cover
Contact Name
Totok Mulyono
Contact Email
totokmulyono@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
faridatun.nadziroh@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. gresik,
Jawa timur
INDONESIA
Journal Technology and Implementation Bussines
ISSN : 26158817     EISSN : -     DOI : -
Journal Technology and Implementation Business (JTTB) is an open accceess published twice in the March and October periods by Akademi Komunitas Semen Indonesia (AKSI) Gresik.
Arjuna Subject : -
Articles 114 Documents
FAKTOR-FAKTOR PENENTU AUDIT DELAY DI INDONESIA: STUDI META ANALYSIS Ahmaddien, Iskandar
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 2 No 1 (2019): March
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Studi ini bertujuan meneliti faktor-faktor penentu audit delay di Indonesia, dengan menggunakan Meta Analysis. Meta analysis merupakan metode statistik standar yang berfungsi untuk mensintesis berbagai hasil dari studi individu yang memiliki tema yang “sama” dalam rangka untuk memberikan jawaban yang lebih signifikan (Cooper, 2010). Sampel dalam penelitian ini menggunakan 35 publikasi ilmiah (artikel, working paper, skripsi, tesis) dari tahun 2008-2018 yang didapat dari google scholar, dan dipilih secara purposive sampling. Setiap publikasi ilmiah terpilih harus memiliki kesamaan konsep dan definisi, baik variabel dependent maupun independen. Hasil pengujian empiris terhadap variabel audit delay dengan meta analysis menemukan bahwa ROA, DER, DR, Opini Auditor, Laba/Rugi, dan Umur Perusahaan merupakan faktor penentu audit delay. Sedangkan Total Aset dan Reputasi KAP bukan merupakan faktor penentu audit delay
ANALISA PROSES BISNIS SISTEM ERP (ENTERPRISE RESOURCE PLANING) PADA PERUSAHAAN DISTRIBUTOR BATU BARA Nadziroh, Faridatun
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 2 No 1 (2019): March
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi proses bisnis pengadaan haruslah inovatif, efektif, dan efisien sehingga perusahaan mampu tetap kompetitif di dunia bisnis. Salah satu stategi dalam sistem ERP yakni sebagai solusi yang didasarkan pada produk dan layanan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, di mana data yang diterima dan diproses adalah dalam bentuk gambaran kondisi lapangan, bukan angka atau perhitungan tetapi data diproses dengan menganalisis hasil wawancara dan dokumen yang diberikan oleh perusahaan. Dengan menggunakan sistem ERP, perusahaan dapat terbantu dengan terintegrasikan semua transaksi bisnis dalam perusahaan tersebut. Selain itu, pengguna juga memiliki peran penting dalam sistem ERP, karena pengguna memiliki keterlibatan langsung dalam pengaruh perubahan budaya setelah implementasi sistem dijalankan. Implementasi sistem ERP pada penelitian ini, di terapkan pada salah satu perusahaan distributor batu bara. Hasil analisa penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya sistem ERP dalam proses bisnis dapat membantu user dalam menyelesaikan pekerjaan lebih mudah dan cepat, karena data yang dimasukkan user ke dalam sistem akan terbentuk menjadi sebuah informasi. Dan Sistem ERP  pada perusahaan mengakibatkan perubahan budaya kerja yang biasa dilakukan secara manual dan beberapa dilakukan melalui lisan harus dilakukan dengan terdokumentasi baik pada sistem maupun secara arsip.
