cover
Contact Name
Gilang Ramadan
Contact Email
gilang.ramadan@upmk.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jurnaljuara@upmk.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. kuningan,
Jawa barat
INDONESIA
JUARA : Jurnal Olahraga
ISSN : 24431117     EISSN : 26551896     DOI : -
Core Subject : Education,
JUARA: Jurnal Olahraga, is a national scientific journal that is open to all learning and sports studies for innovation, creativity, and renewal. JUARA: Jurnal Olahraga is a journal published by the Department of Physical Education, Health and Recreation, STKIP Muhammadiyah Kuningan. The purpose of this journal is to facilitate scientific publications which are the results of research conducted by students, teachers, academics and researchers. The Champion Journal is published every January and July by publishing research results in the fields of Sports Education & Recreation, Sports Management, and Sports Science
Arjuna Subject : -
Articles 84 Documents
Perbandingan Kondisi Kebugaran Jasmani Murid-Murid Sekolah Dasar di Kota dan Desa Wargadinata, Lingling Usli; Rusmana, Ruslan
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 4 No 1 (2019): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (517.145 KB) | DOI: 10.33222/juara.v4i1.378

Abstract

 
Efektivitas Underhand Servis Posisi Lurus dan Posisi Menyamping Terhadap Akurasi Servis Bawah Hidayat, Asep; Iskandar, Dedi
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 4 No 1 (2019): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (693.587 KB) | DOI: 10.33222/juara.v4i1.452

Abstract

Secara garis besar dalam permainan bola voli akurasi sangatlah diperlukan misalnya dalam servis bawah, seseorang pemain harus bias menempatkan servisnya ke daerah lawan yang kosong. Akurasi hasil servis bawah didukung oleh latihan underhand posisi lurus dan latihan undrhand posisi menyamping. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui efektivitas latihan underhand terhadap akurasi hasil servis bawah bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon; (2) Untuk mengetahui efektivitas latihan underhand posisi menyamping terhadap akurasi hasil servis bawah bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon; (3) Untuk mengetahui perbedaan efektivitas latihan underhand posisi lurus dan latihan underhand terhadap akurasi hasil servis bawah bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah motode eksperimen. Sempel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 1 Pajambon dengan jumlah populasi sebanyak 20 siswa. Hasil penelitan menujukan bahwa; (1) Hasil uji H1 diperoleh nilai t hitung = 1,1  dan t table 2,10 maka berdasarkan pengujian t hitung > t table , atau  1,1 > -2,10 maka hipotesis diterima artinya terdapat efektivitas yang negatif dan signifikan latihan underhand posisi lurus terhadap akurasi hasil servis bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon; (2) Hasil uji H2 diperoleh nilai t hitung = 15.3 dan t table = 2,10 maka berdasarakan pengujian Jika t hitung > t table, maka hipotesis diterima artinya terdapat efektivitas yang positif dan signifikan latihan underhand terhadap akurasi hasil servis bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon; (3) Hasil uji H3 diperoleh nilai t hitung = 0,76 dan t table = 2,10 maka pengujian hipotesis Jika t hitung < t table, maka hipotesis diterima artinya terdapat efektivitas yang negatif  dan signifikan latihan underhand posisi menyamping terhadap akurasi hasil servis bawah permaiana bola voli putri di SDN 1 Pajambon.
Penerapan Media Audio Visual VCD Terhadap Hasil Belajar Passing Dan Service Bawah Aswara, Agung Yuda
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 4 No 1 (2019): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (515.588 KB) | DOI: 10.33222/juara.v4i1.454

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi tentang: 1) penerapan media audio visual VCD terhadap hasil belajar keterampilan bolavoli khususnya passing bawah dan service bawah, 2) efektifitas pembelajaran passing bwah dan service bawah bola menggunakan media audio visual VCD dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional. Dalam penelitian ini sampel yang digunakan adalah seluruh siswa laki-laki kelas VII SMP Negeri 2 Grati Kabupaten pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pemberian perlakuan untuk masing-masing kelompok sebanyak 8 kali pertemuan dengan sekali pertemuan berdurasi 80 menit. Analisis menggunakan metode statistik paired Sample T-test kemudian dilanjutkan dengan metode statistik independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan: penggunaan media audio visual VCD dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar passing bawah dan service bawah.
Pengaruh Latihan Double Leg Speed Hop Dan Double Leg Box Boundterhadap Kecepatan Lari 100 Meter Sartono, Sartono
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 1 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (552.209 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i1.215

