cover
Contact Name
Made Gautama Jayadiningrat
Contact Email
jpppjournal@undiksha.ac.id
Phone
+6287762961886
Journal Mail Official
gtm_jd@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Udayana Kampus Tengah Singaraja, Bali, Indonesia 81116
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan
ISSN : 19797109     EISSN : 26154498     DOI : 10.23887/jppp.v4i3
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan (JPPP) is an international journal which provides a forum for publishing research or review articles related to researches in instruction, learning and teaching, curriculum development, learning environment, teacher education, educational technology, and educational development. p-ISSN : 1979-7109 (Print) and e-ISSN : 2615-4498 (Online)
Articles 100 Documents
Pengaruh Model Pembelajaran Example Non Example terhadap Hasil Belajar IPS Suadnyana, Rai
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 1 (2018): April 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i1.15336

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk megetahui perbedaan yang signifikan  kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Example Non Example dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara. Jenis penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan menggunakan desain penelitian non-equivalent control group design. Sampel ditentukan dengan rumus random sampling dengan mengacak kelas yang terlebih dahulu dilakukan uji kesetaraan pada setiap anggota populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IV SD No. 2 Tibubeneng  sebagai kelompok eksperimen dan kelas IV SD No. 3 Tibubeneng sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah masing – masing kelompok sebanyak 32 siswa pada kelompok eksperimen dan 32 siswa pada kelompok kontrol. Hasil Data kompetensi pengetahuan IPS dikumpulkan dengan instrumen tes objektif pilihan ganda berjumlah 30 butir tes yang telah divalidasi data di analis dengan Uji-t. Analisis menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran Example Non Example dengan kelompok siswa yang dibelajarkan melalui pembelajaran konvensional pada kelas IV SD Gugus II Kuta Utara hal tersebut dibuktikan dengan hasil thitung 3,23> ttabel = 2,00. Rata – rata  kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen 69,09 > 67,27 kelompok kontrol. Dapat disimpulkan model pembelajaran Example Non Example berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas IV SD Gugus II Kuta Utara. 
Kontribusi Tindak Pembelajaran Guru Kelas 1 SDN Pada Peningkatan Keterampilan Menulis Siswa Handayani, Luh Desy; Kristiantari, M. G. Rini
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 2 (2020): Juli 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i2.27330

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisi kontribusi tindak pembelajaran guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri pada peningkatan keterampilan menulis siswa tahun ajaran 2019/2020. Pendekatan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian entografis. Subjek terteliti adalah guru kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri dan siswa kelas 1 berjumlah 27 orang. Data penelitian dikumpulkan dengan teknik observasi dan wawancara. Sebagai instrumen kunci dalam penelitian adalah peneliti sendiri hadir di lapangan dilengkapi dengan lembar observasi dan wawancara. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tahapan pengumpulan data, reduksi data, paparan data, penarikan simpulan. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa Kontribusi Tindak Pembelajaan Guru Kelas 1 SD Negeri 2 Dangin Puri Pada Peningkatan Keterampilan Menulis dalam kategori Structuring guru cenderung mengingatkan siswa teknik menulis yang baik. Kategori Soliciting, kecenderungan guru memberikan tugas kepada siswa berupa membuat kalimat. Kategori Reacting, guru cenderung membimbing dan penguatan berupa memotivasi, menegur disertai tindakan nonverbal berupa ekspresi wajah dan gerak tubuh seperti menunjuk dan tepuk tangan. Temuan terkait dengan alasan-alasan melatarbelakangi guru dalam menampilkan tindak pembelajaran tertentu, pertama agar siswa lebih bersemangat dan berkonsentrasi dalam belajar terutama dalam keterampilan menulis, kedua agar peningkatan dalam pemahan tentang keterampilan menulis baik, ketiga guru berharap agar siswa menjadi disiplin.
IMPLEMENTASI KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PASSING BOLA BASKET Pranatha, I Wayan Oka
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 1, No 1 (2017): April 2017
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v1i1.12618

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan bentuk guru sebagai peneliti. Data dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif. Subjek penelitian yaitu siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja, yang berjumlah 35 siswa, terdiri dari 13 siswa putri dan 22 siswa putra. Hasil analisis data penelitian didapatkan aktivitas belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan 33,2% pada observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 28,5% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 61,8% dari observasi awal ke siklus II. Sedangkan hasil belajar teknik dasar passing bola basket mengalami peningkatan sebesar 42,8% dari observasi awal ke siklus I. Kemudian meningkat sebesar 37,2% dari siklus I ke siklus II. Dan meningkat sebesar 81,0% dari observasi awal ke siklus II.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan aktivitas dan hasil belajar teknik dasar passing bola basket meningkat melalui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe NHT pada siswa kelas X AP3 SMK Negeri 2 Singaraja Tahun Pelajaran 2017/2018. Peneliti menyarankan agar guru PJOK mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe NHT karena sudah terbukti mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID PADA PEMROGRAMAN DASAR PASCAL Anwari, Taufan; Shodiqin, Ali; Priyolistiyanto, Andi
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 1 (2020): April 2020
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i1.24782

