cover
Contact Name
Putu Indra Christiawan
Contact Email
indra.christiawan@undiksha.ac.id
Phone
+6281805329239
Journal Mail Official
-
Editorial Address
Fakultas Ilmu Sosial, Jalan Udayana Singaraja Bali
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Media Komunikasi FPIPS
ISSN : 14128683     EISSN : 27147800     DOI : http://dx.doi.org/10.23887/mkfis
Media Komunikasi FPIPS publishes and disseminates lecturers’ research results and analyses, teachers, and academic community research from various colleges/universities in Indonesia. The results of research and study contained in the journal accommodate manuscripts on integrated elementary to high education in social sciences, history, economics, sociology, geography, and other relevant social sciences.
Articles 100 Documents
PERKEMBANGAN DAYA TARIK OBJEK WISATA AIR SANIH DESA BUKTI Dewi, Ida Ayu Yana Rasmita; Adi, Komang
Media Komunikasi FPIPS Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v13i2.22708

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang eksistensi ObjekWisata Air Sanih Desa Bukti yaitu terkait identifikasi karakteristik objekwisata, karakteristik wisatawan yang berkunjung dan analisis SWOT objekwisata. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu denganmemberikan deskripsi secara rinci mengenai karkateristik objek wisata kajian.Hasil dari kajian tersebut adalah Identifikasi daya tarik wisata dapat ditinjau dari aspek atraksi,variasi bentang alam, dan fasilitas penujang wisata. Dari aspek atraksi, ada beberapa pilihankegiatan wisata yaitu berenang menikmati segarnya air di kolam pemandian, aktivitas snorkellingdi sekitar objek wisata. Bentang alam Air Sanih yang merupakan daerah pesisir dengan keindahanpantai dan dipadukan dengan panorama gugusan perbukitan yang membuat semakin asri.Fasilitas juga mendukung seperti restoran, tempat parkir, warung-warung, toilet, loker untukmenyimpan pakaian ganti dan fasilitas lainnya. Wisatawan yang berkunjung antara lainwisatawan mancanegara, domestik, dan lokal. Biasanya wisatawan lokal yang lebih mendominasi.
BUDAYA PEMASANGAN IKLAN, BROSUR, ALAT PERAGA, DAN SEJENISNYA PADA POHON PERINDANG JALAN DI KOTA SINGARAJA Suryantara, I Putu Ade
Media Komunikasi FPIPS Vol 15, No 1 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v15i1.22724

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perubahan budaya masyarakat kotaSingaraja yang memanfaatkan pohon-pohon yang ada di pinggir jalan sebagaimedia atau tempat pemasangan iklan, baliho, maupun alat peraga dalamkampanye serta faktor-faktor yang mempengaruhi budaya tersebut.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitianmenunjukkan bahwa bentuk transformasi budaya utama yang terjadi di KotaSingaraja adalah penggunaan pohon yang ada di pinggir jalan sebagai tempatmenaruh media promosinya baik berupa iklan, brosur, pamflet, dansejenisnya telah mengubah fungsi pohon sebagai penambah estetika danpenyerap gas CO2. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya budayapemasangan iklan pada pohon-pohon pinggiran jalan adalah lokasi yangsangat strategis, praktis dan ekonomis serta dapat melakukan penyebaraninformasi secara cepat
KERAJINAN TANGAN ATA ELING BALI DI KABUPATEN KARANGASEM Purwantara, I Wayan
Media Komunikasi FPIPS Vol 16, No 2 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v16i2.22740

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sejarah seni kerajinan tangan ate didaerah Karangasem, mengidentifikasi macam seni kerajinan tangan ate danteknik pembuatannya, menganalisis pengaruh seni kerajinan tangan ateterhadap perekonomian masyarakat di daerah karangasem dan mengkajikendala dalam pembuatan kerajinan tangan ate. Penelitian ini merupakanpenelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwakerajinan tangan yang berbahan dasar batang tanaman ate pertama kalidikerjakan dan diperkenalkan oleh I Nengah Kedep yang berasal dari DesaTenganan. Anyaman yang pertama kali dibuat merupakan anyamansederhana yang berbentuk bola dengan kegunaan sebagai gantungan kuncidan tanpa sengaja wisatawan asing yang sedang berwisata disana melihat dantertarik membeli anyaman tersebut. Dari sanalah kerajinan tangan ate mulaiberkembang. Kemudian kerajinan tangan ate diperkenalkan di desa serayaoleh Bapak I Made Kecol Astawa. Dan sampai saat ini kerajinan tangan ata didesa seraya masih berkembang.
OBJEK WISATA KEBUN RAHASIA DESA SAMBANGAN (TINJAUAN GEOGRAFI PARIWISATA) Riyanti, Ni Made Ani; Yustini, Ni Kadek
Media Komunikasi FPIPS Vol 13, No 1 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v13i1.22703

