cover
Contact Name
Rochmat Aldy Purnomo
Contact Email
purnomo@umpo.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
adimas@umpo.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. ponorogo,
Jawa timur
INDONESIA
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
ISSN : 25500031     EISSN : 2550004X     DOI : -
Core Subject : Social,
Adimas : Jurnal Pengabadian masyarakat, terbit dua kali setiap tahun yakni bulan maret dan bulan september diterbitkan oleh LPPM Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Arjuna Subject : -
Articles 5 Documents
Search results for , issue " Vol 2, No 2 (2018): September" : 5 Documents clear
PENDAMPINGAN PENGUCAPAN (PRONUNCIATION) DALAM BAHASA INGGRIS DI PONDOK MODERN Syafii, Muhammad Lukman; Sugianto, Alip
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/adi.v2i2.1272

Abstract

Pengucapan bahasa dalam bahasa inggris khususnya memang sangat rentan sekali dalam membuat kesalahan. Terkadang orang tidak mampu atau bahkan malu mempraktekkan bahasa inggris karena takut salah dalam mengucapkan bahasa tersebut. Jadi banyak sekali dikalangan para siswa pendidikan anak dini sampai level mahasiswa bahkan seorang dosen pun kebanyakan merasakan hal yang sama. Oleh karena itu pendampingan pengucapan bahasa Inggris ini harus dilaksanakan secara konsisten dan optimal. Kegiatan Ipteks bagi Masyarakat ini bertujuan untuk mengidentifikasi masalah apa yang membuat para santri enggan mengucapkan dalam bahasa Inggris di pondok modern. Kebanyakan mereka berpendapat bahwa bahasa Inggris sulit pengucapannya. Sebenarnya pengucapan bahasa Inggris itu tidak sulit untuk digunakan dalam percakapan sehari-hari selama mengetahui cara membacanya dengan menggunakan metode drilling pada setiap item dan simbul suara dalam pembelajarannya. Metode yang akan diterapkan dalam kegiatan Pengabdian masyarakat ini meliputi beberapa tahap, yaitu: identifikasi kesulitan pengucapan dalam bahasa Inggris, media pembelajaran khususnya dalam hal simbul suara, dan seminar tentang pengucapan bahasa Inggris. Pada akhirnya, dari pelaksanaan program pengabdian masyarakat  ini diharapkan para santri pondok modern tidak canggung lagi menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-hari mereka karena mereka mempunyai pedoman buku standar tentang simbul suara, sehingga mereka dapat dengan mudah mempraktekkan bahasa tersebut dimanapun mereka berada.
IbM KRIPIK SALE PISANG DI DESA DURI KECAMATAN SLAHUNG KAB. PONOROGO Mohsin, Muhammad; Desriyanti, Desriyanti
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/adi.v2i2.1328

Abstract

Berbagai varian snacks banyak di produksi oleh masyarakat desa. Hal ini menunjukkan kondisi ekonomi masyarakat desa mulai bergerak untuk menuju kemandirian. Keripik sale Pisang banyak peminatnya dan  banyak petani yang menanam pohon Pisang di halaman atau dikebun. Usaha kripik sale pisang dimulai sekitar tahun 2015 sampai sekarang. Selama menjalankan usaha kripik sale pisang, tidak jarang mengalami pasang surut. Pada proses produksi yang paling lama yaitu proses pengeringan minyak (penirisan). Karena bahan baku pisang yang sudah di goreng biasanya keringnya lama memakan waktu sekitar 15 sampai 20 menit. Kripik yang sudah di goreng dan ditiriskan dengan peralatan loyang yang dilapisi kertas. Produksi kripik sale pisang dibuat secara tradisional sehingga aspek kwalitas yang kurang. Kripik sale pisang tidak bisa tahan lama, maksimum 2 minggu jika lebih dari waktu tersebut, maka akan timbul bau tengik dan muncul jamur sehingga produktifitas kurang effisien dan terbatas. Solusi yang ditawarkan Pertama sosialisasi pelatihan kepada mitra terkait operasional penirisan dengan mesin serta perawatan yang baik dan benar. Kedua melakukan pembaharuan teknologi penirisan serta pangadaan instalasi penirisan dengan mesin sesuai kebutuhan dengan standar yang baik. Ketiga Instalasi penirisan dengan mesin disesuaikan dengan perkembangan teknologi terbaru agar tercapai efisiensi produksi. Terakhir mencoba dan mengevaluasi Instalasi penirisan Kripik Sale Pisang dengan mesin.Kata kunci :Peniris kripik sale pisang, Kripik sale pisang, varian snacks
PEMBERDAYAAN KELOMPOK WANITA TANI DI DESA SOMPAK KECAMATAN SOMPAK KABUPATEN LANDAK MELALUI DIVERSIFIKASI OLAHAN BERBASIS LABU KUNING Zulfita, Dwi; Rahayu, Sri
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/adi.v2i2.1139

