cover
Contact Name
Bahrun ALi Murtopo
Contact Email
bahrunalimurtopo@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
cakrawalajurnal@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kab. kebumen,
Jawa tengah
INDONESIA
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial
ISSN : 25809385     EISSN : 25810197     DOI : -
Core Subject : Education, Social,
Cakrawala invites scholars, researchers, and students to contribute the result of their studies and researches in the areas related to Education Management, Islam, Muslim society, which covers textual and fieldwork investigation with various perspectives of Education, Learning, philosophy, theology, and others.
Arjuna Subject : -
Articles 39 Documents
UPAYA PENGUATAN MANAJEMEN PENDIDIKAN BACA TULIS AL QURAN (BTQ) Chamidi, Agus Salim; Rodhianna, Tutik
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (144.465 KB)

Abstract

kolaboratif ini merupakan hasil riset transformatif dengan pendekatan partisipatori (participatory action research, PAR) yang awalnya masih sebatas mengetahui (to know), memahami (to understand), dan merencanakan aksi (to plan action) tentang manajemen penyelenggaraan pendidikan baca tulis Al Quran (BTQ) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Kutowinangun Kebumen.Sekolah ini menyelenggarakan BTQ untuk memenuhi Peraturan Bupati Kebumen (Perbup) Nomor 31 T ahun 2016 tentang Pelaksanaan Pendalaman Pemahaman Kitab Suci (Perbup 31/2016).Di sini sekolah sudah menjalankannya selama 3 semester sampai sekarang.Bagaimana sekolah ini mengimplementasikan Perbup 31/2016 di atas merupakan permasalahan umum riset ini.Tujuan riset adalah untuk mengetahui secara partisipatif bersama para guru BTQ tentang masalahmereka, lalu mendiskusikannya, dan kemudian membuat rencana-rencana aksi penyelesaian masalah.Riset ini bersifat kualitatif dengan metode analisa SWOT dengan analisa 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) untuk membangun analisa masalah, analisa tujuan, penyusunan kerangka kerja, dan refleksi dan tindak lanjut. Riset ini bersifat berkelanjutan, sehingga tindakan itu pun akan direfleksikan untuk mengevaluasi dan membangun rencana berikutnya.Hasil riset selama Januari-Pebruari 2018 ini adalah bahwa (1)Perbup 31/2016 di atas ternyata tidak lengkap dan menghadirkan masalah dalam pelaksanaannya, dan karenanya perlu perbaikan, (2)sekolah perlu membuat struktur organisasi BTQ dan kurikulum BTQ sendiri, (3)rencana tindak lanjut yang jelas.PAR, Perbup 31/2016, BTQPAR, Perbup 31/2016, BTQPAR, Perbup 31/2016, BTQ
KEBIJAKAN PUBLIK DALAM ANGGARAN PENDIDIKAN Arifah, Umi
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (147.607 KB)

Abstract

Tujuan analisis kebijakan publik bidang pendidikan ini adalah untuk mengetahui arah kebijakan publik, mengetahui karakteristik kebijakan pendidikan dan untuk mengetahui implementasi kebijakan pendidikan di Indonesia. Pendidikan merupakan milik publik dan tiap warga negara mendapat kesempatan yang sama untuk memperoleh akses pendidikan yang layak. Maka dari itu kebijakan pendidikan adalah program-program yang direncanakan oleh pemerintah dalam rangka mengatasi permasalahan-permasalahan yang timbul di bidang pendidikan demi memenuhi kewajiban pemerintah dalam memberikan pendidikan bagi setiap warga negaranya. Pelaksanaan kebijakan publik dibidang pendidikan meupakan hal yang sangat penting, sebab pemerintah sudah seharusnya membuat perubahan-perubahan didalam pendidikan demi tercapainya pelaksanaan pendidikan yang lebih baik. Suatu kebijakan dibuat untuk menjadi pedoman dalam bertindak dan mengarahkan kegiatan dalam organisasi pendidikan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Proses implementasi kebijakan hanya dapat dimulai apabila tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran yang semula bersifat umum telah dirinci, program-program aksi telah dirancang dan sejumlah dana/biaya telah dialokasikan untuk mewujudkan tujuan-tujuan dan sasaran-sasaran tersebut. Selain itu adanya perencanaan-perencanaan dalam bidang pendidikan juga tengah digalakkan, contohnya saja penempatan guru-guru yang dianggap profesional untuk bersedia ditempatkan ditempat-tempat terpencil. Maka dari itu perlu adanya suatu kebijakan dari pemerintah khususnya yang mana mampu membuat suatu program- program baru untuk perubahan pendidikan yang lebih berkualitas. Kata kunci: Angaran, Kebijakan publik, pendidikan
REORIENTASI DINAMIKA PENDIDIKAN ISLAM Ridho, Akhsin
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (164.359 KB)