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang eksistensi objek wisata Kebun Rahasisa di Desa Sambangan yaitu terkait identifikasi karakteristik objek wisata, karakteristik wisatawan yang berkunjung dananalisis SWOT objek wisata. Metode yang digunakan adalah deskriptifkualitatif. Hasil dari kajian tersebut adalah Desa Sambangan memilikiatraksi wisata alam yang sangat fantastik. Selain potensi alam yang ditawarkan di secret garden terdapat pula potensi penunjang seperti trekking dan meditasi. Trekking dilokasi ini dibagi menjadi 3 yaitu short trekking, medium trekking, dan long trekking yang disesuaikan dengan permintaan, waktu yang tersedia dan kondisi fisik pengunjung. Wisatan yang berkunjung ada wisatawan local, wisatawan domestic dan wisatawan mancanegara. Fasilitas penunjang kegiatan wisata antara lain: akomodasi wisata, pramuwisata, toilet, tempat sampah dan keamanan. Saran yang dapat dikemukakan promosi yang masih kurang meluas karena perkembangan wisatawan ini baru kembangkan dan promosinya sebatas di hotel-hotel berupa pembagian brosur sehingga masyarakat lokal belum mengenal objek wisata secara detail.
PENGARUH KEBERADAAN PERMUKIMAN LIAR TERHADAP KONDISI LINGKUNGAN PANTAI TAMBAK SARI KOTA SINGARAJA Algunadi, I Gede; Armiyanti, Ni Putu Nita Novi
Media Komunikasi FPIPS Vol 14, No 2 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v14i2.22719

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi, jenis dan karakteristikpermukiman di pantai Tambak Sari, pengaruh aktivitas masyarakat terhadapkondisi lingkungan, dan dampak sosial dan ekonomi permukiman liar.Metodeyang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan memberikandeskripsi secara rinci mengenai karkateristik objek wisata kajian. Hasil darikajian tersebut Karakteristik permukiman liar di kawasan ini memiliki infrastruktur dan pelayanan yangada tidak memadai atau berada pada tingkat minimum, termasuk ke dalam kelompok berpenghasilanrendah dan dibangun di lahan kosong milik pemerintah atau umum di pinggiran pantai. Dampak sosial dariadanya Pemukiman liar di sepanjang pinggiran pantai di kawasan Tambak Sari Kampung Barumengakibatkan degradasi kedisiplinan dan ketertiban dalam berbagai tatanan sosial kemasyarakatan, yangdimana ini disebabkan karena pendidikan mereka yang rendah. Dari sisi tata ruang kota, pemukiman liarsangat mengganggu keindahan kota itu sendiri dan adanya bencana alam seperti banjir dan lain-lain.Keadaan yang tidak teratur di dalam pemukiman liar berpengaruh memicu adanya kesenjangan social dankecemburuan social yang akhirnya akan memicu konflik baik konflik disini terjadi antara sesama pemukimatau pemukim dengan pemerintah yang memperebutkan lahan/tanah.
IDENTIFIKASI LINGKUNGAN PERMUKIMAN KUMUH KAMPUNG KAJANAN Noviani, Ni Komang; Putra, I Gede Putu Yoga Pratama
Media Komunikasi FPIPS Vol 16, No 1 (2017)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v16i1.22735

