cover
Contact Name
Husni Fuaddi
Contact Email
husni.fuaddi86@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
husni.fuaddi86@gmail.com
Editorial Address
-
Location
Kota pekanbaru,
Riau
INDONESIA
Al-Amwal
Published by STEI Iqra Annisa
ISSN : 2303064X     EISSN : 26230771     DOI : -
Jurnal "AL-AMWAL" terbit dua kali dalam satu tahun, yaitu pada bulan Juni dan Desember.
Arjuna Subject : -
Articles 49 Documents
PENINGKATAN PENDAPATAN ASLI DAERAH (PAD) DITINJAU DARI KONTRIBUSI PAJAK DAERAH DAN RETRIBUSI DAERAH DI PEKANBARU AMIN, NURUL
Al-Amwal Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Volume 5, Nomor 1, Juni 2016
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) merupakan sumber penerimaan yang signifikan bagi pembiayaan rutin dan pembangunan di suatu daerah otonom. Jumlah penerimaan komponen pajak daerah dan retribusi daerah sangat dipengaruhi oleh banyaknya jenis pajak daerah dan retribusi daerah yang diterapkan serta disesuaikan dengan peraturan yang berlaku yang terkait dengan penerimaan kedua komponen tersebut. Kontribusi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap perolehan PAD Pemerintah Kota Pekanbaru dalam kurun waktu Tahun Anggaran (TA) 2010 – 2015 cukup signifikan dengan rata-rata kontribusi sebesar 37,78% per tahun. Kontribusi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap total perolehan penerimaan Pemda Kota Pekanbaru tercermin dalam APBD-nya, dikaitkan dengan kemampuannya untuk melaksanakan otonomi daerah terlihat cukup baik. Komponen pajak daerah dalam kurun waktu TA 2010-2015 rata-rata pertahunnya memberikan kontribusi sebesar 17,81% per tahun dengan rata-rata pertumbuhan sebesar 22,89% pertahunnya. Sedangkan pendapatan yang berasal dari komponen retribusi daerah, pada kurun waktu yang sama, memberikan kontribusi rata-rata pertahunnya sebesar 15,61% dengan rata-rata pertumbuhan pertahunnya sebesar 5,08% per tahun. Untuk meningkatkan kontribusi penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terhadap total penerimaan PAD dan sekaligus memperbesar kontribusinya terhadap APBD Pemda Kota Pekanbaru perlu dilakukan beberapa langkah di antaranya perlu dilakukan peningkatan intensifikasi pemungutan jenis-jenis pajak daerah dan retribusi daerah, kemudian dilakukan ekstensifikasi dengan jalan memberlakukan jenis pajak dan retribusi baru sesuai dengan kondisi dan potensi yang ada.
ETOS KERJA DALAM PERSPEKTIF ISLAM FUADDI, HUSNI
Al-Amwal Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 1, Juni 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (387.93 KB)