Abstract

Konteks pemangku atau pelaksana pendidikan pada persoalan split personality merupakan masalah laten dalam dunia pendidikan, tidak ada keseimbangan antara head, heart, dan hand menjadikan pelaku pendidikan kurang profesional dalam melaksanakannya baik secara teknis maupun manajerial. Lulusan sekolah yang beragam dan kompleks ada yang berilmu luas dan berakhlak luhur, tapi tidak memiliki kemampuan atau skill yang memadai, akibatnya terjadi banyak pengangguran. Reorientasi dinamika pendidikan Islam mempunyai hikmah-hikmah tersendiri dalam merealisir kemaslahatan umat manusia baik dengan cara mendatangkan manfaat maupun menampik mafsadat. Pertanyaannya bagaimana reorientasi dinamika pendidikan Islam yang bersifat fleksibel-dinamis, dapat menampung berbagai perkembangan terkini, mengantarkan pada kemaslahatan alam semesta yang menjadi tujuan Islam rahmat li al-‘âlamîn?. Tujuannya adalah merepresentasikan dimensi Ilahi yang bersifat absolut-permanen, dimensi Insani yang bersifat relatif-temporer. Penelitian ini bersifat deskriftif analisis dengan menggunakan kajian pustaka sebagai basis utama sumber datanya dan menggunakan metode kualitatif. Penyelesaian dinamika yang didasarkan pada insider dan outsider dengan titik fokus tersebut dapat diorientasikan pada tataran teologis (iman), teoretis (ilmu), praktis (amal) dan moralistis (akhlak) sehigga mampu menciptakan keunggulan (ciri khas) yang didapat dari sisi kelemahannya masing-masing tersebut untuk dikembangkan menjadi ciri khasnya lembaga pendidikan Islam tersebut sehingga mampu bersaing dengan lembaga pendidikan lainnya Kata Kunci: Reorientasi, Dinamika, Pendidikan
STRATEGI PEMASARAN JASA PENDIDIKAN DI MIN 1 KEBUMEN Murni, Tri
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (161.405 KB)

Abstract

Meningkatnya jumlah siswa di MIN 1 Kebumen di tengah persaingan antar lembaga pendidikan menjadikan penelitian ini dilakukan bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (2) Mendeskripsikan implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (3) Menyusun instrument pengawasan pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen, (4) Menemukan faktor pendukung dan solusi terhadap hambatan dalam strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, subjek penelitian Kepala Madrasah.Informan dari guru, bagian humas, bagian kesiswaan dan siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.Pemeriksa keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interaktif, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen dikonsep dan dirumuskan dalam bentuk Planning, Positioning dan Targetting.Implementasi strategi pemasaran jasa pendidikan di MIN 1 Kebumen melalui (1) Peningkatan kualitas kegiatan dan SDM, (2) Peningkatan mutu, (3) Perolehan prestasi (4) Pembentukan panitia penerimaan siswa baru, (5) Publikasi melalui website, banner, dan brosur, (6) Mengadakan kegiatan kesiswaan (7) Kerjasama dengan TK maupun RA di Kabupaten Kebumen Keyword: Straegi, Planning, Posisioning, Targeting,
EVALUATIF PENERAPAN MANAJEMEN PENDIDIKAN Murtopo, Bahrun Ali
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.863 KB) | DOI: 10.12345/cakrawala.v2i1.40

Abstract

Majemen merupakan prosespendidikan merupakan ilmu yang merupakan proses kegiatan pengelolaan sumber daya pendidikan untuk mencapai tujuan pendidikan. penerapanpendidikan dalam lembaga pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan. Manajemen Berbasis Sekolah merupakan salah satu produk dari penerapan manajemen dalam lembaga pendidikan.terbukti bahwa dengan adanya otonomi sekolah berupa Manajemen Bersbais Sekolah (MBS) mampu meningkatkan mutu sekolah, apabila mutu sekolah meningkat diharapkan mutu pendidikan juga ikut meningkat. untuk mengukur seberapa efektif kegiatan berjalan, apakah kekurangan dan keburukan dari penerapan kebijakan dan bagaimana mengatasi kekurangan dan hambatan dari pelaksanaan dan penerapan kebijakan. Katakunci: Evaluatif, Peranan, Pendidikan
PENDIDIKAN NILAI DALAM BUDI PEKERTI Barlian, Ujang Cepi
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (123.806 KB)