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik lingkunganpermukiman kumuh di kampung kajanan, menganalisis kondisi fisiklingkungan permukiman kumuh di kampung kajanan dan untuk mengkajimasalah yang ditimbulkan dan solusi yang ditawarkan akibat adanyalingkungan Permukiman kumuh di kampung kajanan. Penelitian inimerupakan penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkanbahwa kondisi bangunan yang sangat rapat, kualitas kontruksi rendah,jaringan jalan tidak terpola, sanitasi umum dan drainase tidak berfungi, dansampah belum dikelola dengn baik merupakan karakteristik dan kondisi fisiklingkungan permukiman kumuh di kampung kajanan. Masalah lingkunganyang ditimbulkan dari keberadaan permukiman kumuh ini adalahn tidakadanya tempat sampah yang memadai untuk membuang sampah rumahtangga dari warganya.
REPOSISI TAMAN KOTA BERBASIS NILAI BUDAYA LOKAL DI KOTA SINGARAJA P., I Made Chrisma Angga; Astuti, Ni Komang Ary
Media Komunikasi FPIPS Vol 14, No 1 (2015)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v14i1.22714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui taman kota singaraja sebagairuang hijau pembentuk budaya sehat bagi masyarakat sekitar,permasalahan yang muncul pada taman kota, dan reposisi taman kotadengan memanfaatkan nilai budaya local. Metode yang digunakan adalahdeskriptif kualitatif yaitu dengan memberikan deskripsi secara rinci mengenai karkateristik objek wisatakajian. Hasil dari kajian tersebut adalah optimal dan tidak optimal sebuah taman kota dilihat daribanyak sedikitnya pengunjung yang datang ke tempat tersebut, pemanfaatan taman kota sudahoptimal, dimana pemanfaatan lahan di taman kota singaraja sudah baik dilihat dari banyaknyapengunjung yang datang ke taman kota singaraja tersebut untuk mengisi melakukan kegiatanberolahraga maupun menghabiskan waktu luang bersama keluarga. Selian itu penataan tamankota singaraja sudah dapat dikatakan baik, di lihat dari penataan para pedagang yang sebelumnyamereka berjualan di pinggir, sekarang sudah di buatkan tempat khusus di area taman kotaSingaraja. Dengan adanya pedagang yang berjualan di taman kota pasti akan menimbulkandampak positif dan negative untuk taman kota tersebut, misalnya kita beri contoh adanya sampahyang berserakan yang di hasilkan oleh para pedagang yang berjualan di area taman KotaSingaraja.
TRANFORMASI BUDAYA DALAM PERMAINAN TRADISIONAL MENUJU GAME ONLINE Arsana, Dewa Gede Putra
Media Komunikasi FPIPS Vol 15, No 2 (2016)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v15i2.22730

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk trasformasi budayadalam permainan tradisional, proses dan faktor penyebab transformasibudaya tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan teknologi membuatperubahan permainan tradisional menjadi permainan game online.permainan game online dianggap mudah dimainkan dan mampu di mainkandengan satu orang saja, hal inilah yang dapat menimbulkan dampak negatifbagi perkembngan anak di mana hubungan dengan teman, keluarga jadirengang karena waktu bersama mereka menjadi jauh dan berkurang.
KEBUTUHAN TENAGA PROFESIONAL PADA KOPERASI DI KABUPATEN BULELENG Yuniarta, Gede Adi
Media Komunikasi FPIPS Vol 19, No 1 (2020)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v19i1.1910

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi anggota koperasi dan persepsi pengurus koperasi terhadap kompetensi yang harus dimiliki tenaga professional yang dibutuhkan oleh Koperasi. Data dikumpulkan dengan metode kuesioner kemudian dianalisis secara deskriftif. Hasil peneltian menunjukkan bahwa baik anggota maupun pengurus koperasi memiliki persepsi yang sama yaitu mengharapkan tenaga bidang akuntansi harus dapat memenuhi kriteria lima dimensi kualitas meliputi bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Di sisi lain, kompetensi yang harus dimiliki tenaga professional yang dibutuhkan oleh Koperasi dikelompokkan dalam dua dimensi yaitu kompetensi bidang akuntansi dan kompetensi lainnya yang berhubungan dengan hubungan personal di dunia kerja.
DAYA TARIK OBJEK WISATA AIR PANAS DESA BANJAR ., Bandarhusin; ., Amanah
Media Komunikasi FPIPS Vol 13, No 2 (2014)
Publisher : Universitas Pendidikan Ganesha

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23887/mkfis.v13i2.22709

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang eksistensi ObjekWisata Air Panas Desa Banjar yaitu terkait identifikasi karakteristik objekwisata, karakteristik wisatawan yang berkunjung dan analisis SWOT objekwisata. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu denganmemberikan deskripsi secara rinci mengenai karkateristik objek wisata kajian.Hasil dari kajian tersebut adalah Identifikasi daya tarik wisata dapat ditinjau dari aspek atraksi,variasi bentang alam, dan fasilitas penujang wisata. Dari aspek atraksi, aktivitas utama wisatawanadalah menikmati air panas dengan berendam di sumber mata air panas yang sudah disediakan.Bentang alam Air Panas Banjar yang merupakan daerah perdesaan merupakan perpaduan daripanorama asri alam perbukitan. Fasilitas juga mendukung seperti restoran, tempat parkir,warung-warung, toilet, loker untuk menyimpan pakaian ganti, spa, toko cinderamata dan fasilitaslainnya. Wisatawan yang berkunjung antara lain wisatawan mancanegara, domestik, dan lokal.

Page 1 of 10 | Total Record : 100