APLIKASI MULTIMEDIA PEMBELAJARAN DOA UNTUK ANAK SEKOLAH DASAR BERBASIS ANDROID Muawarotul Khikmah, Ulfa; Zakki Falani, Achmad; Latipah, Latipah
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penggunaan aplikasi multimedia berbasis android saat ini masih digunakan hanya untuk hiburan semata. Adanya kebutuhandoa sehari-hari yang semakin berkembang masih belum cukup menampung dengan tujuan pembelajaran. Apalagi perhatian terhadap terjemahan bahasa arab perkata yangsangat minim ditemui dalam bentuk data digital. Dengan permasalahan tersebut dibutuhkan aplikasi multimedia pembelajaran doa sehari-hari, khususnya untuk kalangan usia 7 tahun sampai dengan 12 tahun atau setingkat SD (Sekolah Dasar) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan anak tentang terjemahan bahasa arab agar mereka dapat memahami doa tersebut beserta artinya dalam Bahasa Indonesia. Aplikasi multimedia tersebut kami bangun dengan berbasis mobile phone android dengan tujuan memberikan kemudahan dimana saja dan kapan saja dalam melakukan pembelajaran, mengingat ketergantungan intensitas interaksi manusia dengan mobile phone sudah semakin tinggi. Dengan adanya aplikasi multimedia pembelajaran doa  diharapkan menjadi alternatifyang mampu meningkatkan dan mengubah model pembelajaran.
SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN BERBASIS WEB DI AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA Nadziroh, Faridatun; Saputra, Dimas; Renaldy A F, Rizqi
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Sistem Informasi Kepegawaian AKSI (SKAK) adalah aplikasi web untuk memfasilitasi karyawan untuk melakukan proses cuti, pengunduran diri dan pensiun oleh karyawan, dosen, dan staf dalam penerapan cuti, pengunduran diri dan pensiun dan melakukan tujuan kepada direktur / direktur untuk disetujui atau tidak. Sistem informasi kepegawaian ini merupakan pusat data karyawan, dosen dan staf dan juga untuk mempermudah pencarian data tentang karyawan. Cetak untuk melakukan persetujuan cuti, pengunduran diri dan pensiun. Dalam proses pembuatan perangkat lunak sistem informasi kepegawaian ini, penulis melakukan rekayasa dengan menggunakan metode yaitu metode waterfall. Sedangkan untuk melakukan sistem dokumentasi yang telah dibuat, penulis menggunakan pemodelan Unified Modeling Language (UML).
Pendekatan Job Description pada Analisis Beban Kerja Karyawan dengan Metode Work Sampling Widiasih, Wiwin; Nuha, Hilyatun
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Setiap organisasi baik perusahaan maupun institusi baik yang bersifat profit maupun non profit dihadapkan pada peningkatan pembangunan di segala bidang. Dengan adanya efektivitas, efisiensi, dan produktivitas, perusahaan dapat mengetahui bagaimana optimalisasi sumber daya yang digunakan dan dapat menunjang pencapaian target yang telah dijalankan oleh sebuh perusahaan. Untuk melakukan efisiensi dalam bidang SDM, dapat dilakukan dengan berbagai cara, antara lain dengan membuat suatu analisis yang tepat terhadap aktivitas-aktivitas yang terjadi dan beban kerja yang ditimbulkan ataupun dengan lebih mengoptimalkan jumlah karyawan agar melakukan aktivitas pekerjaannya secara tepat. Selain perusahaan, perguruan tinggi juga merupakan salah satu institusi yang perlu dilakukan optimalitas sumber daya manusia. Sumber daya manusia dalam hal ini adalah karyawan struktural yang bekerja dalam siklus jam tertentu dengan beban fungsi dan tugas tertentu. Pengukuran kinerja karyawan pada Universitas XYZ Surabayadilakukan dengan pendekatan jobs description menggunakan metode work sampling. Dari 25 jabatan yang telah dianalisis beban kerja terdapat jabatan yang mempunyai nilai work load analysis (WLA) tertinggi yaitu Kepala Bagian Kerjasama, Kepala Bagian Keuangan dan Kasubbag Pengembangan SDM. Selain itu juga terdapat jabatan dengan beban kerja rendahyaitu jabatan Kepala Bagian IT dan Kasubbag Orkem, MB dan Kesejahteraan Mahasiswa. Hasil dari penelitian ini dapat dijadikan kajian lebih lanjut untuk melakukan evaluasi analisis jabatan struktural di Universitas XYZ di Surabaya.
