cover
Contact Name
Saiful Almujab
Contact Email
saifulalmujab@unpas.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
journaloikos@unpas.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi
Published by Universitas Pasundan
ISSN : 25492284     EISSN : 25492284     DOI : -
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi is a scientific journal in Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pasundan that serves as a media for publication of ideas, studies and quality research results related to Economic and Economic Education at universities, high schools and vocational schools to support the achievement of educational goals National in the field of economic education.
Arjuna Subject : -
Articles 43 Documents
KEAMPUAN BERFIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR (Studi Komparasi pada Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan di Kelas XI Akuntansi SMK Medikacom Bandung) Sopiansah, Veri Aryanto
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (300.949 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1404

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa pada kategori minat belajar tinggi dan minat belajar rendah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode komparasi dengan analisis data menggunakan uji t (one sampel t-tes) dengan uji hipotesis ANOVA. Populasi yang digunakan siswa juruan akuntansi SMK Medikacom dengaan sampel kelas XI AK A dan B. Penelitian ini dibagi dalam dua kelompok siswa, yaitu kelompok siswa dalam kategori minat belajar tinggi dan siswa dalam kategori minat belajar rendah. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, ditemukan hasil bahwasanya terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa dalam kategori minat belajar tinggi dan siswa dalam kategori minat belajar rendah. Pembelajaran yang dilakukan guru harus dapat memperhatiakan tingkat minat belajar siswanya karna itu akan mempengaruhi proses dan hasil belajar, termasuk kemampuan berfikir salah satunya berfikir kreatif. Kata kunci: Berfikir kreatif, Hasil belajar, Minat belajar.
PENGARUH KOMITMEN ORGANISASI, KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH Tampubolon, Fitri Mariana; Hasibuan, Ahmad Basid
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (273.054 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1415

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi adanya pengaruh komitmen organisasi, kompetensi sumber daya manusia dan pemanfaatan teknologi informasi terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah di wilayah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan sumber data primer berupa kuesiner. Metode pengambilan sampel data adalah dengan menyebarkan kuesioner dengan jumah kuesioner yang dibagikan sebanyak 95 dan kuesioner yang digunakan sebanyak 84. Analisis data dilakukan dengan model regresi linier berganda dengan software SPSS versi 25.00. Hasil penelitian ini berdasarkan uji regresi linier berganda dan uji t menunjukkan bahwa komitmen organisasi berpengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta, kompetensi sumber daya manusia berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta sedangkan pemanfaatan teknologi informasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kualitas laporan keuangan Pemerintah Daerah Provinsi DKI Jakarta.
Problem-Based Introduction (PBI) Learning Model on The Problem Solving Ability of Prospective Economy Teachers Saputra, Jusep; Aditya, Chandra
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.676 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1387

Abstract

Ability Problem solving of learners is needed in understanding the economy in order to support student learning achievement. But the problem-solving ability of learners was still low. This is because teachers rarely train the problem-solving skills of learners during the learning process. The purpose of this research is to analyze the implementation of PBI (Problem Based Introduction) model and how much influence of PBI (Problem Based Introduction) model to problem-solving ability. The research method is True Experimental Design (real experiment) The population in this research are all students SMA Negeri 27 Bandung. As for the sample of the research is the students of class X SMA Negeri 27 Bandung as much as two classes are randomly selected by class Instruments used in the research in the form of Multiple Choice type test questions problem-solving problem learners and a questionnaire scale using a Likert Scale model The data analysis is done using t-test, based on postes obtained data of independent samples test with sig value (2-tailed) 0.12 Based on the result of the calculation, the writer concludes that the problem-solving ability of learners who get the model learning problem-based Introduction (PBI) is better than the problem-solving ability of learners who get expository exposure. Therefore, Problem Based Introduction (PBI) model can be used as an alternative for teachers in implementing their learning to create an active, effective and enjoyable learning atmosphere.
IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI IMPLEMENTASI ETIKA PROFESI GURU DENGAN KONSEP PEDIDIKAN KH HASYIM ASY’ARI Islammilyardi, Agista Pahlana
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (198.414 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1182