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh latihan double leg speed hop dan double leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter; (2) Latihan yang lebih baik pengaruhnya antara latihan double leg speed hop denganlatihandouble leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan rancangan “pretest-posttest design“. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa putraProgram Studi Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kuningan yang berjumlah 34 mahasiswa. Sampel yang diambil sebanyak 34 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian populasi. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari dua variabel, variabel independent yakni latihan double leg speed hopdan double leg box bound, variabel dependent yakni kecepatan lari 100 meter. Seluruh data yang diperlukan dalam penelitian ini diperoleh melalui tes dan pengukuran kecepatan lari 100 meter. Teknik analisis data dengan menggunakan uji perbedaan (t-test) dengan taraf signifikansi α = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh antara latihan double leg speed hop dan latihan double leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter(thitung = 5,062> ttabel= 2,120 pada taraf signifikansi 5%), (2) latihan double leg speed hoplebih baik daripada latihan double leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter. Persentase peningkatan kecepatan lari 100 meterpada kelompok I (kelompok latihan double leg speed hop) = 5,85%> kelompok II (kelompok latihan double leg box bound)= 2,73%.Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah: (1) ada pengaruh antara latihan double leg speed hop dan latihan double leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter, (2) latihan double leg speedhoplebih baik daripada latihan double leg box bound terhadap kecepatan lari 100 meter.
Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Ramadan, Gilang
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 1 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (604.973 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i1.27

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari metode pembelajaran latihan dan problem based  learning serta motivasi belajar terhadap hasil belajar passing sepakbola. Penelitian ini dilakukan pada siswa maupun siswi SMP Negeri 1 Rajadesa.Penelitian ini menggunakan treatment by level 2 x 2.Sampel terdiri dari 28 siswa maupun siswi. Teknik analisis data adalah analisis varians dua jalur (ANAVA) dan selanjutnya dilanjutkan dengan uji Tukey pada tingkat signifikansi α = 0, 05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan (A1) lebih tinggi dari nilai metode pembelajaran problem based  learning (A2) di SMP Negeri 1 Rajadesa. (2). terdapat pengaruh interaksi antara metode pembelajaran (A) dan motivasi belajar (B) terhadap hasil belajar passing sepakbola di SMP Negeri 1 Rajadesa. (3). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan motivasi belajar tinggi (A1B1) lebih tinggi dari nilai metode pembelajaran problem based  learningmotivasi belajar tinggi (A2B1) di SMP Negeri 1 Rajadesa. (4). Nilai hasil belajar passing sepakbola pada perlakuan metode pembelajaran latihan motivasi belajar rendah (A1B2) lebih rendah dari nilai metode pembelajaran problem based  learningmotivasi belajar rendah (A2B2) di SMP Negeri 1 Rajadesa.
Strategi Pemimpin Dalam Penguatan Iklim Sekolah Berbasis Multiple Intelligence Djibran, Agung Kurniawan
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 1 No 1 (2016): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.546 KB) | DOI: 10.33222/juara.v1i1.55

Abstract

Pencapaian iklim sekolah yang baik tidak dapat dilepaskan dari kualitas kepemimpinan kepala sekolah yang dalam proses kepemimpinannya mengintegrasikan berbagai kecakapan dan kemampuan yang dimilikinya baik dari segi kemampuan intelektual, emosional maupun kemampuan spiritualitasnya. Hal ini tidak dapat dipungkiri bahwa dalam proses kepemimpinan, seorang kepala sekolah dituntut untuk dapat mensinergikan ketiga kemampuan ini dalam membangun interaksi interpersonal maupun sosial dalam lingkup sekolah yang dipimpinnya.Dimensi-dimensi kecerdasan spiritual kepala sekolah dalam hal penguatan iklim sekolah dapat diwujudkan melalui beberapa strategi, yaitu ; menerjemahkan visi dan misi serta tujuan sekolah, membangun sinergitas antar komponen warga sekolah, menggunakan pemahaman dan logika berpikir yang sehat, membangun perasaan cinta akan kebenaran, memberikan teladan yang baik bagi warga sekolah, bertindak dan berperilaku secara adil, membiasakan perilaku jujur, disiplin, dan santun dalam pergaulan,pembiasaan sikap dan pola hidup sederhana; dan mendudukkan segala persoalan pekerjaan dalam organisasi sebagai tugas yang harus diemban dalam kerangka ibadah kepada Sang Pencipta.Berdasarkan strategi tersebut, maka kecerdasan spiritualitas akanberperan sangat strategis dan krusial dalam penguatan iklim sekolah yang sehat, positif dan efektif bagi terselenggaranya proses pendidikan di lingkungan sekolah.
Pengaruh Kemampuan Motorik, Imagery dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Lay-up Shoot Ramadan, Gilang; Ningrum, Destiana Ayu
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 4 No 1 (2019): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (527.364 KB) | DOI: 10.33222/juara.v4i1.399