Abstract

Dalam Islam, kata “amal” bertebaran dalam al-Qur’an. Etos kerja menjadi hal kunci yang cukup mendapat banyak perhatian. Tak hanya kerja untuk kehidupan akhirat kelak, tapi juga kerja untuk keberlangsungan hidup di dunia. Islam melarang umatnya berpangku tangan atau menunggu belas kasihan orang. Sebaliknya, Islam menekankan pentingnya kerja keras dan profesionalitas. Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, umat Islam diarahkan oleh agamanya agar meningkatkan kualitas takwa dan keimanannya secara terus menerus dan berkesinambungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kepustakaan. Jenis data penelitian yang digunakan meliputi data primer dan data sekunder. Data primer dari observasi. Data sekundernya diperoleh dari buku-buku terkait Etika Bisnis Islam, Etika Manajemen Islam, Fiqh Muamalah dan  Jurnal mengenai Etika Bisnis Islam. Hasil penelitian menunjukkan Etos kerja Islam meningkatkan kualitas taqwa, seorang muslim pasti akan meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agamanya secara baik dan lebih sempurna. Islam mengarahkan umatnya agar memiliki etos kerja yang tinggi dan mengarah pada profesionalisme.
ANALISIS KONSEP PENANGGULANGAN KRISIS EKONOMI DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM KANEDI, JON
Al-Amwal Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Volume 5, Nomor 1, Juni 2016
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini menghasilkan beberapa kesimpulan; pertama, Kebijakan stabilisasi yang dirumuskan atas dasar sistem ekonomi konvensional yaitu kebijakan fiskal dan kebijakan moneter ternyata tidak mampu untuk memberikan solusi terhadap permasalahan ekonomi yaitu krisis ekonomi, bahkan yang terjadi adalah krisis demi krisis terus terjadi lebih parah dari yang sebelumnya. Kebijakan fiskal tidak mampu untuk menciptakan keseimbangan antara permintaan agregat dan penawaran agregat, hal tersebut disebabkan oleh pendapatan negara hanya berupa pajak dan hutang riba. Kebijakan moneter juga demikian, karena sistem moneter yang berlaku adalah sistem riba sehingga memberikan efek-efek yang tidak baik terhadap perekonomian, kedua, Kebijakan stabilisasi yang dirumuskan atas dasar sistem ekonomi Islam telah terbukti mampu memberikan solusi terbaik terhadap permasalahan ekonomi. Dalam pemerintahan Islam, jarang terjadi krisis ekonomi yang berkepanjangan. Dengan kebijakan fiskal yang bersumber dari zakat, fa’i, ghanimah, kharaj, jizyah, usyr dan lain sebagainya, ekonomi Islam telah membuktikan bahwa ia mampu untuk menstabilkan perekonomian. Kebijakan moneter tidak populer di masa awal Islam, karena belum ada sistem perbankan dan tidak berlaku sistem riba. Namun demikian, para ekonom muslim kontemporer telah merumuskan dua instrumen kebijakan moneter yaitu dues of idle fund dan syuratiq process, kedua model kebijakan ini adalah untuk menghalangi terjadinya sistem riba dan penumpukan kekayaan serta harmonisasi antara kebijakan moneter dengan kebijakan fiscal, ketiga, Konsep yang ditawarkan oleh ekonomi Islam untuk menanggulangi krisis ekonomi pada saat ini sangat relevan, karena konsep yang ditawarkan adalah untuk menghilangkan sumber krisis ekonomi itu sendiri yaitu riba, judi dan hutang.
PENGARUH ETIKA KERJA ISLAM SATRIADI, SATRIADI
Al-Amwal Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Volume 6, Nomor 2, Desember 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (399.647 KB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk meneliti pengaruh etika kerja Islam terhadap prestasi kerja guru pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Se-Kota Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan di SDIT As-Sakinah dan SDIT Al-Madinah. Populasi penelitian adalah seluruh guru pada SDIT As-Sakinah dan SDIT Al-Madinah. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian adalah Etika kerja Islam mempengaruhi kinerja guru. Melalui statistik ini juga dapat dilihat jika etika kerja Islam guru meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat, begitu pula sebaliknya jika etika kerja Islam menurun maka kinerja guru juga akan menurun. Implikasi dari penelitian ini seharusnya etika kerja Islam bisa menjadi elemen penting untuk diterapkan dalam meningkatkan kinerja guru pada seluruh sekolah Islam yang ada di Kota Tanjungpinang.
PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING YUSRIADI, YUSRIADI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1436.152 KB)

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh relationship marketing yang variabelnya meliputi financial benefit, social benefit dan structural benefit terhadap loyalitas nasabah pada PT. BPRS Berkah Dana Fadhlillah Kabupaten Kampar baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui dan menjelaskan berapa persen ketiga variabel tersebut menjelaskan pengaruhnya terhadap loyalitas nasabah. Dengan menggunakan alat analisa regresi berganda, di peroleh hasil variabel financial benefit berpengaruh secara positif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 8,763 > t Tabel 1,9796 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Variabel social benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,234 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,027 < 0,05. Variabel structural benefit hasilnya berpengaruh secara negatif terhadap loyalitas nasabah dengan nilai t hitung sebesar 2,332 > t Tabel 1,9796, nilai t hitung negatif, dan nilai signifikansi sebesar 0,021 < 0,05. Untuk nilai F sebesar 29,105 > F Tabel sebesar 2,68 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Sedangkan nilai determinasi nya yang di sesuaikan (Adjusted R Square) sebesar 0,403 atau sebesar 40,3%. Dari analisis data, secara parsial hasilnya financial benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyaltas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Social benefit berpengaruh negatif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Sedangkan secara simultan financial benefit, social benefit dan structural benefit berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah.
STUDI PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PERENCANAAN PEMBANGUNAN IMTIHAN, HUSNUL
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (249.893 KB)