Abstract

Selama ini pembelajaran Pemrograman Dasar Pascal kelas X di SMK Negeri  9 Semarang belum menggunakan media yang bervariasi sehingga siswa kurang termotivasi dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Android pada pembelajaran tersebut dan mengetahui kelayakan,perbedaan  hasil belajar siswa dan pengembangan dari media pembelajaran yang dikembangkan.Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu: (1) Analyze (analisis), (2) Design (desain atau perancangan), (3) Development (pengembangan), (4) Implementation (implementasi), dan (5) Evaluation (evaluasi). Penelitian dilakukan di SMK Negeri 9 Semarang dengan melibatkan 35 responden pada bulan september 2019 untuk mengetahui tingkat kelayakan dan peningkatan hasil belajar media pembelajaran  berbasis Android ini. Hasil dari penelitian pengembangan ini adalah: Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis Android  Pemrograman pascal untuk siswa kelas X  oleh ahli media 1 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 93% dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media 2 diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76% dengan kategori “Layak”.Oleh ahli materi diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 76,56% dengan kategori “ Layak”, oleh guru mata pelajaran diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 77,47% dengan kategori “Layak”, dan pengujian oleh peserta didik diperoleh rata-rata keseluruhan sebesar 81,4% dengan kategori “Sangat Layak”. Rata-rata keseluruhan responden sebesar 80,8% dengan kategori “Layak” sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis Android yang dikembangkan “Layak” digunakan. Sedangkan pada kemampuan Aplikasi Media pembelajaran berbasis android pada pemrograman dasar pascal untuk siswa kelas X RPL SMK Negeri 9 Semarang dengan  model pembelajaran discovery learning mengalami perbedaan yang signifikan yang di dukung dengan uji-t, dibandingkan dengan pembelajaran tanpa aplikasi edukatif berbasis android.
Pengembangan Media Game Side Scrolling dalam Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Handayani, Dyah Putri; Wahyudi, Wahyudi; Indarini, Endang
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.19367

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk pengembangan dan pengujian validitas, kepraktisan, dan keefektifan media game side scrolling pada proses belajar mengajar matematika di sekolah dasar. Metode penelitian yang diterapkan adalah R&D melalui desain ASSURE yang terdiri dari enam tahap diantaranya adalah “1) analyze learner (analisis karakteristik siswa); 2) state objectives (menetapkan tujuan proses belajar mengajar); 3) select method, media, and materials (memilih metode, media, dan bahan ajar); 4) utilize media and materials (memanfaatkan media dan bahan ajar); 5) require learner participation (melibatkan siswa dalam kegiatan proses belajar mengajar); dan 6) evaluate and revise (evaluasi dan revisi)”. Validitas produk dengan uji pakar melalui instrumen validasi pakar. Kepraktisan produk diuji tes terbatas 10 siswa dengan pemberian angket untuk melihat respon siswa setelah menggunakan media game side scrolling. Keefektifan produk dilakukann dengan tes satu kelas dengan one grup pretest-posttest design yang hasilnya diuji menggunakan Paired Samples T-Test dengan SPSS 22.0. Hasil penelitian adalah media game side scrolling meningkatkan kemampuan koneksi. Media pembelajaran dinyatakan valid berdasarkan uji pakar media, materi, pembelajaran, dan soal. Media pembelajarn dinyatakan praktis berdasarkan hasil anget respon siswa. Media pembelajaran dinyatakan efektif berdasarkan rata-rata hasil pretest dan posttest dan temuan tes Paired Samples T Test pretest-posttest memperlihatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000
Pengembangan Media KOPER (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan Aeni, Sofiatul; Sutrisno, Sutrisno; Mushafanah, Qoriati
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 3 (2019): Oktober 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i3.18158

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran Koper (Kotak Permainan) pada Tema 7 Kebersamaan Kelas II Sekolah Dasar. Subjek penelitian siswa kelas II Sekolah Dasar Negeri Rengaspendawa 03 berjumlah 27 orang. Penelitian Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, angket analisis kebutuhan siswa dan guru. Teknik analisis data menggunakan intumen validator ahli materi dan ahli media, lembar respon guru dan siswa.Validasi ahli materi tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”dan validasi ahli materi tahap kedua dengan hasil 93% kategori “Sangat Baik”.Validasi ahli media tahap pertama dengan hasil 72% kategori “Baik”, validasi tahap kedua dengan hasil 98% kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan hasil validasi media dan materi terhadap media Koper dapat dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran Tema Kebersamaan di kelas. Hasil angket respon siswa terhadap media Koper dengan hasil 98,5% kategori “Sangat Baik”. Jadi dapat disimpulkan media Koper (Kotak Permainan) layak digunakan dalam pembelajaran di kelas.
Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Khotimah, S.H; Risan, Risan
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 3, No 1 (2019): April 2019
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v3i1.17108