Abstract

Etika profesi guru merupakan bagian penting dalam membantu meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Dengan guru yang menerapkan etika profesi dalam kegiatan belajar mengajar harus menjadi tempat yang nyaman bagi peserta didik dalam menimba ilmu, di dalam nya bukan hanya mentrasfer ilmu yang dimiliki guru pada peserta didik, melainkan membimbing dan menjadi teladan bagi peserta didik dalam menjadi pribadi yang memiliki karakter yang baik. KH. Hasyim Asy’ari telah membuat suatu konsep pendidikan yang dapat membantu seorang guru bisa dikatakan professional dengan melakukan nya dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar, yang harus dilakukan guru dalam kegiatan belajar mengajar yaitu : berdoa, membangkitkan semangat siswa, memberi motivasi, keihkasan dalam mengajar, antusias dalam kegiatan belajar mengajar, kejujuran, keadian, wibawa/kharisma, kasih sayang kepada murid, metode yang dipilih, perhatian kepada siswa,pengarahan dalam talenta, pelatihan minat bakat, kepribadian yang baik dan evaluasi dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan paradigm kualitatif, penelitian ini dilakukan pada alumni pendidikan ekonomi angkatan 2016 FKIP Universitas Siliwangi. Pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan mengirimkan goole formulir (angket) pada grup whatsapp alumni pendidikan ekonomi angkatan 2016 FKIP Universitas Siliwangi..
ANALISIS PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO (PDRB) DAN PERTUMBUHAN EKONOMI KABUPATEN SUBANG TAHUN 2017/2018 Cahyono, Mr; Almujab, Saiful
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (534.443 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1407

Abstract

Development and economic growth of a region can be seen through the instruments of Gross Domestic Product (GDP) or Gross Regional Domestic Product (GDP). Gross Regional Domestic Product according to expenditure (Expenditure GRDP) is one form of displaying economic data of a region, other display forms such as GRDP according to business fields, Input-Output Tables, Socio-Economic Balance System, and Funds Flow Balance. The method of writing this article uses a literature study, using secondary data as the main data source. The economy of Subang Regency for the period 2013 - 2018 can grow above 4%. In terms of production, the highest economic growth occurred in the Information and Communication category which grew above 6% annually. In terms of final demand, the economic growth of Subang Regency is dominated by growth in the component of Household Consumption Expenditures (PK-RT), which accounts for more than half of the total regency sub-district GDP. Development and economic growth of a region can be seen through the instruments of Gross Domestic Product (GDP) or Gross Regional Domestic Product (GDP). Gross Regional Domestic Product according to expenditure (Expenditure GRDP) is one form of displaying economic data of a region, other display forms such as GRDP according to business fields, Input-Output Tables, Socio-Economic Balance System, and Funds Flow Balance. The method of writing this article uses a literature study, using secondary data as the main data source. The economy of Subang Regency for the period 2013 - 2018 can grow above 4%. In terms of production, the highest economic growth occurred in the Information and Communication category which grew above 6% annually. In terms of final demand, the economic growth of Subang Regency is dominated by growth in the component of Household Consumption Expenditures (PK-RT), which accounts for more than half of the total regency sub-district GDP.
PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 SUKATANI saragih, fernando
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (345.487 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1403

Abstract

Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis apakah kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar pada kelas VIII mata pelajaran IPS. Penelitian menggunakan metode survey dengan teknik penyebaran angket kepada 40 responden dan teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda, asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa yaitu Y = 24,487 + 1,494 X1 + 0 ,914 X2 dan hasil ini juga diperkuat dengan hasil uji T dan uji F dimana variabel kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik memiliki nilai t hitung > t tabel yaitu  2,931>1.69726 dan 2,110 > 1.69726 sedangkan pada f hitung diperoleh niai 10,875. Hal ini menunjukkan bahwa fhitung > ftabel (10,875 > 3,35), sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi kompetensi kepribadian dan kompetensi pedagogik guru maka semakin tinggi pula prestasi belajar siswa
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA (Studi Kuasi Eksperimen pada Mata Pelajaran IPS Kelas VII D di SMPN 1 Pacet - Cianjur) Jaya, Firman San
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 3 No 1 (2019)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.259 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v3i1.1405

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya pembelajaran IPS dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 1 Pacet Cianjur kelas VII D. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian kelompok tunggal pre-test dan post test. Tujuan dilakukan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa pada pengukuran awal (pre-test) dan setelah pengukuran (post test). Hasil penelitian menunjukan bahwa dengan menerapakan pembelajaran pendekatan saintifik, dapat memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Secara statistik ada perbedaan antara nilai pada saat pre- test dan post test. Dengan demikian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran pendekatan saintifik merupakan salah satu model pembelajaran efektif yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Berdasarkan hasil penelitian, untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik, maka dianjurkan untuk menerapkan pembelajaran pendekatan saintifik pada mata pelajaran IPS dengan memperhatikan perbedaan individu yang beorientasi kepada kemampuan berpikir kritis yang santun, dan membuat perangkat pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik.    Kata Kunci: pendekatan saintifik, berpikir kritis
Pengaruh Intensitas Bimbingan Orang Tua dan Sarana Prasarana Terhadap Motivasi Belajar Siswa Serta Implikasinya Pada Prestasi Belajar Siswa (Survei Pada Mata Pelajaran Kewirausahaan di Smk Ulil Albab Depok Kabupaten Cirebon) Wahyudin, Mokhammad
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 2 No 2 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (246.222 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v2i2.1035