Abstract

Pendidikan budi pekerti memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan pendidikan akhlak. Tujuannya adalah membentuk pribadi anak, supaya menjadi manusia yang baik, warga masyarakat, dan warga negara yang baik. Adapun kriteria manusia yang baik, warga masyarakat yang baik, dan warga negara yang baik bagi suatu masyarakat atau bangsa, secara umum adalah nilai- nilai sosial tertentu, yang banyak dipengaruhi oleh budaya masyarakat dan bangsanya. Oleh karena itu, hakikat dari Pendidikan Budi Pekerti dalam konteks pendidikan di Indonesia adalah pedidikan nilai, yakni pendidikan nilai-nilai luhur yang bersumber dari budaya bangsa Indonesia sendiri, dalam rangka membina kepribadian generasi muda. Berbagai pendekatan pendidikan nilai yang berkembang mempunyai aspek penekanan yang berbeda, serta mempunyai kekuatan dan kelemahan yang relatif berbeda pula. Pada umumnya, pendekatan- pendekataan yang berkembang lebih banyak memberikan penekanan kepada proses dan kurang mementingkan aspek isi nilai; Pendekatan yang digunakan dalam pelaksanaan Pendidikan Budi Pekerti lebih tepat disebut sebagai Pendekatan Eklektik, yakni pendekatan campuran dengan penekanan pada Pendekatan Penanaman Nilai, karena keduanya memiliki esensi tujuan yang sama, yakni menanamkan nilai-nilai sosial tertentu dalam diri siswa. Kata Kunci: Pendidkan, Nilai, Budipekerti
IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP TASAMUH (TOLERANSI) Subarkah, Imam
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 2 No 1 (2018)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (177.838 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menilai sikap tasamuh (toleransi) mahasiswa yang mengikuti matakuliah ke-NU-an di Program Studi Pendidikan Agama Islam IAINU Kebumen. Sikap tasamuh merupakan satu dari beberapa kompetensi yang diajarkan pada matakuliah ke-NU-an Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa cenderung memiliki tingkat toleransi rendah sebesar 64,29%, sedangkan mahasiswa dengan tingkat toleransi tinggi sebesar 5,36%, tingkat toleransi sedang sebesar 30,36% serta tidak terdapat mahasiswa dengan tingkat toleransi sangat tinggi dan sangat rendah.Kata kunci: sikap tasamuh, sikap toleransi, kuliah ke-nu-an  
MANAJEMEN KESISWAAN DAN BIMBINGAN KONSELING DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN KARAKTER Chamidi, Agus Salim
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (60.146 KB)

Abstract

Management of students and guidance and counceling becomes one important component in management of school/madrasah. It becomes very important when it is associated with the character learning in Indonesia nowadays. This writing tries to explain them through one aspect of management, that is planning. Planning in recruiting new students is so important and vital as a part of process of management of students and guidance and counceling in school/madrasah. All activities associating with recruiting new students, both management and administrative, becomes like a success key at first for process of school/madrasah management sustainably. Keywords: management of students, management guidance and couceling, character learning, planning.
PERAN SUPERVISI KEPALA DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU murtopo, bahrun ali
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (78.006 KB)

Abstract

Kepala madrasah mempunyai tanggungjawab dan peran terkait dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru, salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Peran supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah bertujuan untuk mengetahui sejauh mana guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, guna meningkatkan profesionalisme guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, mengetahui bagaimana efektivitas supervisi kepala madrasah dalam meningkatkan kompetensi pedagogik guru, serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat kepala madrasah dalam melaksanakan supervisi guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI Ma’arif Adikarso. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala madrasah telah berperan secara optimal dalam melaksanakan supervisi guna meningkatkan kompetensi pedagogik guru.
MENEJEMEN PENDIDIKAN GERAKAN SANTRI Rokhmawanto, Sulis
Cakrawala: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam dan studi sosial Vol 1 No 1 (2017)
Publisher : Prodi MPI IAINU Kebumen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Realitas globalisasi bagi masyarakat islam memunculkan berbagai permasalahan dan tantangan. Permaslahan dan tantangan tersebut diantaranya adalah melemahnya jiwa patriotisme, melemahnya kepedulian sosisal, budaya instan, dan melemahnya jiwa patriotisme. Permaslahan tersebut menjadi spirit tersendiri bagi santri, yaitu para santri yang memiliki komitmen tinggi terhadap idiologinya, terhadap masyarakat, dan memiliki iwa patriotisme yang tinggi terhadap negaranya. Spirit santri ditunjukan dengan gerakan pendidikan kepada masyarakat disekitarnya untuk mempersiapkan masyarakat global. Wujud dari pelaksanaan tersebut dalah mewujudkan masyarakat akademik dan masyarakat religius.

Page 1 of 4 | Total Record : 39