Abstract

Matematika di MI merupakan salah satu mata pelajaran yang diujikan di Ujian Nasional dan banyak orangtua yang menghawatirkan akan rendahnya nilai Matematika putra-putri mereka di UN tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan dan menemukan jalan keluar pada pembelajaran Matematika kelas V di MI Miftahul Umam Pondok Labu Cilandak, Jakarta Selatan. Penggunaan alat peraga pada bangun ruang sangat membantu siswa dalam memahami konsep Matematika yang bersifat abstrak sedangkan tahapan perkembangan siswa masih pada tahapan pra operasional konkrit. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian dimana hasil belajar siswa pada materi bangun ruang mengalami peningkatan sebesar 52,7 %.Oleh karena itu hendaklah guru menggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang diajarkan agar hasil belajar siswa lebih memuaskan dan tujuan pembelajaran tercapai sesuai yang diharapkan.
Developing Digital Game E-Calf as Self-Directed Learning Media for the Third Grade Students of Elementary School at SD Lab Undiksha Singaraja Sri Mahadewi, Ida Ayu; Mahayanti, I. A. N. W. S.; Utami, I. A. M. I.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 3 (2018): Oktober 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i3.16286

Abstract

This study aimed at developing e – CALF as self directed – learning media for teaching English for third grade students of elementary school. This study was conducted at SD LAB UNDIKSHA Singaraja, in which the subjects of this study were the third grade students in III class. This study used ADDIE model. Since it is still a prototype media, there were only three procedure used namely Analysis, Design, and Develop. The data were collected by using observation sheet, teacher’s interview guide, students’ questionnaire, expert judgment rubric and syllabus analysis. The result of this research is a digital game media named e – CALF as self – directed learning media in form of application.  The digital game of e – CALF consists of four topics namely part of body, days, school environment, and animals. To know the quality of the digital media, the result from expert judgments rubric was used. Based on the result of expert judgment rubric, it is find that the digital media of e – CALF is categorized as excellent digital game and also proper to use for learning English for third grade students.
Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Melalui Lesson Study Terhadap Hasil Belajar IPA Windiari, M.
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 2, No 2 (2018): Juli 2018
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v2i2.15398

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar IPA antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui lesson study dan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional pada siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng  Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SD Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan jumlah 98 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas V SD N 2 Kaliuntu yang berjumlah 18 siswa dan siswa kelas V SD N 3 Kaliuntu yang berjumlah 23 siswa. Data hasil belajar IPA siswa dikumpulkan dengan tes berbentuk pilihan ganda. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial (uji-t). Dilihat dari hasil uji-t diperoleh thitung = 3,563 dan ttabel = 2,021. Hal ini berarti bahwa thitung > ttabel , sedangkan hasil perhitungan rata-rata hasil belajar IPA yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning melalui lesson study adalah 23,73 lebih besar dibandingkan dengan yang dibelajarkan dengan pembelajaran konvensional adalah 19,50. Dengan demikian, model pembelajaran discovery learning melalui lesson study berpengaruh terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD di Gugus X Kecamatan Buleleng Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2017/2018.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE BERBANTUAN MIND MAPPING TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA Putri, Ni Kadek Devita; Negara, I Gusti Agung Oka; Suniasih, Ni Wayan
Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Vol 4, No 3 (2020)
Publisher : LPPM Undiksha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/jppp.v4i3.27442

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan non-equivalent post-test only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar sebanyak 146 siswa. Penentuan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas V SD Negeri 2 Siangan sebanyak 25 siswa sebagai kelompok eksprimen dan kelas V SD Negeri 2 Sumita sebanyak 18 siswa sebagai kelompok kontrol. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu metode tes, instrument tes pilihan ganda biasa. Data yang diperoleh thitung = 3,5 dan pada taraf signifikansi 5% dan dk = n1+n2–2 = 41  maka diperoleh nilai ttabel = 2,021, karena thitung > ttabel maka Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Nilai rata-rata kompetensi pengetahuan IPA siswa kelompok eksperimen   = 83,16  > kelompok kontrol   = 65,06. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping berpengaruh terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas V SD Gugus 8 Kecamatan Gianyar tahun ajaran 2019/2020. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar dijadikan sebagai kajian yang relevan untuk memperdalam teori mengenai model pembelajaran Think Talk Write berbantuan Mind Mapping.  Kata-kata kunci : Think Talk Write, Mind Mapping, kompetensi pengetahuan IPA.

Page 1 of 10 | Total Record : 100