Abstract

Secara khusus, penelitian ini akan mendeskripsikan partisipasi masyarakat dalam perencanaan pembangunan di Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Hasil penelitian membuktikan bahwa partisipasi masyarakat dalam setiap proses perencanaan Pembangunan belum terlibat sepenuhnya, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti, keterbatasan anggaran dan kebijakan pemerintah baik eksekutif maupun legeslatif, Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data berasal dari informan, dan dokumen. Metode analisa data menggunakan analisa data kualitatif model interaktif Miles, Huberman dan Saldana, (2014), yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
PENGARUH OPERATING INCOME, NET INCOME DAN TOTAL ASSET TERHADAD RETURN ON ASSET (ROA) PADA BMT AMANAH BANJARMASIN SYAFRIL, SYAFRIL
Al-Amwal Vol 7 No 1 (2018): Jurnal Volume 7, Nomor 1, Juni 2018
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (251.681 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa apakah Operating Income, Net Income dan Total Assets memiliki pengaruh signifikan baik secara simultan ataupun parsial terhadap Return On Assets (ROA) dan  variabel mana yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap Return On Assets (ROA) pada BMT Amanah Banjarmasin selama periode 2015 – 2016.  Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan pengujian hipotesis dan pengujian statistik yaitu analisis regresi linear berganda dengan SPSS versi 15. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Operating Income, Net Income dan Total asset memberi pengaruh secara signifikan terhadap Return On Assets. Hasil uji secara parsial Operating Income dan Total Asset tidak memberi pengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA),  sedangkan Net Income  memberi pengaruh signifikan terhadap Return On Assets (ROA).  Variabel yang paling dominan memberi pengaruh terhadap Return On Assets adalah variabel Net Income karena memiliki nilai koefisien determinasi parsial paling besar.
PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PENGEMBANGAN PEGAWAI TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN ROKAN HULU ASNAWI, MIZAN
Al-Amwal Vol 5 No 1 (2016): Jurnal Volume 5, Nomor 1, Juni 2016
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pemanfaatan SDM secara efektif merupakan jalan bagi suatu instansi untuk mempertahankan kebijakan dan pertumbuhan di masa yang akan datang. Dengan kata lain, kekuatan instansi ditentukan oleh orang-orang yang mendukung instansi tersebut, baik pada tingkat top, midle maupun lower. Faktor yang mempengaruhi produktivitas kerja pegawai salah satunya adalah dengan menumbuhkan motivasi kerja di kalangan pegawai. Dengan diadakannya pengembangan pegawai, diharapkan pegawai tersebut dapat meningkatkan prestasi kerjanya dan akan lebih siap untuk menduduki jabatan yang lebih tinggi. Pengembangan pegawai pada Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu ini bertujuan agar pegawai-pegawai pada Disdukcapil Kabupaten Rokan Hulu memperoleh tambahan bekal dan pengetahuan dalam melaksanakan tugas-tugasnya. metode pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap obyek penelitian. Dalam penelitian ini, observasi dilakukan dengan mengamati motivasi dan pengembangan pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu. Dari hasil penelitian bahwa Motivasi kerja dan pengembangan pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu termasuk tinggi dengan rata-rata masing-masing 76% dan 72%. Sedangkan prestasi kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu termasuk tinggi dengan rata-rata 63%. Besar pengaruh motivasi kerja terhadap prestasi kerja adalah sebesar 60,2% dan besar pengaruh pengembangan pegawai terhadap prestasi kerja adalah sebesar 14.1%. Nilai koefisien determinasi (adjusted R square) yang diperoleh sebesar 0,846, yang berarti 84,6% prestasi kerja pegawai pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Rokan Hulu dipengaruhi oleh motivasi kerja dan pengembangan pegawai. Sedangkan 15,4% dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang telah dirumuskan dalam penelitian.
PERAN STRATEGIS BANK SYARIAH UTAMA, ANDREW SHANDY
Al-Amwal Vol 6 No 2 (2017): Jurnal Volume 6, Nomor 2, Desember 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (413.691 KB)

Abstract

Usaha Mikro merupakan salah satu pilar utama perekonomian nasional. Usaha Mikro harus memperoleh perlindungan sebagai wujud keberpihakan pemerintah kepada masyarakat. Akan tetapi, terdapat beberapa hambatan bagi masyarakat dalam mengembangkan usahanya, salah satunya adalah permodalan. Perlu dicarikan solusi sebagai alternatif sumber pembiayaan Usaha Mikro, terutama bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran strategis bank syariah sebagai sumber pembiayaan alternatif bagi Usaha Mikro di Indonesia berdasarkan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian hukum normatif dengan menggunakan pendekatan peraturan perundang-undangan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2008 menegaskan bahwa bank syariah bertujuan untuk menunjang pelaksanaan pembangunan nasional dalam rangka meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, bagi masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam, bank syariah merupakan sumber pembiayaan alternatif dalam mengembangkan usahanya sesuai dengan syari’at Islam.
PENENTUAN BAGI HASIL KERJASAMA YUSRO, NELI
Al-Amwal Vol 6 No 1 (2017): Jurnal Volume 6, No. 1 Juni 2017
Publisher : STEI Iqra Annisa Pekanbaru

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (555.171 KB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang menggunakan sampel sebanyak 71 pemilik kebun dan 81 petani karet. Sumber data yang penulis pergunakan adalah sumber data primer dan skunder sedangkan penggumpulan datanya adalah wawancara yang dilakukan penulis kepada pemilik dan petani karet dengan memberikan pertanyaan-pertanyaan yang ada kaitannya dengan masalah yang diteliti. Observasi yaitu melakukan pengamatan secara langsung terhadap suatu peristiwa yang terjadi dilapangan. Setelah data terkumpul, penulis melakukan analisis data dengan menggunakan metode induktif yaitu dengan mengemukakan data-data kemudian diambil kesimpulan secara umum dan metode deskriptif analisis yaitu suatu uraian penulisan yang menggambarkan masalah yang diteliti kemudian dianalisis oleh penulis.. Setelah penelitian ini dilakukan penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa pelaksanaan perjanjian kerjasama antara pemilik kebun karet dengan petani karet pada desa batu belah tidak sesuai dengan ketentuan ekonomi islam. Yakni adanya kesamaran (gharar) dalam melakukan perjanjian, sehingga sering terjadi kesalahpahaman antara kedua belah pihak. Dan juga seringnya petani karet melakukan kecurangan dalam penyetoran hasil karet yang diolahnya.