SISTEM INFORMASI BIMBINGAN BELAJAR PADA KAROMAH LEARNING CENTER GROGOL JAKARTA BARAT Khasanah, Khasanah; Yulianawati, Tri; Soemantri, Handoyo; Basri, Thamrin; Subuh, Darmawan
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (473.69 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah e-learning dapat ditingkatkan pada Pusat Pembelajaran berbasis web Karomah Learning Center Grogol, Jakarta Barat. Dalam pembuatan sistem ini, bahasa pemrograman PHP dan database yang digunakan adalah MySQL. Metodologi yang digunakan dalam merancang sistem ini adalah metode waterfall dan metode pengumpulan data. Dalam metode analisis menggunakan metode PIECES yang terdiri dari perfomansi, informasi, ekonomi, kontrol, efisiensi, dan layanan. Metode ini digunakan untuk mengevaluasi prosedur operasi yang luas dalam suatu organisasi, institusi terkait perusahaan, dan lembaga pemerintah. Untuk proses desain dengan menggunakan UML (Unified Modeling Language) adalah berorientasi objek. Hasil analisis dan perancangan sistem ini diharapkan dapat membantu memfasilitasi dalam memberikan informasi kepada siswa, fakultas, dan bagian Karomah Learning Center, dan dapat mencapai belajar beberapa proses pembelajaran pelajaran yang penting lebih efektif dan efisien.
PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP CUSTOMER SATISFACTION DAN CUSTOMER LOYALTY INSTITUT FRANÇAIS INDONESIA DI SURABAYA Utami Dewi, Tanti; Nur Ardi Nugroho, Priyambodo
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1015.717 KB)

Abstract

Bahasa Prancis sebagai bahasa pengantar resmi kedua di Persatuan Bangsa-Bangsa sangat dibutuhkan oleh banyak kalangan sebagai pengantar dalam dunia professional maupun pergaulan. Institut Français Indonesia di Surabaya, memiliki peranan penting dalam memberikan kursus Bahasa Prancis berkualitas dan terpercaya bagi masyarakat Jawa Timur khususnya Surabaya. Kehadirannya dalam lima dekade ini memberikan arti bagi Surabaya.Hingga awal 2012 pemerintah Prancis memutuskan melakukan perubahan dalam manajemen dan penerapan kebijakan-kebijakan operasional. Ternyata berdasarkan statistik selama kurun waktu 2012-2014 terjadi penurunan jumlah siswa. Hal inilah yang melatarbelakangi dilakukan penelitian mengenai pengaruh customer experience terhadap customer satisfaction dan customer loyalty Institut Français Indonesia di Surabaya. Pada penelitian ini, 66 siswa dari kelas lanjutan pada bulan Mei dan Juni dijadikan responden. Hasil penelitian ini kemudian dianalisa menggunakan analisa jalur (path analysis). Customer experience berpengaruh signifikan terhadap customer satisfaction secara langsung sebesar 0,967 dengan arah positif, serta customer experience berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty secara langsung sebesar 0,479 dengan arah positif. Begitu dengan customer satisfaction berpengaruh signifikan terhadap customer loyalty secara langsung sebesar 0,485 dengan arah positif. Pengalaman positif yang dirasakan oleh para pelanggan dapat memberikan dampak positif dengan adanya pendaftaran (pembelian kembali) ke jenjang berikutnya, serta membuat mereka mempromosikan Institut Français Indonesia di Surabaya kepada orang lain.