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of the intensity of parental guidance and infrastructure to the students motivation and their implications for student achievement Smk Ulil Albab Cirebon Depok. The purpose of this study are: 1) To find a picture of student achievement, the intensity of parental guidance, facilities and students motivation to learn; 2) To determine the effect intensity of parental guidance and infrastructure to student motivation and its implications on learning achievement. The method used is descriptive survey method verification. Data collected through questionnaires. In this study were used as the student population is Smk Ulil Albab Cirebon Depok many as 1556 people. The sample was 318 people. By using a sampling technique that is proportional random sampling. Based on the calculation and analysis of data, it can be concluded that: 1) Overview of learning achievement Students medium category, the intensity of parental guidance category is, the infrastructure category is, and student motivation sedang.2 category) there is a positive influence on the intensity of parental guidance and infrastructure on the students motivation. 3) There is no positive effect of the intensity of parental guidance on motivation to learn. 4) There is a positive effect of infrastructure study on motivation to learn. 5) There is no positive effect of the intensity of parental guidance, infrastructure and learning motivation on learning achievement. 6) There is no positive effect of the intensity of parental guidance on learning achievement. 7) There is no positive effect of infrastructure on student achievement. 8) There is no positive effect of learning motivation on student achievement.
STUDI KOMPARATIF PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) DAN METODE PEMBELAJARAN PENYELESAIAN MASALAH (PROBLEM SOLVING) DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA Solihat, Ai Nur
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 1 No 2 (2017)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23969/oikos.v1i1.236

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang mendapatkan perlakuan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dan metode pembelajaran pemecahan masalah (problem solving) pada mata pelajaran ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen, dengan subyek penelitian terdiri dari tiga kelas yaitu kelas X.4 (kelas problem solving), X.5 (kelas PBL) dan X.6 (kelas kontrol). Pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, observasi, dan kuesioner yang diberikan guru kepada siswa. Pengolahan data dilakukan dengan uji t (paired-sample t-test) dan independent sample t-test menggunakan aplikasi program SPSS. 21. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (problem based learning/PBL) sebelum dan sesudah perlakuan. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa pada kelas yang menggunakan metode pemecahan masalah (problem solving)  sebelum dan sesudah perlakuan. Terdapat perbedaan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning/PBL) dan metode pembelajaran konvensional sesudah perlakuan (treatment). Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode pembelajaran penyelesaian masalah (problem solving) dan metode pembelajaran konvensional sesudah perlakuan (treatment). Akan tetapi, tidak terdapat perbedaan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa yang menggunakan metode pembelajaran berbasis masalah (Problem based learning) dan metode pembelajaran penyelesaian masalah (problem solving) sesudah perlakuan (treatment).
IMPLEMENTASI PERFORMANCE BASED ASSESSMENT DALAM PEMBELAJARAN EKONOMI Anix, Ekayanti Nur; Fauziyah, Fifi
OIKOS: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pasundan

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (219.249 KB) | DOI: 10.23969/oikos.v2i1.921

Abstract

The 21st century is a century that asks for quality in all effort and human works. Development of qualified human resources in science and technology through educational institutions is an important pillar to realize vision of Indonesia 2015-2085. The role of teachers in learning activities is very important to build human resources has 21st century skills. Performance Based Assessment as a model that combines teaching and assessment, appropriately applied in learning to develop critical competencies and creative thinking also can measure cognitive, affective and psychomotor abilities. In the economic learning process, teachers tend to focus on cognitive processes, students are rarely required to demonstrate their performance so that only a few students are active in the learning process. Therefore, the use of Performance Based Assessment is important to be applied in economic learning, because it can train student performance, improve the ability of inquiry, skills and work habits through real tasks. Students are expected to actively think, do the reasoning, communicate the knowledge it has and solve realistic problems. The author uses literature study method. The purpose of this literature study is reviewing Performance Based Assessment and its application to economic learning.