Abstract

The purpose of this study was to determine whether there is a direct or indirect influence between motor skills, imagery, and motivation on the learning outcomes of the layup shoot. Testing the hypothesis of the influence of motor skills on shoot lay-up learning outcomes of 0.659. The effect of imagery on the shoot lay-up learning outcomes is 0.621. The effect of motivation on the shoot lay-up learning outcomes is 0.764. The effect of motor skills on motivation is 0.625. The effect of imagery on motivation is 0.782. The effect of motor skills on shoot lay-up learning outcomes through motivation is 0.915. The effect of imagery on shoot lay-up learning outcomes through motivation is 0.960. There is a positive influence between motor skills on the learning outcomes of the lay-up shoot. There is a positive influence between imagery on the learning outcomes of the lay-up shoot. There is a positive influence between motivation on learning outcomes of lay-up shoot. There is a positive influence between motor skills and motivation. There is a positive influence between imagery on motivation. There is a positive influence between motor skills on the learning outcomes of shoot lay-up through motivation. There is a positive influence between imagery on learning outcomes of lay-up shoots through motivation.
Hubungan Authentic Assessment Dengan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani Setiawan, Anang
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 2 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (373.725 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i2.41

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan authentic assessment dengan motivasi belajar pendidikan jasmani siswa SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI (sebelas) SMK Negeri 1 Kertajati Majalengka. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebesar 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 40 siswa dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket. Kesimpulan dari hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara authentic assessment dengan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran pendidikan jasmani. Besarnya hubungan adalah 0.67 atau 44.89%, artinya hubungan tersebut merupakan hubungan yang saling mempengaruhi, karena hasil pengujian linieritas regresi menunjukkan hasil yang linier.
Pengaruh Metode Latihan Lay Up Menggunakan Rintangan Dan Tidak Menggunakan Rintangan Muhtarom, Didi
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 3 No 2 (2018): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (512.775 KB) | DOI: 10.33222/juara.v3i2.239

Abstract

Masalah yang menjadi latar belakang penelitian ini adalah 1). Dalam memberikan latihan lay up guru masih monoton dalam menggunakan metode latihan. 2). Siswa kurang antusias dalam menerima materi latihan lay up. 3). Pembelajaran menjadi membosan karena metode latihan yang diterapkan oleh guru monoton. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMPN 1 Cigugur Kabupaten Kuningan yang tergabung dalam unit kegiatan ekstrakurikuler bola basket yang berjumlah 20 orang. Hasil dari penelitian ini yaitu : 1). Metode latihan lay up dengan menggunakan rintangan berpengaruh terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan. 2). Metode latihan lay up tanpa menggunakan rintangan berpengaruh terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan. 3). Metode latihan tanpa menggunakan rintangan lebih berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil lay up dalam permainan bola basket siswa peserta ekstrakurikuler SMP Negeri 1 Salem secara signifikan.  
Penerapan Latihan Plyometric Skipping Dan Alternate Leg Bound Untuk Meningkatkan Kemampuan Lompat Jauh Sartono, Sartono
JUARA : Jurnal Olahraga Vol 2 No 1 (2017): JUARA: Jurnal Olahraga
Publisher : STKIP Muhammadiyah Kuningan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (498.607 KB) | DOI: 10.33222/juara.v2i1.32

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan pengaruh antara program latihan plyometric skipping dan alternate leg bound terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok, (2) Perbedaan kemampuan lompat jauh gaya jongkok antara siswa yang memiliki power otot tungkai tinggi, sedang dan rendah, (3) Pengaruh interaksi antara program latihan dan power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Penelitian ini menggunakan metode ekperimen dengan rancangan faktorial 2 x 3. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra kelas X Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Nahdlatul Ulama 1 Sumpiuh Banyumas. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive random sampling, besarnya sampel yang diambil yaitu sebanyak 60 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan ANAVA. Sebelum diuji dengan ANAVA, terlebih dulu menggunakan uji prasyarat analisis data dengan uji normalitas sampel (Uji Lilliefors dengan α = 0,05 %) dan Uji homogenitas varians (Uji Bartlett dengan α = 0,05 %). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) ada perbedaan pengaruh antara program latihan plyometric skipping dan alternate leg bound terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Pengaruh program latihan plyometric alternate leg bound lebih baik dari pada program latihan plyometric skipping, (2) ada perbedaan kemampuan lompat jauh gaya jongkok antara siswa yang memiliki power otot tungkai tinggi, sedang, dan rendah. Kemampuan lompat jauh gaya jongkok pada siswa yang memiliki power otot tungkai tinggi lebih baik dari pada siswa yang memiliki power otot tungkai sedang, siswa yang memiliki power otot tungkai sedang lebih baik dari pada siswa yang memiliki power otot tungkai rendah, (3) terdapat interaksi antara program latihan dan power otot tungkai terhadap kemampuan lompat jauh gaya jongkok. Siswa yang memiliki power otot tungkai tinggi lebih cocok jika diberikan program latihan plyometric alternate leg bound. Siswa yang memiliki power otot tungkai sedang lebih cocok jika diberikan program latihan plyometric skipping. Siswa yang memiliki power otot tungkai rendah lebih cocok jika diberikan program latihan plyometric alternate leg bound.