3D MODELING AUGMENTED REALITY FOR TOGA PLANTS Annisa, Fardani; Kusuma, Artiarini; Fuad, Achmad; Arifka, Nandhita
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi dengan konsep menggabungkan dimensi dunia nyata dengan dimensi dunia maya yang di tampilkan secara realtime. AR biasa disajikan menggunakan platform smartphone yang memungkinkan pengembangan aplikasinya dibuat dengan murah dan terjangkau serta dapat diakses oleh banyak pengguna. Manfaat penggunaan AR salah satunya dapat digunakan sebagai sarana pembelajaran edukatif interaktif di berbagai bidang. Salah satu bidang tersebut yaitu pembelajaran edukatif mengenai Tanaman Obat Keluarga (TOGA) di kalangan siswa SMP dengan rentang usia 13 – 15 th. TOGA  merupakan tanaman hasil budidaya rumahan yang berkhasiat sebagai obat. Dikemas ke dalam bentuk aplikasi yang menyajikan objek – objek berupa bentuk 3D dan desain menarik digabung dengan teknologi up to date membuat siswa semakin ingin tmengerti dan mendalami ilmu terkait dengan TOGA. Dengan di rancangnya “3d Modeling Augmented Reality for Toga Plants” ini, diharapkan dapat menciptakan sebuah lingkungan pembelajaran yang lebih interaktif dimana siswa dapat berinteraksi langsung dengan obyek dunia maya sehingga dapat bermain sambil belajar.
Analisa Penjadwalan Produksi Speedboat Ambulans Menggunakan Metode Fast-track dan Crash Program Suhardjito, Gaguk; Hardiyanti, Fitri; Desynta, Finda
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dewasa ini industri maritim Indonesia mulai menunjukkan eksistensi pada bidang produksi kapal. Seiring dicanangkannya program poros maritim atau Tol Laut oleh pemerintah, diikuti peningkatan permintaan pelanggan kepada industri galangan untuk proyek pembangunan kapal. Tidak hanya kapal niaga yang dibangun, namun kapal ambulans juga dibangun untuk menyukseskan program tersebut. Proses pembangunan kapal memerlukan penjadwalan dan perancangan anggaran yang matang. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan dua metode sebagai alternatif percepatan waktu dan biaya untuk proyek pembangunan speedboat ambulans 8-meter. Berdasar data perusahaan yang diperoleh, terjadi keterlambatan antara waktu rencana dan waktu realisasi. Proyek dijadwalkan selesai dalam waktu 61 hari namun mengalami keterlambatan hingga 71 hari. Kajian ini membandingkan metode crash program dan fast-track dalam hal percepatan waktu penyelesaian proyek dan biayanya. Hasil analisis menunjukkan bahwa waktu produksi dapat direduksi menjadi lebih cepat dari rencana semula, namun dari segi biaya terdapat selisih antara kedua metode tersebut. Metode fast-track membutuhkan waktu 43 hari dengan penambahan jam lembur untuk pekerja dan biaya Rp 527.070.000,- karena melakukan pekerjaan tumpang tindih pada kegiatan yang mengalami lintasan kritis. Sedangkan metode crash program membutuhkan waktu 51 hari dengan penambahan jam lembur untuk pekerja dab biaya sebesar Rp 538.640.714,-.
PENERAPAN APLIKASI AKUNTANSI DIGITAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN Akbar, Muhammad
Jurnal Teknologi dan Terapan Bisnis Vol 1 No 02 (2018): Oktober
Publisher : AKADEMI KOMUNITAS SEMEN INDONESIA GRESIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Proses penyusunan laporan keuangan sudah memasuki era digital, yaitu dimana akuntansi dan teknologi informasi tersinergi menggunakan peralatan elektronik seperti, komputer dan ponsel pintar. Ilmu akuntansi seringkali dianggap sulit untuk dipahami, rumit, dan membosankan bagi para pengguna. Akan tetapi, proses pembelajaran ilmu akuntansi dapat lebih mudah jika dirancang memanfaatkan berbagai jenis media yang sesuai agar lebih menarik perhatian dan menumbuhkan motivasi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penerapan aplikasi akuntansi digital sebagai media pembelajaran dalam menyusun laporan keuangan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan media pembelajaran aplikasi akuntansi digital SI APIK. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media aplikasi akuntansi digital SI APIK dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menyusun laporan keuangan dan layak digunakan sebagai alat pembelajaran. Hasil ini menunjukkan pula bahwa penerapan teknologi informasi sebagai media pembelajaran dapat memberikan kemudahan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas dalam pembelajaran.

Page 1 of 12 | Total Record : 114