah 90% dengan kategori ?Baik Sekali?. Hasil perhitungan angket keberterimaan media adalah 90%. Kesimpulannya bahwa pengembangan media POP UP BOOK pada Tema VI Cita-citaku Subtema 1 Aku dan Cita-citaku Pembelajaran 2 dapat diterima sebagai media pembelajaran.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING BERBANTUAN MULTIMEDIA TERHADAP HASIL BELAJAR IPA Karwati, Ni Pt Rasni
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15386

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018 yang mengikuti pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan yang mengikuti pembelajaran konvensional. Desain penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan rancangan nonequivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD yang masih menerapkan KTSP di Gugus I Kecamatan Kuta Utara, yang terdiri atas 10 kelas dengan jumlah 339 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VB SD No. 7 Dalung dengan jumlah 36 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas VB SD No. 4 Dalung dengan jumlah 28 siswa sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode tes dalam bentuk tes objektif pilihan ganda biasa. Data hasil belajar IPA siswa dianalisis menggunakan uji-t. Dilihat berdasarkan nilai rata-rata kelompok eksperimen =80,89 > kelompok kontrol =72,85, yang berarti tedapat pengaruh model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia terhadap hasil belajar IPA. Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung =4,517 > ttabel =2,000 dengan dk= 62 dan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan kriteria pengujian maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat diinterpestasikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia dan kelompok siswa yang dibelajarkan menggunakan pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran probing prompting berbantuan multimedia berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Kuta Utara tahun ajaran 2017/2018
PENGARUH STRATEGI INDEX CARD MATCH BERBANTUAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPS Budiari, Ni Putu Ayu Eka; Dantes, Nyoman; Pudjawan, Ketut
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 3 (2018): Oktober 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i3.16279

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran terhadap motivasi belajar dan hasil belajar IPS siswa kelas V di gugus XI Kecamatan Buleleng. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD gugus XI. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 1 Kampung Anyar yang berjumlah 21 orang dan kelas V SDN 3 Kampung Anyar yang berjumlah 19 orang. Data motivasi belajar IPS dikumpulkan dengan metode non tes berupa kuesioner motivasi belajar dan data hasil belajar dikumpulkan dengan metode tes berupa tes pilihan ganda. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan analisis statistik deskriptif dan MANOVA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat perbedaan motivasi siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak  dengan nilai Fhitung = 1892,311 dan Ftabel = 4,10. (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak dengan nilai Fhitung = 61,1377 dan Ftabel = 4,10. (3) Secara bersama-sama terdapat perbedaan motivasi dan hasil belajar siswa yang belajar dengan strategi Index Card Match berbantuan multimedia pembelajaran dan yang tidak dengan F = 921,716 dan signifikansi <0,05. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi Index Card Match berbantuan multimedia berpengaruh positif terhadap motivasi dan hasil belajar IPS
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESIAPAN KERJA PRAMUSAJI UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PADA EL PATIO RESTAURANT DI MELIA BALI Suastini, Ni Made
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): April 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i1.17094

Abstract

Kesiapan kerja merupakan persyaratan pengetahuan, sikap dan keterampilan yang harus dimiliki karyawan sebelum memulai pekerjaan untuk dapat memberikan pelayanan yang berkualitas kepada tamu. Penelitian ini dilakukan di El Patio Restaurant Melia Bali, yang bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang menyebabkan menurunnya kualitas pelayanan di El Patio Restaurant. Penelitian ini menggunakan analisis mix method yaitu dengan mengkuantitatifkan data kualitatif dan mengkualitatifkan data kuantitatif dengan menyebarkan 15 kuesioner kepada pramusaji untuk menilai dirinya sendiri dan 15 kuesioner kepada manajer untuk menilai setiap pramusaji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat beberapa aspek pada pengetahuan, sikap dan keterampilan pramusaji yang masih kurang. Hal tersebut menjadi faktor-faktor yang mempengaruhi menurunnya kualitas pelayanan di El Patio Restaurant khususnya pada kesiapan kerja, diantaranya adalah: (1) Berbicara dalam Bahasa Inggris, (2) Kemampuan dalam memberikan penjelasan ingredients menu di El Patio Restaurant, (3) Kemampuan dalam memberikan penjelasan tentang method of cooking dari setiap menu, (4) Etika terhadap rekan kerja, atasan dan tamu, (5) Kemampuan mengendalikan emosi, (6) Kemauan menerima masukan, arahan dan kritikan, (7) Terampil menjaga dan memelihara kebersihan peralatan. Kata kunci : Pramusaji, Kesiapan Kerja, Kualitas Pelayanan
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Sukmadewi, Ni Kd. Novi; Putrini Mahadewi, Luh Putu; Yudiana, Kadek
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.18251

Abstract

Penelitian ini berdasarkan pada beberapa permasalahan berikut. 1) Kurangnya antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran IPS. 2) Pembelajaran IPS masih berpusat pada guru. 3) Hasil belajar IPS siswa di Gugus IV Kabupaten Buleleng yang sebagian besar masih di bawah KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dengan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas V semester II gugus IV Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini tergolong ekspiremen semu dengan rancangan non equivalent post-test only control group design, Sampel penelitian ini adalah kelas V di SDN 1 Penglatan yang berjumlah 22 orang dan kelas V SDN 2 Penglatan yang berjumlah 21 orang yang diambil secara cluster sampling. Data hasil belajar IPS siswa dikumpulkan melalui instrument tes hasil belajar dengan tes berbentuk pilihan ganda dengan jumlah soal sebanyak 30 soal. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Berdasarkan hasil analisis, (thitung = 5,72 dan tTabel = 2,02) sehinga diperoleh thit > ttab. Hal ini berarti diinterpretasikan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar IPS antara siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe Inside Outside Circle dan siswa yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Inside Outside Circle pada siswa kelas V semester II gugus IV Kabupaten Buleleng tahun pelajaran 2017/2018

Page 1 of 12 | Total Record : 112