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh Kelompok wanita tani Padagi dan kelompok wanita tani Nuk Diri adalah  selama ini buah labu kuning hanya dijual dalam kondisi masih muda untuk keperluan sebagai sayuran atau dijual pucuk daunnya  sehingga petani sering menghadapi masalah taraf hidup masih dibawah garis kemiskinan. Buah labu kuning yang masih muda tersebut dijual dari rumah ke rumah atau dijual di pasar desa. Mitra tidak mengetahui cara diversifikasi aneka produk olahan labu kuning yang mempunyai nilai tambah, lebih tahan disimpan dan mempunyai  harga jual yang lebih tinggi. Metode yang digunakan pada kegiatan ini adalah penyuluhan, demonstrasi, pelatihan dan bimbingan dalam proses pembuatan aneka produk olahan labu kuning seperti nugget, selai, brownies, stik dan permen jelly. Evaluasi dilakukan terhadap semua kegiatan. Dari kegiatan ini dapat disimpulkan bahwa tingkat partisipasi mitra memberikan dampak yang positif bagi pelaksanaan program pada saat pelatihan dan pendampingan.
PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI BUDIDAYA ANGGREK SPECIES DAN HIBRID DI DESA BHAKTI MULYA BENGKAYANG Asnawati, Asnawati
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/adi.v2i2.1150

Abstract

Pengembangan anggrek  alam maupun hybrid skala  rumah  tangga  di  Desa Bhakti Mulya  di Kecamtan Bengkayang belum pernah dilakukan. Selama ini anggrek alam hanya diambil dari dalam hutan  sekitar desa dan  dijual  dalam  bentuk  ikatan  atau  karungan sehingga  perlu adanya budidaya anggrek alam maupun hybrid tersebut untuk menambah penghasilan keluarga, sekaligus sebagai upaya konservasi anggrek species Kalimantan Barat. Tujuan kegiatan ini adalah memberdayakan perempuan untuk meningkatkan pendapatan keluarga melalui ketrampilan budidaya anggrek species dan hybrid. Metode untuk mencapai tujuan tersebut adalah berupa pendidikan dan pelatihan. Pendidikan kepada masyarakan dilakukan dengan memberikan penyuluhan tentang potensi anggrek alam spesifik Kalbar dan pentingnya mengkonservasi anggrek alam yang hampir punah serta dampak ekonominya. Kegiatan  pelatihan yang diberikan adalah tentang cara budidaya dan perbanyakan anggrek species dari alam dan anggrek hibrid, serta cara aklimatisasi anggrek asal  kultur  jaringan  menjadi tanaman kompot hingga pot individu. Hasil kegiatan membawa implikasi pada peningkatan pengetahuan dan kapasitas serta keterampilan masyarakat khususnya kaum perempuan dalam budidaya dan perbanyakan  anggrek alam dan hybrid.
GERAKAN LITERASI DI SEKOLAH DASAR MELALUI TUTOR SEBAYA Wachidah, Kemil; Wati, Tri Linggo
Adimas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Vol 2, No 2 (2018): September
Publisher : MUHAMMADIYAH UNIVERSITY OF PONOROGO

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24269/adi.v2i2.971

Abstract

Tujuan PKM ini adalah menumbuhkan minat literasi siswa MI Muhammadiyah Kedungbanteng melalui gerakan literasi dengan mengusung tutor sebaya. Tujuan tersebut untuk menjawab masalah dari rendahnya minat baca anak Indonesia pada umumnya, dan khususnya siswa MI. Muhammadiyah Kedungbanteng. Solusi yang ditawarkan ada 3 macam, yaitu 1) membentuk tim pustakawan cilik; 2) pelatihan membaca dengan speed reading; dan 3) pelatihan menulis melalui media Big Book.

Page 1 of 1 | Total Record : 5